Pantai Lawata, Pantai Indah dengan Beragam Wahana Menarik di Bima

Pantai Lawata, Pantai Indah dengan Beragam Wahana Menarik di Bima
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dara, Kec. Rasanae Barat, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

Untuk pengunjung yang ingin mencari area wisata terbaik di Bima, Nusa Tenggara Barat, maka Pantai Lawata Bima merupakan jawabannya. Anda bisa menjadikan pantai di Bima tersebut sebagai salah satu referensi destinasi yang wajib dikunjungi. Sekalipun wisata ini termasuk sebagai tempat wisata yang murah, namun sajian alamnya memang begitu mengagumkan.

Karena itulah, tempat tersebut amat recommended untuk Anda jadikan sebagai area berlibur ketika holiday tiba. Tempat wisata ini memang masih tergolong baru dan saat ini menjadi salah satu yang hits di Kota Bima. Keindahan alam yang disuguhkan tentu tidak bisa Anda dapatkan dari pantai-pantai lain.

Suasananya yang begitu tenang akan membuat pikiran Anda jadi rileks dan damai. Pikiran jenuh serta jiwa yang penat akan seketika hilang ketika Anda duduk santai di atas pasir pantai tersebut. Karena itu, bagi pengunjung yang berencana melancong ke Kota Bima, maka sempatkan waktu untuk singgah sebentar di pantai yang satu ini.

Daya Tarik Wisata

Daya Tarik Wisata Pantai Lawata
Photo by Google Maps M Yusuf

1. Tersedia Wahana

Hal yang menarik bisa Anda temukan ketika berada di Pantai Lawata Bima yaitu di tempat tersebut Anda akan menemukan wahana bermain untuk anak-anak. Tidak semua pantai yang ada di Nusa Tenggara Barat menyuguhkan kolam renang bagi pengunjungnya.

Berbeda dengan Pantai Bima, pantai ini memang memiliki kolam renang serta wahana-wahana permainan lain. Beragam fasilitas seperti tempat parkir elektronik juga bisa dinikmati oleh wisatawan. Anda wajib mencoba permainan seperti banana boat maupun jetsky yang pastinya akan membuat hari-hari berlibur jadi makin terasa seru.

Dengan adanya beragam wahana ini, pasti akan membuat putra-putri Anda di tempat tersebut akan semakin betah. Karena itu, jangan lupa membawa baju ganti saat memutuskan datang ke pantai lima tersebut.

2. Pantai dengan Topografi Unik

Daya tarik lainnya yaitu topografi dari Pantai Lawata yang memang cenderung unik. Tempat wisata ini merupakan salah satu area wisata yang cukup legendaris. Perlu untuk diketahui, pantai ini sudah dijadikan sebagai tempat berlibur sejak tahun 1961. Asal muasal nama Lawata diambil dari Lawang Ita yang artinya Pintu Anda.

Seiring waktu, ejaan dari Lawang Ita tersebut mulai memudar dan akhirnya pelafalan berubah menjadi Lawata. Kondisi topografi yang dimiliki oleh area wisata tersebut akan membuat pengunjung merasa antusias. Untuk panjang pantainya sendiri mencapai 2 km dan memiliki bentuk cembung.

Untuk area tengahnya Anda akan melihat adanya goa yang diapit oleh dua buah bukit. Bentuk cembung juga menjadikan Pantai Lawata tersebut tampak menjorok ke bagian dalam dari Teluk Bima.

3. Beragam Spot Foto Menarik

Ragam spot foto menarik juga bisa pengunjung dapatkan saat berada di pantai yang ada di kota Bima tersebut. Maka dari itu, tidak heran jika wisatawan yang datang ke tempat ini sibuk memainkan perangkat smartphone mereka ataupun kamera yang mereka bawa untuk bisa mengabadikan momen indah di sana.

Alamat dan Cara Menuju Pantai

Alamat Pantai Lawata
Photo by Google Maps Vandrias Marza

Di Nusa Tenggara Barat sendiri Pantai Lawata memang telah menjadi salah satu area wisata yang cukup terkenal dan populer. Maka dari itu, wajar saja jika banyak orang yang mendatangi tempat wisata tersebut untuk menghabiskan waktu liburan mereka sambil lalu melepas penat.

Tidak sedikit wisatawan mengajak serta keluarga kecil mereka untuk mengeksplorasi pesona dan spot-spot alami yang ada di sana. Lokasi dari pantai ini berada di Rasanae Barat, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Pengunjung nantinya bisa datang ke objek wisata elok tersebut dengan relatif mudah memakai kendaraan roda empat atau roda dua.

Akses jalan untuk menuju ke tempat ini memang sangatlah bagus, sehingga perjalanan akan mulus tanpa hambatan. Namun jika di sini Anda masih merasa kesulitan untuk mencari rute menuju lokasi wisata, maka disarankan bagi Anda menggunakan bantuan dari Google Maps.

Jika kebetulan Anda tidak membawa kendaraan pribadi saat berkunjung ke Kota Bima, nantinya juga telah tersedia angkutan umum yang bisa Anda gunakan. Untuk masalah biaya sendiri relatif terjangkau.

Harga Tiket Masuk Pantai Lawata

Harga Tiket Masuk Pantai Lawata
Photo by Google Maps Sry Rahma07

Berlibur ke Kota Bima, Nusa Tenggara Barat rasanya kurang pas jika tidak menyempatkan waktu berkunjung ke Pantai Lawata. Mengunjungi tempat ini tidak membutuhkan biaya besar, karena harga tiket untuk dapat masuk sangat ramah di kantong. Nantinya wisatawan hanya perlu menyiapkan uang Rp 5.000 saja untuk bisa menikmati segala keseruan pantai Bima.

Memanjakan diri beserta dengan keluarga ke tempat wisata berupa pantai pasti akan membuat pikiran jadi makin fresh dan siap beraktivitas kembali keesokan harinya. Terlebih lagi jika pantai tersebut memiliki panorama yang begitu elok seperti pantai yang ada di kota Bima ini.

Harga tiket yang relatif murah tentunya membuat tempat tersebut makin diminati. Namun perlu diketahui, harga tiket bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak pengelola tempat wisata. Namun pastinya harga tidak akan jauh berbeda dari harga yang sudah disebutkan di atas.

Segala keindahan spot alam terbaik mampu ditawarkan oleh pantai tersebut. Karena itu, selama berada di sana pastikan Anda menyusuri semua keindahan yang ada di pantai. Pengunjung bisa datang ke tempat ini kapan pun mereka mau, karena tempat tersebut dibuka setiap hari.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Pantai Lawata
Photo by Google Maps Saiin Ngalim

1. Menikmati Jajanan

Pantai yang terdapat di Kelurahan Sambinae dan berjarak kurang lebih 5 km dari Kota Bima tersebut saat ini telah populer dan banyak dijadikan rujukan tempat wisata. Kondisi pantai sangatlah indah dipadu dengan hamparan laut yang terbentang menjorok ke bagian Teluk Bima serta diapit oleh pegunungan.

Pastinya Anda tidak akan menemukan pemandangan indah tersebut di pantai-pantai lain, terlebih pantai luar Kota Bima. Kondisi dari pantai cantik tersebut memang cenderung berbeda jika dibandingkan dahulu. Saat ini Pantai Lawata sudah memiliki beragam fasilitas yang sangat lengkap. Salah satunya yaitu tempat duduk yang bisa digunakan untuk bersantai.

Tidak hanya itu saja, Anda pun juga akan menemukan warung makan untuk pengunjung yang ingin menikmati jajanan dan kuliner nikmat. Beragam olahan seafood yang begitu menggugah selera pastinya membuat siapapun akan merasa bersemangat saat berada di sana.

2. Relaksasi Jiwa dan Pikiran

Tidak hanya menikmati kuliner saja, aktivitas seru dan menarik lain yang dapat pengunjung lakukan yaitu relaksasi jiwa dan pikiran. Dengan begitu tentunya hari libur Anda akan makin berkualitas.

Anda bisa menikmati panorama terbaik ketika berada di Pantai Lawata tersebut. Keindahan alamnya yang masih begitu natural tentu akan membuat pikiran Anda jadi fresh seketika. Anda bisa sekedar duduk di atas pasir, sambil lalu melihat ombak yang saling gulung menggulung.

3. Berenang

Ombak yang terdapat di Pantai Lawata memang relatif kecil, karena itu sangat memungkinkan untuk wisatawan yang ingin berenang ataupun mandi. Anda bisa mengajak keluarga serta putra-putri Anda untuk bermain di area pantainya. Namun, pastikan Anda tidak melepaskan pengawasan dari putra-putri saat mereka bermain air.

Wahana air yang ada di sana juga tidak boleh disia-siakan. Wahana tersebut sengaja di sediakan untuk dapat dinikmati anak-anak agar mereka semakin betah di sana. Berlibur ke tempat ini akan menemukan keseruan seperti halnya di wahana permainan anak-anak, sekaligus menyaksikan alam pantai.

Fasilitas Penunjang di Pantai Lawata

Fasilitas di Pantai Lawata
Photo by Google Maps juwan syah

Untuk membuat hari libur jadi makin berkesan, maka mengunjungi Pantai Lawata memang ide terbaik untuk dilakukan saat berada di Kota Bima. Beragam spot serta fasilitas lengkap akan memanjakan pengunjung.

Salah satu fasilitas yang bisa ditemukan yaitu Gazebo serta tempat duduk wisata untuk pengunjung yang ingin duduk santai sambil menyaksikan alam beserta dengan segala keindahannya. Lokasi parkir luas dan juga aman, selain itu Anda juga akan menemukan warung-warung makan di area pinggiran pantai.

Tidak hanya itu saja, wahana permainan air yang dibuat khusus untuk anak-anak ini juga pastinya membuat buah hati Anda makin semangat berada di sana. Kamar mandi dan toilet yang terdapat di pantai juga bisa dinikmati dengan gratis.

Pantai Lawata Bima, Nusa Tenggara Barat memang tepat untuk dikunjungi selama hari libur tiba. Di sana nantinya Anda akan bertemu dengan pengunjung lain yang memadati tempat tersebut.