Pantai Mawun salah satu objek wisata bahari yang indah di Pujut, Lombok Tengah yang menarik dijelajahi. Pantai pasir putih yang memiliki ombak yang cocok untuk berselancar dan pemandangan bukit cantik nan hijau.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Maung, Desa Tumpak, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Pantai Mawun menjadi salah satu tujuan destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Pulau Lombok. Menyuguhkan pemandangan pantai yang indah dan asri, dengan sentuhan pasir putih, seperti menyiratkan bahwa ciptaan Tuhan itu sangat luar biasa. Birunya air pantai juga menjadi komponennya.

Ada fakta menarik dibalik keindahan Mawun. Sebenarnya pantai ini merupakan bagian salah satu teluk yang letaknya berada di Pulau Lombok. Selain itu, jika wisatawan melihat Mawun dari atas, menggunakan drone contohnya, garis pantainya memiliki bentuk yang hampir menyerupai tapal kuda.

Tidak ada salahnya menjadikan Pantai Mawun sebagai salah satu waiting list wisata yang akan Anda kunjungi. Berbagai fasilitas sudah disediakan pengelola pantai demi menjaga keamanan dan kenyamanan siapa pun yang berkunjung ke wisata ini. Dijamin Anda akan terbuai oleh keindahannya yang memukau.

Daya Tarik Wisata Pantai Mawun

Daya Tarik Pantai
Image Credit: Google Maps (Deeptha Madhuranga)

Pantai Mawun merupakan wisata bahari terkenal yang berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Memiliki bentuk garis pantai yang unik dengan putihnya pasir yang memenuhi area pantai, membuat siapa pun kagum tentang keindahannya. Berikut beberapa daya tarik Mawun yang disukai banyak wisatawan.

1. Memiliki Pasir Putih yang Cantik

Memiliki pasir putih yang bersih nan cantik, membuat Mawun memiliki daya tariknya tersendiri. Hamparan putihnya pasir pantai ini begitu nyaman dijadikan sebagai tempat bermain bagi para pengunjung. Akan sangat cocok jika Mawun dijadikan tempat berlibur bersama keluarga tercinta.

Jangan heran jika banyak anak kecil yang berlalu lalang bermain pasir di sekitar area Pantai. Biasanya mereka membuat istana dari pasir yang disusun satu persatu dengan ditumpuk tinggi ke atas. Itulah sebabnya banyak sebagian dari wisatawan yang berkunjung ke Mawun hanya untuk memanjakan sang buah hati.

2. Memiliki Air Laut yang Biru dan Jernih

Ingin melihat keindahan kehidupan laut di bawah Pantai Mawun, tapi tidak ingin menyelami? Tenang, Mawun punya solusinya. Perairan wisata air Lombok ini, memiliki warna air yang begitu biru dan jernih. Sehingga tanpa menyelam pun, Anda bisa melihat serasinya kehidupan bawah laut yang ada hanya dari atas permukaan air.

Biru dan jernihnya air laut membuat para wisatawan ingin terus berlama-lama di pantai. Berbagai macam jenis hewan dan tumbuhan laut di pantai yang dapat terlihat begitu jelas di bawah air laut yang begitu jelas. Hal ini dapat dijadikan sebagai spot foto yang kece.

Daya Tarik Pantai Mawun
Image Credit: Google Maps (Mawun Beach)

3. Dikelilingi Bukit Hijau

Jika wisatawan memperhatikan dengan seksama, lokasi Mawun hampir dikelilingi oleh bukit. Keunikan bukit yang ada di Pantai Mawun adalah dapat berubah warna sesuai dengan kondisi musim yang sedang berlangsung. Saat masuk musim hujan, bukit akan berwarna hijau, sedang saat kemarau akan berwarna kuning kecoklatan.

4. Spot Bermain Selancar

Ombak di pantai ini termasuk jenis ombak yang berskala kecil. Namun, jika Anda ingin merasakan sensasi berselancar di pantai satu ini, ada baiknya memilih spot selancar yang hampir mendekati bukit. Hal ini dikarenakan ombak pantai dan ombak dekat bukit mempunyai skala yang berbeda.

Area dekat bukit yang berada diujung dikenal sebagai spot yang memiliki ombak dengan skala cukup besar. Sehingga ini akan sangat cocok bagi Anda yang ingin berselancar. Ombak di kawasan utama pantai lebih pas digunakan sebagai area berenang para pengunjung. Itulah sebabnya spot selancar dan berenang dibuat berbeda.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai Mawun

AlamatPantai Mawun
Image Credit: Facebook.com @tripcanvas

Titik lokasi Pantai Mawun berada jauh di pelosok dan cukup jauh dari area perkotaan. Maka jangan salah jika Anda akan menemukan akses yang rumit untuk bisa sampai ke lokasi dengan perhitungan waktu tempuh yang tepat. Beberapa jalan pun masih dalam kondisi yang belum memadai dan butuh kesabaran ekstra.

Mawun sendiri merupakan pantai yang diapit oleh pantai. Maksudnya ialah Pantai Mawut terletak di antara Pantai Selong Belanak dan Pantai Kuta. Kedua pantai tadi memiliki pemandangan yang tak kalah jauh mempesona jika dibandingkan dengan Mawun. Wisata air Mawun masuk wilayah Kecamatan Pujuk, Lombok Tengah.

Mengingat lokasi pantai dengan kondisi jalan yang kurang memadai, maka sangat tidak dianjurkan memakai kendaraan pribadi. Ada baiknya sewa kendaraan yang memang disediakan khusus oleh warga sekitar atau pihak pengelola pantai. Ini untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan, seperti mogok di tengah jalan.

Rata-rata waktu tempuh yang diperlukan wisatawan untuk bisa sampai di lokasi pantai hampir lebih dari dua jam untuk sekali tempuh. Waktu acuan tersebut diukur jika berangkat dari Mataram. Untuk itu, agar pengunjung bisa sampai di tempat sesuai dengan perkiraan waktu yang dibuat, berangkat lebih awal bisa dijadikan antisipasi.

Harga Tiket Masuk Pantai Mawun Lombok

Harga Tiket Pantai Mawun
Image Credit: Facebook.com @Pesonaloteng

Untuk terus mengembangkan sarana dan prasarana yang ada di Pantai Mawun, tentu setiap pengunjung yang datang, akan dikenai biaya masuk yang dihitung tiap orang. Biaya ini juga akan digunakan untuk pengembangan berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai bagi pengunjung.

Pengelola Pantai ini membandrol Rp 10.000,00 per orang. Harga yang sangat umum, terjangkau, dan tidak mahal untuk ukuran tempat wisata. Tarif sedemikian rupa pun akan terbalaskan dengan keindahan alam yang masih alami dan asri. Wisatawan dijamin tidak akan menyesal mengunjungi Mawun.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Mawun

Aktivitas di Pantai Mawun
Image Credit: Facebook.com @(Sofian Alfarug)

1. Menikmati Seafood Khas Mawun

Saat berkunjung ke Pantai Mawun, Anda akan banyak melihat warung-warung tradisional di sekitaran area pantai yang menyediakan hidangan laut. Seafood sudah menjadi makanan khas wisata air pantai. Kurang rasanya jika berkunjung ke pantai, tampa menikmati menu seafood.

Seafood yang disediakan antara lain lobster, udang, kepiting, bahkan ikan segar Mawun yang baru saja dipancing. Makanan laut tadi akan diolah dengan cita rasa bumbu khas yang dibuat langsung oleh masyarakat Lombok. Anda bisa menikmati sajian seafood tadi, sembari menikmati pemandangan alam pantai yang menawan.

2. Bermain Ombak atau Berenang di Tepi Pantai

Karena Mawun memiliki ombak yang tidak begitu besar dan masih dalam skala yang aman, maka pihak pengelola pantai masih memberi ijin bagi wisatawan yang ingin berenang di area pantai. Berenang memang wajib dilakukan saat berkunjung ke pantai mana pun itu.

Namun, meski ombak Pantai Mawun masih dirasa aman, tetap wisatawan diminta berhati-hati dan selalu mengikuti arahan pengelola pantai. Utamanya bagi sebagian pengunjung yang membawa serta sang anak untuk berlibur. Hal ini disebabkan dasar pantai ini begitu curam, sehingga perlu kewaspadaan.

Aktivitas Menarik di Pantai Mawun
Image Credit: Google Maps (Kaka Kristin)

3. Camping Menikmati Keindahan Pantai

Bisa dibilang, Mawun memiliki keindahan alam yang masih alami, ibaratnya masih belum terjamah oleh hal-hal modern, seperti Pantai Ancol. Maka sudah dipastikan banyak wisatawan begitu tertarik dengan keindahan tersebut. Tentu membuat pengunjung begitu menikmati setiap kegiatan yang dilakukan di pantai ini.

Nah, bagi Anda yang juga ingin menikmati keindahan Mawun di malam hari, pihak pengelola pantai memberikan fasilitas bermalam di sini, seperti camping di pantai. Dan sekadar info, demi menjaga keamanan dan keselamatan, pengujung diwajibkan membayar biaya keamanan sebesar Rp 50.000,00 untuk satu malam bagi warga sekitar.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Mawun

Penginapan Pantai Mawun
Image Credit: Tripadvisor.com

1. Mawun Raya Resort

Penginapan satu ini memberi suguhan view Pantai Mawun dari salah satu sisi terbaik. Menyediakan berbagai fasilitas yang memadai, mulai dari ketersediaan Wifi hingga kolam renang outdoor, membuat penginapan ini direkomendasi banyak wisatawan. Lokasi tepatnya berada di Jalan Mawun.

2. Honeybee Homestay

Honeybee Homestay mendapat rating sebanyak 4.6 dari para penginap. Terletak di Jalan Raya Kuta, penginapan ini memberi fasilitas dapur yang memadai. Banyak yang berkomentar bahwa hidangan Honeybee sungguh lezat. Tidak ada salahnya menjadikan Honeybee Homestay sebagai referensi Anda.

3. Galus Homestay

Memberikan pelayanan yang ramah dan kondisi tempat yang nyaman, menjadikan Galus juga banyak direkomendasikan oleh banyak wisatawan. Menarik tarif mulai dari Rp 100.000,00 an per malam, tentu sangat sebanding dengan berbagai fasilitas yang pihaknya sediakan. Mulai dari Wifi, tempat parkir, hingga sarapan gratis.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Mawun Lombok

Fasilitasb di Pantai Mawun Lombok
Image Credit: Facebook.com @kakisumpit

Sangat banyak bukan, fasilitas yang disediakan pihak pengelola Pantai Mawun bagi para pengunjung? Fasilitas-fasilitas tadi pun masih terus dikembangkan agar memberi kenyamanan terbaik bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Hal ini juga bertujuan agar Mawun semakin dikenal banyak orang.

Rumah makan, hingga warung tradisional pun banyak tersedia di sekitaran area pantai ini. Menyediakan berbagai macam makanan laut segar dengan bumbu khas Lombok, menjadikan seafood Mawun begitu khas. Menikmati seafood sembari menikmati keindahan alam Mawun akan sangat mengasyikkan.

Informasi mengenai Pantai Mawun di atas bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih pantai cantik sebagai destinasi liburan Andadi Lombok Tengah. Mulai dari fasilitas hingga kegiatan menarik sudah memadai dan sudah disediakan dengan sedemikian rupa oleh pihak pengelola pantai.