Pantai Kelan Tuban salah satu objek wisata yang dihiasi pemandangan unik di Badung, Bali. Pantai yang populer untuk menikmati keindahan sunset dan pesawat terbang karena lokasinya dekat bandar Ngurah Rai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tuban, Kec. Kuta, Kab. Badung, Bali.

Pantai Kelan Tuban merupakan salah satu destinasi wisata yang paling efektif untuk pengunjung lokal maupun pengunjung manca negara. Hal itu karena pantai yang satu ini mempunyai kesan yang masih alami karena masih belum banyak dijamah oleh pengunjung. Oleh sebab itu, sangat spesial apabila Anda mencoba menikmati waktu liburan ke destinasi wisata alam yang satu ini.

Meskipun, masih belum terlalu dijamah oleh wisatawan, hal itu tidak berarti bahwa pantai ini kurang menarik minat masyarakat. Hanya saja masyarakat masih belum banyak yang mengetahui tentang keberadaan pantai cantik yang satu ini. Padahal, apabila sudah pernah berkunjung ke sana, dijamin mata Anda akan senantiasa terbelalak.

Pasalnya, panorama dan pesona dari alam yang ditawarkan oleh destinasi wisata ini sangat memukau. Oleh karena itu, pantai yang satu ini sangat sayang apabila tidak Anda kunjungi saat sedang menghabiskan waktu liburan di Bali. Namun, sebelum berkunjung, alangkah baiknya apabila Anda mengetahui informasi secara rinci mengenai destinasi wisata Pantai Kelan yang satu ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Kelan Tuban

Daya Tarik Pantai Kelan Tuban
Image Credit: Google Maps (FERRY Sutanto)

1. Air Laut yang Memukau

Memiliki keindahan air laut yang memukau menjadikan destinasi wisata yang satu ini sebagai lokasi incaran banyak pengunjung. Dimana pantai yang satu ini menyajikan panorama keindahan alam dengan air laut yang berwarna kebiru-biruan. Sedangkan, pengunjung juga bisa melihat pemandangan dari banyaknya perahu nelayan yang ada di sepanjang bibir pantai.

Hal tersebut mampu menambah keindahan dan keeksotisan dari destinasi wisata yang satu ini. Selain itu, ombak yang ada di pantai ini juga tergolong cukup tenang dan bersahabat. Oleh karena itu, akan sangat pas untuk pengunjung yang mempunyai hobi berenang. Dengan arus ombak yang tenang tersebut, membuat anak kecil pun juga bisa merasa aman apabila sedang bermain air.

2. Hamparan Pasir Putih

Pasir putih menjadi salah satu keunikan yang sering sekali menggugah minat dari pengunjung untuk datang ke pantai ini. Banyak yang menyebut bahwa destinasi wisata ini hampir mirip dengan Pantai Kuta karena memiliki pasir putih yang indah. Adanya pasir putih ini membuat Pantai Kelan terlihat semakin bersih dan bagus.

Selain itu, pasirnya juga terasa sangat lembut dan tidak akan terasa sakit apabila diinjak dengan kaki yang tidak memakai sandal. Lebih indah lagi ketika siang hari, pasir putih akan Nampak berkilauan karena terkena oleh cahaya matahari.

Daya Tarik Pantai Kelan
Image Credit: Google Maps (Fahri Rusliyadi)

3. Pemandangan Sunset Terbaik

Pantai ini selalu menyajikan keindahan alam yang tidak bisa diragukan lagi. Keindahan tersebut salah satunya yaitu pemandangan matahari terbenam yang sangat mempesona. Oleh karena itu, wajar apabila pengunjung mengatakan bahwa Pantai Kelan merupakan tempat terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam.

Anda bisa mulai menikmati pemandangan matahari terbenam di pantai ini mulai dari sekitar jam 5 sampai jam 6 sore. Nantinya seketika langit akan berubah warna menjadi kemerah-merahan. Pemandangan tersebut juga akan menimbulkan kesan dan suasana yang tenang, damai, dan romantis. Oleh sebab itu, Anda bisa mengajak pasangan untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam di tempat ini.

4. Udaranya Segar

Bagi Anda yang terbiasa dengan hiruk pikuk polusi udara yang ada di perkotaan, maka cobalah sekali-kali untuk mampir ke pantai yang satu ini. Di sini Anda akan disajikan dengan kenikmatan menghirup udara yang masih sangat segar. Hal ini bisa membuat pikiran Anda akan semakin jernih dan sejenak bisa melupakan segala masalah maupun rasa penat akibat aktivitas sehari-hari.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai Kelan

Alamat Pantai Kelan
Image Credit: Facebook.com @BaliiLib

Wisata pantai ini berlokasikan di Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Lebih tepatnya laga ada di Tuban, Kec Kuta Selatan. Pantai yang satu ini terletak di Teluk Jimbaran serta masih pada satu garis pantai dengan beberapa pantai lainnya. Pantai lainnya yang dimaksud tersebut yaitu Pantai Jimbaran dan Pantai Kedonganan.

Selain itu, pantai ini juga terbilang cukup dekat dengan Bandar Udara Ngurah Rai, yakni tepatnya ada di seberang bandara. Hal tersebut cukup membuat pantai yang satu ini sebagai destinasi wisata yang unik dan favorit. Akses yang paling cepat untuk bisa tiba di pantai yang satu ini yaitu dengan melalui Jl Segara Madu.

Apabila dimulai dari Bandar Udara Ngurah Rai yang jaraknya sekitar 6 km, maka wisatawan bisa memilih rute menuju ke Jl Airport Ngurah Rai dengan waktu kurang lebih 15 menit. Akan tetapi, apabila dimulai dari Kota Denpasar yang memiliki jarak sekitar 14 km, maka wisatawan bisa menghabiskan waktu kurang lebih 35 menit agar bisa tiba di pantai yang satu ini.

Apabila belum pernah berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini, biasanya pengunjung akan bingung. Namun, tenang saja karena dari bandara itu Anda dapat menghubungi penyedia sewa bis pariwisata yang banyak ditawarkan untuk menjemput Anda. Apabila memakai sewa mobil, maka Anda tidak perlu khawatir tersesat serta tidak harus susah-susah mencari angkutan umum.

Akan tetapi, jika Anda tetap ingin menempuh perjalanan menuju ke destinasi wisata tersebut tanpa menyewa jasa apapun. Maka, sebaiknya menyiapkan peta navigasi yang ada di smartphone untuk mengantisipasi agar tidak tersesat dalam perjalanan. Anda juga dapat bertanya pada warga sekitar mengenai rute menuju ke pantai yang satu ini.

Sebagian besar masyarakat mengira bahwa harga tiket masuk ke Pantai Kelan Tuban ini dibandrol mahal. Pasalnya, keindahan yang ditawarkan oleh destinasi wisata tersebut tidak dapat diremehkan. Apalagi, kebanyakan pantai yang ada di Bali tentu menerapkan harga tiket masuk. Namun, beda halnya apabila Anda akan berkunjung ke pantai yang satu ini.

Pasalnya, untuk bisa menikmati keunikan dan keindahan dari pantai ini, pengunjung tidak akan dipungut biaya sama sekali. Dengan kata lain bahwa pengunjung bisa bebas datang ke area pantai ini secara gratis. Selain itu, pantai ini juga dibuka selama 24 jam. Dengan begitu, pengunjung bisa datang ke pantai tersebut setiap hari, kecuali pada saat Hari Nyepi.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Kelan

Aktivitas di Pantai Kelan
Image Credit: Google Maps (Shella Herviana)

1. Berenang

Berenang pasti menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan apabila mengunjungi pantai dengan arus ombak yang tenang. Berenang di pantai ini juga sangat menyenangkan karena airnya yang begitu jernih. Badan Anda pun akan terasa lebih segar lagi setelah berenang di pantai indah yang satu ini.

2. Menunggangi Unta

Disini pengunjung juga dapat merasakan sensasi mengelilingi kawasan pantai dengan menunggangi unta. Di sini sudah tersedia jasa sewa unta dengan durasi sekitar 30 menitan dan tentunya akan ditemani oleh pawang yang sudah berpengalaman. Kegiatan ini pasti akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan ketika menghabiskan waktu liburan di pantai ini.

Aktivitas Menarik di Pantai Kelan
Image Credit: Google Maps (Oreen rina)

3. Berfoto Ria

Abadikan pula setiap momen menyenangkan yang Anda habiskan ketika berkunjung ke Pantai Kelan ini. Beragam panorama alam yang indah mampu membuat latar belakang foto Anda akan semakin terlihat estetik. Lebih bagus lagi apabila Anda melakukan aktivitas memotret pada saat pagi dan sore hari. Bahkan, banyak sekali pasangan yang melakukan sesi foto prewedding di pantai yang indah ini.

4. Nongkrong

Pantai ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi karena mempunyai spot bersantai dan nongkrong yang asyik. Pengunjung pun bisa memilih spot nongkrong yang ada di pinggiran pantai, dengan begitu Anda bisa menikmati berbagai hidangan serta ditemani oleh angin pantai yang sepoi-sepoi.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Kelan

Penginapan Terdekat dari Pantai Kelan
Image Credit: Agoda.com

1. Novotel Bali Ngurah Rai Airport

Hotel yang satu ini telah menjanjikan kepada pelanggan mengenai kunjungan yang santai serta mengagumkan. Adanya beragam layanan dan fasilitas membuat pengunjung bisa merasa nyaman ketika bermalam di hotel ini.

2. Watermark Hotel and Spa Bali

Salah satu hotel yang dekat dengan lokasi pantai sangat sempurna untuk keperluan bisnis ataupun berlibur di Pulau Dewata. Berbagai macam fasilitas juga membuat aktivitas menginap semakin menyenangkan.

3. New Asta Graha Homestay

Anda bisa menginap di hotel ini dengan harga mulai dari 235 ribu rupiah untuk per malamnya. Harga tersebut cukup menarik apabila Anda ingin menghemat biaya saat berlibur di Bali. Hotel ini merupakan penginapan yang memiliki bintang 3.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Kelan Tuban

Fasilitas di Pantai Kelan Tuban
Image Credit: Google Maps (Bnbn 10)

Fasilitas yang dapat Anda nikmati di kawasan pantai ini terbilang sudah cukup memadai. Misalnya saja seperti area parkir yang luas, tempat sampah, café dan tempat makan, toilet, ruang ganti dan masih banyak lagi. Hal ini tentu membuat liburan Anda semakin mudah dan terasa menyenangkan.

Nah, itulah berbagai macam informasi yang berkaitan dengan destinasi wisata Pantai Kelan Tuban yang sangat luar biasa. Apabila tertarik, langsung saja persiapkan segala perlengkapan untuk berlibur di pantai cantik di Pulau Dewata ini.