Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Kelingking termasuk pantai cantik nan eksotis di Nusa Penida, Bali dengan daya tarik utama tebing dengan bukit memanjang ke arah laut.

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.
Map: Cek Lokasi

Pantai Kelingking mungkin namanya belum sepopuler Pantai Kuta atau pantai-pantai lain di Pulau Bali. Namun, soal keindahan alamnya, jangan ditanya lagi. Pantai yang satu ini benar-benar cocok disebut sebagai surga tersembunyi. Banyak sekali hal unik dan juga tak biasa yang bisa ditemukan di pantai ini, selain pemandangannya yang luar biasa indah tentu saja.

Pantai yang diakui dunia sebagai salah satu pantai paling indah ini memang cantik. Lokasinya cenderung tersembunyi dan jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Untuk menuju ke pantai yang terletak di Nusa Penida Barat ini, wisatawan haruslah melewati jalan yang lumayan ekstrim. Namun, sesampainya di sana, tebing dan pantai indah akan memanjakan mata.

Bagi yang belum pernah menuju Pantai eksotis ini atau memiliki rencana untuk datang ke sana, berikut ini adalah semua informasi terkait pantai tersebut, mulai dari daya tariknya hingga beberapa hotel dan resort yang bisa ditemukan di sana. Baca informasi di bawah ini dengan seksama sebelum merencanakan piknik di Pantai Kelingking, Nusa Penida Barat.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kelingking

Daya Tarik Pantai Kelingking Bali
Image Credit: Water-sport-bali.com

Ada banyak sekali daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Kelingking, Bali. Tentu saja daya tariknya tak jauh dari lokasi pantai yang cukup tersembunyi, tebing-tebing indahnya, dan juga beberapa hal lainnya termasuk adanya beberapa lokasi selfie yang sengaja dibuat oleh pengelola pantai agar pengunjung bisa mengabadikan foto di sini dengan mudah.

Beberapa daya tarik dari pantai ini di antaranya adalah: Ada spot diving Manta Point di mana di bawahnya merupakan lokasi habitat asli ikan pari manta. Selain itu, ada juga beberapa spot selfie berupa “Pohon Cinta” dan juga “Kelingking Swing”. Ada juga Tebing Paluang yang jika dilihat dari atas bentuknya mirip dengan kepala T-Rex sehingga membuatnya lebih menarik lagi.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Kelingking

Lokasi Pantai Kelingking
Image Credit: Dakatour.com

Tentu saja alamat dan rute menuju lokasi Pantai Kelingking haruslah diketahui. Untuk orang awam yang belum pernah mengunjungi pantai ini, mungkin nama pantai ini masilah sangat asing di telinga. Maklum saja, popularitas Pantai ini masih jauh di bawah Pantai Kuta, Pantai Jimbaran dan pantai besar lainnya di seputaran Pulau Bali.

Lokasi pantai ini masuk ke Kabupaten Klungkung, Bali. Untuk sampai ke sini, wisatawan bisa naik speedboat dari Pantai Sanur ke Pulau Nusa Penida. Setelah itu, dari pelabuhan, kita bisa naik motor atau naik mobil menuju ke pantai. Jika naik motor, jangan kaget jika jalannya masih lumayan terjal. Jadi jika tidak begitu mahir, lebih baik menggunakan mobil saja, baik mobil pribadi maupun carter.

Harga Tiket Masuk Pantai Kelingking Bali

Harga Tiket Pantai Kelingking Bali
Image Credit: Dakatour.com

Salah satu hal terbaik dari Pantai terbaik di Bali ini adalah tiket masuknya yang murah. Ya, sama seperti hampir semua objek wisata di Bali, tetap ada retribusi yang dikenakan ke wisatawan atau pengunjung pantai. Namun tenang saja, harga tiket untuk masuk ke Pantai Kelingking tidak akan membuat kantong bolong karena masih terbilang terjangkau bahkan bagi yang berbudget kecil.

Berapa tiketnya? Untuk wisatawan lokal, harga tiket dibanderol Rp 5.000 saja. Untuk wisatawan asing, harga tiketnya juga tidak terlalu jauh bedanya dari harga tiket untuk warga lokal tersebut. Di sana nanti juga ada biaya parkir yang harus dibayar pengunjung. Selain tiket masuk, biasanya wisatawan juga harus keluar biaya untuk naik ferry atau speedboat akan saat menuju lokasi.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Kelingking

Kegiatan di Pantai Kelingking
Image Credit: Gotravelaindonesia.com

Ketika sudah sampai di Pantai Kelingking, apa sajakah kegiatan yang bisa dilakukan di sana. Banyak! Jika kita mengira kalau di Pantai ya biasanya hanya berenang saja, maka di Pantai cantik ini pasti kita akan terkejut karena ada banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan oleh wisatawan di sini. Apa saja? Simak beberapa di antaranya di bawah ini:

1. Menyelam di Manta Point

Salah satu daya tarik terbesar dari pantai ini adalah Manta Point. Tempat ini adalah lokasi diving atau menyelam di mana di situ ada habitat ikan pari manta. Ya, jika ingin melihat langsung jenis ikan pari yang unik dan jinak ini, para wisatawan bisa melakukan diving di Manta Point ini dan berinteraksi langsung dengan para ikan pari di sana.

Inilah mengapa pantai ini sering kali diserbu oleh para wisatawan yang antusias melakukan diving. Selain ikan pari manta, pemandangan bawah laut Pantai Kelingking ini memang sangat indah. Ada berbagai jenis terumbu karang dan tanaman laut yang ada di sana. Beberapa jenis ikan dan hewan laut juga lalu-lalang di Manta Point ini.

2. Mengunjungi Pohon Cinta

Di lokasi Pantai Kelingking ini dulu ada sebuah pohon yang asri nan rimbun. Pohon ini sering menjadi tempat untuk foto pre-wedding karena pasangan bisa mendapatkan foto berlatar belakang pantai yang indah dari spot ini. Inilah mengapa pohon ini kerap disebut sebagai “Pohon Cinta” dan banyak yang tertarik untuk menunjunginya.

Namun sayangnya, sejak tahun 2018, pohon ini sudah rusak dan kering. Sekarang yang tersisa tinggal batang dan ranting keringnya saja. Namun, wisatawan tetap antusias untuk datang ke “Pohon Cinta” ini dan melakukan selfie di sana. Banyak juga yang masih melakukan pre-wedding di lokasi pohon ini.

3. Melihat Pemandangan di Tebing Paluang

Jika ada yang bertanya hal apa yang membuat Pantai Kelingking menarik, mungkin salah satu jawabannya adalah bentuk tebingnya yang menyerupai kepala dinosaurus. Ya, jika kita pernah melihat logo film Jurassic Park, pasti kita akan paham jika bentuk tebing pantai ini sangat mirip dengan kepala T-Rex di logo itu.

Pemandangan dari tebing yang biasa disebut dengan Tebing Paluang ini sangat indah. Pemandangan pantai yang didominasi warna biru-putih-hijau ini akan sangat memanjakan mata. Jadi, meski harus

naik anak tangga dengan susah payah menuju atas tebing, begitu sampai semua perjuangan akan sepadan dan wisatawan bisa menikmati pemandangannya.

4. Trekking

Bagi penggemar olahraga outdoor, trekking biasanya merupakan salah satu kegiatan yang bisa dipilih. Selain sehat, trekking juga bisa dilakukan dengan agak santai. Pantai Kelingking ini disebut sebagai salah satu lokasi trekking paling baik di Bali. Di sini, trekking bisa dilakukan sembari menikmati suasana pantai nan indah alami.

Kegiatan trekking bisa dilakukan di jalan menuju atas tebing. Jalannya cukup curam dan belum begitu rata sehingga semakin membuat trekking lebih menantang. Namun, jangan lakukan kegiatan ini jika kondisi tubuh sedang tidak fit atau kita sedang hamil, memiliki penyakit jantung, dan tidak menyukai ketinggian.

5. Berfoto di Kelingking Swing

Kelingking Swing adalah spot selfie yang dibuat oleh pengelola pantai agar wisatawan bisa mendapatkan foto yang instagramable. Spot selfie ini berupa ayunan tinggi di atas tebing. Kelingking Swing ini membuat kita bisa berfoto ria di atas ayunan dan mendapatkan foto dengan latar belakang pantai yang indah ini.

Lokasi Kelingking Swing tidak jauh dari spot Pohon Cinta. Namun kalau kita mau berfoto di spot ini, mungkin kita harus sedikit bersabar karena jika sedang ramai, pasti spot selfie ini padat peminat dan kita harus antri kadang hingga 1 jam untuk bisa mengambil foto di tempat ini.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Kelingking

Penginapan Pantai Kelingking
Image Credit: Expedia.co.id

Bagi yang merencanakan untuk main ke Pantai Kelingking ini, maka informasi tentang penginapan atau akomodasi yang bisa didapatkan di sekitar pantai ini merupakan hal yang penting. Tenang saja, pantai ini berlokasi relatif dekat dengan beberapa hotel dan resort yang tentu saja bisa dijadikan tempat menginap selama ada di Bali. Ini dia beberapa hotel dan resort di sekitar pantai:

1. Coco Resort Penida

Salah satu tempat termewah untuk menginap di sekitar Pantai Kelingking adalah Coco Resort Penida. Resort ini memiliki beragam fasilitas mewah, termasuk ada kolam renang besar, lokasi untuk spa, dan tempat bermain untuk anak-anak.

2. Saka Boutique Hotel

Bagi yang ingin menginap di hotel dengan suasana autentik khas Bali, tempat yang harus dipilih adalah Saka Boutique Hotel. Hotel mewah ini cocok untuk liburan keluarga karena fasilitasnya komplit dan memiliki kamar dengan akses pemandangan ke pantai.

3. Hotel Arsa Santhi Nusa Penida

Ada lagi hotel mewah nan cantik di sekitar Pantai Kelingking, namanya Hotel Arsa Santhi Nusa Penida. Hotel ini penuh dengan fasilitas yang memadahi dan harganya juga terbilang standar untuk ukuran hotel di sekitar pantai Bali.

4. The Mesare Resort

Jika ingin menginap di resort yang memiliki pemandangan pantai nan cantik, The Mesare Resort adalah tempat yang harus dipilih. Tempat ini merupakan hotel/resort mewah dengan beragam fasilitas termasuk kamar dengan balkoni dan juga tempat gym dan spa.

5. Hotel Semabu Hills Nusa Penida

Di sekitar Pantai Kelingking ada Hotel Semabu Hills Nusa Penida. Hotel ini kerap menjadi tujuan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai karena memang fasilitasnya sangat komplit dan dapat memberikan akomodasi terbaik bagi wisatawan yang datang.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kelingking Bali

Fasilitas di Pantai Kelingking Bali
Image Credit: Traveloka.com

Jika berbicara tentang fasilitas, tentu saja setiap objek wisata sudah ada fasilitas umumnya. Ya, fasilitas ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan. Bagaimana dengan Pantai Kelingking Bali? Ya, sama dengan tempat wisata lainnya, pantai ini juga memiliki banyak sekali fasilitas umum yang akan membuat wisatawan merasa nyaman ketika berkunjung ke pantai ini.

Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain adalah lokasi parkir yang dijaga oleh tukang parkir, toilet yang ada di sekitar pantai, tempat untuk mandi/bilas, dan juga ada beberapa tempat untuk makan, beli oleh-oleh dan juga untuk menginap di sekitar pantai, selain hotel-hotel dan resort yang disebutkan di atas tadi.

Itulah beberapa hal terkait yang perlu diketahui oleh orang-orang tentang Pantai Kelingking di Bali ini. Tempatnya memang cocok untuk liburan, terutama yang ingin berfoto di pantai nan indah, atau untuk yang ingin menyelam dan bertemu dengan ikan pari manta. Pantai ini buka sepanjang tahun dan biasanya cukup ramai ketika musim-musim liburan di bulan Juni-Juli dan akhir tahun.