Pantai Gunung Payung salah satu objek wisata yang tersembunyi di Kuta Selatan Badung, Bali. Pantai pasir putih ini memiliki pesona bawah laut yang indah, panorama tebing dan pemandangan yang masih alami.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kutuh, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

Bali selalu berhasil menghipnotis para wisatawan domestik dan mancanegara untuk selalu datang berkunjung lagi dan lagi. Beragam wisatanya selalu memberikan kesan manis sehingga menciptakan kenangan yang tak terlupakan di hati wisatawan. Salah satu surga wisata tersembunyi di Bali yang berhasil memikat hati wisatawan yang datang adalah Pantai Gunung Payung.

Meskipun belum populer di telinga banyak wisatawan, namun pantai ini tidak pernah terlihat sepi. Karena kealamiannya yang masih sangat terjaga, pantai tersebut menawarkan pesona keindahan alam yang tiada duanya. Suasana yang diciptakan pun lebih tenang dengan nuansa alami sehingga wisatawan yang membutuhkan ketenangan saat berlibur sangat tepat berkunjung ke pantai satu ini.

Pantai tersebut memang belum setenar pantai Kuta, Sanur, hingga Tanah Lot yang menjadi destinasi wisata utama di kalangan wisatawan. Tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi ‘hidden paradise’ ini supaya mendapatkan pengalaman baru yang belum pernah ditemui sebelumnya. Meskipun lokasinya tersembunyi, namun semakin hari selalu dilakukan pembangunan fasilitas.

Daya Tarik Wisata Pantai Gunung Payung

Daya Tarik Pantai Gunung Payung
Image Credit: Google Maps (Guz Aryan)

Wisatawan yang tidak suka berkunjung ke objek wisata pantai dengan suasana riuh dan terlalu ramai, Gunung Payung ini bisa menjadi opsi yang tepat. Namanya belum begitu tenar seperti pantai-pantai populer yang ada di Bali. Dengan suasana yang lebih sepi, tetap ada wisatawan yang berkunjung kesini karena beberapa daya tarik yang dimiliki oleh pantai tersebut, antara lain :

1. Memiliki Nama yang Unik

Private beach ini memiliki nama yang unik, Gunung Payung. Namun, bukan berarti objek wisata ini terletak di tengah gunung maupun banyak payungnya. Akan tetapi, nama yang disematkan pada pantai tersebut diambil dari nama pura yang lokasinya berada di dekat pantai. Nama pura tersebut adalah Pura Dhang Kahyanga Gunung Payung.

2. Disebut Sebagai ‘Hidden Paradise’

Pantai ini disebut-sebut sebagai ‘hidden paradise’ karena lokasinya yang tersembunyi di balik tebing, sangat berbeda dengan pantai lainnya yang sudah popular sejak lama di Bali yang sangat mudah dijangkau lokasinya. Dengan lokasi yang tersembunyi seperti itu, maka nuansa dan suasana yang ditawarkan pun juga memiliki perbedaan yang mencolok.

Tebing-tebing tinggi yang berada di sekitar pantai seolah mengisolasi objek wisata ini sehingga kesan yang ditampilkan benar-benar tersembunyi. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Gunung Payung terasa lebih lega karena pantai tersebut memberikan ruang yang lebih leluasa untuk lebih berdamai dengan alam dan menyepi menghilangkan penat maupun beban pikiran.

Daya Tarik Gunung Payung
Iamge Credit: Google Maps (Argo SATRIA)

3. Lokasi Tepat untuk Honeymoon

Wisatawan domestik maupun mancanegara yang baru saja menikah maupun ingin menikmati suasana romantis berdua untuk pasangan yang sudah lama menikah sangat direkomendasikan untuk menghabiskan waktu berlibur di pantai satu ini. Jauh dari hiruk pikuk kota, pantai ini sangat ideal untuk mereka yang ingin menikmati honeymoon lebih puas.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai Gunung Payung

Alamat Pantai Gunung Payung
Image Credit: Google Maps (Bambang Priyo Cahyono)

Lokasi pantai berada di Desa Kutuh. Jika ditempuh dari Bandara Ngurah Rai, lokasinya cukup jauh karena harus menempuh perjalanan sejauh 18,2 km atau jika dihitung maka perjalanan yang ditempuh menuju ke lokasi akan memakan waktu selama kurang lebih 35 menit. Berada di daerah Kuta Selatan, Bali, pantai ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Di area Kuta banyak sekali jasa penyewaan kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain itu, Anda juga bisa menyewa jasa tour and travel sehingga beberapa lokasi wisata dapat dikunjungi dalam 3-4 hari sekaligus, tentunya dengan ketentuan atau peraturan waktu dari jasa tour and travel yang dipilih. Sehingga wisatawan dapat memilih salah satu jasa tour and travel yang terbaik.

Wisatawan yang pernah berkunjung ke Pantai Gunung Payung mengatakan bahwa pantai tersebut letaknya dekat dengan beberapa wisata pantai yang berada di sebelah selatan Bali seperti Pantai Pandawa. Perjalanan ke arah pantai akan melewati icon terkenal di Bali yakni Patung Garuda Wisnu Kencana. Dari pertigaan menuju Pantai Pandawa, ada petunjuk ke Pura Gunung Payung.

Di sepanjang perjalanan, wisatawan melewati jalanan aspal. Namun, setelah dekat dengan pantai, jalanan masih berupa jalanan kapur dengan pemandangan beberapa pohon berukuran kecil dan hamparan rerumputan liar di bagian kanan jalan. Angin yang berhembus sepoi-sepoi seakan membuat

Wisatawan dapat mengikuti petunjuk tersebut hingga sampai area parkir pantai. Dari area parkir, wisatawan harus melewati jalan setapak atau menuruni anak tangga dengan berjalan kaki. Pastikan kondisi badan sedang fit karena anak tangga yang harus dituruni adalah sekitar 300 anak tangga. Jalan setapak yang bisa dilewati sedikit terjal dan membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Gunung Payung

Harga Tiket Pantai Gunung Payung
Image Credit: Google Maps (Kurosukhii Sky)

Harga tiket masuk kawasan wisata pantai ini sangatlah terjangkau. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan motor akan dikenakan biaya parkir Rp 2.000, sedangkan biaya parkir kendaraan mobil dikenakan biaya parkir Rp 5.000.

Untuk masuk ke wisata pantai, wisatawan baik domestik maupun mancanegara akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 4.000 per orang. Biaya ini tentu sangatlah terjangkau mengingat pemandangan yang ditawarkan sangat mempesona.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Gunung Payung

Aktivitas Seru di Pantai Gunung Payung
Image Credit: Google Maps (Suyanto Sindudarmo)

1. Bermain Surfing

Pantai satu ini ramai dikunjungi wisatawan yang hobi berselancar. Mayoritas wisatawan yang bermain surfing disana adalah wisatawan mancanegara. Ombak pantai yang besar seolah menantang wisatawan untuk bisa menaklukannya. Sehingga tidak mengherankan jika pantai tersebut dianggap sebagai surga bagi para peselancar.

2. Mengunjungi Night Club

Jika Anda ingin menikmati keindahan night club di Pantai Gunung Payung, Anda bisa mendapatkannya di dalam Gunung Payung Cultural Park. Masyarakat yang tinggal di dekat pantai biasanya mengadakan acara yang bertema tradisional di malam hari. Sehingga wisatawan yang berkunjung ke pantai juga dapat menikmati sajian acara night club tersebut.

Aktivitas di Pantai Gunung Payung
Image Credit: Google Maps (Hepimomen Traveling)

3. Berenang

Pantainya yang landai menjadikan tempat favorit wisatawan yang hobi berenang. Namun, harus tetap berhati-hati dengan ombak yang besar supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Meskipun tergolong aman untuk berenang, tetap saja wisatawan yang belum lancar berenang harus didampingi oleh orang yang sudah professional.

4. Mengunjungi Gunung Payung Cultural Park

Di area pantai terdapat wahana berupa Gunung Payung Cultural park yang berisikan banyak rumah adat Bali. Rumah adat tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung karena dibangun dengan sangat bagus. Ada beberapa kegiatan spiritual yang bisa diikuti oleh wisatawan, salah satunya adalah kegiatan yoga.

Ada juga goa yang mulutnya menganga lebar yang bisa dilihat secara langsung oleh wisatawan di kawasan Pantai Gunung Payung. Terdapat pula taman yang ditata dengan sangat apik berisikan monyet-monyet serta berbagai tumbuhan yang bervariasi. Di Gunung Payung Cultural Park juga kerap diadakan berbagai pertunjukan tradisional yang menarik.

5. Bermain Paragliding

Wisatawan juga bisa melakukan olahraga paraglidig karena di kawasan pantai tersebut banyak tempat penyewaan olahraga paraglidig. Bagi wisatawan yang belum mahir melakukan olahraga ini, tidak perlu khawatir karena semua peserta akan didampingi oleh tenaga yang ahli di bidangnya sehingga wisatawan akan mendapat pengalaman baru.

Tempat penyewaan olahraga paraglidig yang paling dekat adalah Paraglidig Bali dan Bali Paraglidig Tandem. Olahraga ini akan mengajak wisatawan untuk menyaksikan keindahan pantai dari ketinggian. Oleh karena itu, bagi wisatawan yang takut ketinggian tidak direkomendasikan untuk mencoba wahana ini.

Penginapan Murah Terdekat Lokasi Gunung Payung

Penginapan Gunung Payung
Image Credit: Agoda.com

1. Nusa Dua Beach Villa

Vila bintang 4 ini berlokasi di jalan Sawangan. Lokasi penginapan cukup dekat dengan Pantai Gunung Payung, hanya berjarak sekitar 903 m saja. Fasilitasnya sangat lengkap, seperti wifi gratis, salon kecantikan, kolam renang anak dan dewasa, layanan massage, dan lain sebagainya.

2. The Asmara Nusa Dua

Letak hotel bintang 4 ini berada sekitar 866 m dari lokasi pantai. Berada di jalan nusa dua selatan, hotel tersebut menawarkan fasilitas lengkap seperti restoran, kolam renang, resepsionis 24 jam, dan lain sebagainya. Letaknya yang tidak jauh dari pantai membuatnya cocok dijadikan referensi menginap.

3. Kampi Villas by Premier Hospitality Area

Lokasi vila bintang 4 ini berada di jalan raya nusa dua selatan. Fasilitas yang ditawarkan termasuk lengkap, seperti wifi, area parkir, restoran, kolam renang, dan lain-lain. Jarak dengan pantai hanya sekitar 885 m saja.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Gunung Payung

Fasilitas di Pantai Gunung Payung
Image Credit: Google Maps (Harry Dass)

Meskipun sepi, sudah ada beberapa fasilitas di kawasan pantai seperti toilet, area parkir, wahana Gunung Payung Cultural Park dan penyewaan Paragliding. Untuk Anda yang butuh memuaskan perut, di pantai ini juga sudah tersedia warung-warung kecil yang menawarkan hidangan yang lezat.

Dengan mengetahui berbagai informasi mengenai Pantai Gunung Payung di Bali, maka Anda dapat mencoba mengunjunginya jika ingin menikmati nuansa alami pantai yang jauh dari hiruk pikuk kota sembari menenangkan diri dari segala penat akan rutinitas sehari-hari yang menjenuhkan.