Pantai Cemara, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Lombok Timur

Pantai Cemara, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Lombok Timur
Harga Tiket: 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pemongkong, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Pantai Cemara merupakan destinasi bahari terindah d Lombok Timur yang kaya dengan pemandangan alam. Inilah mengapa Anda harus mengunjungi Pantai tersebut. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat berkilau, dengan suasana yang asri sekaligus tenang. Keindahan lainnya terdapat pada birunya air laut, bahkan birunya seperti warna langit.

Pantai ini masih tergolong tempat wisata yang masih jarang dikunjungi oleh banyak orang. Namun, Pantai ini tidak kalah menarik pemandangannya jika dibandingkan dengan Pantai yang ada di deretan Lombok. Bahkan, fasilitas-fasilitas yang ada belum banyak. Sudah pasti kalau Pantai ini masih alami dengan ekosistem yang terjaga.

Sesuai dengan namanya Pantai Cemara memiliki ribuan pohon cemara di sekitar Pantai mau pun selama perjalanan menuju lokasi tersebut. Berbeda dengan yang lainnya, jika Pantai identik dengan pohon kelapa, sedangkan ini identik dengan pohon cemara seperti di pegunungan. Pohon cemara inilah sebagai tempat berlindung burung-burung yang sering menghiasi sekitar Pantai.

Daya Tarik Wisata Pantai Cemara

Daya Tarik Pantai Cemara
Photo by Twitter Fahmi

Walau pun Pantai ini masih jarang dikunjungi oleh banyak orang. Namun, Pantai ini bisa menjadi pilihan tepat untuk para pengunjung yang ingin merasakan kealamian dan ketenangan. Selain itu, daya tarik Pantai ini sangat banyak dan mampu membius pengunjung yang datang ke Pantai Cemara Lombok.

1. Masih Jarang Ditemukan

Pantai ini terletak di Lombok. Pulau ini merupakan tempat yang terkenal dengan surganya Pantai. Namun, masih jarang ditemukan adanya pantai yang identik dengan pohon cemara dari pada pohon kelapa. Bukan karena sulitnya medan, tetapi karena Pantai ini bersembunyi di balik banyaknya pohon cemara.

2. Pantai yang Dikelilingi Cemara

Sebenarnya Pantai yang memiliki nama cemara selain di Lombok juga terdapat di Yogyakarta, Tuban, Banyuwangi, dan Karawang. Namun, nama cemara di Pantai Lombok sangat berbeda. Pohon cemaranya lebih banyak dan udaranya sangat sejuk. Jadi, pengunjung akan merasakan perbedaan ketika berada di Pantai berasa di perbukitan.

3. Pasir Pantai yang Lembut

Pasir di Pantai Cemara sangat berbeda jika dibandingkan dengan pasir pantai lainnya. Jika dipegang pasir Pantainya sangat halus dan berwarna putih berkilau. Oleh karena itu, pasir Pantai ini disebut juga dengan pasir tepung. Sehingga pasir ini sangat empuk untuk dijadikan alas tiduran.

4. Terdapat Panorama yang Cantik

Daya Tarik di Pantai Cemara
Photo by Google Maps Loetfi Ono

Ketika para pengunjung datang ke Pantai Cemara akan dimanjakan dengan panorama yang luar biasa sangat cantik. Panorama adalah garis Pantai yang terbentuk dari pasir Pantai berwarna putih. Serta dihiasi dengan ombak tenang berwarna biru jernih. Pemandangan ini tidak boleh terlewatkan untuk Anda.

5. Spot Foto Terkeren

Dengan biru jernihnya air laut dipadukan dengan pasir Pantai halus bagaikan tepung, serta adanya pohon cemara adalah latar belakang yang tepat untuk dijadikan spot foto tekeren. Ini karena uniknya pohon cemara yang tumbuh di area Pantai. Selain itu, ditambah panorama membuat banyak pengunjung yang terpesona.

6. Pantai yang Menenangkan

Pengunjung yang ingin mencari ketenangan dalam berlibur, Pantai Cemara bisa menjadi salah satu solusi untuk Anda. Walaupun keindahan alamnya sudah terkenal, masih sedikit para wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Selain itu, adanya ombak yang tenang dan sejuknya suasana menambah ketenangan.

7. Tempat Paling Cocok untuk Berenang

Keberadaan laut lepas dari Pantai ini langsung menuju ke Samudera Hindia, sehingga masuk dalam kategori Pantai berangin. Namun, ombaknya tidak terlalu besar sehingga sangat cocok untuk para pengunjung yang ingin berenang di Pantai.

8. Terdapat Rumah Adat Khas Lombok

Daya tarik lainnya pengunjung dapat melihat secara langsung rumah adat Lombok. Selain itu, dapat dijadikan tempat peristirahatan ternyaman sambil memandang indahnya Pantai ini.

Alamat & Cara Menuju Lokasi

Alamat Pantai Cemara
Photo by Google Maps Loetfi Ono

Pantai Cemara terletak di kawasan Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat tepatnya di Seriwe, Pemongkong. Pantai ini sangat strategis sehingga mudah untuk ditemukan. Apalagi tempat ini dekat dengan Pantai Surga, sehingga bisa mampir sekalian. Namun, Pantai ini tidak terlalu kelihatan karena tertutup rimbunan pohon cemara.

Untuk menuju ke sana pengunjung tidak perlu khawatir karena telah tersedia plang-plang penunjuk jalan di berbagai belokan. Pengunjung dapat mengikuti arah tulisan plang tersebut. Selama perjalanan pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan berbagai Pantai dan pemandangan pohon-pohon cemara, serta rumah-rumah penduduk yang unik.

Jaraknya sekitar 45 km dengan waktu tempuh 1 jam 30 menit dari kota Lombok. Pengunjung dapat menggunakan transportasi pribadi seperti motor dan mobil. Jika pengunjung masih tidak tahu, dapat menanyakan ke warga setempat atau bisa menyewa pemandu wisata daerah Lombok.

Harga Tiket Masuk Pantai Cemara

Harga Tiket Masuk Pantai Cemara
Photo by Instagram Wandi Suwandi

Pengunjung akan dibuat terpesona dengan pemandangan alam yang tidak ada habisnya di pantai ini. Karena masih jarang dikunjungi para wisatawan, biaya menuju ke Pantai Cemara masih gratis. Jika pada hari biasa untuk masuk lokasi hanya membayar Rp 10.000, sedangkan pada hari libur akan dikenakan biaya Rp 15.000 Harga yang murah untuk melihat pemandangan alam yang eksotis.

Untuk keperluan lainnya, tidak dikenakan biaya apa pun, pengunjung bebas untuk bermain di sekitar Pantai. Namun, jika menyewa berbagai fasilitas pengunjung akan membayar sesuai fasilitas yang dibutuhkan. Untuk biaya parkir, Pantai ini belum tersedia area parkir. Pengunjung dapat memarkirkan kendaraan di pelataran rumah penduduk Pantai.

Selain itu, untuk jam buka area Pantai ini belum ditentukan. Sehingga pengunjung bebas kapan pun ke area ini. Tetapi, sebaiknya datanglah pada pagi hari hingga sore hari. Jika ingin melihat sunset dan sunrice datanglah sebelum shubuh dan sebelum petang. Tetap berhati-hati karena area Pantai ini berangin.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas Menarik Pantai Cemara
Photo by Instagram pandu arliyan

Sama seperti kebanyakan di Pantai lain, pengunjung dapat beraktivitas apa pun asal tetap mematuhi peraturan yang berlaku. Peraturan yang ada di Pantai Cemara Lombok yaitu pengunjung dilarang membuang sampah sembarangan, dilarang merusak ekosistem, dan dilarang berbicara kotor. Berikut ini beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di wisata ini:

1. Melihat Sunrise dan Sunset

Ketika berada di Pantai, kegiatan yang satu ini pastinya tidak akan ketinggalan. Karena Pantai merupakan tempat yang cocok untuk melihat keindahan matahari terbit dan tenggelam. Pengunjung bisa menikmatinya sambil merasakan ketenangan yang dipancarkan dari pantai ini.

2. Berenang

Pantai ini memiliki ombak yang tidak besar, sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin merasakan berenang di Pantai Cemara tanpa takut dibawa arus ombak. Namun, harus tetap berhati-hati ketika berenang. Selain itu, Pantai ini jarang ditumbuhi batu karang dan hewan-hewan laut yang membahayakan.

3. Berjemur di Pantai

Pengunjung dapat berjemur di pinggiran Pantai ini dengan tiduran secara langsung di pasir mau pun memakai alas. Panasnya matahari tidak akan terasa karena hembusan angin dari arah lautan. Selain itu, anak-anak dapat bermain pasir dengan sepuasnya.

4. Memancing Ikan

Ini yang menjadi perbedaan dari pantai lainnya. Pantai cantik ini menyediakan tempat pemancingan ikan laut. Pengunjung dapat memancing ikan sambil menikmati pemandangan pantai yang sangat syahdu.

5. Menyelam

Keindahan bawah lautnya tidak kalah cantik jika dibandingkan dengan yang lainnya. Walau pun terumbu karang tidak banyak, namun terumbu karangnya sangat indah. Berbagai macam-macam dan berwarna warni. Apalagi ditambah ikan-ikan kecil berenang di sekitarnya.

6. Camping atau Berkemah di Pinggiran Pantai

Pengunjung juga dapat berkemah di pinggiran Pantai Cemara. Selain tempatnya yang luas, keperluan berkemah juga mudah di dapat seperti banyaknya kayu bakar yang bisa dijadikan api unggun, ikan-ikan hasil pemancingan, dan dekat degan pemukiman warga.

7. Jogging di Pantai

Ketika pagi hari pengunjung dapat berjogging di pinggiran Pantai sambil menikmati matahari terbit dan hembusan angin yang sejuk. setelah berjogging bisa menyantap sarapan pagi di area pantai.

Fasilitas Wisata di Pantai Cemara Lombok

Fasilitas Pantai Cemara Lombok
Photo by Twitter N I A

Pantai cantik ini masih tergolong sebagai tempat yang jarang dikunjungi dan banyak orang yang belum tahu. Biasanya pengunjung ke tempat ini ketika kesasar atau tiba-tiba menemukan pantai ini. Walau pun begitu fasilitas yang telah disediakan juga banyak, fasilitas ini sebagai pendukung sekaligus menambah kenyaman pengunjung yang datang.

Penduduk sekitar menambahkan beberapa fasilitas berupa tempat pemancingan, toilet, restoran atau tempat makan, gazebo khas rumah Lombok untuk menambah kecantikan, penyewaan tenda kemah, perlengkapan berenang, alat-alat permainan pasir untuk anak-anak, dan mushola. Selain itu, juga disediakan beberapa tempat penginapan sederhana pengunjung.

Para pengunjung tidak perlu khawatir, walau pun masih masih jarang kunjungan tetapi penduduk sekitar sekaligus pengurus pantai akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk para tamu. Oleh karena itu, pengunjung tidak perlu sungkan untuk meminta bantuan penduduk sekitar.

Pantai Cemara adalah tempat yang tenang untuk melepaskan penat dan lelah dari pekerjaan yang layak dijelajahi di Lombok Timur. Untuk itu, jangan takut untuk datang ke Pantai ini. Apalagi memiliki pemandangan yang menakjubkan sebagai daya tarik utama dari pantai ini.