Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Panjang, Kec. Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Keindahan yang dimiliki Indonesia memang tidak bisa ditolak begitu saja. Nusa Tenggara Timur misalnya yang memiliki wisata alam yang melimpah juga indah. Kota Kupang bisa menjadi jujugan untuk anda yang ingin menghabiskan liburan di pantai. Dimana kawasan ini memang terkenal dengan destinasi baharinya yang membuat siapapun jatuh hati.

Berada di pesisir barat, pantai di Kupang juga terkenal dengan sunsetnya. Pantai Pasir Panjang menjadi salah satunya yang menawarkan sunset indah dengan hamparan pasir putih lembut. Pasir ini membentang sekitar 1 kilometer dan berdampingan dengan airnya yang jernih. Nuansa tropis kental yang dihadirkan mampu untuk menarik pengunjung dari berbagai daerah.

Daya Tarik Pantai Pasir Panjang

Photo by Google Maps Alda

1. Pasir Lembut dan Luas

Pantai memang identik dengan pasir putihnya yang membentang luas. Dan hal ini bisa anda temukan di Pasir Panjang yang memang sesuai dengan namanya. Kawasan pasir pantai ini begitu luas dan lembut ketika bersentuhan dengan kulit anda. Menjadikan area ini sebagai jujugan untuk melakukan berbagai aktivitas. Selain itu juga makin indah saat disandingkan dengan perairannya.

2. Air Laut jernih dan Bersih

Selain memiliki pasir yang lembut, pantai hits di Kupang ini juga memiliki air laut yang jernih dan bersih. Saat anda berkunjung kesana anda hampir tidak akan menemukan sampah, karena memang tempat ini sangat terjaga kebersihannya. Dengan air yang jernih dan bersih ini banyak wisatawan yang memanfaatkan pantai ini untuk diving.

3. Area Volly Pantai

Dengan hamparan pasir putih yang halus dan angin yang tidak begitu kencang, Pantai Pasir Panjang Kupang ini juga memiliki area Volly Pantai yang sangat diminati pengunjung. Di sekitar bibir pantai juga tidak ditemukan berbagai macam cangkang kerang besar, sehingga saat volly pantai tidak membahayakan peserta yang tanding.

Daya Tarik di Pantai Pasir Panjang
Photo by Google Maps deborah sitinjak

4. Area Pemancingan

Pada salah satu bagian dari pantai hits ini juga memiliki ombak yang cukup deras, sehingga disana anda dapat menemukan berbagai gerombolan ikan yang memilih area tersebut sebagai rumah. Disana anda juga akan menjumpai kumpulan pemancing yang berjajar untuk mencar ikan.

5. Kawasan Jogging Track

Pantai Indah di daerah Kupang ini juga memiliki daya tarik berupa jogging track yang sangat di gandrungi oleh pengunjung. Dengan adanya daya tarik ini, pengunjung dapat datang pagi hari untuk berolah raga sambil menikmati udara pagi hari yang segar. Deburan ombak juga seolah-olah menjadi irama pengiring anda saat berolah raga di area jogging track.

6. Pemandangan yang Indah

Daya tarik lainnya yang terdapat pada Pantai Pasir Panjang yaitu memiliki pemandangan eksotis yang dapat memanjakan mata anda. Disana anda akan menemukan pemandangan matahari terbenam yang terdapat di balik pulau kawasan pantai. Anda juga bisa menyaksikan detik-detik matahari terbenam di pinggiran pantai sambil ditemani angin sepoi-sepoi.

Tidak hanya sunset, anda juga dapat menikmati pemandangan menarik lainnya seperti aktifitas masyarakat sekitar yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Pengunjung juga bisa melihat bagaimana nelayan yang hidup rukun satu sama lain untuk saling bekerja sama mencari ikan. Karena mayoritas masyarakat disana bermata pencaharian sebagai nelayan.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat Pantai Pasir Panjang
Photo by Google Maps Agus aQm

Objek wisata pantai di Pesisir Barat Kupang memiliki tempat yang strategis dan mudah untuk ditemui, hal ini dikarenakan pantai hits tersebut berada di pusat kota. Bahkan Kupang dikenal dengan Kota Pesisir Pantai, sehingga cukup mudah untuk di jangkau. Untuk lebih lengkapnya pantai ini berada di Jalan Timor Raya, Klp. Lima, tepatnya di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Untuk rute menuju lokasi Pantai Pasir Panjang sangat mudah anda temukan, hal ini dikarekan dari pusat kota anda akan menjumpai banyak penunjuk arah menuju pantai indah tersebut. Sehingga anda tidak perlu khawatir akan tersesat. Untuk lebih memudahkan, anda juga bisa menggunakan GPS untuk penunjuk arah.

Akses menuju lokasi juga sangat sangat lancar, karena lalu lintas berjaan dengan tertib. Namun pada hari libur, diharapkan anda bisa berangkat lebih pagi guna menghindari kemacetan. Anda menuju lokasi juga dapat menggunakan berbagai kendaraan baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jam Operasional dan Harga Tiket

Jam Operasional Pantai Pasir Panjang
Photo by Google Maps berbagifun Family

Tempat wisata aalm ini dibuka selama 24 jam non-stop. Bahkan pada sore hingga malam hari tempat ini akan dipadati oleh pengunjung. Selain pengunjung pada malam hari anda juga masih akan tetap menemukan penjual makanan yang menjajakan hidangan lezatnya kepada pembeli.

Harga tiket untuk masuk di kawasan objek wisata Pantai di Pesisir Barat Kupang ini sangat bersahabat. Harga tiket mask dibandrol dengan harga kirang lebih Rp 5.000. Sedangkan untuk parkir biasanya sepeda motor ditarik dengan harga sekitar Rp 2.000 dan Mobil kurang lebih seharga Rp 3.000. Kendarakan roda enam sekitar Rp 6.000 dan untuk kendarakan roda delapan di tarik sekitar Rp 8.000.

Aktifitas yang Menarik Dilakukan

Aktifitas Menarik Pantai Pasir Panjang
Photo by Google Maps Ignasius Koli

1. Berenang di Tepi pantai

Anda yang berkunjung ke pantai dan ingin berenang, Pantai Pasir Panjang merupakan kawasan yang sangat cocok untuk di kunjungi. Memiliki ombak yang tenang, menjadikan wisata ini sebagai tujuan untuk berenang. Ditambah air yang jernih membuat semakin nyaman untuk berenang. Tepian pantai yang digunakan untuk berenang juga dangkal sehingga aman bagi anda dan buah hati.

2. Mancing

Karena wisata ini memiliki area yang digunakan untuk mancing, sehingga membuat tempat keren ini sebagai tujuan wisatawan yang hobi mancing. Biasnaya anak-anak akan berenang sambil bermain pasir di tepi pantai dengan ibunya, sedangkan bapak-bapak akan memancing untuk menyalurkan hobinya.

3. Olah Raga

Aktifitas seru yang dapat anda lakukan saat berkunjung yaitu olah raga. Olah raga yang dapat anda nikmati juga beragam mulai dari jogging di area jogging track, snorkeling, benerang, bermain sepak bola, selancar, dan juga olah raga bola volly. Karena banyaknya kegaitan olah raga yang dapat dilakukan, maka jangan heran jika anda akan menemukan banyak pengunjung.

Aktifitas Menarik di Pantai Pasir Panjang
Photo by Google Maps nanda adinugroho

4. Menyaksikan Matahari Terbenam

Jika anda dan keluarga anda berkunjung pada sore hari, anda akan menikmati keindahan langit d sekitar pantai dan menikmati matahari terbenam. Biasanya pengunjung akan datang sekitar pukul 5 sore untuk menyaksikan matahari terbenam sambil duduk berjajar ditepi pantai atau di area jogging track.

5. Menikmati Malam

Karena tempatt wisata ini buka hingga malam, maka anda dan keluarga dapat bersantai dengan keluarga hingga malam. Biasanya pada malam hari banyak wisatawan yang berjalan santai adan juga pengunjung yang bersenda gurau dengan teman-temannya hingga pasangan muda yang menikmati keromantisannya.

Fasilitas di Pantai Pasir Panjang

Fasilitas Pantai Pasir Panjang
Photo by Google Maps Ignasius Koli

Pantai Pasir Panjang menawarkan berbagai fasilitas yang dapat anda gunakan bersama keluarga anda. Salah satu fasilitas tersebut adalah pusat informasi. Pengunjung dapat melihat terkait fasilitas apa saja yang di tawarkan di pantai. Selain itu pusat infromasi juga akan memudahkan pengunjung untuk menemukan rute berbagai lokasi yang ada di sekitar pantai hits tersebut.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai keren ini juga dapat menyewa perahu motor ataupun sepeda air yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Untuk perahu motor biasanya sekali naik akan diisi oleh empat penumpang. Sedangkan untuk sepeda air biasanya di gunakan sendiri-sendiri.

Anda tidak pelru khawatir akan mengantri dengan fasilitas ini. Karena untuk fasilitas perahu motor dan sepeda air pengelola menyediakan jumlah yang banyak. Selain itu fasilitas tersebut juga masih tergolong baru dan dirawat dengan baik. Sehingga sangat aman untuk anda gunakan bersama keluarga.

Bagi anda yang tidak tertarik untuk berenang di pantai, anda juga bisa berenang dikolam yang sudah disediakan oleh petugas. Kolam renang yang ditawarkan cenderung dangkal, jadi bagi anda yang belum mahir berenang tidak perlu takut untuk tenggelam. Pada kolam renang tersebut di budget dengan harga yang cenderung murah.

Fasilitas di Pantai Pasir Panjang
Photo by Google Maps Ahmad Vazrie

Bagi anda yang tidak membawa bekal dari rumah, tempat wisata ini juga di beri fasilitas rumah makan yang menawarkan berbagai sajian lezat. Walupun lezat, makanan disini juga tidak di jual dengan harga mahal, sehingga tidak khayal jika tempat ini bakal rame dikunjungi bagi wisatawan yang hadir.

Anda dengan keluarga anda juga bisa menginap di daerah ini. Harga penginapan yang ditawarkan berfariasi, tergantung dengan fasilitas di dalamnya dan juga konsep penginapan yang di usung. Sebagian besar penginapan menawarkan view pemandangan penatai yang eksotis, sehingga saat anda bangun tidur anda langsung bisa melihat pantai di depan mata anda.

Kehadiran pantai pasir Panjang Kupang semakin menambah daftar panjang pantai pantai indah di kota ini. Dan anda tak perlu bingung untuk menentukan destinasi saat di Kupang. Kemolekan alam yang dimiliki pantai berpasir putih ini juga akan memberikan pengalaman liburan menyenangkan. Namun pastikan untuk turut menjaga kebersihan di sekitar.