Pantai Mushroom Bay salah satu wisata bahari nan memukau di Nusa Lembongan Bali. Pantai yang juga dikenal sebagai Teluk Jamur menyuguhkan pemandangan indah, air laut yang jernih dan pesona bawah laut yang menarik dieksplor.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pantai Mushroom Bay, Jungutbatu, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.

Pantai Mushroom Bay ini berada di sebuah pulau kecil di Bali. Pulau kecil ini bernama Nusa Lembongan. Nusa Lembongan berada di bagian Tenggara Pulau Bali. Pulau kecil ini dipenuhi dengan tempat wisata yang menakjubkan. Di pulau ini juga menjadi tempat wisata bagi para wisatawan mancanegara. Terdapat sebuah pantai indah yang asri di pulau kecil ini. Pantai teluk jamur namanya atau bisanya disebut Mushroom Bay.

Pantai tersembunyi adalah surga bagi wisatawan asing. Pantai ini masih belum diketahui asal pemberian namanya. Pantai yang keindahannya bak surga ini selalu ramai oleh pendatang. Berikut ulasan lengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Mushroom Bay

Daya Tarik Pantai Mushroom Bay
Image Credit: Instagram.com @katarina.ondrejkova

1. Pemandangan yang Indah

Pemandangan yang indah serta asri di pantai ini membuat wisatawan terpesona. Pantai dengan pasir putih dan air lautnya yang bersih menjadi daya tarik pantai.

Pantai Mushroom Bay dikelilingi dengan tebing batu di sebelah kiri dan sebelah kanan pantai ini. Adanya tebing ini menambah keindahan pantai.

2. Keindahan Alam Bawah Laut

Keindahan bawah laut yang belum tercemar di pantai, menjadi daya tarik nomor satu di pantai ini. Karena keindahan dan pesona bawah laut pantai ini menjadi populer di kalangan wisatawan asing.

Keindahan bawah laut yang terjaga membuat banyak dari jenis-jenis ikan berkumpul di terumbu karang pantai Mushroom Bay ini.

3. Wisata Kuliner di Pinggir Pantai

Pantai ini adalah pusat wisata kuliner. Dimana di tempat ini Anda dapat banyak menu makanan dan menikmatinya di pinggir pantai. Menu seafood dengan berbagai olahan makanan khas Bali.

BACA JUGA:  Banah Cliff Point, Pesona Tebing Berlubang di Nusa Penida Bali

Hal ini adalah salah satu daya tarik bagi wisatawan yang datang. Restoran dan beberapa warung yang menyediakan berbagai menu makanan membuat tempat ini selalu ramai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Mushroom Bay

Alamat Pantai Mushroom Bay
Image Credit: Instagram.com @joellee91

Pantai ini berada di Pulau Nusa Lembongan. Tepatnya yaitu Kabupaten Kelungkung di Nusa Penida. Untuk sampai ke lokasi ini. Ada perahu tradisional atau fast boat yang bisa digunakan untuk menyeberang ke pulau Nusa Lembongan.

Dari dermaga Pantai Sanur Anda bisa menumpangi perahu tradisional ini dengan tarif Rp 100.000 per orang untuk sekali tumpangan. Waktu yang ditempuh dengan menggunakan perahu tradisional ini yaitu sekitar 90 menit. Perahu tradisional ini akan membawa Anda menuju ke pelabuhan Jungut Batu Nusa Lembongan.

Sesampainya di pelabuhan ini sudah tidak jauh dari Pantai Mushroom Bay. Anda bisa menyewa motor atau scooter untuk sampai ke lokasi pantai ini. Selain dari pelabuhan Sanur, untuk menuju ke panti cantik di Nusa Lembongan ini, Anda bisa berangkat dari Gili Trawangan Lombok. Ada pilihan fast boat dan kapal cepat di dermaga yang memberikan sewa dengan tarif murah jika ingin cepat.

Selain itu, ada pula paket tiket fast boat yang menyediakan penyeberangan menuju ke lokasi pantai ini dengan penginapan hotel di dekat pantai. Paket ini juga akan memberikan fasilitas antar jemput dari hotel dan pengantaran kembali menuju dermaga Pantai Sanur Bali. Ini akan lebih praktis dan memudahkan Anda.

Paket tiket ini selalu menjadi paket favorit bagi wisatawan yang tidak ingin ribet saat berlibur. Meski paket tiket ini lumayan mahal, namun sudah memberikan beberapa fasilitas yang lengkap dan memudahkan.

Harga tiket masuk ke tempat wisata pantai Mushroom Bay ini gratis. Anda tidak akan dikenakan pembayaran apapun untuk menikmati keindahan pantai yang disebut surga tersembunyi ini.

Hanya membayar sewa kapal atau fast boat dan sewa motor saja untuk sampai ke tempat wisata mengagumkan ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Mushroom Bay

Kegiatan di Pantai Mushroom Bay
Image Credit: Instagram.com @kaorin3n

1. Diving dan Snorkeling

Keragaman biota di bawah laut Pantai Mushroom ini menjadi salah satu tempat andalan untuk diving dan snorkeling. Terumbu karangnya masih asri dan mempesona. Menjadi tempat ikan-ikan kecil bersembunyi, menambah indah panorama alam bawah laut.

Pesona alam bawah laut di pantai ini sudah terkenal oleh wisatawan semancanegara. Dimana snorkeling dan diving menjadi salah satu aktivitas yang populer di pantai ini.

BACA JUGA:  Nusa Ceningan, Pulau Kecil yang Wajib Dieksplor di Bali

2. Bermain Air

Bermain air dan berenang merupakan salah satu aktivitas yang digemari di Pantai Mushroom Bay. Selain keindahannya yang memukau, di tempat wisata ini juga memiliki air laut yang jernih dan menyegarkan.

Selain berenang, di pantai ini Anda juga bisa bermain air dengan fasilitas banana boat. Anda akan dibawa berkeliling pantai dengan banana boat ini.

3. Hutan Mangrove

Jika bosan dengan suasana pantai, di sekitar pantai ini terdapat hutan mangrove yang hits. Selain menarik, kegiatan jalan-jalan di sekitar hutan ini menjadi kegiatan utama di pantai ini.

Pemandangan alam di hutan mangrove ini berbeda dengan pemandangan di hutan mangrove lainnya. Di hutan mangrove dekat pantai ini terdapat jembatan kayu yang dapat menjadi jalur pengunjung untuk jalan-jalan menikmati keindahan alam ini.

Selain jalan-jalan, di sini terdapat perahu tradisional yang menggunakan dayung. Anda bisa berkeliling sekitar mangrove menikmati keindahan alam dengan burung-burung yang bertengger dan menyanyi merdu. Tempat ini menjadi salah satu kegiatan menarik dan romantis bagi pasangan yang datang berkunjung.

4. Bermain Kano

Anda bisa memilih bermain Kano di sekitar pantai. Karena air laut yang tenang dan ombaknya yang juga tidak terlalu tinggi membuat para wisatawan lebih senang dan ramai bermain kano.

Bermain kano ini dapat membuat Anda menikmati keindahan pantai dari tengah laut. Berkeliling menggunakan kano akan sangat mengasikan dan seru untuk Anda coba.

5. Menikmati Keindahan Pantai

Untuk menikmati pantai, bisa berjalan-jalan di bibir pantai. Atau sekedar tidur dan berbaring di pinggir pantai sambil menikmati keindahannya.

Bagi Anda yang datang untuk menenangkan diri Anda perlu jalan-jalan sekitar pantai dan menikmati indahnya udara asri nan sejuk di sini.

6. Party Malam di Tepi Pantai

Selain kegiatan dan hiburan pada siang hari, di pantai ini juga ada hiburan malam. Pantai Mushroom Bay memang sudah terkenal dengan adanya hiburan malam yang ada di beberapa café pinggir pantai. Party sampai malam di kawasan Nusa Lembongan berpusat di pantai menawan ini.

Saat malam, keindahan pantai ini tidak kalah mempesonanya. Dengan cahaya lampu dan indahnya laut, sangat mempesona. Dimana lampu dari beberapa kapal nelayan di tengah laut membuat laut tampak indah dari daratan.

BACA JUGA:  Rumah Pohon Batu Molenteng, Rumah Pohon Unik di Nusa Penida Bali

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Mushroom Bay

Penginapan Pantai Mushroom Bay
Image Credit: Traveloka.com

1. Mushroom Beach Bungalow

Penginapan ini memberikan pemandangan indah di dekat pantai. Hanya berjarak 116 meter dari pantai. Penginapan ini memberikan kenyamanan, kebersihan, pelayanan dan harga yang bagus dan terjangkau.

Tarif permalam yang ramah yaitu Rp 387.000 ini sudah mendapatkan sarapan dan fasilitas lain yang dibutuhkan tamu. Terdapat taman dan teras yang memberikan pemandangan laut yang indah saat pagi dan sore hari.

2. The Tanis Villas and Hotel Lembongan

Dengan tariff Rp 605.000 Anda sudah bisa menginap di Hotel ini. Dimana hotel ini hanya berjarak sekitar 71 meter dari pantai Mushroom Bay. Penginapan ini memberikan fasilitas lengkap seperti layanan kamar yang memuaskan, koneksi internet yang cepat, perlengkapan mandi, TV, AC dan kolam renang out door.

Selain itu, restoran dan café di sekitar penginapan yang memberikan pemandangan pantai yang mengagumkan.

3. Sanghyang Bay Villa

Penginapan ini berjarak hanya 94 meter dari kawasan pantai ini. Memberikan fasilitas yang yang tidak mengecewakan. Dengan tarif permalam Rp 1.278.000. Anda sudah bisa menikmati semua perlengkapan kamar dan fasilitas yang disediakan.

Penginapan ini juga telah memberikan sarapan dengan menu yang lezat dan enak. Selain itu, terdapat kamar yang luas dan pelayanan kamar yang baik.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Mushroom Bay

Fasilitas di Pantai Mushroom Bay
Image Credit: Instagram.com @rosida88

Kawasan pantai menawan ini menyediakan beberapa fasilitas. Ada fasilitas umum yang menyediakan toilet, tempat sholat, warung bahkan restoran-restoran dan café. Ada pelabuhan yang menyediakan berbagai jenis kapal dengan harga termurah sampai termahal

Di Pantai Mushroom Bay ini juga menyediakan penyewaan perahu dan fast boat. Ada office fast bost yang akan memberikan beberapa layanan cepat menyeberang.

Disini juga ada tempat sewa motor dan scooter. Layanan sewa motor dan scooter ini merupakan salah satu fasilitas yang dapat memudahkan wisatawan untuk menjelajahi pulau kecil dan indah ini.

Penyewaan alat transportasi ini didapatkan dengan sewa yang murah. Dimana bagi Anda yang lebih suka mengelilingi pulau kecil ini dengan berkendara, penyewaan alat kendaraan ini adalah salah satu solusi.

Di pantai Mushroom Bay, selain sewa scooter dan alat transportasi, di sini juga tersedia tempat sewa alat dan wahana untuk olahraga air dan wahana air lainnya. Seperti alat untuk snorkeling dan diving, ada penyewaan banana boat, penyewaan kino serta penyewaan alat memancing dan lainnya.