Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bukit Permai No.5, Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

Saat anda berada di Jimbaran, menghabiskan waktu di pantai menjadi kegiatan yang wajib anda lakukan. Di kawasan wisata ini, anda bisa berkunjung ke Pantai Muaya yang merupakan salah satu pantai populer. Ketika anda mendengar kata Jimbaran memang pasti anda akan langsung terlihat dengan pesona pantai dan makanan seafood khasnya yang menggoda.

Untuk itu, anda bisa mengunjungi destinasi bahari ini, karena pesona kecantikan yang dimiliki tentu saja tidak kalah cantik dengan pantai pantai lain yang ada di Pulau Bali. Bagi anda yang masih penasaran akan keindahannya, berikut simak daya tarik dan kegiatan apa saja yang bisa anda lakukan saat berada di pantai ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Muaya

Daya Tarik Pantai Muaya
Photo by Google Maps Ramadhan Rizky

1. Ciri Khas Pantai

Pantai Muaya memiliki ciri khas tersendiri. Salah satunya adalah menghadirkan pemandangan yang unik. Dimana saat menghabiskan waktu di tempat satu ini, anda pun akan bisa untuk menemukan pasir putih yang berkilauan. Tidak hanya itu saja, anda juga akan disuguhkan dengan panorama indahnya sunset yang mengagumkan.

Tentunya ketika anda berlibur ke daerah Kuta Selatan, jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi pantai yang indah satu ini. salah satu ciri khas lain yang dimiliki oleh pantai ini adalah bentuknya yang melengkung menyerupai huruf L. Di bagian barat laut sendiri, anda juga akan menemukan pemandangan berupa bukit yang berdiri vila vila mewah. Pasti akan semakin menakjubkan.

2. Sejarah Pantai

Setelah membahas akan keindahan yang dimiliki oleh pantai satu ini, maka kisah sejarah dari Pantai Muaya Jimbaran juga menarik untuk disimak. Dulunya desa Jimbaran merupakan salah satu tempat yang mana mayoritas penduduknya memiliki pekerjaan sebagai nelayan. Lalu, beberapa investor asing pun mulai banyak yang tertarik akan pantai yang ada di lokasi ini.

Hal tersebut lantaran pantai ini memiliki pasir yang putih berkilau dan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Kemudian, muncullah beberapa hotel, villa dan restoran yang memiliki taraf internasional di bangun di area pantai, diantaranya adalah Four Seasons Jimbaran yang merupakan hotel bintang lima.

Sehingga dengan semakin pesat perkembangan hotel hotel yang ada di lokasi ini, penduduk yang awalnya bekerja sebagai nelayan, akhirnya banting setir menjadi bekerja di bidang pariwisata. Salah satunya adalah membuka restoran dengan menu seafood di pinggir pantai hingga membuka oleh oleh.

Dengan keberadaan hotel dan restoran yang berdiri di sekitar pantai, tak mengherankan jika popularitas dari Pantai Muaya ini pun semakin banyak dikenal oleh orang. Bahkan setelah kejadian tragedi Bom Bali II yang terjadi pada Oktober 2005 tersebut, hingga sekarang pantai ini tetap tidak meredup.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Menuju Pantai Jimbaran
Photo by Google Maps ketut Sudarwata

Setelah membaca daya tariknya, pastinya anda pun ingin segera datang dan mengunjungi destinasi tersebut. Oleh karena itu, jika anda ingin kesini maka anda bisa saja untuk langsung datang ke Desa Jimbaran. Tepatnya berada di Kuta Selatan, Badung Bali. Pantai yang berlokasi di Jimbaran ini memang lebih dikenal dengan pantai Jimbaran.

Untuk anda yang berasal dari luar kota atau luar Pulau Bali juga tidak akan kesusahan dalam mencapai lokasi pantai. Sebab, Jimbaran sendiri merupakan kawasan yang berdekatan dengan bandara Internasional Ngurah Rai. Bagi anda yang ingin mengunjungi pantai ini, biasanya akan membutuhkan waktu yakni sekitar 15 hingga 25 menit dari Bandara.

Dimana pantai tersebut memiliki jarak tempuh yakni sekitar 7 kilometer. Untuk anda yang ingin menuju ke Pantai Muaya dari Bandara Ngurah Rai, maka anda hanya perlu untuk mengarahkan kendaraan menuju ke jalan By Pass Ngurah Rai – Nusa Dua. Kemudian, anda bisa menemukan pertigaan lampu merah Benoa Square.

Selanjutnya, anda bisa belok ke kanan hingga menemukan pertigaan lagi. Perjalanan bisa anda lanjutkan dengan belok ke arah kiri. Setelah itu, sekitar 1.6 kilometer, anda pun akan menemukan papa petunjuk yang menandakan anda telah sampai di Pantai Jimbaran. Barulah anda bisa mengikuti jalan paving dan sampailah anda di pantai dengan area parkir yang luas tersebut.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Muaya Jimbaran
Photo by Google Maps Dewata 360

Bagi anda yang berencana liburan ke pantai satu ini, anda pun tidak perlu untuk mengeluarkan kocek atau biaya yang sangat tinggi. Sebab, harga tiket masuk menuju ke pantai ini dapat dikatakan sangat murah dan terjangkau. Sehingga tidak akan membuat kantong anda jebol.

Disini, anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun atau gratis. Sehingga pengunjung yang datang nantinya hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan yang dibawa saja. untuk anda yang membawa mobil, maka akan dikenakan biaya yakni sekitar 2 ribu rupiah. Sedangkan bagi anda yang membawa mobil, maka akan dikenakan biaya kurang lebih 5 ribu rupiah saja.

Berbagai Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas Seru Pantai Jimbaran
Photo by Google Maps 張躍騰

1. Mencoba Sensasi Pijat Tradisional

Jika anda lelah sesampainya di Bali setelah melakukan perjalanan jauh, mengunjungi Pantai Muaya Jimbaran adalah salah satu pilihan yang tepat. Sebab di pantai ini terdapat tempat untuk melakukan pijat tradisional. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mulai melakukan pijat tradisional.

Disini, anda bisa melakukan pijatan di bawah sinar matahari dan bersantai di bawah payung pantai ukuran besar. Selain itu, anda juga bisa merasakan sensasi pijatan di gazebo gazebo yang tersedia di pantai. Tentu saja akan membuat anda menjadi lebih betah untuk menghabiskan waktu untuk liburan.

Mengenai masalah harga, anda pun tidak perlu untuk khawatir. Sebab harga pijat tradisional yang ditawarkan sangatlah terjangkau. Dengan melakukan pijat tersebut akan mampu membantu untuk membuat otot otot di tubuh menjadi lebih rileks. Badan pun nantinya akan terasa lebih ringan dan pikiran juga menjadi lebih fresh..

2. Surfing

Apabila anda memiliki hobi surfing, mka jangan melewatkan kegiatan satu ini ketika sedang berada di Pantai Muaya. Hal ini dikarenakan aktivitas tersebut memang banyak sekali dilakukan oleh wisatawan terutama turis asing. Namun tak hanya turis asing saja, anda juga bisa untuk mencoba sensasi surfing di pantai ini.

Kegiatan berselancar ini tentunya akan memacu adrenalin anda. Bagaimana tidak, anda bisa untuk mencoba berselancar d gulungan ombak yang tinggi. Kemudian, bagi anda yang pemula dan ingin belajar tidak perlu khawatir. Karena disini juga terdapat instruktur yang bisa mengajari anda dengan biaya yang terjangkau. Anda bisa menyewa papan surfing disini atau membawanya dari rumah.

Aktivitas yang Dilakukan di Pantai Jimbaran
Photo by Google Maps Eko Prastiv

3. Berenang

Berenang juga menjadi salah satu kegiatan yang bisa anda lakukan di lokasi pantai satu ini. bisa dikatakan berenang adalah aktivitas wajib yang harus anda lakukan di pantai ini. sebab Pantai Muaya ini tergolong salah satu pantai yang sangat bersih. Sehingga anda pun bisa menghabiskan waktu seharian dengan berenang di pantai satu ini.

4. Jelajah Kuliner

Bagi anda yang doyan makan, menjelajah kuliner khas yang ada menjadi salah satu kegiatan yang bisa anda lakukan. Pasalnya, di kawasan wisata ini memang terkenal akan kulinernya yakni seafood. Di sepanjang pantai terdapat kurang lebih puluhan restoran yang menyediakan menu seafood segar.

Disini, anda pun bisa memesan berbagai macam menu mulai dari kerang, kepiting, udang hingga cumi cumi dan ikan kerapu. Ditambah dengan sepiring nasi hangat, sambal dan sayur plecing tentu saja akan membuat anda kalap dan ingin tambah lagi. Selain itu, untuk menikmati makanan yang enak, anda bisa memesan es kelapa muda yang sangat segar.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Muaya Jimbaran

Fasilitas di Pantai Muaya Jimbaran
Photo by Google Maps Adi Arifin

Jika berbicara tentang fasilitas yang tersedia di pantai cantik ini memang terbilang cukup lengkap. Dengan fasilitas yang lengkap tersebut akan menunjang pengunjung untuk bisa betah berlama-lama menikmati keindahan yang tersaji. Disini, anda akan menjumpai area parkir yang sangat luas. Tidak hanya itu saja, rumah makan dan kafe juga bisa untuk anda temukan di pantai eksotis ini.

Kemudian, keberadaan toilet dan kamar mandi juga bisa anda temukan. Selanjutnya ada pula gazebo, payung pantai, tempat untuk reflexology atau pijat tradisional hingga lapak untuk menyewa papan surfing. Sehingga bagi anda yang ingin berselancar bisa langsung menjualnya di lokasi ini. Bahkan di sekitar pantai ini juga tersedia penjual oleh-oleh.

Berlibur di Pantai Muaya Jimbaran dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa anda coba. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin menghabiskan waktu di pantai, sebaiknya anda bisa mengunjungi wisata bahari ini ketika sedang berada di Bali. Pasalnya, dengan mengunjungi tempat tersebut akan mampu melepas penat dan membuat pikiran kembali refresh.