Jika Berencana Liburan ke Bali, Inilah Rekomendasi Wisata Pantai di Nusa Penida, Bali. Objek Wisata Bahari Terindah, Memesona dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan.

Nusa Penida merupakan pulau kecil di sebelah selatan Bali yang dipisahkan oleh selat Badung. Untuk melihat eksotis dan mempesonanya pulau ini Anda harus menyebrang terlebih dahulu dengan melalui jalur laut. Keindahan alam yang disajikan di Nusa Penida ini akan membuat Anda takjub karena menawarkan berbagai pemAndangan yang menyejukkan mata. Selain itu, masih banyak objek wisata di Nusa Penida yang masih terjaga keasliannya karena belum terjamah oleh tangan manusia.

Bagi Anda penikmat dan pecinta pantai, Nusa Penida sangat direkomendasikan, karena terdapat pantai-pantai unik nan mempesona serta pasir putih dengan tebing-tebing yang tinggi. Berikut ini adalah daftar rekomendasi pantai-pantai indah di Nusa Penida Bali yang sayang bila tidak dikunjungi.

1. Pantai Andus (Smoke Beach)

Pantai Andus (Smoke Beach)
Image Credit: Tourmurahnusapenida.com

Nama pantai Andus atau Smoke Beach tentunya sudah tidak asing bagi pecinta pantai. Dinamakan Smoke Beach bukan karena pantai ini berasap, melainkan kencangnya hempasan ombak yang menerpa tepi karang sehingga menimbulkan percikan tinggi. Tinggi ombak dapat mencapai sepuluh meter.

Pantai yang terletak di Sakti, Nusa Penida, Bali ini sangat populer dikalangan wisatawan muda. Indahnya deburan ombak yang menghempas batu karang tersebut merupakan daya tarik untuk berfoto. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus Anda harus menunggu momen yang tepat dan pas yaitu saat ombak datang menerpa tepi karang.

Pantai ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, maka tak heran ombaknya juga ganas. Selain bisa menikmati indahnya semburan ombak yang menerpa batu karang, Anda juga dapat menikmati keindahan tebing karang yang menyatu dengan lautan serta menikmati asrinya suasana pantai.

Di tempat ini Anda tidak dianjurkan untuk berenang di pantai karena ombaknya yang lumayan kuat sehingga cukup berbahaya. Namun jangan kecewa karena Anda dapat menikmati deburan ombak dan indahnya tebing-tebing tajam yang menjorok ke tepi pantai.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

2. Pasih Uug (Broken Beach)

Pasih Uug (Broken Beach)
Image Credit: Trivindo.com

Pasih Uug merupakan salah satu pantai popular di Nusa Penida yang wajib Anda kunjungi. Nama Pasih Uug berasal dari bahasa Bali, pasih yang artinya pantai dan uug yang maknanya rusak, jika digabungkan pasih uug berarti pantai rusak. Nama pantai ini memang terdengar sangat unik dan bikin penasaran.

Namun jangan salah, julukan pantai rusak sebenarnya hanya nama yang menggambarkan tebing karang saja berbeda dengan kondisi Pasih Uug sebenarnya. Panorama yang terdapat di Pasih Uug sangat memanjakan mata dan akan membuat Anda takjub berkali-kali akan keindahannya.

Di Pasih Uug Anda akan menemukan pemandangan indah karena pantai tersebut memiliki dinding karang yang berlubang. Tebing di pinggiran pantai yang berlubang tersebut membuat air laut masuk ke tebing yang berlubang sehingga nampak seperti terowongan, dan akan terlihat seperti kolam apabila dilihat dari atas.

Sejauh mata memandang, Anda dapat menikmati keindahan tebing-tebing hijau nan asri. Selain itu, jernihnya air laut membuat batu karang terlihat dari permukaan laut yang menjadi nilai lebih di pantai ini. Jadi, Anda bisa melihat keindahan di bawah laut tanpa harus langsung menyelam ke dasar laut.

Bagi Anda yang ingin berenang langsung di pantai ini sangat tidak dianjurkan. Selain karena terumbu karang yang cukup banyak dan tajam, ombak yang terdapat di pantai ini juga cukup berbahaya. Namun jangan kecewa karena dapat menikmat indahnya terowongan yang dapat Anda jadikan spot untuk berfoto.

Pantai ini memiliki banyak julukan, para wisatawan asing mengenalnya dengan Broken Beach atau pantai rusak, kemudian ada yang menyebutnya dengan Pantai Karang Bolong karena salah satu dinding karang yang mengelilingi pantai berlubang. Pantai ini terletak di Bunga Mekar, Nusa Penida, Bali.

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

3. Pantai Kelingking

Pantai Kelingking
Image Credit: Baligetaway.co.id

Pantai Kelingking atau juga dikenal dengan pantai Karang Dewa. Pantai Kelingking merupakan ikon kebanggaan Nusa Penida karena keindahan pantai yang mempesona serta tiada duanya.

Mata Anda akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan laut yang biru serta jernih. Terdapat tebing tinggi menjulang berbentuk seperti T-rex yang menjadi daya tarik utama pantai ini.

Selain itu, pantai ini memiliki pasir putih yang membentang indah sepanjang pesisir pantai. Pepohonan hijau nan rindang di tepi tebing seolah menjadi pelengkap keelokan pantai Kelingking.

Untuk menikmati eloknya pantai Kelingking Anda harus menuruni tebing terjal yang cukup curam. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena tebing tersebut berupa tangga setapak serta telah diberi pagar untuk berpegangan di sampingnya. Meskipun begitu Anda harus tetap hati-hati dan waspada dengan medan jalan.

Pantai kelingking ini berlokasi di Benga Mekar, Nusa Penida, Bali. Bagi Anda yang tertarik untuk berenang di pantai Kelingking ini tidak dianjurkan karena arus ombak yang cukup kuat. Namun Anda tak perlu kecewa, hamparan luas pantai Kelingking dan panorama alamnya dapat Anda jadikan koleksi foto liburan Anda.

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

4. Pantai Atuh

Pantai Atuh
Image Credit: Flickr.com @madesuwita

Pantai Atuh ini juga dikenal dengan Raja Lima karena memiliki pemandangan yang indah bak Raja Ampat. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah pantai yang dikelilingi tebing-tebing tinggi bak pulau kecil.

Anda dapat melihat bentangan luas pantai Atuh dari atas tebing yang indah nan mempesona. Pasir putih yang lembut dan jernihnya air laut merupakan perpaduan pemandangan pas dan cocok untuk berfoto.

Setelah puas menikmati panorama indahnya pantai, Anda juga bisa snorkelling dan menikmati indahnya terumbu karang yang bahkan nampak dari permukaan laut. Indahnya terumbu karang dan kehidupan biota di bawah laut akan membuat Anda betah berlama-lama di pantai Atuh ini.

Pantai Atuh ini terletak di Pejukutan, Nusa Penida, Bali. Di pantai ini Anda akan menemukan keajaiban, yaitu mata air di pinggir pantai. Mata air tersebut tidak pernah kering dan airnya pun tidak terasa asin sama sekali.

Apabila Anda tertarik mengunjungi dan menemukan keajaiban Pantai Atuh ini, siapkan tenaga dan stamina yang cukup karena, lokasinya cukup jauh dan menguras tenaga. Namun, lelahnya perjalanan tidak akan terasa karena sepanjang menuju lokasi Anda akan disuguhkan pemandangan yang memanjakan mata.

Lokasi: Pejukutan, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

5. Pantai Suwehan

Pantai Suwehan
Image Credit: Shutterstock @Leo_nik

Bagi Anda penggemar kesenian wayang Anda wajib mengunjungi pantai unik satu ini. Di Pantai Suwehan ini Anda akan menemukan batu karang menjulang tinggi yang menyerupai gunungan pada kesenian wayang.

Gunungan batu karang tersebut dikenal dengan nama Batu Jineng. Batu Jineng merupakan ikon paling dicari wisatawan saat berkunjung ke Pantai Suwehan. Lokasi pantai ini terletak di Tanglad, Nusa Penida, Bali.

Tak hanya menikmati keunikan Batu Jineng, Anda juga akan terpana dengan pasir putih yang bersih serta batuan karang yang menghiasi di pesisir pantai. Pantai Suwehan masih tergolong pantai yang alami dan sangat asri.

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi Pantai Suwehan, di sana sudah disediakan anak tangga untuk mencapai bibir pantai lebih mudah. Namun ada beberapa tangga yang rusak karena tertimpa reruntuhan yang diakibatkan gempa bumi beberapa waktu lalu. Maka Anda tetap harus hati-hati saat berkunjung ke pantai Suwehan ini.

Lokasi: Tanglad, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

6. Pantai Penida (Crystal Bay Beach)

Pantai Penida (Crystal Bay Beach)
Image Credit: Conservenusapenida.wordpress.com

Crystal Bay Beach merupakan salah satu pantai di Nusa Penida yang menjadi rekomendasi wajib dikunjungi wisatawan mancanegara. Nama asli pantai ini adalah Pantai Penida, sedangkan nama Crystal Bay Beach merupakan julukan yang diberikan oleh wisatawan mancanegara karena air lautnya yang jernih seperti kristal.

Keindahan pantai ini tak hanya airnya yang jernih bagaikan kristal namun, ombak pantai ini cukup tenang dan terdapat banyak terumbu karang yang beraneka ragam sehingga menambah daya tarik tersendiri pantai Crystal ini.

Crystal bay Beach ini terletak di Banjar Penida, Nusa Penida, Bali. Bagi Anda yang tertarik untuk melihat berbagai keanekaragaman biota laut serta uniknya terumbu karang, tempat ini sangat tepat untuk dikunjungi karena di pantai ini Anda dapat snorkelling, diving dan melihat menikmati keindahan laut lainnya.

Tak hanya indah pada pagi dan siang hari, pantai ini juga tak kalah indah ketika sore menjelang. Waktu yang cocok untuk menikmati suasana berbeda di pantai ini adalah ketika matahari terbenam atau sunset. Indahnya warna kekuningan ketika senja ditambah suasana tenang pantai dapat menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Pantai ini tidak akan membuat Anda hanya puas memandangi keindahan yang dimilikinya. Bagi Anda yang gemar memancing, di sini Anda bisa menangkap ikan secara langsung di atas kapal yang disewakan oleh nelayan. Jika ikan yang diperoleh layak konsumsi Anda dapat membawanya, namun jika bukan ikan harus dilepaskan kembali.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

Itulah beberapa rekomendasi wisata pantai yang ada di Nusa Penida, Bali. Keindahan alam yang dimiliki Nusa Penida seakan tiada habisnya, oleh karena itu para wisatawan baik domestik maupun mancanegara terus berdatangan untuk menikmati keelokan alam nan mempesona yang dimiliki oleh Nusa Penida.