Pantai Greenbowl salah satu objek wisata pantai yang tersembunyi di Ungasan, Badung, Bali. Pantai pasir putih ini menjadi destinasi favorit para peselancar dan memiliki goa yang menawan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Greenbowl, Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

Kecantikan dari pantai yang berada di Pulau Dewata sudah tak diragukan lagi karena sudah banyak didatangi dan menjadi favorit bagi turis internasional. Terdapat salah satu pantai yang tersembunyi dengan potensi besar, pantai yang dimaksud yaitu Pantai Greenbowl. Pantai ini merupakan sisi lain dari pantai yang biasa Anda jumpai di Bali.

Greenbowl lebih dikenal oleh beberapa orang sebagai Bali Cliff atau juga Hidden Beach Unggasan. Tentu ada alasan yang membuat pantai ini dikenal dengan sebutan itu. Dulunya terdapat hotel bernama Bali Cliff di atas tebing inilah alasan pantai dikenal dengan nama Bali Cliff.

Karena pantai ini berada di desa unggasan dan letaknya yang tersembunyi dikenal dengan nama Hidden Beach Unggasan. Alasan mengapa pantai ini dinamai sebagai Pantai Greenbowl karena saat air laut surut maka akan terlihat batuan karang tertutupi lumut dan nampak seperti mangkuk. Hal ini merupakan ikon atau ciri khas dari pantai ini selain pemandangan cantiknya pantai.

Daya Tarik Wisata Pantai Greenbowl

Daya Tarik Pantai Greenbowl
Image Credit: Google Maps (Hana Svebisova)

Sebagai destinasi pantai tersembunyi pastinya memiliki banyak daya tarik cantik yang jarang diketahui oleh pengunjung. Memiliki potensi besar untuk bisa semakin dikenal oleh banyak pengunjung dan dikenal dunia internasional.

1. Suasana Pantai yang Tersembunyi

Pantai ini terletak di lokasi yang sedikit sulit untuk diakses dan tersembunyi menjadikan pantai ini jarang didatangi oleh pengunjung. Justru dengan berada di lokasi tersembunyi menjadikannya memiliki sebuah daya tarik yang jarang diketahui wisatawan.

2. Terdapat Goa yang Menarik Dijelajahi

Di sekitar pantai ini terdapat goa-goa yang memiliki ukuran mulut goa cukup besar sehingga manusia dapat masuk dan mengeksplorenya. Namun Anda juga harus berhati-hati dengan kawanan kelelawar yang tinggal disitu, jika pengunjung tidak mengganggu kelelawar maka kawanan hewan ini juga tidak akan menyerang.

Goa ini memiliki arti penting bagi warga sekitar karena biasanya penduduk melakukan ritual bulan purnama di beberapa goa yang ada di sekitaran pantai. Anda harus berhati-hati saat akan masuk ke goa karena biasanya terdapat sesajen.

3. Keunikan Pantai Berbentuk Mangkuk

Keunikan Pantai Greenbowl adalah saat air laut surut Anda dapat melihat sebuah batu karang yang ditumbuhi lumut hijau yang membentuk seperti mangkok hijau. Hal ini yang menjadikan pantai ini diberi nama greenbowl selain itu birunya warna laut dari pantai ini juga menjadi daya tarik utama.

Daya Tarik Pantai
Image Credit: Facebook.com @telusuriindonesia

4. Ombak yang Cocok untuk Berselancar

Sudah tak heran lagi jika sebagian besar pantai di Bali memiliki ombak yang cocok sebagai tempat surfing. Salah satu tujuan turis yang datang kesini memang untuk merasakan dan menaklukan ombak yang ada di pantai ini.

Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan menawan untuk para peselancar hingga membuat mereka rela datang kesini dengan menuruni ratusan anak tangga dan membawa papan selancarnya. Sebaiknya untuk Anda yang memang datang dengan tujuan surfing waktu terbaiknya adalah mulai pagi hari hingga jam 3 sore. Karena saat menjelang senja dan malam hari air laut akan surut.

5. Dianggap Mirip dengan Pantai Pandawa

Karena memiliki pasir putih dan warna laut birunya yang cantik beberapa pengunjung yang datang sering mengatakan jika pantai ini mirip dengan pantai pandawa di desa Kutuh, Bali.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Greenbowl

Alamat Pantai Greenbowl
Image Credit: Google Maps (Анастасия Мартынова)

Berada di sebelah selatan pulau Bali atau lokasi tepatnya di Kabupaten Badung, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan. Untuk akses ke area pantai Anda harus menuruni banyak anak tangga yang curam dan melewati daerah hutan yang biasanya terdapat monyet-monyet liar yang bisa mengganggu. Jadi saat Anda kesini harus memiliki kondisi tubuh fit dan selalu jaga barang bawaan.

Salah satu rute ke sini adalah dengan menuju ke Pura Uluwatu sampai melewati lokasi Wisata Garuda Wisnu Kencana. Dari sini Anda belok ke Jalan Bali Cliff ikuti jalan ini sampai kurang lebih 3km Anda akan menjumpai petunjuk arah ke Pantai Bali Cliff atau Pantai Greenbowl.

Setelah mengikuti petunjuk yang mengarah ke pantai Bali Cliff Anda akan menjumpai gerbang bekas dari Bali Cliff Hotel lokasi pantai berada tak jauh dari sini. Atau untuk lebih mudahnya dapat melihat lokasi pantai ini melalui Google Maps

Untuk masuk ke destinasi wisata ini Anda harus membayar biaya sekitar Rp 5.000, sangat terjangkau bukan untuk sebuah destinasi yang memiliki keindahan pantai eksotis seperti ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Greenbowl

Aktivitas di Pantai Greenbowl
Image Credit: Google Maps (Pajiju Pajiji)

1. Berselancar

Untuk para peselancar Anda wajib datang ke tempat ini, banyak pengunjung yang sengaja datang karena tertantang untuk menaklukan ombak yang besar dan menawan di sini. Ombak yang besar memang menjadi salah satu daya tarik utama dari pantai ini selain keindahan pantainya.

2. Menjelajah Goa di Sekitar Pantai

Saat berkunjung ke Pantai Greenbowl Anda pastinya akan menjumpai banyak goa-goa yang terdapat di sekitaran pantai. Beberapa dari goa itu memiliki ukuran mulut goa yang cukup besar sehingga memungkinkan manusia masuk dan mengeksplore isi goa.

Namun, Anda harus berhati-hati dan menjaga tingkah laku karena beberapa goa biasanya digunakan umat Hindu untuk melakukan ritual keagamaan pada saat bulan purnama. Anda sebagai pengunjung yang datang harus menghormati kepercayaan penduduk dan jangan menimbulkan kemarahan penduduk.

3. Bermain Air di Tepi Pantai

Untuk Anda yang ingin datang hanya untuk sekedar berlibur dan tak bisa olahraga surfing Anda dapat bermain air atau berenang di tepian pantai. Untuk Anda yang datang bersama teman atau sahabat kegiatan ini dapat dilakukan untuk mengisi waktu berlibur.

Terkadang saat beruntung Anda dapat menjumpai beberapa ikan kecil dan hewan laut yang berenang ke tepi atau bersembunyi di batuan karang.

Aktivitas Menarik di Pantai Greenbowl
Image Credit: Twitter.com @ninu_69

4. Bersantai Menikmati Keindahan Pantai

Berada di lokasi yang tersembunyi dan jarang didatangi pengunjung menjadikan tempat ini tenang sehingga cocok untuk Anda yang menginginkan pantai untuk bersantai. Di tempat ini Anda dapat menghabiskan waktu sepanjang hari dengan bersantai dan menikmati indahnya pesona cantik birunya warna laut sejauh mata memandang.

Pantai ini menjadi salah satu rekomendasi pantai dengan suasana tenang cocok untuk pengunjung yang menginginkan suasana jauh dari kebisingan perkotaan dan keramaian. Pantai ini juga merupakan sisi lain dari pantai di Bali yang biasanya ramai akan gerombolan orang.

5. Mengabadikan Momen

Sembari bersantai atau melakukan kegiatan lainnya Anda juga dapat mengabadikan momen saat berada disini. Pastinya saat berkunjung kesini Anda akan senang dan takjub dengan keindahan alamnya, keindahan itu juga dapat menjadi background foto.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Greenbowl

Penginapan di Pantai Greenbowl
Image Credit: Booking.com

1. Green Bowl Beach Villa

Tempat penginapan satu ini berada tak jauh dari Pantai Greenbowl memiliki jarang kurang lebih sekitar 843m dari pantai. Menjadikan para pengunjung yang menginap disini akan dapat dengan mudah datang ke pantai. Tempat ini mematok harga yang cukup terjangkau untuk sebuah penginapan di Bali dan dekat dengan destinasi wisata.

Dengan biaya sekitar Rp 750.000 Anda akan mendapatkan fasilitas seperti layanan pijat, jacuzzi, surfing, snorkeling, antar jemput bandara dan masih banyak lagi lainnya.

2. Green Beach Bali Homestay

Dengan jarak sekitar kurang lebih 1,19 km menjadikan salah satu tempat penginapan pilihan yang banyak dipesan pengunjung. Sebagian pengunjung yang menginap merasa puas dengan pelayanan disini, karena dengan harga sekitar Rp 500.000 sudah banyak fasilitas yang diberikan.

Penginapan ini memiliki harga yang relatif murah dengan fasilitas yang banyak dan memudahkan pengunjung. Berada dekat dengan fasilitas publik seperti atm, supermarket dan fasilitas lainnya. Selain penginapan ini juga memiliki staff multibahasa jadi dapat memudahkan pengunjung internasional yang datang kesini.

3. Jumana Bali Ungasan Resort

Penginapan ini memiliki banyak fasilitas yang ditawarkan mulai dari pusat kebugaran, pantai privat, jacuzzi, restoran show cooking dan fasilitas lainnya. Dengan fasilitas yang ditawarkan itu maka wajar saja jika penginapan ini memiliki harga yang sedikit lebih mahal dari penginapan lainnya. Penginapan ini berjarak sedikit lebih jauh yaitu 1,23km dari Pantai Greenbowl.

Memiliki kisaran harga sewa kamar sekitar 5juta-30juta memang wajar dengan begitu banyaknya fasilitas kelas atas yang ditawarkan di sini. Selain itu penginapan ini merupakan tempat menginap terbaik di daerah sini jadi sudah sewajarnya memiliki harga yang relatif tinggi.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Greenbowl Bali

Fasilitas di Pantai Greenbowl
Image Credit: Google Maps (Jo Han)

Sayangnya destinasi wisata ini masih belum didukung dengan tersedianya fasilitas umum seperti toilet dan lain-lainnya. Hanya terdapat sebuah toko kecil yang berada di atas bukit, semoga untuk kedepannya tempat ini di dukung dengan fasilitas dan perawatan yang memadai. Dengan begitu besar kemungkinan untuk destinasi ini semakin dikenal luas mengingat pantai ini memiliki potensi yang bagus.

Pantai Greenbowl di Bali dapat dikatakan sebagai hidden gems karena menyimpan sebuah keindahan yang akan membuat semua mata terpesona saat melihatnya. Jika saja pihak pemerintah lebih memerhatikan sektor pariwisata dengan baik maka bisa saja destinasi ini akan semakin dikenal. Sehingga dapat membantu perekonomian warga sekitar.