Pantai Pandan Malaka, Pantai Cantik dengan Pasir Putih Eksotis di Lombok

Pantai Pandan Malaka, Pantai Cantik dengan Pasir Putih Eksotis di Lombok
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Senggigi, Malaka, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Indonesia menawarkan banyak tempat wisata berupa pantai yang begitu mengagumkan dengan pemandangannya yang elok, cantik dan luar biasa. Salah satu tempat wisata pantai tersebut berada di Desa Malaka, Nusa Tenggara Barat.

Pantai tersebut dikenal dengan nama Pantai Pandan Malaka. Jika Anda ingin menuju ke tempat tersebut, maka Anda bisa menempuhnya hanya dalam waktu satu jam saja dari pusat kota. Tempatnya yang begitu tenang sangat cocok digunakan berlibur keluarga.

Sepanjang perjalanan menuju ke tempat wisata tersebut Anda pun juga akan disuguhkan keindahan bukit hijau dan laut yang membentang. Karena itu, jika Anda kebetulan berada di Lombok Utara perlu sekarang mengunjungi tempat wisata tersebut. Bahkan banyak sekali keindahan keseruan yang bisa Anda temukan di tempat ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Pandan Malaka

Daya Tarik Pantai Pandan Malaka
Photo by Google Maps K S

1. Pantai Alami dengan Pasir Putih

Sebagai salah satu tempat wisata, Pantai Pandan Malaka memang terbilang pantai yang tenang. Hal itu dikarenakan di tempat tersebut memang belum banyak pengunjung yang datang. Mayoritas wisatawan yang datang adalah mereka para keluarga. Nilai eksotis pemandangan di pantai tersebut memang tidak perlu diragukan lagi.

Pantai ini memiliki pasir dengan warna putih, Anda akan dimanjakan oleh pasir-pasir yang halus tersebut. Di tempat ini pula Anda akan menemukan kawasan 3 gili, antara lain yaitu Gili Air, Gili Trawangan dan Gili Meno. Tidak sedikit wisatawan yang mengaku bahwa ketiga gili tersebut menjadi alasan kenapa mereka datang ke kawasan pantai tersebut.

Selain itu, topografi dari pantai cukup landai, sehingga nyaman bagi Anda yang ingin berjalan-jalan sambil lalu menikmati keindahan ombak tepi pantai. Terlebih jika Anda datang ke tempat ini saat pagi atau sore hari, maka keindahan akan terasa semakin lengkap dengan suguhan senja langit.

2. Suasana Tenang

Sangat berbeda dengan tempat-tempat wisata lainnya, di Pantai Pandan Malaka ini Anda akan menemukan suasana yang begitu tenang. Suasana yang relatif tenang tersebut dikarenakan pantai tersebut memang cukup jarang dikunjungi oleh wisatawan. Pantai Pandan jika dibandingkan dengan pantai lain memang masih kalah populer.

Namun meski begitu, Anda jangan salah, karena di tempat tersebut Anda bisa melihat keindahan yang begitu mengagumkan. Selain itu, tempat tersebut memang jauh dari pusat kota, karena itu, bagi Anda yang ingin mencari ketenangan, maka sangat disarankan untuk segera meluncur ke pantai tersebut.

3. Panorama Indah

Ketika Anda baru menginjakkan kaki di pantai ini maka nantinya andapun akan mulai disambut oleh lambaian pepohonan nyiur yang berdiri sapi di sisi pantai. Lembutnya pasir Putih bersanding dengan air laut yang tampak jernih. Selain itu, panorama bukit hijau di sebelah kiri dan kanan dari pantai makin membuat pemandangan tampak menakjubkan.

Hal tersebut sangat pas sekali bagi para pengunjung yang memiliki hobi dalam bidang fotografi. Pastinya akan banyak keindahan yang bisa didapatkan dari jepretan kamera di tempat tersebut.

Alamat & Cara Menuju Lokasi

Alamat Pantai Pandan Malaka
Photo by Google Maps Kawi Boedisetio

Untuk Anda yang berencana mengunjungi Pantai Pandan Malaka, maka Anda bisa segera meluncur ke Desa Malaka. Libur panjang dengan mengunjungi pantai tersebut bersama dengan sanak family ataupun teman merupakan ide yang tepat. Terlebih Lombok memang dikenal sebagai salah satu wilayah yang memiliki pantai begitu eksotis.

Pantai Pandan yang berada di Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat ini berada di Kecamatan Pemenang dan jaraknya dari Kota Mataram hanya sekitar 27 km saja. Jika Anda berkendara dengan kecepatan normal, maka bisa mencapai tempat tersebut dari Kota Mataram selama 43 menit saja.

Perjalanan untuk bisa menuju ke pantai dapat Anda tempuh menggunakan dua rute yang berbeda dari Kota Mataram. Jalur yang pertama nantinya Anda bisa meluncur dari Mataram dan menggunakan jalur khusus, yang mana jalur tersebut menghubungkan antara Lombok Utara dengan Lombok Barat.

Nantinya Anda akan melewati kawasan hutan yang mana mengelilingi area perbukitan hijau. Di sana Anda akan menemukan banyak sekali kawanan kera di pinggiran jalan. Perjalanan tersebut tentu akan sangat seru dan bisa untuk Anda abadikan.

Sedangkan jalur yang kedua, Anda bisa melalui Jalan Pantai Senggigi. Medan jalan ketika melewati Pantai Senggigi ini sudah terbilang bagus dan mulus. Selama di perjalanan, nantinya Anda akan disuguhkan pemandangan pantai yang begitu indah menawan dipadu dengan area bukit hijau di bagian sisi-sisinya.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandan Malaka

Harga Tiket Masuk Pantai Pandan Malaka
Photo by Google Maps Wahyu Hidayah

Ketika ingin mengunjungi Pantai Pandan Malaka, maka disini Anda tidak akan dikenakan biaya tiket. Namun untuk Anda yang ingin melakukan aktivitas berenang, bermain ayunan dan juga melakukan snorkeling dan tertarik untuk menyewa perlengkapannya, maka di tempat tersebut telah tersedia tempat penyewaan.

Untuk besar biayanya sendiri terbilang cukup murah. Anda bisa menggunakan kano yang tersedia di tempat tersebut dengan membayar sebesar Rp 20.000. Begitu juga bagi Anda yang ingin menyewa perlengkapan snorkeling, harganya yaitu sebesar Rp 20.000. Sedangkan bagi Anda yang ingin menggunakan ban, maka harga sewa hanya Rp 10.000 saja

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas Menarik Pantai Pandan Malaka
Photo by Google Maps W B

1. Berenang di Pantai Pandan Malaka

Ada banyak sekali aktivitas seru dan menarik yang bisa dilakukan selama Anda berada di Pantai Pandan Malaka. Salah satunya yaitu bermain air, berenang dan melakukan snorkeling. Aktivitas-aktivitas tersebut sangat mungkin dilakukan dan aman, karena memang ombak di tempat tersebut tidak terlampau besar.

Selain itu, kondisi pantai di pandan ini terbilang landai. Karena itulah, Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan aktivitas tersebut. Untuk yang ingin bermain kano, tersedia tempat sewa dan bisa Anda sewa sepuasnya.

Ada banyak sekali keseruan wisata air yang bisa ditemukan di tempat tersebut. Karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjunginya.

2. Menyantap Ikan Bakar

Tidak lengkap rasanya jika Anda mengunjungi Pantai Pandan Malaka yang berada di Malaka ini tanpa mencicipi ikan laut bakar. Ikan bakar yang ada di tempat tersebut memang sangatlah khas, dan tentunya hal tersebut akan membuat Anda yang penggemar seafood akan sangat bersemangat.

Mulanya di tempat ini hanya terdapat satu pedagang ikan bakar saja, namun karena makin banyak pengunjung yang berdatangan, maka lama-lama akhirnya banyak juga orang yang mulai berjualan ikan bakar. Bahkan tak sedikit dari beberapa orang tersebut menjadikan profesi berjualan ikan laut bakar sebagai sumber penghasilan utamanya.

Rasa dari ikan bakar yang dijual memang begitu khas. Anda akan merasakan cita rasa manis bercampur dengan pedas. Bagi Anda yang kebetulan tidak suka makanan pedas, maka perlu mencoba ikan bakar tersebut dengan rasa manis.

Anda tidak perlu khawatir mengenai masalah harga dari ikan bakar laut khas Pantai pandan karena memang sangat terjangkau. Pastikan Anda tidak melewatkan aktivitas satu ini dan Anda bisa juga menjadikan ikan bakar khas pantai tersebut untuk dijadikan oleh-oleh kerabat Anda di rumah.

3. Menikmati Kuliner

Selain berjajar pedagang yang menjual ikan bakar menggunakan bumbu khas daerah Lombok, Andapun juga akan menemukan kuliner lain yang tak kalah nikmat. Menu-menu lain yang tak kalah nikmat tersebut seperti contohnya terong bakar dan juga pelecing kangkung. Makanan tersebut merupakan makanan khas daerah Lombok.

Ketika menikmati kuliner tersebut, maka jangan lupa juga Anda untuk memesan air kelapa segar. Air kelapa yang Anda minum langsung dari buah dapat menambah sempurna liburan Anda di pantai tersebut.

4. Bersantai

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pantai Pandan Malaka yaitu bersantai. Anda bisa sekedar duduk di pantai sambil lalu menikmati keindahannya. Panorama perbukitan hijau yang disuguhkan di pantai nan indah ini memang membuat keindahannya semakin tampak memukau dan menakjubkan.

Anda nantinya bisa duduk santai sambil lalu menyaksikan keindahan suasana pantai di tempat tersebut. Di sana juga telah tersedia ayunan dan kursi yang bisa Anda pakai sepuas hati. Karena itulah bagi Anda yang ingin merilekskan diri maka bisa menjadikan pantai ini sebagai tempat untuk bersantai.

Fasilitas Wisata di Pantai Pandan Malaka

Fasilitas Pantai Pandan Malaka
Photo by Google Maps Hasan Suryawan

Pantai cantik ini memiliki fasilitas yang sudah terbilang cukup lengkap. Sekalipun pantai ini masih kalah populer dengan pantai-pantai lain yang ada di Lombok, namun mengenai masalah fasilitas Anda tidak perlu meragukannya. Di sana Anda sudah bisa menemukan toilet, musolla dan juga area parkir yang aman.

Toilet yang tersedia di sana sudah bersih, selain itu juga tidak hanya tersedia satu toilet namun beberapa. Bagi Anda yang sangat gemar dengan kuliner, maka perlu untuk segera mencicipi menu yang dijual oleh warung-warung di pinggiran pantai. Harga dari menu kuliner yang dijual cukup terjangkau.

Selain itu, untuk membuat pengunjung semakin betah di tempat tersebut juga telah tersedia area swafoto. Disediakan pula perlengkapan untuk melakukan berbagai macam aktivitas air yang menyenangkan, seperti banana boat, pelampung, penyewaan kano, perlengkapan untuk melakukan snorkling dan lain sebagainya.

Pantai Pandan Malaka memang sangat memukau dan recommended bagi Anda yang saat ini mencari tempat berlibur bersama dengan keluarga di Pulau Lombok. Karena itu, tidak ada salahnya untuk Anda segera meluncur ke Lombok Utara dan merasakan keindahan serta keseruan yang mampu disajikan oleh pantai satu ini.