Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Pandawa di Pulau Dewata Bali menawarkan wisata bahari yang eksotis. Pantai pasir putih dengan fasilitas yang memadai.

Lokasi: Jl. Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.
Map: Cek Lokasi

Pantai Pandawa merupakan salah satu objek wisata alam yang ada di Kabupaten Badung, Bali. Tempat wisata ini terkenal lokasinya yang berada di balik perbukitan batu kapur. Wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini pun harus melewati jalanan yang dibangun di tebing batu tersebut.

Pantai Pandawa memiliki pemandangan ikonik yaitu pahatan patung pandawa dan Dewi Kunti. Ombak di pantai ini cukup tenang dan kontur pantai yang landai. Ombak pantainya tidak sampai ke bibir pantai sehingga dimanfaatkan juga untuk budidaya rumput laut oleh petani sekitar.

Perkembangan Pantai Pandawa semakin baik dengan berbagai sarana dan berbagai fasilitas yang memadai. Pantai berpasir putih ini pun sekarang menjelma menjadi salah satu destinasi wisata populer terutama di sisi selatan Bali.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pandawa Bali

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pandawa Bali
Image Credit: Traveloka.com

Pesona keindahan Pantai Pandawa menjadi daya tarik utama bagi banyak wisatawan untuk datang. Panorama pantai dengan hamparan pasir putihnya yang bersih dan lembut membuat pengunjung betah untuk menghabiskan waktu di pantai ini. Karakteristik pantainya pun cukup landai sehingga kegiatan di pantai akan lebih nyaman.

Walaupun pengunjung Pantai Pandawa selalu tinggi, wisatawan bisa menikmati liburan di pantai dengan menyenangkan. Selain karena pemandangan yang indah, kondisi pantai juga bersih dan bebas polusi sehingga semua wisatawan tetap nyaman menikmati waktu mereka di pantai ini.

Pemandangan laut biru dan pasir putih menjadi sajian utama di objek wisata Pantai Pandawa. Namun tempat wisata hits di Bali ini juga memiliki pemandangan indah lainnya yang menambah daya tarik bagi wisatawan untuk datang. Pemandangan indah yang dapat dinikmati bahkan sebelum sampai di lokasi pantai.

Pantai Pandawa terkenal dengan jalanan berliku yang seolah-olah membelah tebing yang menghalangi pantai. Wisatawan akan disambut dengan jalanan aspal yang di sisi sampingnya adalah dinding tebing yang tampak kokoh. Pada sisi lainnya, pemandangan laut dari kejauhan akan menemani perjalanan saat akan memasuki kawasan pantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pandawa Bali..
Image Credit: Referensiwisata.com

Pada dinding tebing di sepanjang perjalanan memasuki pantai, wisatawan dapat melihat beberapa patung yang disebut sebagai Ksatria Pandawa. Patung tersebut dipahat dengan arah menghadap pantai dan dibuat oleh seniman asli Bali. Selain ksatria Pandawa, terdapat patung lain yang merupakan gambaran dari sosok Dewi Kunti.

Selain karena keindahannya, Pantai Pandawa juga menarik untuk dikunjungi karena tempat wisata ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Mulai dari kursi dan payung pantai, warung makan, penyewaan kano, hingga fasilitas pijat dan spa. Semua fasilitas yang tentunya akan memanjakan dan memuaskan wisatawan yang datang ke pantai ini.

Pengunjung juga bisa menyewa perlengkapan seperti jaket pelampung apabila ingin bermain di laut sekitar pantai. Aktivitas berenang atau bermain di tepi lautnya cukup aman karena ombak di kawasan ini yang relatif tenang. Garis pantainya cukup panjang sehingga wisatawan bisa berenang di bibir pantai dengan lebih leluasa.

Daya tarik lain dari Pantai Pandawa adalah tempatnya yang menawarkan banyak spot menarik untuk selfie. Kebanyakan wisatawan tentu tidak akan melewatkan liburan di Pantai Pandawa tanpa berfoto-foto. Objek wisata ini juga cocok untuk wisatawan yang sedang hunting foto untuk preweding atau foto profesional lainnya.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Pandawa

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Pandawa
Image Credit: Trivindo.com

Pantai Pandawa berlokasi di Desa Kutuh dengan jarak sekitar 18 km dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Perjalanan dari bandara memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Jika Anda datang dari arah bandara, maka rute yang bisa diambil adalah melalui Jalan Goa Gong, Jimbaran.

Sedangkan untuk rute jalan ke Pantai Pandawa dari arah kota Denpasar adalah melalui jalan Tol Bali Mandara. Perjalanan yang dibutuhkan untuk jarak sekitar 27 km dari Denpasar ke Pandawa kurang lebih sekitar 1 jam 15 menit.

Perjalanan ke Pantai Pandawa dapat memakan waktu lebih lama, terutama saat lalu lintas sedang macet. Biasanya daerah yang sering macet ada di jalanan sekitar objek wisata Garuda Wisnu Kencana.

Akses jalan menuju kawasan pantai di daerah Kutuh seperti Pantai Pandawa adalah berupa jalanan berliku-liku. Jadi siapkan kondisi fisik yang prima, termasuk untuk kendaraan yang digunakan. Apalagi di kawasan ini belum tersedia transportasi umum yang langsung mengarah ke Pantai Pandawa.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa Bali

Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa Bali
Image Credit: Edorusyanto.wordpress.com

Wisatawan yang ingin masuk ke kawasan Pantai Pandawa harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Pengunjung dewasa dikenai tarif masuk sekitar Rp 8.000,- dan anak-anak sekitar Rp 4.000,-. Sedangkan untuk turis asing dikenai biaya masuk sekitar Rp 15.000,-. Namun harga tiket masuk tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Selain membayar tiket masuk, pengunjung yang datang dengan kendaraan bermotor wajib membayar retribusi parkir. Tarif parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp 2.000,- dan Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat.

Setelah membayar tiket masuk dan biaya parkir, wisatawan dapat masuk ke kawasan pantai dan bermain sepuasnya. Namun jika ingin mencoba pijat, kano, dan paralayang, maka Anda perlu membayar lagi untuk biaya sewa dan jasa.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Pandawa Bali

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Pandawa Bali
Image Credit: Tempatwisataseru.com

1. Berkeliling Pantai Dengan Kano

Pantai Pandawa menawarkan cara lain untuk wisatawan menikmati keindahan lautnya, yaitu dengan mendayung menggunakan kano. Tersedia pilihan single kano dan double kano yang bisa disewa oleh wisatawan dengan tarif tertentu. Jangan lupa juga untuk mengenakan jaket pelampung agar lebih aman saat bermain kano nanti.

2. Melihat Budidaya Rumput Laut

Aktivitas lain yang bisa dilakukan saat berada di kawasan wisata ini adalah melihat langsung budidaya rumput laut. Beberapa petani biasa mengikat bibit rumput laut di sisi barat dari Pantai Pandawa. Wisatawan dapat melihat proses penanaman bibit rumput laut tersebut, juga melihat proses panen dan menjemur rumput laut.

3. Berenang di Sekitar Pantai

Air laut yang jernih tentu sayang jika tidak dimanfaatkan untuk berenang. Tepian Pantai Pandawa memiliki ombak yang cukup tenang sehingga wisatawan dapat berenang dengan aman. Selain itu, kawasan pantai ini tidak terlalu sesak wisatawan seperti di Pantai Kuta atau pantai lain di Bali sehingga untuk berenang pun lebih nyaman.

4. Bersantai dan Berjemur di Pantai

Kawasan Pantai Pandawa merupakan tempat terbuka yang selalu memperoleh sinar matahari hampir setiap tahun. Lokasinya cocok untuk wisatawan yang ingin berjemur dan menikmati pemandangan pantai. Jika tidak ingin panas-panasan, pengunjung bisa bersantai di bawah payung dan tempat duduk pantai yang disediakan.

5. Mencoba Pijat Pantai

Bersantai di pantai merupakan cara efektif untuk rileksasi agar tubuh dan pikiran lebih segar. Lebih rileks lagi jika ditambah dengan pijatan relaksasi yang bisa dicoba di Pantai Pandawa. Pilihan layanan pijat yang disediakan antara lain pijat Pandawa, pijat khas Bali, dan pijat refleksi kaki.

6. Bermain Paralayang

Liburan di Pantai Pandawa tidak akan membosankan, apalagi sekarang pengunjung juga bisa mencoba aktivitas seru yaitu paralayang. Olahraga yang cocok untuk pecinta adrenalin yang ingin menikmati pemandangan Pantai Pandawa dari sudut yang berbeda. Paralayang dilakukan di atas sebuah bukit yaitu Bukit Timbis.

7. Berburu Kerajinan Tangan

Kegiatan yang tidak kalah seru untuk dilakukan di Pantai Pandawa adalah belanja. Wisatawan dapat berburu berbagai kerajinan tangan khas Bali di beberapa toko yang berderet di sekitar pantai yang banyak menjual oleh-oleh kerajinan tangan. Termasuk juga aneka kuliner yang bisa dinikmati selama di Pantai Pandawa.

8. Berfoto di Depan Patung Pandawa

Saat berlibur di Pantai Pandawa jangan lupa untuk berfoto-foto terutama di depan area patung Ksatria Pandawa. Lima patung yang dipahat langsung di dinding tebing batu kapur oleh pemahat dari

Bali. Patung yang dipahat dengan tinggi sekitar 5 meter berdiri gagah akan terlihat bagus untuk latar belakang foto Anda.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Pandawa

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Pandawa
Image Credit: Puripandawa.com

1. Pandawa Beach Homestay

Penginapan yang cukup dekat di kawasan wisata Pantai Pandawa adalah Pandawa Beach Homestay. Jaraknya kurang hanya sekitar 5 menit jika menggunakan kendaraan bermotor. Fasilitasnya lengkap seperti layanan kamar, restoran, kolam renang, bar, hingga layanan antar jemput bandara.

2. Puri Pandawa Resort

Salah satu penginapan di sekitar Pantai Pandawa yang memiliki fasilitas hotel bintang 4 adalah Puri Pandawa Resort. Wisatawan dapat bermalam di kamar yang nyaman dengan dilengkapi fasilitas layar TV, bidet, kamar mandi pribadi, hingga mesin cuci piring. Penginapan ini juga menyediakan sarapan dengan masakan Eropa dan Amerika.

3. The Umah Pandawa

Saat berlibur ke Pantai Pandawa, wisatawan bisa menginap di beberapa hotel atau vila yang ada di sekitarnya. Salah satu pilihannya adalah The Umah Pandawa Hotel and Villas. Pengunjung dapat menikmati kamar tidur lengkap dengan sebuah tv, handuk, dan sebuah dapur.

4. Pandawa Hill Resort

Tempat penginapan yang bagus dan nyaman di sekitar Pantai Pandawa adalah Pandawa Hill Resort. Lokasinya cukup dekat sekitar 1km dengan layanan hotel bintang 4. Fasilitas untuk tamu antara lain wifi, bar, kolam renang, dan spa. Tersedia 125 unit kamar yang terdiri dari beberapa tipe seperti superior, suite, dan deluxe.

5. Lala Homestay

Wisatawan Pantai Pandawa dapat bermalam di penginapan yang nyaman dan cukup murah di Lala Homestay. Pengelola menyediakan berbagai fasilitas untuk para tamu yang bermalam, seperti akses wifi gratis, restoran, resepsionis 24 jam, dan layanan antar jemput bandara.

6. Ocho Bali Surf Camp

Akomodasi penginapan yang dapat ditemukan di sekitar Pantai Pandawa selanjutnya adalah Ocho Bali Surf Camp. Penginapan yang jaraknya 1km dari pantai tersebut memiliki unit kamar dengan fasilitas AC dan TV layar datar. Pengunjung juga bisa menikmati fasilitas lain seperti kolam renang outdoor dan sepeda sewa.

7. Ady Homestay

Ady Homestay terkenal sebagai salah satu penginapan yang paling banyak direkomendasikan. Lokasinya yang dekat dengan Pantai Pandawa dan beberapa objek wisata di Uluwatu ini membuatnya laris digunakan wisatawan untuk menginap. Fasilitas yang disediakan antara lain tempat parkir, wifi gratis, tv layar datar, dan shower.

8. Pondok Kedondong

Penginapan murah dan dekat dengan Pantai Pandawa selanjutnya adalah Pondok Kedondong. Kamar nyaman dengan fasilitas lengkap seperti AC, TV, Wifi, kamar mandi pribadi, tempat parkir, hingga layanan kamar. Kamar tipe twin dan deluxe adalah pilihan yang disediakan untuk pengunjung yang ingin bermalam di Pondok Kedondong.

9. Karang Saujana Villa Bali

Penginapan di sekitar Pantai Pandawa cukup banyak dan salah satu pilihannya adalah Karang Saujana Villa Bali. Penginapan mewah dengan fasilitas lengkap seperti kamar yang menghadap pantai, private pool, ruang makan, teras, dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pandawa Bali

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pandawa Bali
Image Credit: Tukangpantai.blogspot.com

Beragam fasilitas untuk memanjakan wisatawan tersedia di Pantai Pandawa. Fasilitasnya semakin lengkap dan memadai mulai dari kursi pantai, jasa pijat, penyewaan kano, hingga jasa wisata paralayang.

Fasilitas penyewaan di pantai ini memiliki tarif yang berbeda-beda. Sewa single kano tarifnya sekitar Rp 25.000,- per jam dan Rp 50.000,- per jam untuk double kano. Kursi dan payung pantai bisa digunakan dengan biaya sewa sekitar Rp 50.000,-. Sedangkan untuk fasilitas paralayang biayanya kurang lebih Rp 400.000,- per orang.

Pengelola Pantai Pandawa menyediakan beragam fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung pantai. Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain tempat parkir yang luas, rumah makan, toko souvenir, serta kamar mandi dan toilet dengan air bersih.

Itulah beberapa hal menarik seputar objek wisata Pantai Pandawa yang sedang hits di kalangan traveler. Selain suasana dan pemandangan yang bagus, pengelolaan yang baik di tempat wisata tersebut juga menjadi daya tarik wisatawan mengunjungi Pantai Pandawa.