Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Pringgabaya, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Lombok terletak di sebelah timur Pulau Bali. Kebanyakan orang menyebut keduanya memiliki kemiripan. Tentu saja, pulau tersebut memiliki pantai yang sudah mendunia. Selain pesona pasir putih, Lombok juga memiliki pasir pantai yang eksotik yang mempu menarik perhatian wisatawan. Pasir hitam berpadu dengan birunya laut semakin menambah cantiknya Pantai Ketapang.

Sekilas Tentang Pantai Ketapang

Tentang Pantai Ketapang
Image Credit: Instagram.com @djuhandi_

Nama lain dari Ketapang adalah Pantai Tanjung Menangis. Nama itu berasal dari kepercayaan masyarakat setempat tentang cerita kasih yang tak sampai. Konon, pada zaman dahulu terdapat seorang putri yang bernama Lala Intan Bulaeng yang sedang menderita sakit. Sang ayah berusaha menyembuhkannya dengan membuat sayembara.

Pada suatu hari datanglah seorang pangeran yang menyamar menjadi kakek tua dan berhasil menyembuhkan sang putri. Namun, ayah dari sang putri mengingkari sayembaranya. Hingga akhirnya, sang pangeran pulang ke negerinya. Sang putri meratapi kesedihannya di pinggir pantai sembari memandang kapal pangeran yang semakin menjauh.

Pantai Ketapang sering dikunjungi oleh pasangan yang berbulan madu. Selain menyimpan mitos, pemandangan yang disajikan sangat mempesona. Sangat cocok untuk menambah nuansa romantis ala pantai. Saat ini, wisata pantai ini belum dikelola oleh siapapun, baik masyarakat setempat maupun pemerintah daerah.

Daya Tarik Wisata Pantai Ketapang

Daya Tarik Wisata Pantai Ketapang
Image Credit: Instagram.com @al_munir_z.m

1. Eksotisme Pantai Berpasir Hitam

Keunikan yang dimiliki pantai terletak pada pasir hitam yang membentang di sepanjang garis pantai. Warna hitam yang berpadu dengan birunya laut memberikan nuansa teduh dan tenang. Saat berkunjung ke sana, Anda wajib mencoba untuk bertelanjang kaki supaya merasakan sensasi pasir hitam nan lembut.

Terbentuknya pasir hitam di Pantai Ketapang tidak terlepas dari material batuan di sekitar lokasi. Pasir pantai yang rata-rata berwarna putih biasanya berasal dari batuan koral. Sedangkan pasir pantai yang hitam berasal dari batuan vulkanik gunung berapi. Tidak heran jika pantai ini memiliki pasir hitam, karena jaraknya dekat dengan Gunung Rinjani.

Pasir yang berwarna hitam selain memberikan pesona unik pada pantai, ternyata memiliki kandungan mineral. Menurut beberapa penelitian di beberapa pantai yang berpasir hitam di daerah lainnya pasir hitam memiliki kandungan besi yang tinggi. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk melakukan penelitian dapat mengambil sampel sekaligus rekreasi di sini.

2. Pesona Pemandangan yang Asri

Pantai Ketapang menyajikan nuansa pemandangan yang indah. Selain khas pasir hitam, pemandangan alam disekitarnya tak kalah menyejukkan mata. Ombak di pantai ini cukup tenang dan airnya cukup jernih dengan dasar laut yang hitam. Terdapat deretan pohon-pohon di pinggir pantai. Anda akan mendapatkan kenyaman dan suasana tenang disini.

Selain menyaksikan pemandangan pantai yang elok, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang tak kalah cantik di sepanjang perjalanan menuju pantai. pengunjung akan disuguhi pemandangan hijau yang asri selama perjalanan menuju lokasi pantai. Terdapat area persawahan luas dengan tanaman hijau di sebelah kanan dan kiri.

Lahan pertanian ini tidaklah membentang hingga pantai. Warna hujau alami itu akan dilanjutkan dengan perkebunan kelapa yang sangat luas. Di area ini pohon-pohon kelapa tumbuh tinggi menjulang dengan daun hijau kekuningan. Hal itu menandakan bahwa tak lama lagi pengunjung akan sampai di Pantai Ketapang.

Selain pemandangan hijau, pengunjung juga melewati perkampungan penduduk. Mereka memiliki bentuk rumah pedesaan yang khas dan memiliki kearifan lokal yang menarik. Pengunjung dapat bersapa dengan masyarakat setempat yang ramah-ramah. Setelah itu, sampailah pada gerbang masuk ke Kawasan wisata pantai yang ditandai dengan penanda alami.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Alamat Pantai Ketapang
Image Credit: Instagram.com @ahsanulwarooo

Bagi Anda yang tertarik untuk menikmati pasir hitam khas Lombok silakan persiapkan perjalan Anda. Pantai Ketapang beralamat di Pringgabaya, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Bagi wisatawan lokal dapat menjangkaunya dengan kendaran motor atau mobil dengan jalan yang mudah dilewati.

Sementara bagi Anda wisatawan luar pulau atau wisatawan mancanegara dapat menuju Bandara Internasional Lombok dulu yang berada di Kota Mataram. Pantai ini berjarak sekitar 86,9 Kilometer apabila Anda berada di Bandara Internasional Lombok. Anda dapat menempuhnya dengan transportasi darat dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 9 menit.

Kabar baik bagi Anda yang menginginkan wisata cantik tetapi hemat diongkos. Pantai Ketapang belum dikelola oleh pihak manapun sehingga tidak ada tiket masuk yang secara resmi ditetapkan. Namun ada juga sumber yang mengatakan perlu membayar sekitar Rp 2000. Meskipun berbayar, Anda tentu saja tidak akan kecewa dengan pemandangan alamnya.

Bagi Anda khususnya wisatawan yang berasal dari luar pulau dan berencana liburan ke wisata pantai ini disarankan untuk persiapan biaya transportasi. Biaya transportasi Anda akan lebih banyak daripada tiket masuk ke obyek-obyek wisata. Meskipun demikian pilihah transportasi yang paling nyaman untuk perjalanan wisata Anda.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Ketapang

Aktivitas di Pantai Ketapang
Image Credit: Instagram.com @desiyana22_

1. Berburu Cantiknya Sunrise

Menyaksikan cahaya keemas-emasan di atas ombak pantai merupakan pengalaman yang mengesankan bagi penikmatnya. Di Pantai Ketapang banyak pengunjung yang berburu sunrise lantaran memiliki view yang berbeda. Banyak diantara mereka yang hanya ingin menyaksikan saja, bahkan tak jarang pula yang mengabadikannya dengan gawai.

Di batas garis pantai, sunrise menampakkan warna kuning keemasan yang berpendar ke segala arah. Seiring waktu berjalan, perlahan-lahan matahari naik. Cahaya kuning mulai memantul di perairan yang biru. Bulatan matahari semakin sempurna dengan cahaya-cahaya di sekelilingnya. Pengunjung dapat menyaksikan cahaya silau khas matahari terbit.

Pantai ini menjadi tempat yang pas untuk menyaksikan panorama sunrise. Udara pagi yang sejuk turut mendukung keseruan berada di sini. Anda dapat leluasa menikmati pemandangan sunrise karena tidak ada penghalang berupa tebing atau karang. Indahnya sunrise dan hangatnya cahaya yang mengenai kulit membuat pagi ada lebih ceria.

2. Menyaksikan Eksotisnya Sunset

Selain dapat menikmati matahari terbit, di Pantai Ketapang dapat menikmati indahnya sunset di sore hari. Kecantikan terbit dan tenggelamnya matahari di pantai ini memberikan nuansa yag berbeda. Bila menyaksikan sunrise penuh dengan nuansa sejuk dan ceria, maka menikmati sunset dipenuhi dengan rasa santai dan romantis.

Bagi wisatawan lokal banyak yang menempatkan berhenti sejenak di Pantai ini jika sore tiba. Karena lokasinya berada di pinggir jalan Tanjung – Bayan. Mereka yang sedang melakukan perjalanan dapat melepas penat sejenak dengan menghirup udara pantai sembari menyaksikan matahari yang perlahan-lahan redup.

3. Melihat Ritual Adat, Upacara Rebo Buntung

Upacara Rebo Buntung merupakan ritual adat yang biasa dilakukan oleh masyarakat setempat di sekitar pantai. Upacara ini diselenggarakan setiap tahun pada minggu ketiga bulan Safar dalam kalender Islam. Upacara ini berupa mandi bersama yang dimulai pada Rabu siang hingga sore. Ritual ini dilakukan turun temurun sejak ratusan tahun yang lalu.

Upacara ini diselenggarakan dalam rangka menyambut perayaan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Maksud dari upacara ini adalah menyucikan diri atau raga di perairan yang dianggap suci oleh masyarakat. Upacara ini dapat diikuti oleh anak-anak hingga orang tua. Secara beramai-ramai mereka turun ke perairan untuk mandi bersama.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan upacara unik ini bisa datang sesuai waktu yang ditentukan. Keunikan budaya masyarakat setempat berbaur dengan alam membentuk harmonisasi kehidupan yang khas. Sebagai pengunjung yang bijak pastikan Anda mengikuti peraturan yang ada sewaktu menyaksikan upacara demi menjaga kesakralannya.

Aktivitas Pantai Ketapang
Image Credit: Instagram.com @batuyangfc.official

4. Berolahraga Ringan di Pantai Ketapang

Anda dapat berolahraga di pantai ini karena pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dan pasir yang cukup padat. Olahraga ringan yang dapat Anda lakukan adalah jogging di tepi pantai. Sekitar satu atau dua putaran sudah cukup mengeluarkan keringat. Sangat menyenangkan ditemani dengan teman dan suara deburan ombak yang begitu syahdu.

Selain jogging Anda dapat menikmati keseruan olahraga lainnya. Anda dapat bermain voli pantai, sepakbola pantai dan berenang ringan karena ombaknya cukup tenang. Anda juga dapat membawa serta hewan peliharaan untuk jogging di sini. Bisa anjing, kucing dan lainnya. Pastinya akan senang berlarian di tepi pantai.

5. Menikmati Keseruan Memancing

Memancing adalah kegiatan yang digemari oleh kebanyakan orang. Bagi yang memiliki hobi memancing dapat berkunjung ke pantai ini. Pengunjung dapat memancing beragam ikan laut endemik di sini. Saat libur tiba, dipastikan tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh keluarga. Pastikan membawa joran dan umpan yang sesuai dengan karakter ikan target Anda.

Spot memancing disini semakin nyaman setelah dibangun dermaga. Jangan khawatir tersengat panasnya matahari. Di sekitar pantai pun ditumbuhi pepohonan yang rindang. Anda dapat leluasa untuk berteduh di bawahnya. Suasana yang tenang seiring angin sepoi-sepoi pantai membantu Anda lebih konsentrasi.

6. Mencicipi Kuliner Ikan nan Lezat

Di pinggir-pinggir Pantai Ketapang berjajar warung-warung. Mereka menyajikan kuliner olahan ikan. Tentu saja ikan yang diolah adalah ikan segar yang didapatkan dari pantai. Anda dapat mencicipi olahan ikan dengan suguhan pantai yang indah. Lebih berkesan lagi Anda dapat makan bersama-sama dengan keluarga atau orang terdekat.

Ikan-ikan laut yang ditangkap oleh nelayan dibumbui dengan rempah-rempah yang gurih. Kemudian dimasak dengan cara digoreng ataupun dibakar sesuai selera. Bagi Anda yang mendapatkan ikan dari hasil memancing, boleh Anda coba untuk memasaknya langsung di pinggir pantai sambil bersenja ria.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Ketapang Lombok

Fasilitas Pantai Ketapang
Image Credit: Instagram.com @itss.dimasys_

Pantai cantik ini yang terbilang masih alami belum banyak dipenuhi dengan fasilitas publik. Di sana hanya tersedia trotoar bagi pejalan kaki dan warung-warung sederhana. Untuk parkiran sendiri pengunjung memanfaatkan tanah lapang yang bisa digunakan. Sedangkan untuk toilet dan mushola belum tersedia.

Wisata pantai ini cocok bagi Anda yang ingin berwisata alam. Bagi Anda yang ingin bermalam dengan suasana pantai dapat menggelar tenda di atas tanah berpasir hitam yang padat atau di bawah pepohonan yang rindang. Bisa juga Anda berkunjung ke perkampungan yang Anda lewati sebelumnya.

Meskipun terbilang minim fasilitas, bagi Anda wisatawan yang berasal dari luar pulau dapat menginap di beberapa penginapan yang ada di sekitar area pantai. Penginapan terdekat berjarak sekitar 13,88 Km yang bernama Balelangga Bed & Breakfast. Selain itu terdapat penginapan One Bedroom Standar Villa yang berjarak sekitar 15,81 Km.

Itulah beberapa informasi tentang wisata Pantai Ketapang yang dapat Anda jadikan referensi. Berwisata ke tempat yang jauh dengan sensasi pantai hitam akan membuat liburan Anda lebih mengesankan. Sebelum berlibur hitung dan pastikan biaya serta peralatan yang Anda butuhkan. Jangan lupa tetap menjaga ketertiban dimanapun berada.