Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Nyanyi, Desa Beraban, Kec. Kediri, Kab. Tabanan, Bali.

Saat berada di selatan Bali, umumnya anda akan mengunjungi daerah Jimbaran yang terkenal akan pantainya yang eksotis. Namun, ternyata banyak pantai lain yang menyuguhkan keindahan menakjubkan. Salah satunya adalah pantai yang ada di Tabanan yakni Pantai Nyanyi.

Memiliki nama yang unik, pantai ini juga bisa menjadi daftar tujuan wisata anda saat berada di Pulau Dewata. Disini, anda akan disuguhkan dengan keindahan surga tersembunyi. Bagaimana tidak, anda pun akan berasa sedang berada di private beach lantaran suasananya yang sepi dan tenang.

Daya Tarik Wisata Pantai Nyanyi

Daya Tarik Pantai Nyanyi Tabanan
Photo by Twitter Fantastic Bali

1. Memiliki Pasir yang Berwarna Hitam

Apabila anda jarang ke Bali, keberadaan pantai ini memang tidak terlalu dikenal. Hal ini memang dikarenakan pantai yang berada di Tabanan ini belum populer seperti pantai pantai lain. Sebut saja seperti Pantai Kuta, Pantai Pandawa hingga Pantai Balangan yang sama sama berlokasi di selatan Bali.

Meskipun begitu, pemandangan yang ada di wisata bahari ini tak bisa anda pandang sebelah mata. Memasuki kawasan tersebut, anda pun akan disuguhkan dengan pesonanya yang luar biasa. Salah satu daya tarik yang dimilikinya oleh Pantai Nyanyi adalah pantainya yang memiliki pasir berwarna hitam.

Dengan pasir tersebut tentu saja akan membuatnya menjadi lebih eksotis. Pasir hitam yang legam dan halus membuat anda bisa berlarian dan bermain di pantai sepanjang hari. Tentunya menjadi salah satu pantai unik di Bali, lantaran di pulau ini kebanyakan pantainya yang berwarna putih bersih.

Karena berada di selatan Pulau Bali, pantai satu ini memiliki perbedaan dibandingkan dengan pantai lain. Salah satunya adalah pantai hits di Tabanan ini berhadapan langsung dengan arah selatan yakni Samudra Hindia. Sepandang mata memandang anda akan melihat laut yang terhampar luas.

2. Asal Usul Nama Pantai Nyanyi

Selanjutnya, daya tarik lain yang dimiliki oleh pantai eksotis satu ini adalah namanya. Jika anda baru pertama kali mendengarnya, maka pantai tersebut akan memiliki nama yang sangat unik. Itulah mengapa pantai yang berada di selatan Bali ini mengundang rasa penasaran bagi sebagian orang untuk mengunjunginya.

Bagi anda yang mendengarnya, nama Pantai Nyanyi memang sedikit lucu. Nama ini sendiri senada dengan penyebutan nyanyian. Memang tidak salah, sebab wisata bahari ini menyuguhkan nyanyian keindahan dari pantai yang tersembunyi di pulau Dewata. Bagi anda yang memiliki jiwa petualang tinggi, pastinya wajib menjelajah kawasan yang indah ini.

Selain itu, untuk asal usul dari nama pantai yang unik ini sebenarnya diambil dari sebuah nama desa yang ada di Bali. Desa tersebut memiliki nama yakni Dusun Nyanyi, yang berada di Beraban Kecamatan Kediri, Tabanan, Bali. Itulah mengapa pantai yang memiliki pasir hitam ini memiliki nama Pantai Nyanyi.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Nyanyi Tabanan
Photo by Twitter Kevin Anda

3. Termasuk Salah Satu Pantai yang Sepi

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki oleh pantai ini adalah suasana yang sepi. Seperti yang anda tahu, Bali merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki banyak pengunjung, bahkan hingga ke penjuru dunia. Hal ini yang menyebabkan anda akan jarang menemui pantai di Bali yang sepi.

Namun, hal ini berbeda ketika anda mengunjungi salah satu pantai yang ada di Tabanan ini. hal tersebut lantaran pantai ini tergolong menjadi salah satu pantai sepi yang ada disini. Jika anda merasa bosan dan ingin untuk mengunjungi pantai yang tenang dan menikmati kesunyian, maka wisata bahari ini adalah tempat yang tepat.

Berada disini, anda tidak akan menemukan hiruk pikuk yang ramai karena memang lokasinya yang jauh dari pusat keramaian. Bahkan lokasinya sendiri jauh dari rumah rumah nelayan. Hal yang bisa anda temukan disini mungkin hanya beberapa warung warung yang ada disekitar.

Nuansa pantai dengan pemandangan alam yang masih asri dan terjaga karena masih jarang dikunjungi oleh wisatawan ini memang menjadikan Pantai Nyanyi merupakan salah satu tempat yang pas untuk healing. Apabila anda dilanda penat pikiran dan ingin relaksasi, maka anda bisa datang ke pantai indah ini.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Pantai Nyanyi Tabanan
Photo by Google Maps JIMS Daily Life

Lokasi dari Pantai Nyanyi sendiri yakni berada di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Anda pun bisa dengan mudah menemukan titik koordinatnya di maps. Dimana untuk sisi barat dari kawasan pantai ini berbatasan dengan tebing dan juga di seberang bukit, anda akan bisa menemui Pantai Tanah Lot yang populer tersebut.

Sedangkan untuk di bagian timurnya sendiri, anda pun bisa menemukan Pantai Mengening. Di sisi timur ini anda juga akan bisa melihat indahnya Pura Mengening yang letaknya menjorok ke laut. Sehingga lokasi dari pantai ini memang diapit dengan dua pura. Tak heran keindahan akan bisa anda nikmati saat berkunjung kesini.

Bagi anda yang berniat untuk berwisata kesini, jarak tempuh dari Denpasar menuju ke Pantai Nyanyi yakni kurang lebih 20 km. Untuk kesini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi yakni dengan mengikuti rute via Jalan Raya Canggu – Tanah Lot. Dimana sebelum 1 km dari pertigaan Tanah Lot, anda bisa mengarahkan kendaraan menuju ke arah kiri.

Bagi anda yang sedang mencari tempat wisata dengan harga yang gratis atau tanpa dipungut biaya sepeser pun, maka pantai ini adalah salah satu lokasi yang tepat. Pasalnya, ketika anda mengunjungi pantai ini, anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun alias free. Dengan begitu, anda bisa datang kapan saja untuk menenangkan pikiran.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktvitas Seru Pantai Nyanyi Tabanan
Photo by Google Maps Sholikin Ikin

1. Surfing

Bagi anda yang menyukai kegiatan surfing, pastinya akan senang menghabiskan waktu di pantai yang indah ini. Pasalnya, ombak yang ada di salah satu pantai di Tabanan ini memang sangat cocok dan pas bagi anda yang ingin bermain surfing. Untuk itu, tak ada salahnya bagi anda untuk membawa papan seluncur atau perlengkapan lain untuk melakukan olahraga satu ini.

Selain itu, jika anda memang masih belum berani mencoba aktivitas yang menantang ombak ini, maka anda pun juga masih bisa untuk duduk di pinggir pantai sembari melihat turis atau pelancong yang memainkan kegiatan satu ini. dijamin, anda pun akan betah berada di pantai ini.

2. Berjalan-jalan

Kegiatan berikutnya yang bisa anda lakukan di lokasi satu ini adalah berjalan jalan. Waktu yang paling pas bagi anda untuk menjelajah pantai ini adalah ketika sore hari. Berjalan jalan dengan kaki telanjang dan merasakan secara langsung hangatnya pasir pantai menjadi hal yang tentunya mengasyikkan.

Ditambah lagi, ketika senja tiba anda bisa sekaligus menunggu fenomena matahari terbenam. Tentu saja, pantai yang ada di Bali memang terkenal memiliki pemandangan sunset yang sangat memukau. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin berwisata sekaligus melihat indahnya matahari terbenam, bisa dengan mudah untuk mengunjungi pantai satu ini.

Aktvitas Seru Di Pantai Nyanyi Tabanan
Photo by Google Maps Andre Vibip

3. Berjemur

Berjemur juga dapat menjadi salah satu kegiatan yang bisa anda lakukan ketika berada di Pantai Nyanyi. Hal tersebut lantaran suasana pantainya yang memang pas untuk membuat kulit menjadi lebih coklat. Jika anda melihat di sekitar, banyak pula turis asing yang memang sengaja berjemur di lokasi pantai yang eksotis ini.

4. Berenang

Jika anda membawa si kecil, maka tak ada salahnya untuk mengajaknya bermain air dan berenang di kawasan wisata ini. sebab, Pantai yang ada di Tabanan ini tidak memiliki arus yang deras. Dengan tetap berhati hati, anda bisa mengajak anak untuk bermain air sekaligus berenang di pinggiran pantai.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Nyanyi

Fasilitas Pantai Nyanyi Tabanan
Photo by Google Maps I Wayan Ardyana

Ketika berbicara mengenai fasilitas yang terdapat di Pantai Nyanyi, tergolong cukup lengkap walaupun wisata ini masih jarang dikunjungi oleh pelancong. Sebab, disini anda akan menemukan area yang bisa digunakan untuk memarkir kendaraan. Karena berjalan jalan di Bali memang paling nyaman menggunakan kendaraan pribadi.

Selain itu, anda juga bisa menemukan beberapa penginapan yang jaraknya tidak cukup jauh dari area pantai. Sehingga jika anda ingin bermalam setelah melihat matahari terbenam, anda pun bisa menginap di salah satu penginapan tersebut. Terdapat pula kamar mandi atau toilet yang bisa anda gunakan untuk membasuh diri setelah bermain pasir.

Jika anda kelaparan, rumah makan atau warung warung yang berada di sekitar menjadi salah satu alternatif yang bisa anda kunjungi. Selain itu, anda juga akan menemukan tempat untuk beristirahat ketika berada di wisata pantai ini. Dengan begitu, anda juga tidak akan kelelahan dan juga kelaparan saat menghabiskan waktu disini.

Menikmati wisata alam, khususnya pantai di Bali memang menjadi hal wajib yang perlu dilakukan. oleh karena itu, jika anda bosan mengunjungi pantai yang itu itu saja, ada baiknya anda segera untuk datang dan menikmati indahnya Pantai Nyanyi yang berada di Tabanan. Disini, banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan dan tak akan membuat anda bosan.