Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Pengantap, Buwun Emas, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Lombok memang bisa dibilang surganya wisata alam karena banyak sekali wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu wisata pantai di Lombok Barat yang mengundang perhatian banyak orang adalah Pantai Nambung. Banyak wisatawan yang berkunjung ke sini untuk menikmati keindahan alamnya, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Keindahannya memang tidak perlu diragukan lagi dan sangat cocok untuk destinasi wisata anda.

Sekilas Tentang Pantai Nambung yang Memesona

Sekilas Tentang Pantai Nambung
Image Credit: Google Maps (Loetfi Ono)

Pantai Nambung ini juga dikenal dengan nama Tanjung Jagog dengan hamparan pasir dan ombak yang tenang. Anda akan disambut dengan bibir pantai yang cukup luas dengan deretan perbukitan yang mengelilingi pantai ini. Karakteristik ombak dari pantai ini adalah besar dan bergulung-gulung, sehingga sering dijadikan tempat berselancar.

Selain itu, pantai cantik ini juga memiliki banyak batu karang yang membuat pemandangannya semakin cantik. Apabila ombak yang besar menghantam batu karang akan muncul aliran air di batu karang yang sangat indah. Jika air laut sedang surut, maka akan terbentuk kolam alami di tengah deretan batu karang di balik tebing bebatuan ujung pantai.

Selain cocok untuk berselancar, pantai eksotik ini juga didominasi oleh ikan-ikan berukuran besar dan ikan monster. Oleh karena itu, banyak nelayan dari luar Lombok yang senang memancing ikan di sini. Disamping seluruh pesonanya itu, ada satu daya tarik yang sangat memukau para wisatawan, yaitu adanya Air Terjun Asin Tanjung Jagog. Penasaran?

Daya Tarik Wisata Pantai Nambung

Daya Tarik Pantai Nambung
Image Credit: Google Maps (Loetfi Ono)

1. Air Terjun Asin Tanjung Jagog

Daya tarik yang paling sering mengundang para wisatawan adalah adanya air terjun dengan air asin. Tidak percaya? Anda bisa mengunjungi Pantai Nambung di Lombok Barat untuk membuktikannya secara langsung. Namun, pastikan anda berkunjung bukan ketika musim air laut sedang surut karena air terjun tersebut tidak akan terbentuk.

Mungkin anda bertanya-tanya bagaimana bisa terbentuk air terjun di pantai dan hal yang sama juga banyak dialami oleh para wisatawan. Air terjun air asin ini tentu saja berbeda dengan air terjun pada umumnya yang ada di darat dengan air tawar. Air terjun Tanjung Jagog ini terbentuk ketika gelombang yang tinggi menghantam batu karang yang besar.

Ombak di pantai ini memang terkenal sangat besar dan tinggi, sehingga bisa melewati batu karang yang besar. Air dari ombak yang terkena batu karang inilah yang kemudian membentuk aliran air di sela-sela batu dan terlihat seperti air terjun. Pemandangan ini sangat indah dan membuat banyak wisatawan merasa penasaran untuk melihatnya.

2. Terdapat Budidaya Rumput Laut

Daya tarik lainnya yang ditawarkan oleh Pantai Nambung ini adalah adanya budidaya rumput laut yang terawat dengan sangat baik. Budidaya ini memiliki pengelola tersendiri dan bisa anda nikmati saat berkunjung ke pantai eksotis ini. Anda bisa melihat rumput laut yang dibudidayakan dari permukaan laut.

Dengan adanya budidaya ini, anda juga bisa melihat bagaimana rumput laut tersebut dibudidayakan. Hal ini juga bisa menjadi sarana belajar dan memotivasi pengunjung agar lebih menjaga lingkungan pantai dengan baik. Jangan sampai meninggalkan sampah apa pun saat berkunjung ke wisata pantai ini.

Daya Tarik Nambung
Image Credit: Google Maps (Did Mild)

3. Tekstur Pasir yang Unik

Sebenarnya pasir yang dimiliki oleh pantai ini sama halnya dengan pasir dari pantai lain pada umumnya. Akan tetapi, pasir di pantai Lombok Barat ini memiliki keunikan tersendiri karena memiliki bentuk yang mirip dengan merica. Di sini anda bisa melihat banyak pasir dengan ukuran sebesar merica, sehingga sering disebut dengan pasir merica.

Meski begitu, pasir di pantai ini masih aman untuk dijadikan tempat bermain bersama anak-anak, sehingga anda tidak perlu khawatir. Yang terpenting adalah tetap mengawasi anak anda selagi bermain agar tidak memasukkan pasir tersebut ke dalam mulutnya atau berjalan menuju pantai karena ombaknya besar dan berbahaya.

4. Ombak yang Besar dan Tinggi

Pantai Nambung Lombok sangat cocok untuk anda yang hobi berselancar karena memiliki ombak yang besar dan bergulung-gulung. Hal inilah yang menjadikan pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari luar negeri untuk mencoba ombaknya yang besar. Dengan ombak yang besar, anda bisa mengelilingi lautan dengan leluasa. Tertarik untuk mencoba?

Alamat, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Nambung

Alamat Pantai Nambung
Image Credit: Google Maps (Indriatmoko Bontang)

Untuk berkunjung ke Pantai Nambung, anda harus menuju Jalan Raya Sekotong, Buwun Emas, Lombok Barat. Apabila anda mengawali perjalanan dari Mataram, maka waktu yang anda butuhkan setidaknya 2 jam. Saat melewati rute ini, anda bisa melihat banyak pemandangan yang luar biasa dan banyak tempat wisata, seperti Gili Nanggu, Gili Layar, Gili Sekotong, dan lain-lain.

Anda bisa mengikuti petunjuk jalan hingga bertemu dengan pertigaan sekotong, kemudian arahkan kendaraan anda menuju Gili Nanggu. Setelah itu, menuju Teluk Sapi dengan jarak 21 kilometer dengan akses jalan yang sudah beraspal. Anda harus menempuh jalan bertahan sekitar 300 hingga 500 meter untuk mencapai lokasi terdekat dengan pantai.

Jalan bertanah ini mungkin menyulitkan kendaraan anda untuk masuk karena jalur yang tidak mulus. Akan tetapi, ketika tiba di area pantai pasti rasa lelah anda akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang luar biasa indah. Dengan demikian, rasa lelah anda akan hilang seketika.

Saat tiba di Kawasan pantai, maka anda perlu membayar tiket masuk. Untuk harganya sangat terjangkau jika dibandingkan dengan keindahan yang akan anda peroleh di dalamnya, yaitu cukup Rp 10 ribu per orang. Dengan biaya tersebut, anda sudah bisa mengekspos Pantai Nambung Lombok sepuasnya.

Akan tetapi, jam buka pantai ini dibatasi, yaitu mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore saja. Oleh karena itu, pantai ini tidak cocok untuk anda yang suka menghabiskan malam hari di pantai dengan camping atau kegiatan lainnya. Akan tetapi, harga tiket masuk dan ketentuan tersebut bisa berubah-ubah tergantung kepada pengelolanya.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Nambung

Aktivitas di Pantai Nambung
Image Credit: Google Maps (Yudi Fairus)

1. Berselancar

Ombak besar yang dimiliki oleh Pantai Nambung memang tidak boleh disia-siakan begitu saja. Oleh karena itu, salah satu kegiatan yang paling cocok dengan pantai ini adalah berselancar. Dengan ombak yang besar, kegiatan berselancar akan sangat menyenangkan dan sulit untuk dilupakan.

Bagi anda yang suka dengan kegiatan ini sangat direkomendasikan untuk mencoba ombak yang ada di pantai cantik di Lombok Barat ini. Anda bisa berkunjung dengan teman-teman anda yang memiliki hobi berselancar juga untuk melakukan kegiatan yang seru ini. Apakah anda tertarik untuk mencoba?

2. Berenang dan Menyelam

Sebenarnya dengan ombak di Kawasan pantai ini terbilang kurang aman untuk kegiatan berenang yang menyelam karena rawan terseret ombak. Namun, kegiatan ini tetap bisa dilakukan asalkan di bibir pantai dan tidak terlalu jauh menuju laut. Akan tetapi, jangan biarkan anak kecil melakukan kegiatan ini karena sangat berbahaya.

3. Berkeliling Pantai dengan Perahu

Pantai Nambung Lombok memang memiliki daya tarik berupa air terjun dengan air asin yang terletak di ujung pantai. Untuk melihatnya, maka anda perlu berjalan kaki hingga tiba di ujung pantai. Namun, anda juga bisa menggunakan perahu dan membayar ongkos sebesar Rp 10 ribu untuk mengelilingi pantai.

Aktivitas Dilakukan di Pantai Nambung
Image Credit: Facebook.com @jaka.zakaria.395

4. Melihat Budidaya Rumput Laut

Saat tiba di area wisata pantai, anda akan melihat banyak rumput laut yang berjejer di bibir pantai. Hal ini dikarenakan pantai ini memang menjadi tempat pembudidayaan rumput laut. Anda bisa melihat budidaya ini di permukaan laut sambil berjalan-jalan menikmati udara pantai yang sejuk dan segar.

5. Berburu Spot Foto

Saat berkunjung ke pantai yang indah, maka sangat disayangkan jika melewatkan untuk berburu spot foto yang bagus. Pantai Nambung Lombok memiliki pemandangan yang sangat indah dengan deretan perbukitan dan batu karang yang besar. Selain itu, di sini juga terdapat Air Terjun Tanjung Jagog yang menambah indah pemandangannya.

Dengan banyaknya keindahan yang ditawarkan, anda bisa mengambil banyak foto di sini manapun. Spot foto yang tidak boleh terlewat adalah air terjun air asin tersebut yang menjadi ikon dari pantai ini. Untuk itu, kamera adalah barang wajib yang harus anda bawa ketika berkunjung ke pantai indah yang ada di Lombok Barat ini.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Nambung Lombok

Fasilitas di Pantai Nambung Lombok
Image Credit: Google Maps (Hamzan Wadi)

Fasilitas khusus yang disediakan oleh pengelola pantai bisa dibilang minim. Ketika anda tiba di sana, hal pertama yang anda lihat adalah pantai, laut, tebing, batu karang, dan keindahan alam lainnya. Untuk itu, mungkin anda harus mempersiapkan diri jika di sana akan kesulitan untuk mencari toilet atau fasilitas umum lainnya.

Hal ini mungkin akan sedikit menyusahkan ketika anda berkunjung bersama anak kecil yang butuh ke kamar mandi. Akan tetapi, minimnya fasilitas ini bisa tergantikan oleh pemandangan alam yang sangat indah dan mempesona. Selain itu, juga banyak spot foto bagus yang bisa anda manfaatkan saat berkunjung ke Pantai Nambung di Lombok Barat.