Pantai Medewi salah satu pantai favorit penikmat selancar di Pekutatan Jembrana, Pulau Bali. Pantai ini memiliki ombak yang sangat cocok untuk kegiatan surfing dengan latar pemandangan alam yang menawan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Medewi, Medewi, Kec. Pekutatan, Kab. Jembrana, Bali.

Indonesia menjadi salah satu negara yang lokasinya begitu strategis. Bahkan di negara inilah banyak perbedaan yang kemudian dapat dipersatukan. Mulai dari budaya, bahasa, suku, bahkan keanekaragaman hayati. Selain itu, Indonesia juga dikenal sebagai tempat yang indah. Ia memiliki pesona alam yang begitu memukau seperti laut, pulau, pantai, pegunungan dan lain sebagainya.

Salah satu pantai Indonesia yang menarik di mata wisatawan adalah Pantai Medewi Pekutatan yang berada di Bali. Sebuah tempat yang indah dan sudah biasa menjadi tempat wisatawan mancanegara merefresh diri. Tentu saja panorama alamnya juga tidak kalah dengan Pantai Kuta.

Bahkan Pantai Medewi dikenal sebagai tempat surving terbaik di pulau tersebut. Pantai yang berada di Desa Medewi ini memiliki daya tarik yang unik. Selain itu dari padanya juga terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan. Tidak heran beberapa wisatwan sering berkunjung kesini hanya untuk beristirahat dari berbagai rutinitas.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Medewi Pekutatan

Image Credit: Google Maps (Florian Meyer)

1. Menjadi Lokasi Surving yang Mengasikkan

Daya tarik utama yang dimiliki oleh Pantai Medewi adalah menjadi lokasi yang tepat untuk olahraga ekstrim. Disini memiliki ombak yang cukup besar dengan kawasan pantai yang landai. Jadi pengunjung juga akan dimanjakan dengan keindahan alam dari Pantai Bali ini. Berkunjung ke pantai dan melihat ombak yang seakan melambai ke tepi laut akan menjadi pengalaman terbaik.

Belum lagi, udara yang sejuk dan harmoni air yang merdu. Pastinya akan membuat pikiran Anda terasa tenang. Terutama untuk yang berniat meliburkan diri dari berbagai kesibukan yang ada. Letaknya yang jauh dari keramaian akan memberikan ketenangan yang Anda butuhkan.

2. Pesona Alam Pantai yang Asri

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki oleh Pantai Medewi Pekutatan adalah pesona alamnya yang begitu indah. Bagaimana tidak, pantai yang satu ini dikelilingi oleh jajaran pohon yang nampak hijau. Belum lagi langit biru yang seolah membias di perairan. Selain itu di sepanjang perjalanan menuju pantai, Anda akan disuguhkan dengan area persawahan penduduk.

Maka dari itu, polusi pun enggan bertandang ke pantai ini. Hanya udara segar yang akan Anda rasakan. Deburan ombak laut serta desir angin pantai menambah syahdu suasana. Dipastikan Anda tidak akan kecewa setelah sampai di tempat menakjubkan ini.

3. Menyaksikan Berbagai Aktivitas Nelayan

Keunikan yang dimiliki oleh Pantai Medewi Pekutatan memang tiada habisnya. Salah satu yang menarik di pantai ini adalah pengunjung dapat melihat bagaimana para nelayan mencoba menyambung hidup dari hasil laut yang mereka tangkap. Nelayan yang ada beroperasi di sekitar pantai.

Maka tidak heran banyak pengunjung yang bisa menyaksikan bagaimana nelayan mengumpulkan ikan di sebelah timur sungai. Biasanya para nelayan tersebut akan menjual tangkapannya ketika hari sudah menginjak pukul 10.00 waktu setempat. Pastikan Anda tidak ketinggalan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Medewi

Lokasi Pantai Medewi
Image Credit: Google Maps (Ni Wyn Luh Sukertiasih)

Pantai yang satu ini terletak di Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, kabupaten Jembrana, Bali. Untuk sampai di lokasi ada beberapa akses yang bisa dilalui. Jika dilihat dari letak geografisnya, Pantai Medewi memang berjarak cukup jauh dari kawasan wisata Bali lainnya.

Meski begitu daya tarik yang dimiliki pantai ini membuat wisatawan melipir juga ke pantai ini dengan suka rela. Jika Anda menempuh perjalanan dari Kota Denpasar, maka jalur terdekat yang bisa ditempuh adalah sejauh 72 km.

Dengan melewati jalur jalan raya Denpasar menuju ke Gilimanuk. Sedangkan untuk sampai di lokasi, pengunjung harus rela berjalan kaki sejauh 100 meter. Perjalanan tersebut bisa dimulai dari jalan raya utama ke lokasi wisata Pantai Medewi Pekutatan.

Harga Tiket Masuk Pantai Medewi Pekutatan

Harga Tiket Masuk Pantai Medewi Pekutatan
Image Credit: Google Maps (Radek Jirout)

Selama ini pantai Medewi masih banyak dipilih untuk penyuka olahraga surving. Sehingga tidak heran pengunjung berdatangan dari dalam maupun luar kota. Bahkan wisatawan mancanegara pun juga datang ke pantai hanya untuk mencoba sensasi menantang ombak.

Apalagi ada keuntungan tersendiri jika Anda memutuskan untuk berkunjung ke pantai cantik ini, yaitu tidak ada beban tiket masuk. Bagaimana tidak untuk akses segala destinasi wisata pantainya Anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Namun kata gratis tersebut hanya untuk biaya tiket masuk ya, sedangkan untuk penggunaan fasilitas lainnya akan ada tarif tertentu.

Meski begitu pengunjung tetap dibebankan biaya parkir kendaraan. Untuk kendaraan bermotor tarif normalnya adalah Rp 2.000 sedangkan mobil akan dikenakan biaya Rp 5.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Medewi

Kegiatan di Pantai Medewi
Image Credit: Google Maps (PA UR)

1. Surving

Berkunjung ke Pantai Medewi maka Anda wajib coba olahraga yang satu ini. Surfing menjadi aktivitas yang paling diminati oleh para wisatawan. Bahkan mayoritas yang berkunjung kesana memang hendak menguji adrenalin melewati ombak yang menggulung. Jadi pastikan Anda ikut surfing juga ya.

Apalagi ditambah dengan pemandangan alam pantai yang indah pastinya bosan tidak akan melanda. Ombak di pantai ini cukup tinggi. Sehingga surfing pun menjadi lebih menantang. Namun tetap gunakan pengaman dan lakukan pemanasan terlebih dahulu. Untuk Anda yang hobi menantang diri cobalah aktivitas yang satu ini di saat berkunjung.

2. Berenang di Kolam Renang

Untuk Anda yang tidak bisa olahraga surving, ada aktivitas lain yang bisa dilakukan yaitu berenang. Tentu saja aktivitas ini bisa dilakukan di kolam renang yang telah tersedia. Pasalnya laut Pantai Medewi memiliki ombak yang tinggi, sehingga cukup beresiko untuk dijadikan tempat berenang.

3. Berjalan Santai Menikmati Indahnya Alam Sekitar

Berada di tempat yang menakjubkan, berjalan santai sambil menikmati pemandangan akan menjadi sangat menyenangkan. Apalagi jika Anda bersama keluarga atau teman, pastinya tidak akan ada rasa bosan yang melanda. Nikmati sensasi pasir putih yang halus serta pemandangan sekeliling yang tidak jauh dari kesan asri.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Medewi

Penginapan Murah Pantai Medewi
Image Credit: Oyorooms.com

1. OYO 915 Villa Sari

Hotel yang satu ini masih berada di Kecamatan Pekutatan Bali. Untuk layanan penginapan tersebut bisa dibilang cukup ramah. Apalagi saat pagi tiba, pengunjung akan mendapat sarapan yang langsung diantar ke kamar. Apalagi tempatnya juga bersih dan terawat.

Beberapa fasilitas yang disediakan juga sangat memuaskan. Seperti kolam renang, restoran, free wifi, juga tempat parkir gratis. Selain itu tarif permalamnya juga tidak sampai ke angka Rp 200 rb. Lokasinya juga dekat dengan kawasan Pantai Medewi.

2. Bali Surf House Medewi

Hotel terdekat dari lokasi pantai selanjutnya adalah Bali Surf House Medewi. Hotel yang satu ini berada di Desa Medewi, Mendoyo, Bali. Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai penginapan pilihan ketika berkunjung ke pantai. Lokasinya pun dikelilingi oleh persawahan penduduk.

Sehingga pemandangan di sekitar hotel akan nampak asri. Berbagai fasilitas yang bisa Anda dapatkan disini adalah akses wifi gratis, tempat parkir, juga ruangan ber AC. Apalagi tari yang dipatok untuk menginap permalamnya juga tidak sampai 200 rb.

3. Surya Homestay

Mungkin penginapan yang satu ini memang tidak seperti hotel sebelumnya. Pasalnya Surya Homestay merupakan tempat menginap berupa rumah yang disediakan oleh penduduk. Meski begitu Anda juga tetap akan mendapatkan berbagai fasilitas seperti sarapan gratis.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Medewi Pekutatan

Fasilitas di Pantai Medewi Pekutatan
Image Credit: Google Maps (Alexander Ohl)

1. Kamar Mandi

Fasilitas yang tidak boleh ketinggalan di berbagai tempat wisata adalah adanya Kamar mandi. Sebab, tempat tersebut memang seringkali digunakan wisatawan untuk membersihkan diri setelah bermain aktivitas pantai.

2. Area Parkir Kendaraan

Pengunjung yang berkunjung menggunakan kendaraan pribadi bisa menitipkan kendaraannya di area parkir yang sudah di sediakan. Lahan parkirnya cukup luas dengan penjaga yang senantiasa stand by. Jadi pengunjung sudah tidak perlu lagi khawatir mengenai kendaraan yang pastinya aman.

3. Mushola

Bagi seorang muslim yang dibebankan padanya sebuah kewajiban beribadah pastinya sangat membutuhkan mushola. Tenang saja, di Pantai Medewi Pekutatan sudah memiliki fasilitas berupa tempat peribadatan umat muslim.

4. Rumah Makan

Setelah puas bermain aktivitas pantai seperti surving maupun berenang di kolam. Perut pun mulai kelaparan. Di pantai ini telah tersedia rumah makan untuk pengunjung mengisi perut. Nikmati hidangan hangat sambil melihat panorama alam yang indah di depan mata.

5. Kolam

Selain fasilitas kamar mandi, mushola dan tempat parkir. Pantai yang satu ini juga memberikan fasilitas berupa kolam renang. Karena ombaknya yang tinggi tidak semua orang dapat berenang di perairan tersebut oleh sebab itu dibangunlah kolam renang yang pastinya menjadikan liburan Anda sempurna.

Berbagai hal mengenai Pantai Medewi Pekutatan di atas pastinya menambah minat Anda untuk segera berkunjung ke sana. Apalagi ada aktivitas menarik yang layak dicoba di pantai tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk mengajak rombongan agar lebih seru. Dengan adanya Pantai Medewi, ini membuktikan bahwa Indonesia memang memiliki tempat wisata yang tidak kalah epik dari luar negeri.