Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Saung Bambu Racik Desa, Pemongkong, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Apabila anda berniat untuk mencari sebuah destinasi wisata alam yang menenangkan, tak ada salahnya untuk berkunjung ke Pantai Teluk Ekas, Lombok Timur. Pesona wisatanya memberikan kesan tersendiri bagi setiap para pelancong yang datang. Anda akan disuguhi dengan pemandangan pantai eksotis yang tiada duanya, lengkap dengan landscape perbukitan yang memukau. Berikut ulasan lengkapnya!

Daya Tarik Wisata Pantai Ekas

Daya Tarik Wisata Pantai Ekas
Image Credit: Google Maps (Shawn Biggie)

1. Suasana Pantai yang Tenang

Salah satu daya tarik yang bisa anda temukan di pantai yang satu ini yaitu pesona alamnya yang begitu memukau. Bagaimana tidak, lokasinya yang dibalik perbukitan membuat kawasan Pantai Ekas ini menjadi tenang dan jauh dari keramaian kota. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan liburan seru di kawasan pantai eksotis ini.

2. Hasil Laut yang Melimpah

Pesona alamnya yang memukau di sini ternyata memberikan keanekaragaman biota laut yang ada di dalamnya. Ada berbagai jenis terumbu karang dan juga ikan di pantai ini. Tak heran jika banyak pengunjung yang sengaja datang untuk menikmati keindahan tersebut. Bahkan tak jarang jika hasil tangkapannya juga lezat untuk disantap untuk mengisi perut yang kosong.

3. Kondisi Pasir Keemasan dan Air Laut yang Jernih

Pergi ke pantai memang identik dengan pandangan yang menonjol dari pasir pantainya dan air laut. Di wisata pantai ini pengunjung bisa melihat keindahan alam yang begitu menakjubkan karena memiliki pasir putih dan cenderung berwarna keemasan. Faktor inilah yang membuat kenapa warna pasir di pantai ini sebagai centerpiece pantai yang indah.

Menariknya lagi, tekstur pantai bisa dikatakan cukup bagus, sehingga nyaman ketika anda memijakkan kaki tanpa sandal atau. Di sisi lain, pengunjung juga akan terpesona dengan hamparan keindahan laut yang luas ketika memandangnya dari bibir pantai. Airnya sangat jernih dan bersih, sehingga menghasilkan air laut gradasi dengan view menawan.

Daya Tarik Pantai Ekas
Image Credit: Google Maps (Thibaud Plaquet)

4. Pemandangan Perbukitan Hijau yang Eksotis

Tak hanya menawarkan pemandangan pasir putih keemasan beserta birunya laut saja. Sebab, Pantai Ekas juga dikenal memiliki pemandangan perbukitan hijau yang tidak boleh begitu saja dilewatkan. Terdapat deretan dataran tinggi di sana, sehingga memungkinkan pengunjung untuk pergi ke puncaknya dan menatap pemandangan eksotis dari ketinggian.

5. Nelayan yang Menangkap Ikan

Ada hal menarik lainnya yang bisa anda temukan dari kawasan wisata Teluk Ekas Lombok ini. Pasalnya, pengunjung bisa menyaksikan kegiatan para nelayan yang menangkap hasil ikan dari laut. Sekitar 50 pondok apung lengkap dengan sampan bersandar di sampingnya, siap menjadi tempat yang patut anda kunjungi ketika berada di pantai eksotis ini.

Apabila anda lihat secara mendetail pondok yang dibangun tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, ada beberapa hal penting yang harus anda tahu dengan adanya pondok tersebut. Sebagai informasi, pondok apung ini dibuat secara khusus untuk menangkarkan ikan kerapu dan juga udang. Inilah yang menarik yang bisa anda amati ketika berada di kawasan Pantai Ekas.

6. Keindahan Danau Air Asin

Tak jauh dari lokasi pantai, ternyata ada juga danau air asin yang memberikan daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang datang. Semakin menarik, danau tersebut dikelilingi oleh hutan tembakau atau mangrove yang begitu lebat. Hal inilah yang menjadikan alasan kenapa banyak orang betah berlama lama di kawasan pantai yang satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ekas
Image Credit: Google Maps (Bung Ichan)

Bagi anda yang tertarik berkunjung ke spot wisata Pantai Ekas ini, maka bisa langsung datang ke Desa Pemongkong, Kabupaten Lombok Timur. Pantai yang satu ini memiliki jarak tempuh yang terbilang cukup jauh jika berasal dari Kota Mataram. Pasalnya perjalanan akan memakan perjalanan sejauh 75 km menuju tenggara.

Untuk itu, pengunjung disarankan agar menempuh perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Mengingat, lokasinya masih di pedalaman membuat transportasi umum menuju pantai ini masih sangat jarang. Dari Kota Mataram, pengunjung bisa menempuh jalur Mataram menuju Cakranegara dan Kediri. Selanjutnya, arahkan menuju Praya, Mujur, Jerowaru, dan sampai lokasi.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Wisata Pantai
Image Credit: Google Maps (Indira Priyankana)

Ketika berkunjung ke wisata yang satu ini, maka anda perlu mengetahui jam buka. Pasalnya, pihak pengelola membatasi jam kunjung bagi para wisatawan. Pantai akan dibuka pukul 05.00 pagi hingga 14.00 siang, sehingga sangat tepat jika dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menikmati keindahan matahari terbit.

Untuk masuk ke wisata, pengunjung wajib membayarkan biaya kontribusi sebesar Rp 10 rb dari dompet untuk 1 orang. Harap diketahui bahwa informasi mengenai jam buka beserta tiket bisa berubah ubah sesuai kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak pengelola. Untuk itu, pastikan agar anda mencari tahu terlebih dahulu informasi tersebut sebelum berangkat ke lokasi.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Ekas

Aktivitas Menarik di Pantai Ekas
Image Credit: Google Maps (Jual Beres)

1. Mengeksplor Keindahan Pantai Sangat Mengasyikkan

Pantai Ekas memiliki lokasi yang cukup unik karena diapit dengan tebing tinggi dan garis panti yang tidak terlalu membentang. Kontur pantai yang satu ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin merasakan semua sudut pantai secara singkat dan cepat. Pasalnya, garis pantau hanya berkisar 600 meter sampai dengan 700 meter saja.

2. Trekking ke Perbukitan Sekitar

Apabila dilihat dari ketinggian, anda akan disuguhi dengan view menawan karena bentuk pantai menyerupai huruf U. Dari ketinggian, para pengunjung bisa menjelajahi bukit-bukit yang ada di sekitar sebagai salah satu kegiatan seru saat berada disini. Didominasi dengan bukit, rumput, dan pepohonan, anda bisa mendapatkan suasana tenang dengan angin sepoi-sepoi.

3. Bermain Air Atau Berenang di Pantai

Aktivitas wajib yang tidak boleh ditinggalkan ketika berada di pantai yaitu berenang. Mengingat pantai ini memiliki ombak yang begitu bersahabat, maka anda bisa dengan mudah untuk berenang atau sekedar bermain air di pantai. Dengan begitu, liburan anda menjadi lebih berkesan ketika berkunjung Pantai Ekas Lombok.

4. Berburu foto

Mengingat banyak spot menarik, kegiatan mengabadikan momen menjadi hal yang harus dilakukan di pantai ini. Anda bisa mengambil latar belakang pantai menawan beserta perbukitan di sekitarnya sebagai background foto. Tak ketinggalan, ada juga hutan mangrove yang bisa dijadikan salah satu spot foto terbaik di kawasan pantai ini.

Aktivitas di Pantai Ekas
Image Credit: Google Maps (Muhammad FarHan Ramadhan)

5. Snorkeling dan Diving

Keindahan bawah laut dari pantai yang satu ini sangat menawan, sehingga ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Bagi anda yang penasaran dengan panorama bawah laut pantai ini menyediakan persewaan snorkeling dan diving di sini. Dengan begitu, pengalaman seru berlibur menjadi semakin asyik ketika berada di destinasi pantai ini.

6. Menikmati Keindahan Sunset

Pantai Ekas memang menjadi salah satu deretan dari Pantai Kuta di Lombok Tengah yang memiliki pantai dengan air jernih dan pasir putih. Dengan keindahan tersebut, pengunjung betah berlama lama menghabiskan waktu di pantai yang satu. Tentunya kegiatan tersebut dibarengi dengan menikmati sensasi kehangatan view matahari terbenam.

7. Surfing

Satu lagi kegiatan seru yang membuat para pengunjung menjadi candu ketika berkunjung adalah surfing. Pasalnya, ombak klasiknya bisa digunakan untuk semua level surfer dalam menyalurkan hobinya. Tak heran jika banyak pengunjung yang sengaja datang untuk melakukan kegiatan surfing ke pantai yang satu ini.

8. Memancing

Seperti yang sudah diketahui, kawasan ini penuh dengan kekayaan alam yang begitu melimpah. Inilah yang membuat hasil biota laut di dalamnya cukup beragam. Tak jarang, pengunjung yang memiliki hobi memancing menjadikan kawasan Teluk Ekas sebagai lokasi terbaik untuk fishing.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Ekas Lombok

Fasilitas di Pantai Ekas Lombok
Image Credit: Google Maps (Rahadjeng Kusumaningrum)

Kegiatan seru di Pantai Ekas kan semakin menarik jika didukung dengan fasilitas memadai. Maka dari itu, pihak pengelola melengkapinya dengan sederet fasilitas agar dapat digunakan oleh pengunjung secara maksimal. Salah satu yang paling menonjol yaitu gazebo yang ada di pinggiran pantai. Dengan begitu, para pengunjung bisa bersantai sambil menikmati keindahan pantai.

Aktivitas yang umum dilakukan di pantai ini adalah bermain pasir atau duduk duduk sambil menikmati pemandangan. Namun, selain kegiatan menarik tersebut pengunjung dapat menumpang di kapal nelayan untuk melihat laut dari dekat. Meskipun kedengarannya menjadi aktivitas yang biasa saja, tapi banyak wisatawan yang merasa senang ketika mencobanya.

Jika ingin bermalam di kawasan pantai eksotis ini, maka tersedia beberapa akomodasi penginapan yang bisa Anda gunakan selama berlibur. Sehingga, bagi anda yang ingin lebih lama di kawasan wisata pantai bisa lebih puas untuk menghabiskan waktu seru dan menyenangkan.

Itulah beberapa informasi yang penting anda ketahui mengenai Pantai Ekas, Lombok Timur. Tak hanya keindahan dari pasir putih dan air lautnya yang begitu jernih. Ternyata, kawasan ini juga memiliki pemandangan yang begitu menawan. Mulai dari perbukitan hijau, hutan mangrove, keindahan bawah laut, ombak yang begitu bersahabat, sampai dengan suasana yang begitu tenang.