Ada banyak destinasi wisata yang mendapatkan julukan sebagai surga di Indonesia, dan Pulau Lombok menjadi salah satunya yang menyimpan berbagai kemolekan alam. Menjelajah setiap wilayahnya akan membuat liburan makin berkesan. Bagi Anda yang gemar berwisata bahari, deretan pantai cantik di Lombok Timur berikut bisa Anda jadikan sebagai tujuan alternatif untuk menghabiskan waktu liburan Anda.

1. Tanjung Bloam

Pantai Tanjung Bloam
Image Credit: Google Maps (Adi Baok)

Untuk memulai perjalanan Anda menjelajah kemolekan wisata bahari di Lombok Timur, Anda bisa menjadikan Tanjung Bloam sebagai tujuan wisata Anda. Berada di Lombok Timur bagian tenggara, Tanjung Bloam termasuk wisata yang masih tersembunyi. Kendati demikian, Anda tetap bisa menjangkaunya dengan kendaraan roda empat atau dua.

Memang perjalanan menuju pantai ini masih belum terlalu mulus. Tetapi semuanya akan dibayar lunas dengan pesona yang dihadirkan. Pantai ini memiliki pasir putih dengan gugusan tebing yang begitu khas. Tebing dan bebatuannya menjorok ke tengah laut, seakan akan ada jembatan alami yang akan mengantar Anda ke tengah laut.

Pada ujung bebatuan tersebut, Anda akan menemukan bukit yang bentuknya kerucut, Bukit ini dipenuhi dengan tumbuhan hijau yang membuatnya makin cantik. Wisata satu ini sangat instagramable dan menawan. Pesona yang ditawarkan dijamin akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Namun Anda harus hati hati, karena Tanjung Bloam memiliki ombak yang besar.

Harga Tiket: Rp 150.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Beloam, Kec. Tanjung Ringgit, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

2. Pantai Kaliantan

Pantai Kaliantan
Image Credit: Instagram.com @indonesiatropic

Pantai Kaliantan bisa Anda jadikan sebagai tujuan wisata berikutnya. Pantai ini memiliki garis pantai panjang yang mencapai 2 km. Yang membuat pantai ini unik, pasirnya memiliki warna yang pucat. Di belakangnya juga dipenuhi dengan vegetasi hijau yang membuatnya makin mempesona. Menariknya Pantai Kaliantan termasuk pantai yang masih belum banyak dikunjungi.

Sehingga Anda bisa menikmati kemolekannya lebih puas, karena pantainya begitu tenang. Sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas penat dan menikmati tempat yang tenang. Airnya yang biru dengan pasir yang pucat membuat pesonanya membuat siapapun jatuh hati. Belum lagi, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan menarik saat di Pantai Kaliantan.

Kegiatan olahraga air memang kerap dilakukan di pantai ini.Seperti Kite Surfing yang banyak dilakukan oleh pengunjung. Kite Surfing sendiri, Anda akan meluncur dengan papan selancar namun ditarik oleh parasut. Kebanyakan yang melakukan kegiatan ini adalah wisatawan manca negara. Garis pantai yang luas memang mernjadikan Pantai Kaliantan ideal untuk olahraga.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kaliantan, Desa Seriwe, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

3. Gili Kondo

Gili Kondo
Image Credit: Instagram.com @pondoksiola

Lombok Timur memang memiliki banyak wisata bahari yang menawan untuk dikunjungi. Gili Kondo menjadi salah satunya yang tidak boleh Anda lewatkan. Gili Kondo sendiri berada di Selat Alas yang merupakan pulau kecil namun sangat cantik. Pulau pulau ini memang berada di antara Lombok juga Sumbawa. Gili Kondo sangat eksotis, layaknya pulau lain yang ada di sekitar Lombok.

Yang membuat Gili Kondo semakin unik, pulau ini terdiri dari pasir putih yang lembut. Ketika air laut sedang pasang, pulau ini akan menghilang. Keindahan dari pulau ini sangat cocok dinikmati dengan menggunakan drone. Perlu Anda ketahui, jika Gili Kondo sendiri terdiri dari Gili Kondo Besar dan juga Gili Kondo Kecil.

Anda juga bisa menemukan gili lainnya di sekitar Gili Kondo. Dengan menggunakan perahu, Anda bisa sekalian mengekplor masing masing gili yang ada. Kegiatan yang bisa Anda lakukan melimpah, salah satunya adalah diving dan snorkeling. Keindahan yang dimiliki Gili Kondo memang tak hanya di permukaan saja. Bawah lautnya akan membuat Anda terpesona dan masih terjaga.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Sambelia, Labuhan Pandan, Kec. Sambelia, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

4. Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit
Image Credit: Instagram.com @sastra20

Wisata bahari Anda di Lombok Timur masih belum akan berakhir. Karena masih ada banyak pantai pantai cantik yang bisa Anda kunjungi. Seperti Tanjung Ringgit yang memiliki pesona berbeda dengan pantai pantai yang ada. Tanjung Ringgit termasuk pantai perawan yang belum banyak tersentuh. Sehingga sudah pasti Anda akan menemukan pantai yang masih alami.

Hal pertama yang akan langsung menangkap indera Anda ketika menginjakkan kaki di pantai ini adalah tebing tebing tingginya yang indah. Tebing ini ketika dipadukan dengan birunya laut akan memberikan pesona yang luar biasa. Tebing tebing ini begitu tinggi dan megah, membuat pengunjung harus berhati hati ketika berjalan di tepiannya.

Keindahan yang ditawarkan membuat pantai ini sangat cocok untuk berburu foto foto cantik dengan panorama laut biru sebagai latar belakang. Tak hanya itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pasir putihnya yang membentang. Anda juga bisa menemukan goa raksasa yang ditinggali kelelawar. Memang ketikanya terpisah, tapi masih dalam satu lokasi di Tanjung Ringgit.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lingkok Siwaq, Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

5. Pantai Tangsi

Pantai Pink
Image Credit: Google Maps (Doni Alfian)

Masih ingin menjelajah bahari di Lombok Timur? Pantai Tangsi akan menjadi destinasi yang menarik untuk dijelajahi. Hal ini dikarenakan pantai ini memiliki keunikan yang belum tentu Anda temukan di pantai lainnya. Dimana Pantai Tangsi hadir dengan pasir pink menyala yang sangat cantik. Perpaduan pasir pink dengan laut biru akan memberikan gradasi yang berbeda.

Warna merah muda yang ada di pantai ini merupakan hasil perpaduan antara pasir putih dan karang merah yang telah mati. Hingga akhirnya perpaduannya membuat pasir pantainya memiliki warna pink. Air lanjutnya biru kehijauan, jika semuanya menjadi kesatuan dijamin akan membuat Anda terpana.

Pantai Tangsi termasuk pantai yang masih alami dengan pemandangan nan indah. Lokasinya terpencil dan membutuhkan perjuangan yang tidak mudah untuk sampai di Pantai Tangsi ini. Sekitar pantai juga ada beberapa bukit yang bisa Anda explore. Pastikan Anda membawa perbekalan yang cukup ketika Anda sedang mengunjungi Pantai cantik ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

6. Pantai Sungkun

Pantai Sungkun
Image Credit: Twitter.com @lombokexplore

Di kabupaten ini, Anda juga bisa menemukan Pantai Sungkun yang tak kalah cantik dari pantai pantai lainnya. Pantai ini berada di Desa Ekas Buana dan termasuk pantai yang juga perawan. Tersembunyi di balik perbukitan Jerowaru, pantai eksotis ini adalah surga tersembunyi yang sayang untuk Anda abaikan begitu saja,

Diapit oleh dua bukit tinggi, menjadi panorama yang dihadirkan semakin eksotis. Selain menikmati air lautnya yang jernih dan pasir pantai yang putih menjadi perpaduan yang luar biasa. Hamparan padang rumput yang ada disekitarnya juga menambah keindahannya. Pantai Sungkun sangat menarik jika Anda jadikan tujuan liburan bersama keluarga atau teman teman.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungkun, Ekas Buana, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

7. Pantai Cemara

Pantai Cemara
Image Credit: Twitter.com @idbcpr

Pantai Cemara menjadi pantai di Lombok Timur berikutnya yang juga begitu menawan. Bisa dikatakan jika nama pantai ini sudah cukup kondang di kalangan wisatawan. Hal ini karena Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota Mataram. Walaupun sudah dikenal, tapi termasuk pantai yang masih alami dan perawan.

Pasir pantai putih menjadi begitu kontras saat dipadukan dengan air lautnya yang begitu jernih biru kehijauan. Anda juga bisa menemukan bukit yang bisa didaki, dengan begitu pesona Pantai Cemara bisa dinikmati dari atas bukit. Belum banyak fasilitas yang dihadirkan, pengunjung seakan akan sedang berada di pantai pribadi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pemongkong, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

8. Pantai Surga

Pantai Surga
Image Credit: Instagram.com @janedoeisliving

Destinasi wisata bahari yang juga menarik dikunjungi adalah Pantai Surga. Pantai ini hadir dengan pasir putih lembut yang begitu luas. Airnya yang jernih berwarna hijau kebiruan yang begitu menawan. Di tepi pantai banyak berjajar payung payung yang bisa dimanfaatkan untuk berjemur atau bersantai.

Aktivitas lainnya juga tak kalah menarik untuk Anda lakukan. Mulai dari berenang, snorkeling, selancar sampai dengan memancing. Anda yang ingin melakukan kegiatan ekstrim, Anda bisa memanjat tebing yang ada di sebelah kanan dari pantai. Seperti namanya, pesona yang ditawarkan memang layaknya Surga.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ekas, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

9. Gili Sunut

Gili Sunut
Image Credit: Instagram.com @the_wennoz

Pulau indah dan juga eksotis yang juga menawarkan bahari menawan adalah Gili Sunut. Pantai Gili Sunut berada di tempat yang masih tersembunyi dan Anda harus menyeberang dengan perahu untuk sampai di Gili Sunut ini. Pantainya memiliki pasir putih dan juga air yang jernih biru kehijauan. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas karena pantainya landai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab.Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

10. Gili Sulat dan Gili Lawang

Gili Sulat & Gili Lawang
Image Credit: Instagram.com @labuanbajotour

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, di Lombok ada banyak gili yang menarik dikunjungi. Gili Sulat dan Gili Lawang akan menjadi destinasi bahari yang membuat liburan Anda lengkap. Gili Sulat sendiri hadir dengan hutan bakaunya yang membuatnya makin menawan. Dimana spesies bakau yang ada di Gili Sulat paling lengkap se Asia Tenggara.

Setelahnya, Anda bisa menjadikan Gili Lawang sebagai tujuan berikutnya. Gili Lawang adalah destinasi favorit untuk snorkeling ataupun diving. Hal ini dikarenakan memiliki air yang begitu jernih, sehingga keindahan bawah lautnya terlihat jelas. Arusnya juga tenang dengan terumbu karang yang begitu terjaga keindahannya. Keduanya bisa dijangkau dengan menyewa perahu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sugian, Kec. Sambelia, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Itulah beberapa wisata pantai hits dan cantik di Lombok Timur yang bisa Anda eksplor pesonanya. Masing-masing pantai juga akan menghadirkan pesona yang berbeda. Pantai cantik di kabupaten ini kebanyakan juga masih terjaga keindahannya. Maka dari itu, pastikan menjadi wisatawan yang bijaksana dengan tidak membuang sampah sembarangan selama di kawasan wisata.