Pantai Nunggalan, Pantai Cantik dengan View Alamnya yang Eksotis di Badung Bali

Pantai Nunggalan, Pantai Cantik dengan View Alamnya yang Eksotis di Badung Bali
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batu Nunggalan, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

Pantai Nunggalan masuk sebagai salah satu destinasi wisata alam yang sangat populer di Bali. Pasalnya, pantai tersebut mempunyai karakternya tersendiri dan menawarkan berbagai macam keindahan. Dengan begitu, apabila Anda berkunjung ke sana maka akan menemukan banyak hal unik yang tentu saja tidak akan ditemukan di tempat lain.

Sayang sekali jika Anda tidak mampir ke tempat wisata unik tersebut ketika sedang ada di Bali. Dijamin, segala keseruan bisa Anda rasakan jika menghabiskan waktu liburan di pantai indah tersebut. Jika liburan ingin terasa lebih seru lagi, maka Anda dapat mengajak rombongan teman maupun sanak saudara.

Akan tetapi, sebelum membuat rencana untuk berkunjung ke pantai ini, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu tentang wisata tersebut. Hal itu bertujuan agar Anda tidak kebingungan saat sudah tiba di lokasi tujuan. Oleh karena itu, di bawah ini terdapat beberapa hal yang ada hubungannya dengan Pantai Nunggalan yang wajib diperhatikan.

Daya Tarik Wisata Pantai Nunggalan

Daya Tarik Wisata Pantai Nunggalan
Photo by Google Maps Filip Korycan

1. Belum Ramai Pengunjung

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh pantai ini karena pengunjungnya masih sepi. Belum ramainya pengunjung yang ada di pantai indah ini adalah salah satu keistimewaan. Meskipun pantai sudah terkenal, namun masih tergolong destinasi wisata baru dan lokasinya cukup tersembunyi. Itulah alasan mengapa belum banyak orang yang berkunjung ke pantai tersebut.

Kendati demikian, justru karena hal itulah kenikmatan ada di pantai tersebut tidak bisa ditukarkan. Hal ini juga membuat kawasan pantai terbebas dari tumpukan sampah yang disebabkan oleh tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga, alam yang ada di kawasan tersebut masih terjaga keasliannya.

2. Pantai Ada di Lereng Tebing

Panorama alam yang tersembunyi di lereng tebing pastinya akan menjadikan perpaduan alam yang luar biasa. Pepohonan yang hijau dan rimbun membuat suasana semakin segar. Lalu, air laut di Pantai Nunggalan yang berwarna biru semakin cantik dengan pasir putih yang berkilau. Ini merupakan perpaduan yang menakjubkan sekali seperti khayalan yang menjadi kenyataan.

Ada di kawasan pantai membuat Anda menjadi salah satu bagian dari keistimewaan yang ada di sana. Selain itu, keberadaan lereng tebing di sana seolah menjadi sebuah pagar pembatas guna menjaga kecantikan pantai agar tetap lestari.

3. Panorama yang Menarik

Pantai tersebut pasti akan sangat disukai oleh Anda yang mencari ketenangan dan sepi tetapi tetap dilengkapi oleh panorama keindahan alamnya yang eksotis. Terletak di rute puncak sebelum tiba di pantai tersebut akan memberi pemandangan yang tidak terkira indahnya. Menyaksikan keseluruhan pantai secara jelas dari ketinggian bisa membuat hati terasa nyaman.

Alamat, Rute dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Pantai Nunggalan
Photo by Google Maps AM colours

Alamat dari Pantai Nunggalan berada di Kabupaten Badung, Bali. Lebih tepatnya lagi yakni di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan. Sebetulnya pantai tersebut lokasinya searah dengan Pantai Uluwatu. Jadi, selain Anda dapat bermain ke pantai ini, dapat sekaligus mampir juga ke Pantai Uluwatu karena rutenya yang searah.

Untuk menuju ke lokasinya, Anda sebaiknya mengendarai kendaraan pribadi. Setelah itu, arahkan kendaraan untuk menuju ke rute wilayah Uluwatu yang jaraknya kurang lebih 2.8 km. Kemudian, di sisi kiri jalan Anda memasuki ke Jalan Batu Nunggalan. Nah, dari sana Anda akan bertemu plang nama yakni sebuah Villa Plenilunio.

Setelah Anda memarkirkan kendaraan, barulah perjalanan sebenarnya akan dimulai. Anda akan melewati rute berupa jalan setapak yang terbilang terjal untuk menuju hingga ke bibir pantai. Perjalanan dengan berjalan kaki ini memang memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 15 sampai 20 menit.

Untuk memasuki ke destinasi wisata yang populer ini Anda tidak akan dipungut biaya sama sekali alias gratis. Jadi ini menjadi spot wisata yang sangat menarik. Anda cukup dengan membayar biaya parkir kendaraan saja yaitu kurang lebih 5 sampai 10 ribu rupiah. Sehingga, jika telah tiba di lokasi tersebut maka Anda langsung saja masuk ke Pantai Nunggalan tersebut.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas Menarik Pantai Nunggalan
Photo by Google Maps Can Yeşilyurt

1. Camping dengan View yang Asri

Momen di malam hari tidak memberi kesan yang jauh dari kata indah, kegiatan camping menjadi agenda yang sayang jika terlewatkan. Menikmati suasana malam bersama semilir angin dan suara deburan.

Pantai Nunggalan merupakan tempat yang cocok sekali untuk mendirikan tenda dikarenakan terdapat daerah yang rata. Area yang terbilang cukup luas guna berkoloni dalam perkemahan. Supaya kegiatan berkemah di sana terasa lebih seru lagi, maka Anda dapat membuat api unggun dan membakar jagung maupun sosis.

2. Berenang di Air Laut yang Tenang

Menceburkan diri ke dalam air laut yang jernih dan tenang dapat membebaskan seluruh beban yang menjadi tanggungan sebelum liburan. Setelah itu, energi yang baru akan masuk serta meningkatkan berbagai macam ide segar yang bisa membuat Anda bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Pasalnya, otak akan menjadi semakin produktif kembali dan tentu saja siap berkegiatan kembali. Banyak hal yang dapat di lakukan di sana dan seluruh kegiatan dijamin terasa menyenangkan. Apalagi, alam berupa air laut seakan mendukung seluruh kegiatan terasa lebih menyenangkan lagi.

Bagi Anda yang mengajak anak kecil, maka bisa mengajak mereka bermain air di pinggiran pantai saja. Anak-anak akan tetap aman bermain air di pinggiran pantai karena ombaknya tenang. Namun, tetap saja harus selalu dalam pengawasan orang tua.

3. Surfing

Untuk kegiatan menarik selanjutnya yang bisa dilakukan di sana yakni surfing. Berbaur bersama ombak yang jinak dan papan kesayangan akan membuat siapa saja melayang serta berputar di dalam gulungan air. Dengan surfing ini Anda dapat mengenal cantiknya dunia lautan dari sisi yang berbeda, tentunya sisi istimewa yang tidak dapat dipahami oleh sebagian orang.

Untuk penggemar olahraga surfing, pastinya kegiatan tersebut menjadi momen yang sangat ditunggu saat tiba di Pantai Nunggalan. Apalagi, mulut ombak yang ada di pantai ini tergolong tenang dan bersahabat. Hal ini seolah membuka pemikiran untuk bisa lebih memahami tentang keindahan yang dihadirkan oleh pantai tersebut.

Ragam Aktivitas Menarik di Pantai Nunggalan
Photo by Google Maps Anie Aryanti

4. Berburu Foto Menarik

Tidak terdapat celah untuk tidak memuji tempat ini karena di seluruh sudutnya yang tampak hanyalah keindahan. Oleh karena itu, semakin meyakinkan kalau tempat tersebut merupakan pilihan tepat untuk mengabadikan setiap momen berlibur yang menarik. Berbekal kamera yang bagus akan semakin menciptakan kenangan berlibur yang tidak dapat terlupakan.

Anda bisa lebih menyempurnakan kegiatan berburu foto ini dengan membawa kamera tahan air. Dengan begitu, hasil foto yang berkualitas dan estetik bisa Anda hasilkan. Anda dapat mengunggah hasil jepretan di sosial media agar dapat dilihat oleh masyarakat luas. Jadi, secara tidak langsung Anda juga ikut membantu untuk mempromosikan pantai tersebut.

5. Berjemur di Atas Pasir

Bahkan untuk bermalas-malasan di Pantai Nunggalan ini saja tetap memberi kenangan yang seru. Membenamkan diri dengan cahaya matahari di atas hamparan pasir putih yang bersih, tidak terdapat celah untuk tidak menyukai kegiatan ini.

Berjemur menjadi cocok sekali dilakukan ketika ada di pantai ini. Membaringkan diri di atas pasir yang empuk seolah membebaskan alam untuk bekerja merontokkan seluruh kepenatan yang sudah dirasakan. Dengan begitu, badan kembali fit dan segar seperti sedia kala.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Nunggalan

Fasilitas Pantai Nunggalan
Photo by Google Maps Gin Ariastra

Fasilitas yang ada di Pantai Nunggalan ini terbilang sangat berbeda dengan kebanyakan pantai populer lain yang ada di Bali. Di sana tidak ada ramainya aktivitas berjualan maupun jasa tato hingga jasa pijat. Bahkan, di sepanjang pantai pun hanya terdapat satu saja penjual makanan. Oleh karena itu, jangan heran apabila stok makanan yang tersedia cepat sekali terjual dan habis.

Selain itu, sudah bisa ditebak juga bahwa di pantai tersebut tidak ada fasilitas berupa mushola dan kamar mandi. Belum ada bangunan apapun di sana karena memang alamnya masih sangat asli. Saat melakukan tracking ke sini Anda juga harus mengenakan alas kaki yang kuat agar tidak rusak. Pasalnya, Anda tidak akan menemukan penjual sepatu di sekitar kawasan wisata ini.

Sebelum melakukan perjalanan untuk menuju ke lokasi wisata ini, alangkah lebih baik jika Anda membawa bekal makanan dan minuman dari rumah. Namun, jangan membawa bekal terlalu banyak agar tidak memberatkan saat di perjalanan. Sebetulnya, fasilitas pantai yang tidak lengkap ini terbilang sangat wajar. Hal itu karena memang lokasinya yang tersembunyi.

Nah, demikianlah berbagai hal yang membicarakan tentang Pantai Nunggalan di Pulau Bali. Buatlah pengalaman berlibur yang seru dan tidak terlupakan dengan berkunjung ke destinasi wisata unik ini. Rencanakan liburan Anda ke tempat tersebut dengan matang dan hati-hati agar tidak setiap momen yang dihabiskan di sana semakin terasa sempurna.