Pantai Kuta Lombok salah satu wisata pantai yang menakjubkan di Pulau Lombok yang menarik untuk dieksplor pesonanya. Pantai yang mampu memikat hati dengan air lautnya yang jernih hingga batu karangnya yang cantik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Lombok, salah satu kabupaten yang ada di NTB yang nyatanya menyimpan sejuta pesona alam. Iya, disinilah tempat bersemayamnya tempat wisata epik nan menarik. Terkenal pula dengan gugusan pantainya yang begitu indah. Apalagi, Lombok juga terkenal memiliki bentang alam yang luar biasa. Salah satu yang patut menjadi sorotan adalah pesona dari Pantai Kuta Lombok.

Menjadi objek wisata di Mandalika dengan berjuta keindahan alam, Pantai Kuta Lombok benar-benar menyuguhkan pesona yang nampak luar biasa. Dari padanya juga menyimpan sebuah legenda yang patut untuk ditilik lebih jauh. Bahkan pantai yang satu ini juga sudah populer di kalangan wisatawan mancanegara.

Apalagi lokasinya yang tepat berada dekat dengan Bandara Internasional Lombok. Membuat pantai Kuta banyak menjadi incaran para pecinta pantai. Dengan alam yang masih terasa asri, pantai ini cocok dijadikan sebagai tempat liburan keluarga.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kuta Lombok

Daya Tarik Pantai Kuta Lombok
Image Credit: Twitter.com @adiedharmawan

1. Pesona Alam yang Menakjubkan

Indonesia memang kaya akan kenampakan alam. Mulai dari gunung, bukit, tempat wisata buatan, wisata bersejarah hingga lokasi pantai yang tak terhitung banyaknya. Apalagi Indonesia masuk dalam kawasan negara maritim dengan banyak pulau.

Ini membuat gugusan pantainya juga ada di berbagai tempat. Di Lombok sendiri, Pantai Kuta memang kerap kali menjadi pilihan turis. Pantai yang indah dengan alam sekitar yang asri seolah memberikan magis tersendiri bagi wisatawan.

Apalagi untuk Anda yang ingin berlibur ke tempat wisata keluarga, pantai ini bisa jadi pilihan yang tepat. Deburan ombak riuh serta hembusan angin sepoi menambah kesan istimewa bagi traveller. Sehingga Anda pasti tidak akan bosan jika berkunjung ke pantai ini. Objek Mandalika tersebut bisa dibilang primadona Lombok.

2. Pantai Luas Nan Indah di Mandalika

Pantai Kuta Lombok memang tidak henti-hentinya menyuguhkan pesona alam yang mempesona. Bukan hanya tentang kesejukan, tapi juga bentuk pantai yang indah. Disinilah Anda akan mendapati garis pantai luas sekitar 7,2 km.

Bentangannya bahkan membuat siapapun terpana. Tidak heran banyak yang memilih untuk berjalan santai menyusuri bentang pantainya. Tidak sedikit pula yang melakukan aktivitas pantai dengan pengunjung lainnya.

Kawasan Pantai Lombok ini akan lebih menarik jika dilihat dari ketinggian. Sebab dari gardu pandang tersebut juga nampak alam lautan luas membiru. Para pecinta alam pasti akan dibuat kagum. Untuk bisa menyaksikan keseluruhan dari pantai ini, Anda bisa berjalan menuju lokasi Bukit Mandalika.

Tenang saja, tempat ini berada di satu kawasan dengan Pantai Kuta. Tepatnya berada di sebelah barat daerah pantai. Agar sampai di puncaknya, Anda harus sedikit berusaha untuk mendaki puncaknya.

Pada saat di puncak itulah, alam Mandalika dapat dieksplorasi dengan mata telanjang. Banyak pengunjung yang memilih untuk menaiki bukit sebagai tempat epik untuk disinggahi.

Daya Tarik Dimiliki Kuta Lombok
Image Credit: Twitter.com @LiburanLokal

3. Legenda Putri Mandalika

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Kuta adalah adanya sebuah legenda yang menyertai kepopulerannya. Bagaimana tidak pantai indah yang satu ini juga syarat akan cerita jaman dulu yang dramatis.

Konon, dulu hiduplah seorang putri cantik bernama Mandalika. Kecantikan yang dimilikinya tersohor hingga ke berbaagi daerah. Tidak sedikit yang berniat mempersuntingnya untuk dijadikan istri.

Sampai suatu ketika, sang putri mengambil keputusan besar. Agar tidak menimbulkan kerusuhan, juga menghindari lamaran para raja. Putri Mandalika memutuskan untuk menceburkan diri ke laut.

Lalu dari padanya dipercayai menjelma menjadi cacing bernama Nyale. Hewan tersebut merupakan cacing laut yang kemudian dijadikan festival adat. Meski begitu cacing Nyale tidak selalu muncul atau menampakkan diri kepada pengunjung. Pasalnya ia muncul setahun sekali.

Oleh sebab itu, pada saat itulah warga memiliki tradisi adat Nyale. Yaitu sebuah tradisi menangkap cacing Nyale sebagai ucapan terima kasih kepada Putri Mandalika.

Setelah berhasil menangkap cacing, warga kemudian mengolahnya menjadi berbagai menu lezat. Bahkan banyak dari wisatawan yang secara khusus datang untuk menyaksikan festival Nyale tersebut. –

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Kuta Lombok

Alamat Pantai Kuta Lombok
Image Credit: Google Maps (Job Douma)

Menjadi salah satu lokasi wisata Primadona di Lombok, Pantai Kuta memang banyak diburu oleh wisatawan. Apalagi ketika liburan tiba, pantai yang satu ini dipadati pengunjung dari berbagai kalangan. Pantai berkelok khas Mandalika ini bisa Anda temui di Kuta, Pujut, Lombok Tengah.

Ingat ya, pantai yang satu ini terletak di Lombok. Meski memiliki nama yang dengan Pantai Kuta di Bali, Pantai Lombok tidak kalah cantiknya. Jadi pengunjung tidak akan kecewa meski sudah melakukan perjalanan jauh.

Untuk sampai di lokasi pantai, Anda bisa mengambil jalur Mataram. Di mana pantai ini terletak di 72 km arah tenggara. Perjalanan ini bisa dilalui oleh mobil maupun angkutan umum. Namun sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi, penyewaan, atau mengikuti paket tour. Pasalnya, kendaraan umum menuju pantai masih sangat jarang ditemui.

Selain itu, harganya mahal ditambah jam operasi yang terbatas. Dari kawasan Mataram, Pantai Kuta bisa ditempuh dalam waktu 90 menit saja. Setelah sampai, segala kepenatan akan sirna seketika. Pasalnya keindahan alam yang disuguhkan benar-benar tiada dua. Di sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhkan dengan pesona alam Lombok.

Anda bisa memutuskan untuk berkunjung sejenak di sela perjalanan menuju pantai cantik ini. Bagi yang masih kesulitan dengan rute menuju wisata pantai ini, Anda bisa bertanya ke penduduk setempat.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Kuta Lombok

Harga Tiket Pantai Kuta Lombok
Image Credit: Twitter.com @ssnowendy

Sampai saat ini untuk memasuki atau menikmati keindahan pantai eksotis di Lombok ini bisa dilakukan secara gratis. Ya karena setiap pengunjung tidak dibebankan biaya masuk seperti kawasan wisata lainnya. Anda cukup membayar tiket parkir untuk kendaraan pribadi.

Bagi yang memiliki mobil Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000, Sedangkan untuk parkir motor sediakan uang sekitar Rp 5.000 saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah bisa explore segala keindahan yang tersaji di sekitar pantai ini.

Meski begitu harga yang tercantum di atas boleh jadi berubah seiring berjalannya waktu. Tentu saja ini bergantung pada pengelola Pantai Kuta Lombok. Keindahan alam Indonesia memang tidak akan pernah mengecewakan bahkan dari segi pantai daun dan lautnya pun ikut merebak hingga mancanegara.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Kuta Lombok

Kegiatan Dilakukan di Pantai Kuta Lombok
Image Credit: Twitter.com @ant1899

1. Snorkling

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Kuta Lombok, salah satu yang tidak boleh ketinggalan adalah snorkeling. Aktivitas yang satu bisa dilakukan oleh setiap pengunjung yang penasaran akan kenampakan biota laut dari Pantai Mandalika.

Apalagi di pantai ini, terumbu karangnya masih begitu terjaga. Untuk biota laut juga bermacam-macam. Jadi, snorkeling adalah kegiatan yang tepat untuk jelajah alam bawah laut.

Pastikan Anda memilih lokasi yang tepat untuk snorkeling. Di mana perairan dangkal bisa dipilih untuk kegiatan tersebut. Rasakan sensasi segarnya air laut juga kenyamanan berenang bersama ikan-ikan kecil.

Pastikan untuk hanya melihat tanpa merusak ya. Bagaimanapun kita harus tetap menjaga keindahan alam Indonesia terutama kawasan laut. Sebab dari padanya lah terdapat pokok ekonomi masyarakat pantai.

2. Surfing

Menjadi salah satu kawasan wisata yang ada di Lombok Pantai Kuta Lombok menyajikan berbagai keadaan alam yang bisa dieksplore. Bagi para pecinta surfing pantai Mandalika menyuguhkan deburan ombak laut yang cukup riuh.

Tidak heran banyak pengunjung dari berbagai kalangan yang memutuskan untuk menjelajah lautnya dengan berselancar. Dengan dikelilingi oleh pepohonan yang begitu asri juga perbukitan yang sejuk menghijau para peselancar dapat menikmati aktivitas tersebut. Pastikan ketika sampai di lokasi pantai Anda akan terpana melihat segala keelokannya.

Kegiatan di Pantai Kuta Lombok
Image Credit: Twitter.com @upilitilia

3. Menikmati Sunset

Perlu Anda ketahui bahwa di tempat ini tidak hanya menyuguhkan keindahan alam yang begitu mempesona tapi juga fenomena alam berupa lukisan Tuhan yang memukau. Pesona inilah yang Bahkan tidak banyak dimiliki oleh kawasan pantai lainnya.

Ketika hari mulai menjelang malam matahari sedikit demi sedikit beranjak ke peraduannya. Pada saat itulah cahaya jingga merebak ke langit-langit sore membuat kenampakan lautnya pun ikut menjadi luar biasa.

Air laut yang begitu memukau terkena biasan cahaya jingga di langit membuat siapapun terpana. Bisa dipastikan bahwa saat itulah liburan paling mengesankan saat berada di pantai indah ini.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Kuta

Penginapan Terdekat dari Pantai Kuta
Image Credit: Kurio.id

1. Bombora Bungalows Lombok

Penginapan terdekat pertama dari pantai Kuta Lombok adalah Bombora Bungalows Lombok. Tempat bermalam yang satu ini masih berada ada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Bahkan untuk mencapai Bombora Bungalows Lombok Anda cukup menempuh waktu selama 2 menit saja. Tentu saja penginapan ini adalah rekomendasi yang tepat untuk pengunjung yang besoknya masih ingin jelajah alam Lombok.

2. Beruga Mandalika

Kawasan penginapan terdekat selanjutnya adalah Beruga Mandalika. Tempatnya nyaman dan unik sehingga banyak disinggahi wisatawan. Penginapan yang satu ini masih berada di kawasan Kuta, Pujut, Lombok Tengah. Tersedia pula fasilitas berupa kolam renang untuk pengunjung.

3. Lombok Holidays Hotel

Lombok Holidays Hotel menyediakan berbagai fasilitas yang cukup memadai. Beberapa di antaranya adalah kolam renang, restoran, sarapan gratis juga ruangan ber-ac yang pastinya nyaman. Apakah terdapat pula pelayanan room service yang bisa digunakan oleh setiap pengunjung yang datang.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kuta Lombok

Fasilitas di Pantai Kuta Lombok
Image Credit: Google Maps (Henry Feriadi)

Pantai Kuta Lombok memang seringkali dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Oleh sebab itu di tempat ini telah disediakan beberapa fasilitas publik yang menunjang kegiatan para pengunjung.

Lokasinya yang memang sudah terkenal juga dekat dengan bandara Internasional membuat siapa pun tahu bahwa wisata pantai ini telah memiliki fasilitas yang cukup memadai. Selain memiliki area parkir yang luas, pantai ini juga telah dilengkapi dengan kamar mandi serta beberapa jajaran warung makan di sekitar kawasan pantai.

Terdapat pula kios-kios penjual makanan ringan yang bisa menjadi pendamping saat duduk santai di lokasi pantai. Di Pantai Kuta ini juga terdapat tempat ibadah untuk umat muslim. Bahkan tempat ini sudah termasuk modern sebab adanya ATM. Bagi yang ingin berkeliling pantai bisa menyewa jet ski ataupun watersport lainnya.

Berbagai hal mengenai Pantai Kuta Lombok di atas tentunya membuat Anda semakin cinta alam Indonesia. Siapkan waktu untuk berkunjung, sekaligus menikmati objek wisata alam lainnya di Pulau Lombok. Selamat berlibur.