Pantai Menjangan merupakan destinasi wisata pantai yang mempesona di Pulau Menjangan, Bali Barat. Pantai cantik ini merupakan habitat dari Menjangan atau spesies rusa liar yang sudah cukup langka.

Harga Tiket: Rp 200.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bali Pulau Menjangan (TNBB, Sumber Klampok, Kec. Gerokgak, Kab. Buleleng, Bali.

Pantai Menjangan adalah suatu destinasi wisata yang terletak di Pulau Bali Bagian Barat. Pantai Menjangan atau yang lebih akrab dikenal dengan Pulau Menjangan, memiliki flora dan fauna yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Sesuai dengan namanya fauna yang ada di tempat ini adalah Menjangan.

Menjangan sendiri, merupakan hewan sejenis dengan rusa liar. Selain Menjangan, fauna di tempat ini juga berada di bawah laut seperti plankton, dan ikan dengan warna beragam, yang mana keindahan bawah laut ini menjadi daya tarik utama destinasi wisata Pulau Menjangan. Selain itu, wisatawan juga tertarik pada flora di Pulau ini.

Flora yang membuat wisatawan tertarik untuk berlibur di tempat ini sangat beragam. Seperti trumbu karang yang hidup subur di bawah air laut Pulau ini. Selain itu pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas menarik. Diantaranya adalah snorkling, berkeliling pulau Menjangan, menjelajahi pura, dan banyak lagi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Menjangan

Daya Tarik Pantai Menjangan
Image Credit: Google Maps (Mohamad Fadelia)

1. Panorama yang Indah

Keindahan alam Pulau Menjangan ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Saat pertama kali Anda memasuki wilayah ini, Anda pun akan di sambut oleh pantai pasir yang berwarna putih. selain itu, Anda juga akan melihat hamparan air laut yang berwarna biru dengan gradasi warna kehijauan. Warna hijau tersebut berasal dari plankton yang tumbuh subur.

Bukan hanya itu saja, pemandangan bawah laut tempat ini juga terlihat sangat indah. Sebab trumbu karang tumbuh subur dan sangat alami sampai-sampai trumbu karang ini menjadi rumah bagi ikan berwarna-warni.

2. Flora dan Fauna

Pantai Menjangan ini juga terkenal dan menarik perhatian wisatawan lewat keunikan flora dan fauna. Untuk floranya sendiri seperti yang sudah dijelaskan, yakni berupa trumbu karang yang tumbuh subur dan masih terjaga kealamiannya serta pepohonan hijau sekitar pantai yang menyejukkan.

Selain itu, adapun fauna menjangan yang hidup di tempat ini. Andapun bisa menikmati suasana pantai di temani dengan menjangan atau yang lebih populer dikenal dengan rusa liar. Sebab itu momen ini sangat berkesan, dan sangat cocok untuk diabadikan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Menjangan

Alamat Pantai Menjangan
Image Credit: Google Maps (Angela Beer)

Pulau Menjangan terletak di salah satu bagian Taman Nasional Bali bagian Barat yang ada di sebelah timur laut taman nasional tersebut. Untuk jaraknya sendiri, tempat ini cukup jauh dari Kuta. Sehingga jarak yang ditempuh dari Kuta ke destinasi wisata ini berkisar 3 jam. Meskipun demikian tempat ini selalu ramai pengunjung.

Jarak yang cukup jauh tentu akan melelahkan, apalagi jika Anda membawa kendaraan sendiri. Oleh sebab itu lebih baik jika menggunakan transportasi umum.

Tempat ini juga terpisah dari daratan Pulau Bali, sebab ia merupakan Pulau Kecil. Sehingga Anda harus menggunakan perahu untuk bisa sampai ke wisata ini. Anda pun akan menempuh rute mulai dari Labuan Lalang dan pemuteran baru Anda bisa menyeberang menggunakan sarana transportasi perahu menuju wisata tersebut.

Namun jika Anda berangkat dari luar Pulau Bali, maka Anda bisa pergi ke Labuan Lalang menggunakan jasa sewa mobil dan BBM. Harga yang ditarik pun bervariasi yakni mulai Rp. 800.000 hingga Rp. 1.000.000 per hari. Hal ini sangat cocok jika Anda hanya berlibur selama satu hari saja.

Sedangkan untuk Anda yang ingin berlibur lebih dari satu hari, maka Anda pun bisa menyewa hotel terlebih dahulu yang menyediakan jasa jemputan dari Bandara Ngurah Rai. Jika tidak ada jasa seperti itu, maka Anda bisa menggunakan transportasi umum.

Setelah berada di Labuan Lalang, untuk bisa ke wisata Pulau Menjangan adalah menyebrang Pulau dengan menyewa jasa perahu motor. Jarak yang ditempuh pun cukup lama yakni sekitar 30 menit. Untuk harga sewa perahu sendiri juga bervariasi, yakni mulai Rp. 300.000-Rp. 400.000 tergantung negosiasi dengan nahkoda atau supir boat.

Harga tiket masuk tempat ini adalah Rp. 200.000. Hal ini berlaku untuk Anda yang masuk lewat pelabuhan resmi yang di tetapkan oleh pengelola setempat. Pelabuhan tersebut adalah pelabuhan di Teluk Menjangan, Pelabuhan Labuan Lalang Sumberklampok, dan pelabuhan yang dikelola Pokmasta, yakni Teluk Terima Sumberkrima.

Selain itu ada harga yang sudah ditetapkan untuk tiket masuk sekaligus ongkos trip diving dan hal menarik lainnya di wilayah ini. Harga tersebut ditarik sebesar Rp. 750.000. Harga Rp. 750.000 sudah bisa membuat Anda menikmati seluruh pesona alam yang ada di Pantai Menjangan ini. Baik di bagian daratan maupun menyelam di Perairannya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Menjangan

Kegiatan di Pantai Menjangan
Image Credit: Google Maps (Raka Ikrar)

1. Menjelajahi Pura-pura di Pulau Menjangan

Pantai Menjangan memiliki beberapa pura yang sangat cocok untuk dikunjungi. Apalagi dijadikan spot foto. Salah satunya adalah Pura Segara Gill Dharma Kencana yang merupakan ikon dari Pulau ini. Pura tersebut juga memiliki patung Ganesha yang terbuat dari batu putih yang diukir.

Selain itu, adapun Pura Taman Pingit Klenting Sari, yang terletak tidak jauh dari Pulau ini. Adapun pura Agung Brahma Ireng, Pagoda Agung Dewi Kwan Im, Pendopo Ida Bhatara, Lingsir Dalem Gajah. Jumlahnya yang bervariasi membuat pengunjung tak bosan melihat beberapa Pura tersebut.

2. Diving atau Snorkling

Teruntuk para pecinta snorkling atau diving, tempat ini sangat cocok sekali. Sebab perairan di tempat ini sangat terawat. Sehingga pemandangan bawah lautnya pun sangat mempesona. Selain itu tempat ini juga memiliki spot diving yang beragam.

Terdapat tujuh spot diving yang ada di tempat ini. Spot diving tersebut merupakan spot menyelam kelas dunia. Visibilitas yang diberikan pun cukup baik, yakni antara 15 sampai 50 meter.

Spot menyelam tersebut diantaranya adalah Anker Weck yang merupakan kapal dengan usia 150 tahun. kedalaman yang dicapai pun mencapai 40 meter.Selain Anker Weck, ada pula Kebun Belut dangkal dan Pos 1 dan 2. Dimana setiap pos tersebut adalah tempat tinggal atau habitat spesies laut yang warna-warni.

3. Berkeliling Pulau

Tempat wisata ini memiliki area yang cukup luas. Selain itu ada pula pemandu wisata yang siap menemani Anda berkeliling di tempat ini. Pemandu wisata tersebut akan menjelaskan serta memberi informasi mengenai Pulau atau Pantai Menjangan ini. Waktu ideal untuk berkeliling adalah satu jam atau 15 menit.

Anda pun bisa bertemu dengan rusa liar atau menjangan yang hidup di tempat ini. Dimana rusa-rusa tersebut merupakan spesies langka yang jarang bisa ditemukan. Selain itu Anda juga bisa melihat pemandangan laut dengan menggunakan kapal selam Odyssey tanpa harus menyelam sendiri. Sehingga cocok sekali untuk anak-anak berlibur.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai

Penginapan Terdekat okasi Pantai
Image Credit: Agoda.com

1. Mimpi Resort Menjangan

Mimpi Resort Menjangan terletak di Jalan Banyuwedang yang ada di Buleleng. Penginapan ini sangat cantik, sebab ada pemandangan pantai yang luas disertai perahu-perahu yang mengambang serta pepohonan hijau yang segar. Fasilitasnya pun cukup memadai seperti wifi gratis, AC, restaurant, resepsionis, kolam renang, dll.

Fasilitas lengkap dengan pelayanan bagus serta pemandangan yang cantik tentu membuat penginapan ini cukup mahal. Harga yang dibandrolnya yakni mulai dari Rp. 529.550 per kamar untuk waktu menginap satu malam. Meskipun mahal, kamarnya cukup besar. Untuk yang standarat dengan harga tersebut bisa muat untuk 2 orang dan 1 anak.

2. Naya Gawana Resort & Spa

Tempat penginapan ini juga berada di Buleleg Bali dan masuk ke wilayah Taman Nasional Bali Barat. Pemandangannya juga tak kalah indah. Fasilitasnya juga memadai yakni kolam renang, restaurant, free wifi, parkir, dll.

Untuk harganya sendiri sebanding dengan pelayanan dan fasilitas yang diberikan. Harga per kamarnya untuk menginap yakni mulai dari Rp. 997.499. Untuk harga yang sudah disebutkan tersebut dapat memuat 1 tamu dengan 2 ranjang ataupun satu ranjang ukuran full.

3. Luminor Hotel Banyuwangi

Jarak Tempat ini lebih jauh dari pada ke dua penginapan yang telah disebutkan. Meskipun demikian hotel ini bisa mengakses ke TNBB yang di dalamnya terdapat kawasan Pulau Menjangan.

Fasilitas yang diberikan juga memadai, seperti parkir, lift, wifi, kolam renang, dll. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp. 350.000 per kamar untuk waktu semalam. Bisa muat untuk 2 orang dan 1 anak.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Menjangan

Fasilitas di Pantai Menjangan
Image Credit: Google Maps (Kang Katno)

Tempat ini memiliki banyak penginapan. Sehingga untuk Anda yang berasal dari luar kota ataupun pulau tidak perlu khawatir. Harganya pun cukup bersahabat sesuai yang tertera di atas. Anda pun bisa berlibur lebih dari dua hari di destinasi wisata Pulau Menjangan.

Tempat ini juga memiliki area yang cukup luas. Sehingga Anda bisa membawa tikar dari rumah serta beberapa camilan. Piknik kecil bersama keluarga atau sahabat pun terasa menyenangkan.

Demikianlah informasi yang dipaparkan mengenai Pantai Menjangan. Panorama alam yang indah serta beragamnya flora dan fauna, membuat tempat ini banyak dikunjungi wisatawan. Apalagi liburan di tempat ini di temani dengan rusa liar atau menjangan, pasti terasa sangat berkesan. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan liburan.