Pantai Kedonganan di Bali menyuguhkan panorama sunset dan kuliner seafood yang menarik Anda kunjungi. Pantai pasir putih dengan pesona alam yang memukau tak kalah dengan pantai Kuta dan Seminyak.

Lokasi: Desa Kedonganan, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.
Map: Cek Lokasi

Pantai Kedonganan sebenarnya merupakan salah satu pantai yang sering digunakan sebagai tempat nelayan memulai perjalanannya melaut untuk mencari ikan. Sehingga tidak mengherankan jika terdapat banyak kapal nelayan di sekitar pantai. Namun demikian, keindahan pantainya tidak berbeda jauh dengan pantai wisata lain di Bali.

Sistem pengelolaan di pantai ini berbeda dengan pantai lain. Pemerintah daerah setempat menyerahkan pengelolaan wisata pantai kepada pihak desa setempat. Pantai ini cukup terkenal di kalangan wisatawan mancanegara, sehingga banyak turis asing yang bisa Anda jumpai ketika Anda berwisata ke pantai ini.

Lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Jimbaran, bukan berarti memiliki suasana yang sama pula. Di Pantai Kedonganan, Anda dapat merasakan suasana yang lebih damai dan santai, sebab pengunjung di sini tidak ramai seperti di Pantai Jimbaran.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kedonganan

Daya Tarik Pantai Kedonganan
Image Credit: Instagram.com @imranrosadi_imee

1. Panorama Pasir Putih dan Ombak yang Tenang

Sebagian besar wisata pantai yang menarik di Indonesia, mempunyai jenis pasir yang berwarna putih. Hamparan pasir putih di pantai sangat indah dan tampak begitu menawan. Anda dapat menikmati keindahan suasana pantai tersebut.

Gelombang air laut di sini masih terbilang cukup tenang, sehingga aman untuk melakukan berbagai kegiatan wisata seperti berenang. Lingkungannya yang masih bersih dan tidak tercemar dengan polusi menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Kedonganan.

2. Keindahan Deretan Perahu Nelayan

Di tempat ini, Anda juga bisa melihat barisan perahu nelayan yang disebut jukung di sekitar pantai. Perahu tersebut digunakan untuk menangkap ikan. Karena memang sebagian besar penduduk di daerah setempat bekerja sebagai nelayan. Perahu yang digunakan merupakan perahu tradisional, sehingga tak jarang, wisatawan juga menjadikannya spot foto menarik.

BACA JUGA:  La Laguna Canggu Bali, Beach Club Unik & Kekinian di Pulau Dewata

Anda tidak akan menjumpai perahu nelayan ini jika Anda ada di Pantai Legian ataupun Pantai Kuta. Wisatawan yang berkunjung bahkan diperkenankan untuk menyewa perahu tersebut. Anda dapat mengelilingi pantai menggunakan perahu nelayan sembari menikmati keindahan alam di tempat ini.

Pantai Kedonganan
Image Credit: Ksmtour.com

3. Kuliner Seafood

Bagi Anda yang menyukai sajian seafood, Anda dapat mencobanya di sekitar Pantai Kedonganan. Di sekitar lokasi pantai terdapat berbagai restoran yang menyajikan menu seafood dengan harga yang cenderung terjangkau. Sehingga, bagi Anda yang memiliki keterbatasan budget, namun ingin mencicipi lezatnya olahan seafood, Anda bisa datang ke sini.

Berbagai restoran seafood ini berjajar di tepi pantai. Sehingga sangat mudah untuk sampai di restoran ketika sedang berwisata di pantai. Anda sudah bisa mencoba sajian seafood di sini dengan budget di bawah Rp 80.000.

Terdapat keunikan ketika Anda berkunjung di restoran sekitar Pantai Kedonganan. Di sini, pengunjung tidak memesan menunya langsung di restoran, melainkan membelinya sendiri di Pasar Ikan Kedonganan barulah kemudian membakarnya di restoran seafood. Jarak pasar yang berdekatan dengan restoran memudahkan wisatawan untuk membeli dan mengantarnya di resto.

Sistem seperti ini justru akan memudahkan Anda, sebab bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Beberapa jenis seafood yang memiliki harga cukup terjangkau yaitu cumi-cumi dan ikan berukuran sedang.

Harga cumi-cumi berukuran besar harganya sekitar Rp 50.000 tiap setengah kilogram. Sedangkan ikan kerapu harganya sekitar Rp 40.000 setiap kilogram. Untuk jasa pembakaran di restoran, Anda hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp 20.000 sampai Rp 30,000.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Pantai Kedonganan

Lokasi & Harga Tiket Pantai Kedonganan
Image Credit: Instagram.com @my_sightseeing

Wisata bahari ini beralamat di wilayah Jimbaran, yaitu salah satu daerah yang ada di sebelah utara Bali, tepatnya ada di Desa Tuban. Di daerah Jimbaran juga ada pantai lain yang bernama Pantai Jimbaran. Jika dari Pantai Jimbaran, maka Anda akan menempuh perjalanan sekitar 5 menit untuk sampai di Pantai Kedonganan. Anda dapat melalui Jalan Pelemisan Agung.

Jika dari Denpasar, maka Anda akan menempuh jarak berkisar 18 kilometer. Sedangkan jika dari Bandara Ngurah Rai Anda hanya akan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 10 menit dengan jarak tempuh 3 kilometer menuju arah selatan.

Pengunjung yang datang ke kawasan pantai tidak dikenai tarif tiket masuk per orang. Sistem pembayarannya berdasarkan kendaraan yang digunakan oleh wisatawan. Dengan kata lain, pengunjung hanya dikenai tarif parkir saja. Untuk kendaraan roda dua akan dikenai biaya parkir senilai Rp 2.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat akan dikenai biaya parkir senilai Rp 5.000.

BACA JUGA:  Pulau Peninsula, Pulau Kecil Kaya Pesona di Nusa Dua Bali

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Kedonganan

Kegiatan Menarik di Pantai Kedonganan
Image Credit: Instagram.com @adamkulig84

1. Mandi Matahari

Keadaan ombak yang cukup stabil menjadikan tempat ini aman untuk berenang. Anda dapat berendam di laut, di bawah pancaran sinar matahari, sehingga kegiatan ini kerap disebut dengan istilah mandi matahari.

2. Bersantai

Anda dapat menikmati suasana pantai sembari berjalan-jalan di sekitar pantai. Anda dapat melakukan kegiatan ini, baik ketika pagi maupun sore hari. Anda pasti akan merasakan kesegaran udara di tempat ini, sebab kebersihan lingkungan pantai selalu terjaga.

3. Melihat Sunset

Sebagian besar wisata pantai di Pulau Bali memiliki pemandangan sunset yang menarik. Sunset yang tampak dari Pantai Kedonganan juga terlihat begitu menakjubkan. Ketika senja tiba, Anda bisa berkunjung di sini. Dengan suasana yang tidak begitu ramai, menyebabkan Anda dapat menikmati momen ini dengan lebih santai.

4. Wisata Kuliner

Kegiatan ini pasti tidak akan terlewatkan ketika Anda mengunjungi tempat wisata. Di Pantai Kedonganan Anda bisa mencicipi sajian kuliner menarik yang sebagian besar merupakan seafood, karena daerah ini menghasilkan banyak sumber makanan dari laut berkat nelayan yang melaut.

Di area selatan pantai, Anda juga bisa menjumpai cafe yang menyajikan sajian khusus ikan bakar. Rasa ikan bakar di cafe ini sangat berbeda dengan tempat yang lain. Ketika Anda mencobanya, Anda akan merasakan sensasi rasa yang begitu khas dan tidak akan Anda jumpai di tempat lain.

Di samping itu, di tempat lain Anda juga bisa menikmati seafood yang lain seperti udang, cumi, kerang, kepiting, hingga lobster. Harganya sangat beragam, bergantung pada berat seafood yang Anda beli di pasar ikan. Biasanya hidangan tersebut akan dilengkapi nasi putih dan sayur tumis serta kacang tanah yang digoreng.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Kedonganan

Penginapan di Pantai Kedonganan
Image Credit: Agoda.com

1. Bali Segara Hotel

Hotel ini termasuk salah satu penginapan yang menawarkan harga yang cukup terjangkau. Tarif menginap selama satu malam ditetapkan seharga Rp 309.917. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, Anda bahkan bisa mendapatkan pelayanan antar jemput ke bandara. Pengunjung juga dapat menyewa sepeda untuk berkeliling di tempat wisata sekitar hotel.

BACA JUGA:  Pantai Batu Belig Bali, Pantai Indah Menikmati Panorama Sunset

2. Puri Royan

Penginapan ini letaknya cukup dekat dengan pantai. Sehingga Anda dapat berkunjung ke lokasi wisata dengan waktu yang cukup singkat. Puri Royan memiliki beberapa fasilitas seperti kolam renang outdoor dan taman. Bahkan pengunjung yang menginap di sini akan mendapatkan sarapan gratis. Harga sewanya pun cukup murah, yaitu mulai dari Rp 245.000.

3. Puri Bambu

Puri Bambu merupakan salah satu hotel yang ada di wilayah Kedonganan. Penginapan ini juga menyediakan fasilitas restoran, wifi, parkir gratis, kolam renang, antar jemput bandara, serta fasilitas lainnya. Bahkan di sini Anda juga dapat menggunakan fasilitas pijat, hanya saja perlu adanya biaya tambahan. Tarif menginap satu malamnya yaitu Rp 580.641.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kedonganan

Fasilitas di Pantai Kedonganan
Image Credit: Instagram.com @extaindra

1. Restoran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa di restoran Anda hanya menggunakan jasa pembakaran, sedangkan ikannya sudah Anda beli sendiri di pasar ikan. Di restoran, ikan yang Anda bawa akan diberi bumbu dan dibakar. Rasanya gurih dan enak, serta teksturnya juga empuk. Pemrosesan yang baik, menyebabkan rasa amis dari ikan sudah tidak terasa.

Ketika Anda makan di restoran, bahkan Anda juga bisa menambah nasi dengan harga kurang dari Rp 10.000 untuk satu porsinya. Sensasi kuliner di tepi pantai menjadi kelengkapan pengalaman wisata Anda di sini.

Ketika sore hingga malam, restoran ini ramai dikunjungi pelanggan. Di malam hari, pemandangan di sini juga akan terlihat begitu indah, dengan adanya lampu-lampu yang jika dilihat dari kejauhan akan terlihat seperti kunang-kunang.

2. Pasar Ikan Kedonganan

Pasar ikan ini sangat terkenal di daerah setempat. Di sini, Anda dapat memilih sendiri ikan dan seafood yang Anda sukai. Anda juga bisa menawar harganya kepada penjual. Supaya Anda bisa mendapatkan ikan yang segar, Anda bisa berkunjung ke pasar tersebut di bawah pukul 11 pagi.

Pasar ini terletak di sebelah utara pantai. Terdapat banyak penjual di pasar tersebut, yang mana mereka merupakan penduduk daerah setempat. Ikan yang dijual juga merupakan hasil tangkapan sendiri, yaitu mereka para nelayan yang pergi melaut.

Wisata di Bali pasti tak akan terlepas dari pantai. Hal tersebut karena pesona pantai di Bali memang sangat indah, tak terkecuali Pantai Kedonganan. Terdapat berbagai pesona wisata dan ketersediaan fasilitas yang bisa Anda nikmati di tempat ini.