Pantai Penyisok salah satu objek wisata bahari di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat yang menarik dieksplor keindahannya. Wisata pantai yang menyuguhkan pemandangan padang savana, tebing karang dan birunya air laut yang mampu memanjakan mata siapa pun berkunjung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: lendang Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Lombok menjadi salah satu daerah wisata yang populer di mata wisatawan domestik maupun mancanegara. Dengan potensi wisatanya yang semakin berkembang dari waktu ke waktu, membuat wajah Lombok menjadi semakin cantik dan semakin menciptakan rasa penasaran para wisatawan sehingga mereka selalu ingin berkunjung ke Lombok. Salah satu wisatanya adalah Pantai Penyisok.

Pesona keindahan alam di Lombok terlukis dengan jelas jika disaksikan dari objek wisata ini. Birunya air laut yang jernih berpadu dengan savana hijau yang membentang luas menyiratkan sebuah keindahan alam yang tiada duanya. Terlebih lagi bebatuan karang dengan warnanya yang unik yakni kuning keemasan menjadikan objek wisata ini semakin estetik dan mempesona.

Pantai tersebut menjadi salah satu surga tersembunyi yang berada di daerah Lombok. Meskipun masih terbilang baru, namun objek wisata ini sangat recommended untuk dikunjungi. Untuk menuju ke pantai ini, Anda membutuhkan perjuangan selama perjalanan karena aksesnya belum begitu mudah dilalui. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan rasa penasaran para wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Penyisok

Daya Tarik Pantai Penyisok
Image Credit: Google Maps (Amir Rizwan)

Objek wisata tersebut belum sepopuler pantai lainnya yang sudah lama terdengar para wisatawan. Karena masih baru, maka surga wisata tersembunyi ini menyimpan keindahan yang tidak dimiliki beberapa pantai lainnya yang ada di Lombok. Pantai Penyisok merupakan destinasi wisata yang tepat untuk para wisatawan yang senang berpetualang karena beberapa daya tarik berikut ini :

1. Terletak Berdampingan Dengan Padang Savana

Disebut dengan Padang Savana karena perbukitan yang terletak berdampingan dengan pantai tersebut terdiri dari rerumputan hijau yang lebat. Perbukitan tersebut berada di lautan Samudera Hindia dengan tebing terjal berwarna keemasan. Pesona keindahan air laut yang biru berpadu dengan perbukitan terjal memberikan goresan keindahan yang menakjubkan.

2. Terdapat Peninggalan Kuno dan Bersejarah di Sekitar Pantai

Ketika menempuh perjalanan menuju ke pantai, Anda akan disuguhkan dengan peninggalan sejarah kuno dengan bentuk yang masih sama sejak dahulu kecuali beberapa bagian yang berubah disebabkan kondisi alam. Di sekitar Pantai Penyisok terdapat peninggalan sejarah kuno asal Lombok yakni Linkoq Datu dan Masjid Batu Apung.

Linkoq Datu mempunyai makna sumur peninggalan raja. Bentuknya berupa tebing dan terletak di atas jurang lautan. Hingga kini belum ada yang mengetahui bagaimana asal muasal tebing tersebut disebut dengan Linkoq Datu atau sumur peninggalan raja. Kedua tempat bersejarah tersebut perlu mendapatkan perhatian pemerintah agar tetap terjaga kelestariannya.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Penyisok
Image Credit: Google Maps (Loetfi Ono)

3. Surga Tersembunyi yang Belum Terjamah

Apabila Anda membutuhkan tempat berlibur yang tenang dan masih asri, pantai ini lah opsi yang tepat. Karena masih belum populer di telinga para wisatawan domestik maupun mancanegara seperti kawasan pantai lainnya, maka Anda bisa menjatuhkan pilihan tempat berlibur di Pantai Penyisok ini.

Namun akses jalan menuju ke pantai tersebut masih cukup ekstrim terlebih lagi ketika mengunjunginya saat musim hujan. Jika Anda penasaran dengan pesona keindahan pantai ini, Anda bisa mengunjunginya ketika musim panas. Pantai masih benar-benar asri dan belum terjamah tangan manusia, oleh karena itu pemandangannya sangat asri dan alami.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Penyisok

Alamat Pantai Penyisok
Image Credit: Google Maps (Sam Santoso)

Lokasi objek wisata tersebut berada di daerah Sekaroh, Lombok Timur. Karena akses jalannya belum terlalu bagus, maka tidak ada angkutan umum yang bisa ditumpangi untuk menuju kesana. Anda bisa berkunjung ke objek wisata tersebut menggunakan kendaraan pribadi maupun menyewa mobil melalui jasa penyewaan mobil yang ada di Kota Mataram.

Para wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini bisa melalui Kota Mataram dengan rute awal melalui Kota Mataram kemudian melanjutkan perjalanan melalui jalur by pas kea rah Kota Praya. Setelah itu melewati Jalan Raya Jerowaru dan akan sampai ke Desa Sekaroh. Pantai Penyisok ada di sekitar Desa Sekaroh.

Apabila Anda melalui jalan selain jalur by pass, Anda bisa melalui Kota Mataram kemudian ambil jalan ke arah Narmada lalu Sedau. Setelah itu lanjutkanlah perjalanan menuju ke Mantang, Kopang, Terara, Sikur, Rumbuk, Sakra, Jerowaru hingga Desa Sekaroh. Lokasi pantai ada di kawasan Desa Sekaroh, tepatnya di Kecamatan Jerowaru.

Pantai yang berada di Lombok Timur ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Pemerintah setempat selalu menjaga kelestarian pantai tanpa melakukan perombakan apapun. Setiap wisatawan baik domestik maupun mancanegara dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Untuk penyewaan mobil biasanya akan dikenakan biaya Rp 150.000-300.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Penyisok

Kegiatan di Pantai Penyisok
Image Credit: Google Maps (Adi Baok)

1. Berkunjung ke Situs Peninggalan Sejarah

Karena terletak di sekitar pantai, maka tidak ada salahnya untuk berkunjung ke situs peninggalan sejarah seperti Linkoq Datu dan Masjid Batu Apung. Kedua situs peninggalan sejarah tersebut merupakan peninggalan Suku Sasak yang tinggal di Lombok di masa lampau yang masih terlihat aslinya. Linkoq Datu dimaknai sebagai sumur raja berjumlah tujuh buah.

2. Menikmati Suasana Pantai

Pantai Penyisok yang masih asri dan alami menciptakan suasana tenang sehingga cocok untuk para wisatawan domestik maupun mancanegara yang menginginkan berlibur di tempat yang tenang untuk melupakan rutinitas sehari-hari yang menjenuhkan. Duduk di atas tebing sambil mendengarkan suara ombak dan menyaksikan birunya laut sangatlah menenangkan pikiran.

3. Hunting Foto di Area Pantai

Setiap sudut objek wisata ini memiliki keindahan yang tiada duanya. Hamparan pasir putih, birunya air laut, luasnya padang savana yang menguning serta megahnya tebing karang yang cadas menciptakan pesona alam yang sempurna. Akan sangat disayangkan jika Anda tidak mengabadikannya lewat bidikan kamera karena setiap sudut kawasan pantainya istimewa.

Kegiatan Menarik di Pantai Penyisok
Image Credit: Facebook.com @ari.jayanti.28

4. Repling

Olahraga repling dapat dilakukan di kawasan pantai ini karena bentang alamnya didominasi oleh tebing karang yang cadas. Aktivitas ini akan mengajak Anda untuk merasakan sensasi menegangkan dengan merayap di bibir tebing. Olahraga ekstrim ini akan membuat adrenalin Anda terpacu karena lokasi bibir tebing berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

5. Surfing

Selain olahraga repling, di Pantai Penyisok Anda juga bisa melakukan olahraga surfing. Ganasnya ombak di perairan pantai seolah memberikan tantangan kepada para penggemar olahraga surfing. Ombak yang ganas merupakan efek dari letak pantai yang berbatasan dengan Samudera Hindia secara langsung.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pantai Penyisok

Penginapan Dekat Pantai Penyisok
Image Credit: Booking.com

1. Eco Garden Resort

Karena merupakan surga tersembunyi, maka di sekitar pantai belum terdapat penginapan untuk Anda beristirahat dengan keluarga. Eco Garden Resort ini merupakan penginapan yang paling direkomendasikan dengan jaraknya sekitar 12 kilometer dengan pantai tujuan Anda. Harga sewa kamar per malamnya cukup terjangkau, mulai dari harga 320ribuan.

2. Ekas Breaks

Berada di desa Jerowaru, Ekas Breaks mematok harga sewa kamar per malamnya sekitar 890ribuan. Fasilitasnya lengkap, mulai dari kolam renang, AC, wifi, parkir, dan lain sebagainya. Konsep penginapannya unik, dijamin Anda pasti puas ketika bermalam disini. Meskipun hanya hotel bintang 3, namun penginapan ini sudah lebih dari cukup untuk budget di bawah 1juta.

3. Jeeva Beloam Beach Camp

Jika Anda ingin bermalam di penginapan yang unik dan mengesankan, Jeeva Beloam Beach Camp ini cocok untuk Anda pilih. Harga sewa per malamnya memang cukup mahal yakni sekitar 2,1 jutaan. Namun tidak perlu khawatir, dengan biaya yang cukup menguras kantong, Anda akan mendapatkan pelayanan, fasilitas, dan segala hal yang sempurna saat menginap.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Penyisok Lombok Timur

Fasilitas di Pantai Penyisok
Image Credit: Google Maps (Mastar Melisa)

Jangan lantas kehilangan minat untuk berkunjung ke Pantai Penyisok ini meskipun Anda mendengar bahwa akses jalan menuju ke lokasi masih belum mulus. Seperti kata pepatah, bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian

Sama halnya ketika Anda akan berkunjung ke pantai satu ini. Anda perlu bersusah-susah dahulu ketika menempuh perjalanan ke lokasi. Karena sesampainya di lokasi, Anda pasti akan takjub bahwa pesona keindahan alam akan memukau mata Anda hingga tidak berkedip.

Meskipun masih minim fasilitas, namun Anda masih bisa melakukan berbagai kegiatan menarik seperti olahraga surfing, repling, hingga mengunjungi situs peninggalan sejarah Suku Sasak pada jaman dahulu berupa Masjid Batu Apung dan Linkoq Datu.

Untuk fasilitas umum, sudah ada lahan parkir untuk para wisatawan yang membawa kendaraan roda dua maupun empat. Belum ada pusat oleh-oleh maupun pusat jajanan yang serba ada disana.

Namun Anda akan menemui beberapa warga lokal yang menjual makanan dan minuman meskipun dalam jumlah yang masih sangat terbatas. Kamar mandi dan mushola bisa menumpang di rumah warga.

Salah satu objek wisata di Lombok Timur, Pantai Penyisok, bisa Anda pilih sebagai destinasi wisata bersama keluarga. Pastikan badan fit dan kendaraan yang digunakan tidak mengalami kendala apapun supaya perjalanan Anda menuju ke lokasi aman-aman saja dan selamat hingga sampai ke tujuan.