Pantai Jasri salah satu wisata pantai yang cantik dan favorit di Karangasem, Pulau Bali. Pantai yang masih alami dan dekat Kota Amlapura cocok dijelajahi saat liburan dan akhir pekan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Subagan, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali.

Pulau Bali memang tidak akan pernah berhenti membuat siapapun berdecak kagum dengan segenap keindahan di dalamnya. Seluruh kawasan di sana hampir selalu ada saja objek yang bisa menjadi destinasi yang rugi jika tidak dikunjungi. Pada kawasan timur pulau tersebut juga terdapat sebuah objek wisata yakni Pantai Jasri yang membuat pengunjungnya terpesona.

Pantai yang berada di jajaran pesisir bagian timur Bali tersebut mempunyai beberapa keunikan yang membuatnya berbeda dari kebanyakan objek wisata di sana. Bentang alam di sana begitu lengkap menghiasi setiap inci dari pantai pasir hitam di daerah Karangasem tersebut. Ombak di sana juga deras menambah suasana yang begitu syahdu.

Terpaan angin laut yang hilir mudik di sekitar kawasan pantai juga dapat membuat siapapun akan berbecak kagum. Panorama yang tersaji juga begitu indah cocok dengan birunya langit yang dihiasi dengan awan-awan putih yang membuatnya semakin indah.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Jasri

Daya Tarik Pantai Jasri
Image Credit: Google Maps (Sandika Kartika)

1. Pasir Hitam yang Menawan

Ini merupakan daya tarik yang paling awal akan dilihat oleh para pengunjung. Ciri khas dari pantai tersebut memang pasirnya berwarna hitam pekat namun tidak membuatnya nampak kumuh ataupun buruk. Meskipun pasirnya berwarna demikian, namun kebersihan di sana dijaga dengan baik oleh para petugas.

Itulah sebabnya para wisatawan yang hadir akan tetap betah untuk berlama-lama menikmati segala sesuatu di sana. Justru, dengan warna pasir yang demikian membuat penampakan menjadi lebih eksotik. Pasir tersebut juga bisa digunakan untuk bermain-main seperti halnya tempat wisata di tempat lain yang serupa.

2. Bebatuan di Bibir Pantai

Batu-batu yang terhampar tepat di perbatasan antara air dan juga daratan menjadi salah satu ciri khas dari Pantai Jasri tersebut. Hal inilah yang membedakannya dari berbagai objek wisata lain di Pulau Dewata. Keberadaannya membuat penampakan pantai secara keseluruhan menjadi lebih indah dan juga nampak serasi berpadu dengan unsur-unsur di sekitarnya.

Tidak hanya membuat lokasi tersebut menjadi semakin elok, ternyata bebatuan tersebut memiliki fungsi lebih dari pada itu. Karena letaknya yang berada tepat di mulut pantai, maka kumpulan batu itu bisa mencegah pantai dari abrasi air laut. Hal tersebut yang membuat tempat wisata pesisir timur Bali itu terjaga keasliannya dan tidak mudah rusak oleh terpaan air yang menerjanginya.

3. Ombaknya yang Ramah

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Jasri
Image Credit: Google Maps (Ida Made A Budhaya)

Lain halnya dengan pantai-pantai di lokasi berbeda, air laut yang menghampiri pantai tersebut tidak terlalu tinggi. Ombak tersebut membuat destinasi ini ramah bagi berbagai kalangan. Meskipun bagi para peselancar hal tersebut menjadikan mereka tidak bisa dengan leluasa mengeksplorasi pantai, namun mereka tetap saja bisa melakukan aktivitas surfing di sana.

Bagi pengunjung lain hal ini membuat mereka merasa aman terutama bagi anak kecil. Kondisi tersebut juga membuat lokasi itu kerap kali diadakan beberapa upacara keagamaan Hindu. Dengan ombak yang tidak begitu besar, maka berbagai kegiatan menjadi aman untuk diadakan.

4. Air Laut yang Jernih

Lautan yang ada di pantai tersebut cukup bening dan nampak jernih dilihat oleh mata. Karena kondisinya yang relatif masih sepi, hal tersebut membuatnya belum memiliki banyak polusi ataupun sampah-sampah yang mengotorinya. Air di sana juga terbilang sangat jernih dan bisa dipakai untuk bermain-main pengunjung yang hadir.

5. Pemandangan Gunung Agung

Dari lokasi wisata ini, pengunjung bisa secara langsung melihat gunung legendaris yang ada di pulau tersebut. Jarak antara pantai dengan gunung memang tidak terlalu jauh, hanya terpisah beberapa kilometer saja. Pemandangan dari sisi samping pantai menjadi semakin indah karena adanya bentangan alam yang satu ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Jasri

Lokasi Pantai Jasri
Image Credit: Google Maps (Dewi Suhendri)

Lokasi objek wisata bahari yang elok tersebut berada di Kabupaten Karangasem. Letaknya masih berada di pulau utama provinsi tersebut, tepatnya di daerah Subagan. Nama desa yang ada di sekitarnya sama dengan nama tempat wisata tersebut. Jaraknya dengan beberapa titik penting di pulau tersebut juga tidak terpaut jauh.

Panjangnya jarak antara tempat ini dengan jantung provinsi, yakni Denpasar, terpaut lebih dari 60 kilometer. Jika ingin melakukan perjalanan dari titik tersebut ke destinasi ini hanya perlu waktu hampir dua jam. Keberadaannya tepat di salah satu titik sepanjang jalan menuju Kota Denpasar jika berasal dari timur ataupun Pulau Jawa.

Letaknya cukup dekat dengan salah satu tempat wisata yang terkenal, yakni Taman Ujung Karangasem. Jarak yang wajib ditempuh antara keduanya yakni kurang lebih 5 kilometer. Jika ingin meraih tempat tersebut, bisa melalui berbagai arah.

Kalau pengunjung berasal dari luar negeri, maka tentunya harus berasal dari Bandara Internasional di provinsi tersebut, yakni Ngurah Rai. Perjalanan menuju pantai tersebut dari tempat ini ditempuh sekitar dua jam. Pengunjung harus melewati Jalan Tol yang ada di daerah Bali Mandara menuju ke arah salah satu objek wisata alam, yaitu Goa Lawah.

Perjalanan dilanjutkan lagi ke arah kecamatan Manggis. Tetap berjalan terus hingga melewati pantai-pantai yang ada di sekitar sana. Jika sudah ada di area Candidasa, tetap lurus sampai mendapati sebuah pertigaan yang terdapat patung seorang perempuan yang sedang membawa buah-buahan, yakni salak. Cara membawanya yaitu dengan dipanggul.

Jika sudah sampai di persimpangan jalan tersebut, ambil jalur kanan dan lurus terus sampai ke destinasi tersebut. Walaupun jarak yang harus ditempuh cukup jauh, namun wisatawan bisa saja singgah ke semua tempat-tempat wisata yang sejak tadi dilewati. Hal ini memang bisa membuat lelah namun sepadan dengan apa yang akan didapatkan kelak.

Untuk dapat menikmati segala sesuatu yang ada di objek tersebut, wisatawan harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk mendapatkan akses. Tidak perlu risau, karena jumlah biaya tersebut hanya sebesar kurang lebih Rp 10.000 saja.

Kalau pengunjung ingin merasakan berbagai hal seperi mengeksplorasi keelokan panorama bawah air, maka harus mengeluarkan kocek tambahan. Hal serupa juga berlaku kalau wisatawan hendak memancing ikan di sekitar pantai. Tidak perlu khawatir, karena semua itu tidak perlu biaya yang tinggi hingga menguras isi dompet pribadi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Jasri

Aktivitas di Pantai Jasri
Image Credit: Google Maps (Purwono 2303)

1. Berenang

Ini menjadi salah satu aktivitas wajib manakala mengunjungi sebuah destinasi wisata bahari, termasuk pantai yang satu ini. Dengan ombaknya yang tidak terlalu besar, maka bermain-main air di sana menjadi tidak terlalu berbahaya. Kondisi air yang jernih serta menyegarkan membuat kegiatan ini menjadi lebih menarik lagi untuk dilakukan.

2. Memancing

Terdapat beberapa jenis ikan yang hidup di sekitar pantai pasir hitam itu. Oleh sebab itu, sangat disayangkan jika mengunjunginya tidak melakukan perburuan hewan air ini. Ada beberapa perahu dari warga sekitar yang bisa disewa menuju ke beberapa jangka saja dari tepian pantai untuk memulai aktivitas ini.

3. Scuba Diving

Ternyata keelokan alam di sana tidak hanya tersajikan di atas permukaan air saja. Namun, bagian dalam air menyimpan beberapa keunikan pahatan alam tersendiri. Oleh karena itulah, pengunjung wajib untuk menjajal aktivitas penyelaman. Hal itu dapat membuat pengalaman berwisata menjadi semakin tak terlupakan.

4. Berburu Foto

Dengan panorama yang disajikan pada destinasi tersebut, tentu sangat amat rugi jika tidak diabadikan dengan mengambil beberapa potret gambar baik dari ponsel pribadi ataupun kamera yang sudah disiapkan. Pemandangan khas pantai yang dihiasi dengan vegetasi yang bervariasi serta kenampakan Gunung Agung membuatnya sangat sempurna.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Jasri

Penginapan Murah Pantai Jasri
Image Credit: Booking.com

1. Aashaya Jasri Resort

Penginapan kelas atas ini berada tidak jauh dari lokasi wisata Pantai Jasri. Dengan biaya kurang lebih satu juta, maka pengunjung bisa tinggal semalam di tempat ini. Berbagai fasilitas bisa dinikmati seperti restoran, kolam renang, dan juga wifi. Area parkir cukup luas untuk menampung kendaraan pengunjung.

2. Kangkung Cottages Karangasem

Biaya menginap di sana cukup murah, hanya beberapa ratus ribu saja. Dengan biaya tersebut, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yakni kolam renang, AC, restoran, wifi, da nada area parkir yang cukup luas.

3. Sindy River Side

Vila ini terletak beberapa kilometer dari pantai. Namun, dengan biaya inap yang murah, yakni sebesar setengah juta saja, maka pengunjung bisa menikmati fasilitas seperti AC, televisi, wifi, dan lainnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Jasri Karangasem

Fasilitas Pantai Jasri Karangasem
Image Credit: Google Maps (Dewi Suhendri)

Wisatawan bisa menikmati berbagai fasilitas yang disiapkan oleh pihak pengelola. Jika menggunakan kendaraan pribadi, maka tersedia lahan parkir yang cukup luas. Selain itu, ada banyak bilik toilet yang bisa digunakan.

Warung-warung yang menjual makanan juga ada banyak di sekitar pantai, sama seperti penyewaan alat-alat wisata untuk diving ataupun perahu menuju ke arah laut.

Itulah penjelasan lengkap mengenai objek wisata Pantai Jasri yang ada di Pulau Seribu Pura tersebut. Mengunjunginya maka dapat menemukan sisi lain dari pesisir pantai di provinsi tersebut. Oleh sebab itu, menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan berwisata di Bali adalah salah satu hal yang bagus untuk dilakukan.