Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Pasut, Tibubiu, Kec. Kerambitan, Kab. Tabanan, Bali.

Kalau sudah memiliki berlibur ke Bali, rasanya ada banyak sekali destinasi menarik yang perlu dijelajahi oleh para wisatawan. Dijuluki sebagai Pulau Dewata, nama Bali bahkan terkenal hingga ke mancanegara berkat banyaknya wisata mempesona yang ada di daerah tersebut. Khususnya deretan wisata pantainya yang sudah mendunia.

Salah satu yang bisa Anda kunjungi yaitu Pantai Pasut di Tabanan, yaitu pantai berpasir hitam yang ada di bagian Bali Barat. Karena masih terbilang sepi peminat bila dibandingkan dengan pantai-pantai populer lainnya, pantai satu ini menyajikan pesona yang begitu indah, dengan suasana asri yang kental. Selain asri dan alami, Anda bisa menemukan suasana damai dan menenangkan disini.

Daya Tarik Wisata Pantai Pasut

Daya Tarik Pantai Pasut
Image Credit: Google Maps (Stefan Fleischer)

1. Memiliki Panorama Alam yang Memukau

Deretan pantai di Bali terkenal memiliki panorama alam yang begitu memukau dan rupawan. Tidak terkecuali dengan Pantai Pasut ini yang juga begitu mempesona dengan alamnya yang masih sangat terjaga kealamiannya. Aroma khas laut dengan angin semilir yang begitu sejuk menambah kental suasana asri yang ada di lokasi.

Tentunya tidak hanya itu saja keindahan yang ditawarkan oleh pantai satu ini. Karena mempunyai keunikan yang membuatnya terlihat berbeda dari jajaran pantai lainnya. Bila pantai di Bali umumnya mempunyai pasir putih bersih, lain halnya dengan destinasi satu ini.

Ketika sampai di lokasi, Anda akan disambut dengan hamparan pasir hitam yang lembut. Tidak terlihat kotor, justru pantai berpasir hitam lembut tersebut memberi pesona kecantikan yang sangat indah dengan caranya sendiri. Di pagi hari ketika pantulan sinar matahari mengenai pasirnya, hamparan pasir tersebut terlihat seolah berkilau bak mutiara.

Pasir hitam cantik tersebut berpadu sempurna dengan lautan biru lepas yang ombaknya sesekali menyapa bibir pantai. Tidak hanya cantik, hamparan pasir di pantai ini terbilang cukup luas dan landai sehingga sangat nyaman dan cukup aman untuk bermain main, sebab ombak laut tidak terlalu tinggi.

Keunikan dari Pantai Pasut lainnya bisa dilihat di sebelah barat pantai. Yang mana di sana terdapat pertemuan air laut dengan aliran Sungai Yeh Po, yang memang bermuara di pantai tersebut. Menariknya lagi, pantai ini mempunyai karakteristik di sekeliling pantainya tidak terdapat bukit karang maupun tebing. Sehingga sejauh mata memandang hanya ditemukan pesona keindahan laut.

2. Pemandangan Sunset yang Eksotis

Masih berbicara seputar panorama alamnya yang begitu memukau, jangan buru buru melangkah pergi dari Pantai Pasut. Tunggulah hingga sore hari tiba, saat semburat warna oranye sudah muncul di langit luas. Anda akan disuguhi pemandangan indah luar biasa yang ada di pantai tersebut.

Terlebih jika Anda mengharapkan pemandangan matahari yang secara perlahan bersembunyi di balik debur ombak, maka pantai di kawasan Bali Barat ini dapat menjawab keinginan tersebut. Panorama sunset yang ditawarkan pun tidak kalah eksotis bila dibandingkan dengan pantai lain yang jauh lebih tersohor di Bali.

Apalagi keheningan pantai ini mampu menghadirkan suasana istimewa, yang tidak bisa Anda temukan pada pantai terkenal yang selalu dikerumuni wisatawan lain. Alih alih keramaian yang gaduh, suasana senja di sini cenderung damai dengan ditemani suara debur ombak serta kicauan burung yang hendak pulang ke sangkarnya, membuat kesan yang lebih romantis.

3. Pura Segara

Di bagian barat Pantai Pasut di Tabanan, terdapat sebuah tempat suci yang juga disakralkan oleh umat Hindu Bali yakni Pura Segara. Adanya pura tersebut seakan mempertegas bahwa Bali memang pantas mendapat julukan Pulau Seribu Pura. Bahkan banyak objek wisatanya yang dilengkapi dengan bangunan pura, tidak terkecuali pantai satu ini yang mempunyai Pura Segara.

Daya Tarik Wisata Pantai Pasut
Image Credit: Google Maps (Dewa Lila)

4. Perlombaan Perahu Tradisional

Selain melihat uniknya pertemuan air laut dengan air Sungai Yeh Po, Anda bisa menemukan suatu hal yang seru pada muara Sungai Yeh Po tersebut. Karena pada saat tertentu, muara ini sering dijadikan sebagai tempat perlombaan perahu tradisional atau sampan. Ini bisa menjadi kegiatan menarik untuk disaksikan ketiak Anda berada di lokasi.

5. Lokasi Drag Bike

Pantai Pasut tidak hanya bisa dijadikan sebagai tempat untuk melihat keindahan alam. Karena Anda juga bisa melihat kawasan pantai ini digunakan sebagai arena drag bike. Sebab drag bike sendiri memang tidak hanya dapat dilakukan di jalanan beraspal saja, tapi juga bisa dilakukan di atas pasir.

Bahkan cukup banyak pembalap yang justru tertantang dan ingin mencoba area berpasir dan licin tersebut sebagai arena balap. Jika beruntung, Anda bisa melihat secara langsung perlombaan drag bike yang sesekali dilakukan di sini. Sayangnya tidak ada waktu pasti kegiatan tersebut dilakukan, sehingga Anda tidak dapat menyesuaikan waktu kunjungan.

Alamat, Rute dan Harga Tiket Masuk

Alamat dan Harga Tiket Pantai Pasut
Image Credit: Google Maps (Alex Tan)

Pantai Pasut berada di Desa Tibubiu, Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali. Lokasi ini bisa diakses kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Atau jika dari Denpasar, jaraknya sekitar 34 kilometer. Dari beberapa kawasan wisata lainnya pun jaraknya terbilang tidak terlalu jauh.

Seperti dari tempat wisata Canggu dan juga Seminyak yang hanya berjarak sekitar 15 kilometer, dari Ubud sekitar 17 kilometer, dan dari kawasan Bedugul berjarak sekitar 25 kilometer. Di sepanjang perjalanan menuju pantai, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hijau dan menyegarkan mata dari sawah sawah milik penduduk setempat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, menikmati keindahan Pantai Pasut Tabanan tidak dikenakan tarif tiket masuk alias gratis. Mungkin karena belum banyak wisatawan yang berkunjung kemari. Namun tidak menutup kemungkinan jika nantinya akan ada pungutan biaya untuk tiket masuknya, apabila banyak wisatawan yang datang dan ditingkatkannya fasilitas yang ada.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas di Pantai Pasut
Image Credit: Google Maps (Wayan Ari)

1. Berenang Maupun Snorkeling

Dengan bentuk pantai yang landai dan ombak yang cenderung tenang, membuat Pantai Pasut ini bisa menjadi tempat yang cocok untuk melakukan berbagai aktivitas pantai seperti berenang dan snorkeling. Terlebih keindahan alam bawah laut pantai satu ini begitu memukau dengan banyaknya biota laut yang hidup di dalamnya.

Selain itu, air lautnya juga sangat jernih dan bisa membuat Anda tergoda untuk segera menceburkan diri ke dalamnya. Anda pun tidak perlu repot membawa alat snorkeling sendiri, karena di sana sudah ada persewaan peralatan snorkeling yang harganya terbilang cukup terjangkau.

2. Melihat Sunrise dan Sunset di Pantai

Pantai memang selalu menjadi salah satu tempat andalan untuk menikmati pemandangan sunrise dan sunset. Dan Pantai Pasut ini mampu menyajikan suasana sunrise maupun sunset yang tidak kalah cantik dari berbagai pantai lainnya di pulau dewata. Suasana damainya mampu menghadirkan kesan yang mendalam saat sang fajar terbit ataupun kembali ke peraduannya.

3. Memancing Ikan

Bagi Anda yang hobi memancing, hobi tersebut bisa disalurkan ketika berkunjung pantai di kawasan Bali Barat ini. Karena di sini terdapat banyak jenis ikan yang bisa dipancing, seperti ikan kerapu dan ikan laut lainnya. Untuk peralatan pancingnya sendiri sudah terdapat tempat penyewaan, sehingga Anda tidak perlu bingung membawa alat pancing.

Aktivitas Menarik di Pantai Pasut
Image Credit: Google Maps (Indra Yasa)

4. Melihat Lomba Balap Sampan atau Drag Bike

Pada waktu waktu tertentu, ada lomba adu cepat sampan atau perahu tradisional yang dilakukan di lokasi dekat muara pantai dengan Sungai Yeh Ho. Tidak hanya lomba balap sampan, ada juga aksi drag bike yang biasanya dilakukan oleh pecinta otomotif. Semua kegiatan yang dilakukan masyarakat sekitar tersebut dijamin membuat Anda tidak akan bosan berada di pantai.

5. Kegiatan Pantai Lainnya

Dengan garis pantai yang cukup panjang dan luas, banyak kegiatan pantai lainnya yang bisa Anda lakukan di sini. Seperti bermain pasir, bermain bola kaki, hingga bermain volley. Apalagi pengunjung Pantai Pasut Tabanan cenderung tidak seramai pantai lainnya di Bali, sehingga Anda bisa bebas bermain dengan anggota keluarga saat berkunjung kemari.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Pasut Tabanan

Fasilitas di Pantai Pasut Tabanan
Image Credit: Google Maps (Yulistiana silvi)

Untuk mendukung kenyamanan para pengunjung dan menarik lebih banyak wisatawan ke sini, pemerintah dan pihak swasta di sekitar pantai telah menyediakan beberapa fasilitas umum di sana. Salah satunya yaitu tempat makan seperti warung warung di tepi pantai yang menjajakan aneka hidangan lokal, dan tentunya yang paling populer adalah boga bahari.

Ada cukup banyak penginapan di sekitar lokasi pantai yang bisa Anda pilih sebagai akomodasi selama berada di Bali. Mulai dari villa mewah, hotel berbintang, sampai guest house dengan harga terjangkau bisa Anda temukan. Seperti Sun Shang Eco Village dan A&W Guest House yang ada di Tabanan. Semua penginapan ini mempunyai fasilitas yang cukup memadai untuk menunjang kebutuhan anda.

Pantai di Bali memang tidak hanya Kuta, Jimbaran, Sanur, atau Nusa Dua saja. Tapi di bagian barat pulau dewata juga terdapat pantai yang tidak kalah cantik bernama Pantai Pasut. Suasana damai dan tenang dengan alam yang masih alami bahkan menjadi daya tarik tersendiri yang siap memanjakan Anda selama berada di pantai. Sudah siap berkunjung ke sana di liburan selanjutnya?