Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kel. Lasiana, Kec. Kupang Tengah, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Pantai memang menjadi salah satu lokasi terbaik untuk berlibur atau sekedar melepas penat. Berkat udara yang masih segar, pemandangan menawan, dan suasananya yang begitu tenang, pantai menjadi referensi utama untuk dikunjungi. Salah satu destinasi yang menawarkan segala kenyamanan tersebut yaitu Pantai Lasiana.

Letaknya yang tak jauh dari pusat kota, pantai ini sering kali menjadi destinasi favorit bagi para pengunjung. Bisa dikatakan, keberadaan pantai ini sudah cukup lama, sejak tahun 1970-an. Sehingga sangat populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan dari daerah lainnya, yang hadir untuk menikmati sajian pasir putih yang halus, birunya laut, dan deretan pepohonan yang rindang. Lantas, seperti apa daya tarik dari Pantai Lasiana? Simak ulasan lengkapnya berikut!

Daya Tarik Wisata Pantai Lasiana

Daya Tarik Pantai Lasiana
Photo by Google Maps Thaddaeus Kwok

1. Pemandangan yang Menawan

Keindahan dari pantai yang satu ini menjadikan salah satu alasan kenapa banyak orang yang berkunjung ke wisata ini. Kontur pantainya cukup unik yaitu terdiri dari pepohonan yang berjajar rapi. Kemudian, pantai ini didukung dengan gulungan ombak yang tidak besar. Inilah yang membuat suasana di pantai menjadi lebih tenang dan asri.

Seperti yang sudah diketahui, Pantai Lasiana sudah lama ditemukan. Meskipun begitu, hal ini tidak mengurangi keindahan dari destinasi tersebut. Pasalnya, pihak pengelola selalu mempertahankan keindahan alam yang dimilikinya. Tak ayal jika pengunjung yang dayang bisa menikmati pemandangan pantai yang begitu menawan.

2. Menjadi Taman Budaya

Keindahan dari pantai yang satu ini memang tidak bisa diragukan lagi. Hal ini terbukti dengan tindakan pemerintah daerah yang memiliki misi untuk membuat salah satu destinasi wisata menjadi Taman Budaya Flobamora. Taman Budaya tersebut merupakan tempat berbagai suku, budaya, dan keberagaman sekitar agar menjadi lokasi unik untuk dikunjungi.

Daya Tarik di Pantai Lasiana
Photo by Google Maps Afrizal Hilmiawan

3. Memiliki Karakteristik Pantai yang Unik

Pantai yang satu ini sangat menarik perhatian para wisatawan berkat pemandangannya yang menawan. Dikelilingi dengan deretan pepohonan kelapa, pantai ini juga menyuguhkan hamparan pasir putih. Semakin lengkap, pantai ini memiliki air laut yang cukup biru dan bening. Hal inilah yang membuat kawasan pantai ini menawarkan ketenteraman bagi para pengunjungnya.

4. Memiliki Berbagai Spesies Ikan dan Terumbu Karang

Selain memiliki daya tarik yang menawan pada permukaan pantai, ternyata di keindahan bawah laut dari Pantai Lasiana juga sangat menakjubkan. Pasalnya. Ada berbagai macam spesies ikan dan terumbu karang yang tersebar di kepulauan sekitar pantai. Hal inilah yang memberikan keistimewaan tersendiri bagi para wisatawan yang datang.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat Pantai Lasiana
Photo by Google Maps Afrizal Hilmiawan

Untuk mengunjungi kawasan wisata yang satu ini, maka anda bisa mengunjungi Kecamatan Kupang Tengah NTT. Lebih mudahnya, kawasan wisata ini berjarak kurang lebih 12 km ke arah timur apabila ditempuh dari pusat kota dengan kendaraan bermotor. Bahkan, anda bisa sampai di lokasi wisata lebih mudah karena akses jalannya cukup mudah.

Jika menggunakan kendaraan bermotor, anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. Mengingat kondisi jalannya sudah beraspal, maka para pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Hal ini sangat mudah karena lokasi pantai yang berada di jalur transportasi utama.

Jam Operasional dan Harga Tiket

Jam Operasional Pantai Lasina
Photo by Twitter Flobamor.ID

Bagi anda yang ingin mengunjungi lokasi wisata yang satu ini, ada baiknya memperhatikan jam kunjungan. Objek wisata ini sudah dibuka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 (hari biasa dan weekend). Bisa dikatakan, tempat wisata ini akan selalu buka untuk menyediakan tempat liburan menyenangkan bagi para pengunjung.

Bahkan, pada tanggal merah atau hari libur yang panjang lokasi wisata ini akan semakin ramai dipadati oleh para pengunjung. Adapun harga tiket masuk kawasan wisata Pantai Lasiana cukup terjangkau yaitu berkisar 2 ribuan per orang. Namun perlu diketahui, tarif masuk ke lokasi wisata bisa berubah sewaktu waktu.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas Seru Pantai Lasiana
Photo by Google Maps Rezka kenara Bp

1. Menikmati Pemandangan Pantai Lasiana

Salah satu alasan kenapa banyak orang yang mengunjungi pantai yaitu ingin melepas penat. Tak heran jika mayoritas pengunjung yang datang ke kawasan pantai untuk sekedar menikmati wakti sejenak melepas penat. Hal inilah yang menjadikan alasan kenapa banyak orang yang datang menikmati keindahan pantai hits di Kupang yang sangat menawan.

2. Diving

Seperti yang sudah diketahui, keindahan dari bawah laut Pantai Lasiana cukup memukau. Jadi banyak orang yang sengaja datang untuk menikmati pesona alam tersebut. Maka dari itu, pantai ini menawarkan aktivitas seru yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Pasalnya, anda bisa dengan mudah untuk menyelam di spot tertentu.

Anda bisa menemukan terumbu karang dengan berbagai spesies ikan tersebar luas di bawah permukaan air Lasiana. Satu hal yang bisa anda dapatkan di lokasi yaitu pemandangan dari terumbu karang dan berbagai spesies ikan. Untuk menikmatinya, cukup sewa peralatan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Wisatawan bisa menyelam di sejumlah spot diving yang cukup menarik. Ini termasuk kapal perang negara Jepang yang tenggelam di sekitar tahun 1942. Kapal karam tersebut tersembunyi di perairan yang terbilang cukup dangkal. Hal ini menjadikan para penyelam lebih mudah untuk menikmati keindahan bawah laut dari sekitar pantai.

Menurut sejarah, situs ini dulunya menjadi bangkai karena di bom oleh Angkatan Udara Australia di tahun 1942. Kapal tersebut harus tenggelam di dekat lokasi Pantai Lasiana ini. Karena alasan tersebut, pengunjung dapat menyaksikan keindahan alam bawah laut lengkap dengan bukti bersejarah peristiwa pemboman kapal zaman dahulu kala tersebut.

3. Snorkeling

Bagi anda yang belum bisa untuk melakukan aktivitas menyelam, maka alternatif lainnya yaitu snorkeling. Para pengunjung dapat menyaksikan betapa indahnya kehidupan di bawah laut karena air lautnya begitu bening dan jernih. Tentunya, saat melakukan aktivitas menyelam, pengunjung bisa menemukan berbagai jenis terumbu karang dan ikan.

4. Berenang

Mengingat ombak yang ada di pantai yang satu ini cukup tenang, maka anda bisa melakukan kegiatan berenang di tepian. Meskipun memiliki ombak yang bersahabat, anda harus memperhatikan keselamatan diri. Ada baiknya jangan terlalu berenang ke tengah dan tetap mematuhi peraturan yang ada.

Aktivitas Seru di Pantai Lasian
Photo by Twitter Paling Indonesia

5. Menyusuri Pantai

Mengingat pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang, maka kegiatan seru selanjutnya yang bisa anda coba adalah susur pantai. Untuk melakukannya, maka anda perlu berjalan kaki hingga tiba di ujung pantai dengan kaki telanjang. Hal ini karena pasir pantai yang ada di kawasan wisata sangat halus.

6. Bersantai

Saat tiba di Pantai Lasiana, anda akan melihat pantai yang begitu menawan lengkap dengan keindahan alam yang masih asri. Hal ini dikarenakan pantai ini memiliki keasrian alam yang masih asli. Anda bisa menikmati kesejukan dari pemandangan sekitar sambil bersantai. Jika ingin lebih lanjut, maka anda bisa berjalan jalan menikmati udara sejuk dan segar.

7. Berburu Spot Foto

Ketika berkunjung ke pantai yang indah, maka sangat disayangkan jika anda melewatkan cara berburu spot foto yang bagus. Pantai cantik ini memiliki pemandangan yang sangat menawan dengan pepohonan yang rindang dengan pasir putih yang halus. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai flora dan fauna yang cukup beragam.

Dengan banyaknya keindahan tersebut, pengunjung bisa mengabadikan momen yang berharga lokasi pantai ini. Spot foto yang tidak boleh terlewat adalah pinggiran pantai dengan pemandangan sunset. Untuk itu, kamera menjadi must have item yang wajib dibawa ketika berkunjung ke pantai indah dan menawan.

8. Menginap di Homestay

Bagi anda yang berkunjung ke Pantai Lasiana dan ingin lebih dekat menikmati suasana pantai, ada baiknya jika memanfaatkan fasilitas penginapan di kawasan pantai. Anda bisa memilih akomodasi yang sesuai selera dan budget yang dimiliki. Selain berbagai macam kegiatan menarik yang bisa dilakukan, maka tempat penginapan ini tentunya akan menemani staycation.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Lasiana

Fasilitas Pantai Lasiana
Photo by Twitter Gilbert Lumoindong

Pantai Lasiana memang memiliki daya tarik yang cukup memikat bagi para wisatawan. Tak ayal jika kawasan wisata ini hadir dengan berbagai fasilitas lengkap untuk menunjang kenyamanan para turis atau pengunjung yang datang. Bahkan anda sudah bisa menikmati semua fasilitas, sehingga betah berlama lama ketika berada di lokasi wisata.

Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain warung makan, MCK, panggung hiburan rakyat, kafe, homestay, arena bermain untuk anak kecil, dan perkiosan. Tak berhenti sampai di situ saja, ada juga berbagai warung kecil yang berjajar di sekitar area untuk memarkir kendaraan. Warung tersebut menjajakan aneka makanan sampai dengan minuman untuk para pengunjung.

Selain itu di warung tersebut juga banyak yang menyediakan menu hidangan khas laut yang sangat nikmat terlebih saat disantap sembari menikmati indahnya pemandangan pantai. Bagi pengunjung yang ingin berlama lama di lokasi wisata dan ingin menikmati suasana berbeda, maka bisa menginap ke homestay yang juga tersedia di sana.

Itulah beberapa ulasan yang harus anda tahu mengenai karena tempat wisata Pantai Lasiana ini. Jika ingin mengunjungi pantai yang satu ini, maka anda bisa datang di akhir pekan dan juga hari libur. Waktu berlibur yang anda habiskan semakin berkesan jika dihabiskan bersama teman atau keluarga tercinta.