Pantai Legian Bali menyuguhkan keindahan alam yang memesona, hamparan pasir putih, ombak yang pas untuk berselancar, panorama sunset hingga aktivitas belanja dan kuliner di Pulau Dewata.

Lokasi: Jl. Melasti, Legian, Kec. Kuta, Kab. Badung.
Map: Cek Lokasi

Lokasi Pantai Legian yang berdekatan dengan Pantai Kuta, menyebabkan kedua daerah tersebut memiliki banyak kemiripan. Beberapa kesamaan di antara kedua pantai tersebut yaitu berada di satu jalur pantai, memiliki pasir putih yang halus dan bersih, mempunyai karakter ombak sejenis, dan menjadi tempat pilihan untuk menikmati keindahan sunset di sore hari.

Pantai ini lebih sesuai untuk wisatawan yang memiliki budget menengah. Walaupun demikian, fasilitas wisata yang tersedia di destinasi ini juga tak kalah menarik dengan tempat wisata yang lain. Biaya yang cukup terjangkau, menyebabkan tempat ini juga dilirik oleh wisatawan dari mancanegara, misalnya Australia.

Selain itu, di sini Anda juga bisa menikmati waktu berlibur di waktu kapan saja, baik pagi, siang, ataupun malam, fasilitas di lokasi wisata ini tetap dapat Anda nikmati. Berbagai tempat makan juga tetap menyajikan berbagai santapan dan minuman hingga tengah malam. Bahkan di beberapa restoran ataupun cafe di Pantai Legian juga terdapat pertunjukan live music.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Legian

Daya Tarik Pantai Legian
Image Credit: Instagram.com @arainnbnb_bali

1. Ketersediaan Akomodasi Keluarga

Aktivitas berlibur biasanya dilakukan bersama keluarga tercinta. Oleh karena itu, dibutuhkan tempat yang tidak hanya cocok untuk orang dewasa, melainkan juga sesuai untuk anak-anak. Misalnya saja, untuk tempat menginap. Di daerah wisata ini tersedia berbagai penginapan dengan lingkungan yang ramah dengan anak-anak.

2. Pesona Hamparan Pasir Putih

Pasir putih yang terhampar di area Pantai Legian menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tekstur pasirnya halus dan masih terjaga kebersihannya. Di pantai ini, Anda juga bisa menikmati keindahan pemandangan sunset ketika senja tiba.

3. Tempat yang Cocok untuk Belajar Surfing bagi Anak-Anak

Terdapat berbagai pilihan aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke pantai, salah satunya surfing. Ketika Anda mengajak anak Anda berlibur bersama, Anda juga dapat mengajari mereka supaya bisa surfing. Sebab, tempat ini cukup aman dan sangat pas untuk belajar surfing.

Pantai Legian
Image Credit: Pantainesia.com

4. Suasana yang Tidak Begitu Ramai

Sebagian besar wisatawan pasti ingin berlibur dengan suasana yang damai dan tidak berkerumun. Karena tujuan utama berlibur biasanya adalah untuk melepas segala stress dari banyaknya pekerjaan selama hari kerja. Jika dibandingkan pantai lain di Bali, Pantai Legian merupakan lokasi yang cukup sepi, sehingga sangat pas untuk bersantai.

5. Kemudahan Transportasi

Daerah wisata akan kurang menarik ketika memiliki akses transportasi yang sulit. Di kawasan pantai pasir putih ini terdapat pilihan transportasi yang cukup bervariasi. Anda dapat memilih jenis transportasi yang akan Anda gunakan, mulai dari sewa sepeda motor, taxi meter, hingga rental mobil.

6. Kemudahan Mendapatkan Makanan

Ketika Anda berlibur, pasti Anda juga akan mencari tempat untuk beristirahat sembari menikmati sajian kuliner daerah setempat. Ketika Anda berlibur ke pantai cantik ini, Anda tak perlu khawatir, sebab telah tersedia berbagai tempat makan, baik sederhana maupun mewah. Menu yang disajikan juga beragam, mulai dari makanan khas nusantara hingga sajian menu western.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Legian

Lokasi Pantai Legian
Image Credit: Instagram.com @riskidarmawan_

Lokasi pantai termasuk dalam wilayah Kabupaten Badung. Pantai ini berbatasan langsung dengan dua area wisata yang cukup terkenal di Bali, yaitu Kuta dan Seminyak. Untuk menuju Pantai Legian melalui dua wilayah tersebut, akan membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Destinasi wisata ini juga cukup dekat dengan Bandara Ngurah Rai, yaitu berjarak sekitar 7,2 kilometer yang dapat ditempuh dalam waktu 20 menit. Letak pantai ini juga berdekatan dengan Pantai Segara, tepatnya ada di sebelah utara.

Jika Anda berangkat dari Bandara Ngurah Rai, Anda harus melalui Jalan Kemayon, kemudian dilanjutkan ke Jalan Dewi Sartika. Setelah itu, Anda perlu melewati jalan yang sama ketika akan menuju Pantai Kuta. Sesampainya di Pantai Kuta, Anda dapat melanjutkan perjalanan melalui Jalan Hard Rock Hotel. Dari sini Anda perlu melalui Jalan Melasti dan dilanjutkan melalui Jalan Pantai Legian, barulah Anda sampai.

Ketika Anda bertolak dari Pantai Seminyak, maka Anda harus melewati Jalan Double 6 dan langsung melanjutkan perjalanan melalui Jalan Pantai Legian. Kemudian Anda sampai di lokasi tujuan. Anda bisa berkunjung ke pantai ini kapan saja, karena wisata ini dibuka setiap hari dan tidak tutup sepanjang 24 jam.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Legian Bali

Harga Tiket Pantai Legian Bali
Image Credit: Instagram.com @inengahsuarna

Berwisata ke pantai ini tidak akan dikenai tarif tiket masuk. Hanya saja, ketika Anda menggunakan kendaraan, maka akan dikenai biaya parkir. Untuk tarif parkir kendaraan roda empat sejumlah Rp 5.000, sedangkan untuk kendaraan roda dua seharga Rp 2.000.

Ketika Anda menyewa transportasi tertentu, maka Anda juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk sewa kendaraan. Untuk sewa sepeda motor, Anda wajib membayar sewa mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 100.000 yang dihitung per jam. Penggunaan sepeda motor dipandang lebih efektif untuk berkeliling dibandingkan dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Aktivitas Menarik Dilakukan di Pantai Legian

Aktivitas Menarik di Pantai Legian
Image Credit: Liputan6.com

1. Berselancar

Kegiatan berselancar di pinggir pantai sangat cocok untuk menjadi pilihan aktivitas wisata, sebab ombaknya tergolong cukup besar. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang berasal dari luar negeri seperti Australia berkunjung ke tempat ini untuk merasakan sensasi surfing di pantai ini. Bahkan di pantai ini juga kerap dijadikan tempat ajang perlombaan surfing.

2. Berenang

Pantai Legian merupakan salah satu pantai di Bali yang aman untuk aktivitas berenang. Supaya suasana lebih menyenangkan, Anda juga bisa bermain air bersama teman berlibur Anda. Untuk mengabadikan momen tersebut, Anda juga bisa memfoto aktivitas ini. Akan tetapi, jangan lupa untuk memasang lapisan anti air pada smartphone milik Anda.

3. Jalan-Jalan

Anda dapat menikmati suasana pantai sembari berjalan santai di hamparan pasir putihnya yang tampak begitu bersih. Anda dapat memandangi luasnya lautan dan menghirup segarnya udara yang berhembus. Ketika hari semakin sore, Anda juga bisa menikmati panorama sunset yang begitu elok.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Legian

Penginapan di Pantai Legian
Image Credit: Agoda.com

1. The Sari Beach Hotel

Bagi Anda yang ingin menginap dengan budget yang tidak begitu mahal, Anda dapat memilih The Sari Beach Hotel. Tarif menginap satu malam dipatok seharga Rp 700.000. Letaknya yang berdekatan dengan area pantai menyebabkan Anda bisa sampai di lokasi pantai dengan jalan kaki. Fasilitas yang disediakan cukup menarik, seperti resto dan kolam renang.

2. The One Legian

Jarak penginapan ini dengan Pantai Legian hanya berkisar 900 meter. Jika Anda menginap di tempat ini, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas mewah. Di penginapan ini bahkan disediakan dua buah kolam

renang yang ada di roof top dan di bawah. Di samping itu, tempat ini juga memiliki restoran yang menyajikan makanan dengan kualitas terbaik.

3. Fairfield by Marriott Legian

Penginapan ini termasuk baru, sehingga desainnya begitu mewah dan modern. Tempatnya tampak begitu bersih dan terawat. Untuk harga sewa per malamnya juga cukup terjangkau, yaitu Rp 810.000. Letak penginapan ini berjarak sekitar 1 kilometer dari pantai ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Legian Bali

Fasilitas di Pantai Legian Bali
Image Credit: Instagram.com @a_randhini

1. Pusat Oleh-oleh

Bagi Anda yang ingin berbelanja beberapa souvenir, Anda tak perlu bingung. Sebab, di sekitar lokasi pantai sudah tersedia tempat yang menjual berbagai macam souvenir, mulai dari gantungan kunci, tas, kaos, dan lainnya. Tempat ini dikenal dengan nama Pasar Seni Legian.

Sebagai tips berbelanja di sini, Anda dapat menawar harga yang diberikan oleh penjual. Sebab, harga yang dipatok lebih diarahkan untuk pengunjung yang berasal dari luar negeri, sehingga tidak heran jika tampak sedikit mahal. Jika Anda berhasil menawar, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah, sehingga dapat menghemat budget untuk keperluan yang lain.

2. Restoran

Di sekitar area wisata terdapat beberapa restoran yang bisa dikunjungi oleh wisatawan., misalnya Restoran Hitana. Di sini Anda dapat menikmati berbagai sajian menu yang sebagian besar berupa seafood, seperti ikan bakar dan lobster. Tempat ini buka sejak pukul 7 pagi hingga pukul 12 malam.

Anda dapat memilih akan di ruang yang bersifat indoor ataupun outdoor. Di tempat ini, sembari menikmati makanan yang disajikan, Anda juga bisa menikmati keindahan sunset. Sedangkan di tempat makan yang lain, yaitu Restoran Mozarella By The Sea, Anda dapat menikmati berbagai sajian roti serta aneka minuman yang memiliki gradasi warna menarik.

3. Beach Club

Bagi Anda yang memiliki sebuah acara, Anda juga bisa menggunakan fasilitas ini. Anda dapat mengundang teman-teman Anda untuk berkumpul di tempat ini sembari menikmati keindahan pantai. Di malam hari pun, suasana di sekitar pantai tetap terasa syahdu.

Itulah gambaran wisata Pantai Legian yang bisa Anda pelajari terlebih dahulu sebelum Anda berkunjung langsung. Dengan beragam aktivitas dan fasilitas menarik, Anda dapat menyiapkan sejumlah budget tertentu supaya Anda bisa menikmati berbagai hal yang ada di Pantai Legian.