Pantai Pererenan, Pantai Surfing dengan Panorama Sunset Eksotis di Badung Bali

Pantai Pererenan, Pantai Surfing dengan Panorama Sunset Eksotis di Badung Bali
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pererenan, Kec. Mengwi, Kab. Badung, Bali.

Pantai Pererenan merupakan sebuah objek wisata alam yang berlokasi di Canggu, Pulau Dewata Bali. Pantai cantik ini masih terbilang cukup asing di telinga para wisatawan jika dibandingkan dengan beberapa nama pantai besar lainnya yang ada di Pulau Bali seperti Pantai Kuta, Pantai Sanur dan beberapa pantai populer lainnya.

Walaupun tidak sepopuler Pantai Kuta dan Pantai Sanur namun untuk keindahan pantai dengan ciri khas Patung Gajah Mina ini tidak bisa diragukan lagi. Patung Gajah Mina sendiri merupakan sebuah patung dengan tinggi 12 meter yang berbentuk ikan dengan kepala gajah dan ditunggangi oleh Dewa penguasa laut bernama Dewa Baruna.

Selain Patung Gajah Mina tersebut para wisatawan juga akan dibuat terkagum-kagum dengan keindahan alamnya. Pantai dengan pasir putih kecoklatan ini memiliki ombak yang cukup tinggi dan sangat cocok untuk surfing. Tanpa banyak basa-basi lagi berikut adalah beberapa penjelasan mengenai pantai yang berlokasi di Kabupaten Badung Bali tersebut.

Daya Tarik Wisata Pantai Pererenan

Daya Tarik Wisata Pantai Pererenan
Photo by Instagram Tu Agus Tiktok Sesetan Bali

1. Ombak yang Cocok untuk Olahraga Surfing

Daya tarik pertama yang bisa anda jumpai ketika berkunjung ke Pantai Pererenan adalah ombaknya yang cukup besar. Ombak tersebut sangat cocok bagi para wisatawan yang memiliki hobi surfing. Bahkan terdapat banyak wisatawan asing yang datang ke pantai cantik hanya ini untuk merasakan keseruan berselancar diatas ombak yang cukup besar tersebut.

2. Pemandangan Sekitar Pantai Pererenan

Daya tarik selanjutnya dari pantai yang memiliki ombak cukup besar ini adalah pemandangannya yang sangat indah. Seperti yang sering kita ketahui bahwa rata-rata pantai yang berlokasi di Pulau Bali memiliki pemandangan yang indah, mulai dari pasir putih kecoklatan hingga pemandangan alam sekitar yang akan memanjakan mata para wisatawan.

Di pantai cantik yang satu ini anda juga akan menemukan sebuah Patung Gajah Mina dengan tinggi 12 meter yang membuat keindahan pantai lebih terlihat. Pemandangan yang indah ini terasa lebih sempurna karena udara segar yang ada di sekitar pantai.

Daya Tarik Wisata di Pantai Pererenan
Photo by Instagram Tu Agus Tiktok Sesetan Bali

3. Pemandangan Sunset

Selain pemandangan sekitar pantai yang sangat indah, pantai ini juga terkenal dengan pemandangan sunset yang sangat bagus. Pantai dengan pasir putih kecoklatan ini sangat cocok dijadikan sebagai lokasi menikmati sunset di sore hari, hal tersebut membuat pantai ini umu mnya mulai terasa cukup ramai saat matahari mulai terbenam.

4. Pantai yang Masih Sepi

Daya tarik terakhir dari pantai yang memiliki ciri khas Patung Gajah Mina ini adalah pengunjungan yang tidak terlalu ramai. Hal tersebut membuat pantai cantik ini bisa menjadi salah satu pilihan ketika anda sedang mencari pantai dengan wisatawan yang tidak terlalu ramai namun memiliki keindahan yang sudah tidak diragukan lagi di Bali.

Alamat, Rute dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Pantai Pererenan
Photo by Instagram Informasi Mengwi, Badung, Bali

Untuk alamat dari Pantai Pererenan berada di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Desa Pererenan Bali yang bersebelahan dengan Pura Tanah Lot. Sedangkan untuk lama perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai menuju pantai yang cocok dijadikan sebagai tempat berselancar ini bisa memakan waktu selama 35 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Kemudian untuk rute perjalanan akan ditempuh sejauh 20 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali di Jl. Airport Ngurah Rai menuju Jl. Bypass Ngurah Rai hingga masuk ke Jl. Sunset Road lalu belok kanan di Boy N Cow menuju Jl. Raya Kerobokan. Dari Jalan tersebut tetap lurus sampai di pertigaan De Gym Kerobokan lalu belok kiri ke Jl. Raya Semer.

Tetap di Jl. Raya Semer sampai memasuki Jl. Raya Anyar dan sampai di perempatan Banjar Anyar Kaja lalu belok kiri ke Jl. Raya Canggu. Ikuti Jl. Raya Canggu sampai anda menemukan perempatan Mie Ayam Bandung lalu belok kiri ke Jl. Sempol dan ikuti jalan tersebut sampai menemukan pertigaan Pura Dalem Padonan Pererenan lalu belok kiri ke Jl. Pantai Pererenan.

Terus ikuti Jl. Pantai Pererenan tersebut hingga anda memasuki kawasan pantai di ujung jalan. Ketika memasuki area pantai anda akan menemukan area parkir yang cukup luas, dimana anda dapat memarkirkan kendaraan anda di area tersebut kemudian silahkan masuk kedalam area pantai untuk bersenang-senang.

Untuk masuk ke kawasan pantai tidak dipungut biaya sepeserpun atau tiket masuknya adalah gratis. Namun, anda harus membayar parkir kendaraan yang diperkirakan di area parkir sebelumnya dengan harga sekitar Rp 5.000 sampai Rp 10.000 per unitnya.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas Menarik Pantai Perenan
Photo by Instagram Antonio Vargas Tabarini

1. Berselancar

Kegiatan menarik pertama yang bisa anda lakukan di Pantai Pererenan adalah berselancar, karena ombak di pantai berpasir putih kecoklatan ini cukup besar. Ada banyak peselancar yang bisa anda temui ketika berjalan di bibir pantai mulai dari warga lokal hingga turis mancanegara.

2. Melihat Sunset

Sunset merupakan sebuah pemandangan yang wajib anda saksikan ketika sedang berada di pantai yang memiliki ikon Patung Gajah Mina tersebut. Momen sunset di pantai cantik ini ditandai dengan matahari yang mulai terbenam di kejauhan laut sambil mengubah warna langit yang awalnya biru menjadi warna merah kekuning-kuningan.

Momen sunset tersebut bisa anda saksikan bersama orang terdekat terkhususnya pasangan karena akan membuat suasana sekitar terasa lebih romantis. Pantai yang berlokasi di Desa Pererenan ini merupakan salah satu spot pantai yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi menyaksikan sunset selain Pantai Double Six dan Pantai Club Kita di Bali.

3. Bermain Pasir Pantai

Pasir pantai yang berwarna putih kecoklatan membuat beberapa wisatawan tersihir untuk bermain diatasnya. Anda bisa menikmati bermain pasir di Pantai Pererenan dengan berlari kesana-kemari bersama keluarga atau orang terdekat, ataupun anda juga bisa menikmati bermain pasir dengan cara membangun istana pasir di sepanjang bibir pantai.

Ragam Aktivitas Menarik di Pantai Perenan
Photo by Instagram Antonio Vargas Tabarini

4. Bersepeda

Kegiatan berikutnya adalah bersepeda, dimana anda juga akan menemukan beberapa wisatawan yang sibuk bersepeda ketika sore hari di sepanjang pantai cantik ini. Bahkan artis sekelas Luna Maya juga pernah memposting fotonya yang sedang bersepeda di pantai Desa Pererenan tersebut ke Instagram pribadi miliknya.

5. Menyaksikan Keindahan Pantai

Selain menyaksikan sunset para wisatawan juga bisa menyaksikan keindahan pantai dengan pasir putih kecoklatan ini. Pantai-pantai yang ada di Pulau Dewata Bali memang sudah terkenal dengan keindahannya, bahkan pantai yang bersebelahan dengan Pura Tanah Lot ini juga akan memberikan anda pemandangan yang sangat indah.

Dimulai dari Patung Gajah Mina yang akan menyambut anda ketika masuk ke lokasi pantai, kemudian pasir putih kecoklatan yang membentang sepanjang bibir pantai lalu alam sekitar yang hijau serta laut biru yang indah akan menutup kesempurnaan dari pantai cantik ini. Ketika sedang mengunjungi Bali anda harus mendatangi pantai cantik ini untuk berlibur.

6. Berfoto

Berfoto merupakan sebuah kegiatan paling wajib yang harus anda lakukan ketika sedang berada di pantai cantik ini. Berfoto sendiri merupakan sebuah kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh seseorang ketika sedang berlibur, bahkan foto sekarang sudah dianggap hal biasa dan bisa anda lakukan dimana saja oleh siapa saja.

Di pantai cantik ini terdapat banyak sekali spot alami yang memang sudah sangat indah, dimana spot-spot tersebut akan membuat anda serta rombongan berhenti sejenak untuk berpose didepan kamera. Hasil foto tersebut bisa anda jadikan sebuah kenangan untuk dilihat suatu saat nanti atau mempostingnya di sosial media anda.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Pererenan

Fasilitas Pantai Pererenan
Photo by Instagram Pizza Place & Art Space | Bali

1. Area Parkir Kendaraan

Fasilitas pertama yang bisa anda temui adalah area parkir kendaraan. Dimana di area tersebut anda bisa memarkirkan kendaraan anda dan meninggalkannya untuk bersenang-senang di dalam pantai bersama keluarga atau rombongan. Kendaraan yang anda tinggalkan akan dijaga dengan aman sampai anda puas berlibur dan pulang ke rumah.

2. Toilet Umum

Fasilitas selanjutnya yang bisa anda temui di Pantai Pererenan adalah toilet umum yang dibagi menjadi 2 bagian yaitu toilet umum Pria dan toilet umum Wanita. Dimana toilet tersebut biasanya digunakan sebagai tempat ganti pakaian, tempat mandi atau bilas, hingga tempat buang air kecil dan besar saat sedang berada di lokasi pantai.

3. Warung Makan

Fasilitas berikutnya adalah warung makan yang bisa anda temui tidak jauh dari area parkir kendaraan. Dengan adanya warung makan ini membuat para wisatawan tidak perlu repot-repot membawa bekal dari rumah. Wisatawan cukup mampir ke warung makan tersebut untuk memenuhi rasa lapar mereka, terdapat banyak sekali pilihan makanan, minuman dan snack.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Pantai Pererenan yang berlokasi di Pulau Bali. Pantai ini masih terbilang sepi pengunjung karena ombaknya yang cukup besar membuat rata-rata wisatawan yang datang berusia diatas 17 tahun yang datang bukan dengan tujuan utama untuk berenang namun lebih ke mencari foto yang instagramable.