Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Melasti salah satu wisata bahari di Bali yang menawarkan keindahan pantai nan eksotis yang wajib Anda eksplor saat berada di Pulau Dewata.

Lokasi: Jl. Melasti Ungasan, Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung.
Map: Cek Lokasi

Pantai Melasti di Ungasan merupakan salah satu wisata Bali yang kini mulai populer. Pembangunan berbagai infrastruktur seperti jalan dan sarana pendukung lainnya terus dikerjakan di daerah ini. Akses menuju kawasan pantai pun menjadi lebih mudah karena sudah tersedia jalan beraspal yang melewati perbukitan di sekitar pantai.

Pesona keindahan Pantai Melasti tidak kalah menarik dari Pantai Pandawa atau pantai terkenal lainnya. Kawasan pantai berpasir putih ini menawarkan pemandangan eksotis yang menarik untuk dikunjungi. Pemandangan laut dan perbukitan di sekitarnya akan membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di pantai ini.

Pantai yang berada di balik tebing ini dapat menjadi lokasi terbaik untuk hunting foto dengan banyak pilihan spot menarik. Selain itu, bagi para pecinta sunset, tempat wisata ini menjadi salah satu yang wajib dikunjungi. Pantai Melasti tidak hanya menyajikan pemandangan indah tetapi juga banyak hal menarik lainnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Melasti Bali

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Melasti
Image Credit: : Airpaz.com

Daya tarik utama dari wisata pantai di Bali adalah bentangan pasir putih dan laut birunya. Kontur pasirnya cukup nyaman untuk berbagai aktivitas wisatawan. Suasana yang lebih tenang semakin menambah daya tarik pantai ini, terutama untuk wisatawan yang ingin menjauh dari keramaian.

Sambil duduk-duduk di tepi pantai, wisatawan ditemani pemandangan di sekeliling pantai yang begitu memukau. Pantai ini memang dikelilingi tebing batu karang dan bukit kapur yang menjadi daya tarik tersendiri. Namun disarankan untuk hati-hati jika mendekat ke area batu kapur tersebut.

Pemandangan memukau juga bisa dilihat di perjalanan menuju Pantai Melasti. Jalan beraspal untuk mencapai pantai diapit dua tebing kapur yang sangat tinggi. Memberikan sensasi yang tidak biasa untuk menyambut para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Wisatawan banyak yang tertarik dan terpukau dengan jalanan di pantai ini.

Jalan menuju Pantai Melasti memang membelah tebing karena lokasi pantai yang berada di balik bukit kapur. Mendekati lokasi pantai, wisatawan akan disambut dengan jalanan berkelok yang begitu indah. Jalan yang dibangun di atas tebing ini memiliki tinggi 150 hingga 500 meter dan semakin menurun saat mengarah ke pantai.

BACA JUGA:  11 Tempat Romantis di Bali Terbaru & Terhits Buat Honeymoon
Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Melasti Bali
Image Credit Hargatiket.net

Memasuki kawasan pantai, wisatawan dapat melihat bangunan pura yang berdiri di pesisir pantai. Bangunan tersebut digunakan oleh masyarakat Bali terutama untuk upacara-upacara keagamaan seperti Melasti. Sebuah upacara yang dilakukan sebelum hari raya Nyepi. Jadi nama pantai ini pun dikenal dengan sebutan upacara tersebut Pemandangan yang indah dan mempesona dari pantai ini menarik banyak wisatawan untuk datang. Selain itu, suasana pantai yang lebih tenang juga menjadi tambahan daya tarik dari pantai ini.

Wisatawan yang tidak terlalu ramai memberikan ruang yang lebih untuk para pengunjung menikmati setiap sisi Pantai Melasti.

Pantai yang berada di daerah Ungasan, Bali ini juga bisa menjadi lokasi pilihan untuk berburu sunset. Wisatawan dapat menyaksikan matahari terbenam tanpa dihalangi bukit atau bangunan apapun. Biasanya pemandangan matahari terbenam akan terlihat bagus di tempat ini saat posisi matahari lebih condong ke arah selatan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Melasti

Lokasi Pantai Melasti
Image Credit: Raskitatour.com

Lokasi Pantai Melasti berada tidak jauh dari objek wisata Pantai Pandawa. Jarak dari arah Kuta sekitar 9 km dengan lama perjalanan kurang lebih 25 menit. Transportasi umum atau kendaraan pribadi bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengantar Anda ke lokasi Pantai.

Bagi wisatawan yang datang dari Bandara Ngurah Rai, rute menuju pantai ini bisa melalui Jalan Dharmawangsa dengan perkiraan perjalanan sekitar 43 menit. Rute lain untuk mencapai pantai cantik ini dari bandara adalah dengan mengambil rute Jalan Goa Gong. Rute ini bisa lebih singkat sekitar 39 menit untuk jarak kurang lebih 18 km.

Akses jalan menuju Pantai Melasti sekarang sudah mudah dan tertata dengan baik. Jalanan hotmix yang membelah bukit kapur menjadi akses masuk ke kawasan pantai. Perjalanan Anda tidak akan membosankan karena bisa sambil menikmati pemandangan dari tebing yang menjulang tinggi di kedua sisi jalan.

Harga Tiket Masuk Pantai Melasti Bali

Harga Tiket Masuk Pantai Melasti Bali
Image Credit: Khairulleon.com

Pengembangan kawasan wisata Pantai Melasti masih terus dilakukan. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Kabupaten Badung, Bali. Pengunjung yang ingin menikmati pantai ini pun bisa datang kapan saja dengan membayar biaya masuk. Pengunjung dewasa dikenai tarif Rp 10.000,- dan gratis untuk pengunjung anak-anak.

Selain membayar tiket masuk, wisatawan yang berkunjung juga harus membayar retribusi parkir. Kendaraan roda dua dikenai tarif sebesar Rp 2.000,- dan Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Melasti

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Melasti
Image Credit: Instagram.com @marvinlagunas

1. Berenang

Berenang menjadi salah satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan di Pantai Melasti. Ombak di kawasan wisata ini tidak terlalu besar. Wisatawan bisa berenang di sekitar pantai yang lebih dangkal sehingga lebih aman. Selalu perhatikan juga petunjuk dan peraturan berenang di Kawasan pantai ini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bali Selatan Terbaru & Terhits Buat Liburan

Aktivitas berenang di sekitar pantai juga cukup aman untuk anak-anak. Pantai ini cocok untuk dijadikan destinasi liburan keluarga. Garis pantainya cukup bersih sehingga nyaman untuk anak-anak bermain air. Namun aktivitas anak-anak tersebut harus tetap diawasi.

2. Menikmati Pemandangan Sunset

Pemandangan sunset yang indah dapat dinikmati di Pantai Melasti. Anda bisa datang sore hari dan menunggu momen matahari terbenam sambil bermain di sekitar pantai. Berkeliling pantai dengan jalan kaki cukup nyaman karena cuaca di pantai yang sudah tidak terlalu terik.

Wisatawan bisa menikmati makanan ringan yang dibawa untuk menunggu sunset. Namun jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan area pantai. Jangan meninggalkan sampah yang dapat mengganggu pemandangan pantai dan pengunjungnya.

3. Hunting Foto

Kegiatan menarik selanjutnya adalah berburu spot foto di area pantai. Kawasan pantai yang tidak terlalu ramai akan memudahkan Anda untuk melakukan pemotretan lebih lancar. Spot foto di kawasan wisata ini sangat banyak, mulai dari pantai, jalanan berliku, bukit kapur, Pura Melasti, dan masih banyak lagi.

Pantai Melasti juga bisa dijadikan lokasi terbaik untuk Anda yang ingin melakukan foto prewedding. Tersedia beberapa fasilitas yang akan memudahkan kegiatan foto-foto di pantai ini. Bagi pasangan yang ingin memiliki foto preweding di pantai, bisa menunggu senja untuk mendapatkan pemandangan yang lebih romantis.

4. Bersantai di Pantai

Kebanyakan wisatawan menghabiskan waktu liburan dengan dudu santai di Pantai Melasti. Bersantai sambil menikmati hamparan laut lepas dapat menjadi pilihan tepat untuk sejenak melupakan rutinitas dan tekanan di tempat kerja. Selain itu, wisatawan juga bisa mencari kepiting-kepiting kecil di atas permukaan pasir pantainya.

Apabila Anda datang pada siang hari, jangan lupa untuk menggunakan sunblock. Cuaca yang terik mungkin dapat membuat kulit terbakar, sehingga disarankan untuk menggunakan pelindung. Anda bisa membawa topi dan kacamata hitam agar bersantai di tepian pantai ini menjadi lebih nyaman.

5. Snorkeling

Siapkan peralatan snorkeling saat Anda berwisata ke Pantai Melasti. Anda tidak harus jauh-jauh ke tengah laut karena pemandangan bawah laut di sekitar pantainya juga indah. Bawa juga kamera underwater untuk mengambil foto pemandangan di bawah laut.

Air lautnya yang begitu jernih semakin memudahkan wisatawan untuk menikmati keindahan bawah laut di kawasan pantai ini. Anda bisa melihat kawanan ikan-ikan kecil dengan warna-warna yang cantik berenang di sekitar pantai cantik ini.

6. Menyaksikan Upacara Melasti

Masyarakat Hindu Bali melaksanakan upacara Melasti pada hari sebelum hari raya Nyepi. Waktu ini bisa dimanfaatkan untuk mengunjungi Pantai Melasti, terutama untuk Anda yang tertarik menyaksikan secara langsung proses upacara Melasti.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Singaraja Buleleng Terbaru & Terhits Buat Liburan

Umat Hindu Bali biasanya akan beramai-ramai mendatangi pantai ini. Wisatawan bisa ikut serta menyaksikan keramaian prosesi upacara Melasti. Jangan lupa juga untuk mengambil kamera dan mengabadikan momen yang jarang ditemukan tersebut.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Melasti

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Melasti
Image Credit: Booking.com

1. Bukit Karang Villas

Penginapan yang tidak jauh dari Pantai Melasti ini menawarkan layanan dan fasilitas yang sangat lengkap. Kamar dengan balkon hingga kolam pribadi disediakan di penginapan ini. Fasilitas lainnya meliputi pusat olahraga air seperti jet ski, boat, dan flyboarding. Tersedia juga layanan pijat atau spa untuk menyegarkan otot-otot badan.

2. Kuta Hill Guest House

Salah satu penginapan yang cukup terjangkau di sekitar pantai ini bisa menjadi rekomendasi untuk tempat istirahat Anda. Menyediakan kamar yang nyaman dengan AC dan fasilitas kamar mandi shower. Layanan antar jemput ke daerah Kuta, penyewaan sepeda, tempat parkir, dan dapur umum adalah fasilitas yang disediakan hotel.

3. Bayan Tree Hotel and Resort

Penginapan ini jaraknya sekitar 20 menit dari Pantai Melasti. Berada di puncak bukit yang menawarkan pemandangan pantai dari ketinggian. Bayan Tree Hotel and Resort menjadi salah satu penginapan yang populer dan banyak dipilih wisatawan untuk bermalam. Fasilitasnya lengkap dengan layanan yang ramah dan profesional.

4. Airy Jimbaran 8 Bali

Pilihan penginapan yang murah dan dekat pantai lainnya adalah Airy Jimbaran 8 Bali. Layanan resepsionis dibuka selama 24 jam untuk menyambut para tamu yang ingin menginap. Tersedia kamar bebas rokok dengan pendingin atau AC. Fasilitas tambahan untuk pengunjung adalah disediakan air mineral dan Wifi gratis.

5. The Hill Ungasan

Rekomendasi penginapan dekat Pantai Melasti selanjutnya adalah The Hill Ungasan. Penginapan yang memiliki kolam renang outdoor ini menyediakan kamar AC dengan beragam fasilitas. Tersedia akses Wifi gratis, tempat parkir, mini bar, brankas, TV layar datar, perlengkapan mandi, dan lain-lain.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Melasti Bali

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Melasti Bali
Image Credit: Raskitatour.com

Salah satu fasilitas di Pantai Melasti adalah tempat parkir yang cukup luas. Namun jika Anda berencana mengunjungi pantai, disarankan untuk menyiapkan dan membawa bekal makanan atau minuman sendiri. Hal tersebut diperlukan mengingat fasilitas restoran atau rumah makan di pantai ini belum tersedia.

Namun untuk fasilitas penginapan bisa dijumpai di sekitar pantai ini. Ada banyak pilihan penginapan, mulai dari yang murah hingga yang mewah. Hotel dan vila bisa menjadi pilihan untuk beristirahat atau bermalam di dekat pantai ini.

Itulah beberapa informasi menarik dari objek wisata Pantai Melasti Ungasan, Bali. Perjalanan menuju pantai ini sebaiknya menggunakan kendaraan yang kuat untuk menanjak. Wisatawan juga disarankan untuk berhati-hati, terutama saat melewati area yang sedang dilakukan kegiatan pembangunan infrastruktur pantai.