Bali dan pantai adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan karena memang menjadi pesona utamanya dengan keindahan yang mampu untuk membius siapapun yang mengunjunginya. Tak hanya Kuta, anda juga bisa menjelajah kawasan Bali Timur, tepatnya di Kabupaten Karangasem untuk mencari pantai-pantai yang cantik. Sebagai alternatif tujuan liburan, berikut beberapa pantai hits di Karangasem Bali yang bisa anda singgahi.

1. Pantai Tulamben

Pantai Tulamben
Photo by Google Maps Bobby dwikn

Untuk memulai perjalanan wisata bahari anda, bisa menjadikan Pantai Tulamben sebagai tujuan. Pantai satu ini juga termasuk wisata andalan yang tidak boleh anda abaikan keberadaannya. Untuk tipe pantainya sendiri merupakan pantai dengan pesisir yang memiliki banyak bebatuan kecil. Dengan begitu kaki anda tak akan kotor dengan pasir saat di tepian.

Bebatuan kerikil atau koral berbentuk bulat ini menambah daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Tulamben. Bukan hanya itu, pantai ini juga menjadi surga para pecinta diving dan snorkeling. Keindahan bawah laut yang dimiliki Tulamben akan mampu membius siapapun yang menyambanginya. Dimana ikon andalannya adalah bangkai dari kapal USS Liberty di PD II.

Bangkai kapal ini berada di kedalaman sekitar 30 meter dengan jarak dari pantai sekitar 30 meter. Para penyelam akan terlebih dahulu menggunakan perahu untuk sampai di lokasi. Karena sudah tenggelam lama, rangka kapal sudah berkarat dan menjadi rumah bagi para biota laut. Anda bisa menemukan aneka ikan hias, rumput laut hingga terumbu karang.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karangasem, Tulamben, Kec. Kubu, Kab. Karangasem, Bali.

2. Pantai Bias Tugel

Pantai Bias Tugel
Photo by Instagram Yoyaku Rental App

Pantai Bias Tugel walaupun terbilang pantai yang kondang, tetapi lokasinya tersembunyi. Bukannya mengurungkan niat pengunjung untuk berkunjung, justru hal ini menjadi daya tarik tersendiri karena lokasinya di area bukit karang. Dengan begitu anda bisa bebas menghabiskan waktu di tempat ini, seakan akan anda sedang di pantai pribadi.

Begitu anda menginjakkan kaki di pantai ini, anda akan disuguhkan hamparan pasir putih yang berpadu dengan pasir hitam. Ombaknya terbilang tenang, sehingga masih aman untuk berenang atau bermain di sekitar pantai. Ketika siang hari, warna airnya memiliki gradasi hijau kebiruan yang menyejukkan mata. Tentu saja, Pantai Bias Tugel sangat bersih dan terjaga.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padangbai, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali.

3. Pantai Virgin

Pantai Virgin
Photo by Instagram Teropong Wisata

Pulau Bali memang dikelilingi pantai pantai indah yang siap memanjakan wisatawannya. Dan di Karangasem, anda bisa menemukan pantai Virgin yang juga memiliki banyak nama seperti Pantai Biasa Putih misalnya. Padahal sebenarnya, hanya satu pantai yang namanya lebih kondang disebut Pantai Virgin. Pantai satu ini banyak direkomendasikan untuk dikunjungi ketika anda berada di Bali Timur.

Pantai ini tidak memiliki pasir putih melainkan perpaduan pasir setengah kuning dan juga hitam. Hanya saja sudah banyak yang menyebutkan jika pantai ini memiliki pasir putih yang lembut. Air lautnya yang berwarna biru cerah mengundang siapapun untuk segera melakukan berbagai aktivitas menyenangkan. Kegiatan seperti berenang hingga snorkeling bisa menjadi pilihan.

Hadirnya perahu nelayan yang berjajar di pinggir pantai juga membuat pantai ini semakin menawan. Fasilitas yang terbilang lengkap membuat pengunjung semakin dimanjakan ketika liburan ke Pantai Virgin ini. Cafe cafe kecil yang berderet bisa menjadi tujuan anda untuk kulineran. Dengan atraksi yang lengkap wajar jika pantai ini menjadi salah satu primadona.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Bukit Asah No.Desa, Adat Bugbug, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali.

4. Pantai Amed

Pantai Amed
Photo by Google Maps Efendi Slamet

Pantai Amed juga tak kalah kondang dengan pantai lainnya dan sangat cocok untuk anda kunjungi ketika berada di Bali Timur. Pantai ini memiliki karakter yang berbeda dibandingkan pantai lainnya, yakni pesisir pantainya lebih luas dan berkoral. Pasirnya pun tidaklah berwarna putih, melainkan memiliki pasir berwarna hitam yang eksotis.

Warna pasir ini bukanlah tanpa sebab, karena ternyata kawasan pantai Amed merupakan penghasil garam. Anda yang menghabiskan waktu di Pantai Amed bisa bersantai di garis pantainya yang tenang dan nyaman. Hembusan angin khas pantai dan deburan ombak akan menjadi pengobat yang begitu mujarab. Berbagai kegiatan yang menarik juga bisa anda lakukan di pantai ini.

Kegiatan tersebut meliputi snorkeling maupun diving untuk mengintip keindahan bawah lautnya yang luar biasa. Terumbu karang yang berwarna warni dengan berbagai ikan yang berenang bebas akan membuat anda terpesona. Inilah mengapa Pantai Amed populer di kalangan wisatawan. Belum lagi keindahan sunrise dan sunsetnya yang luar biasa cantik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Amed, Kec. Abang, Kab. Karangasem, Bali.

5. Pantai Jasri

Pantai Jasri
Photo by Google Maps Fiona Sullivan

Seperti nama lokasi Desanya, nama pantai yang bisa anda kunjungi berikutnya adalah Pantai Jasri. Bagi beberapa orang mungkin nama pantai ini masih terdengar asing. Padahal pantai ini sebenarnya merupakan salah satu lokasi pengambilan gambar film Eat, Pray and Love yang diperankan Julia Robert. Sehingga wajar jika masuk jajaran pantai populer di Karangasem Bali.

Fakta menarik lainnya, pantai ini juga terbagi akan tiga bagian yaitu pantai dalam jasri, pantai menteng juga pantai jasri timur. Ketiganya tentunya memiliki pesona yang berbeda dan keunikan tersendiri. Seperti bagian timur misalnya yang paling mudah diakses dan banyak dilakukan ritual keagamaan. Pantai Jasri ini secara garis besar memiliki pasir hitam yang menawan.

Melangkah ke bagian Menteng, anda akan menemukan pantai yang banyak nelayan sehingga bibir pantainya di penuhi perahu perahu yang bersandar. Untuk bagian pantai Dalem Jasri sangat cocok bagi anda yang memiliki hobi surfing. Lantaran pantai satu ini memiliki ombak yang terbilang tinggi. Keindahan bawah laut semua bagian pantai ini juga menarik diselami.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Subagan, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali.

6. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih
Photo by Google Maps Christoph Müller

Jika masih belum puas menjelajah bahari Karangasem, anda bisa menjadikan Pantai Pasir Putih sebagai tujuan. Pantai ini masuk dalam jajaran pantai paling indah di Bali. Memang lokasinya cukup jauh dari pusat kota Bali, tetapi semuanya akan terbayar lunas dengan pesonanya. Pantainya yang masih bersih dan terjaga menjadi daya tarik tersendiri.

Seperti namanya, pantai ini memang memiliki hamparan pasir putih lembut. Walaupun lokasinya cukup jauh, tetapi pantai ini telah memiliki fasilitas memadai. Pengunjung tak hanya dimanjakan oleh panoramanya tetapi juga fasilitas. Warung warung berjejer di pinggir pantai dengan payung payung yang bisa dijadikan sebagai tempat berjemur.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sengkidu, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali.

7. Pantai Candidasa

Pantai Candidasa
Photo by Instagram Emma | Travel Blogger

Kabupaten Karangasem juga masih memiliki pantai cantik yang tak kalah menarik untuk ditelusuri. Pantai Candidasa sangat berdekatan dengan spot spot wisata yang ada di kawasan Candidasa. Membuat wisatawan akan sangat mudah untuk menjangkau pantai ini. Pantai ini memiliki deretan dataran kecil yang berbentuk bukit di tengah lautannya.

Terdiri dari Gili Biaha, Gili Tepekong dan Gili Mimpang yang membuat pantai ini semakin unik. Untuk anda yang ingin mengintip bawah lautnya, Gili Biaha adalah spot yang tepat. Pulau yang paling besar ini memang menawarkan bawah laut yang sangat menawan. Tidak hanya memanjakan mata, pantai ini juga akan memanjakan lidah anda karena ada banyak restoran yang tersedia.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Candi Dasa, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali.

8. Pantai Blue Lagoon

Pantai Blue Lagoon
Photo by Google Maps Julien Chabe

Lokasinya yang berada di sebuah teluk, menjadikan Pantai Blue Lagoon dikaruniai dengan air laut yang begitu tenang dan juga jernih. Menjadikan anda yang belum puas snorkeling bisa singgah untuk merasakan pengalaman seru di pantai ini. Berada di balik bukit, suasananya yang asri dan tenang akan langsung menyambut anda ketika menginjakkan kaki di pantai ini.

Akses menuju wisata bahari satu ini juga sudah memadai dan mudah dijangkau. Anda harus menuruni puluhan anak tangga terlebih dahulu untuk sampai di bibir pantainya. Hamparan pasir putih dan juga lautan biru yang luas. Suasananya yang tenang sangat cocok untuk anda yang ingin bulan madu atau bersantai bersama sahabat. Apalagi panoramanya juga sangat mempesona.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padangbai, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali.

9. Pantai Padangbai

Pantai Padangbai
Photo by Google Maps Julian El Sanjaya

Pantai cantik yang bisa jadi alternatif adalah Pantai Padangbai. Pantai ini tak kalah indah dengan pantai lainnya di kabupaten ini. Pantai satu ini memiliki laut bersih dan juga pasir putih yang terbentang luas. Bebatuan karang turut memperindah pantai ini dan membuat airnya tenang. Sehingga anda bisa diving maupun snorkeling dengan bebas di kawasan Pantai Padang Bai ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padangbai, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali.

10. Pantai Labuhan Amuk

Pantai Labuhan Amuk
Photo by Google Maps Fajar Maulana

Pantai Labuhan Amuk juga tak boleh dilewatkan saat anda sedang menjelajah Karangasem, Bali. Pantai yang berada di teluk dengan nama Amuk Bay ini surganya bermain watersport. Hal ini karena lautnya memiliki ombak yang tenang bahkan terbilang tidak memiliki ombak. Walaupun tidak memiliki pasir putih, tetapi pasir coklat keabuannya membuatnya berbeda.

Labuhan Amuk sangat cocok untuk anda yang ingin menantang adrenalin saat di kawasan Bali Timur. Berbagai permainan bisa anda coba, mulai dari banana boat hingga lainnya. Menariknya terdapat wisata kapal selam yang dikenal Odyssey Submarine Bali. Anda akan diajak menyelam pada kedalaman 35 meter untuk mengintip kehidupan bawah laut yang indah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Antiga, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali.

Itulah beberapa pantai cantik di Karangasem yang bisa anda jelajahi ketika liburan di Pulau Dewata. Deretan pantai tersebut akan mampu memberikan pengalaman yang berbeda dan luar biasa. Mengingat setiap pantainya selalu memiliki keunikan tersendiri. Pastikan untuk menjadi wisatawan yang bijak dengan tidak sembarangan membuang sampah atau merusak lingkungannya.