Pantai Canggu salah satu pilihan wisata pantai terbaik di Badung, Bali. Pantai cantik yang menjadi tujuan favorit wisatawan, utamanya peselancar dan spot menikmati sunset di Pulau Dewata.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Canggu, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, Bali.

Selalu ada kesan tersendiri dengan Bali, banyak pilihan wisata yang menarik minat wisatawan untuk selalu berkunjung. Sebut saja pantai, wisata air terjun, wisata budaya hingga kuliner disajikan lengkap untuk memanjakan para wisatawan yang datang.

Jika ingin mendapatkan suasana dan destinasi wisata baru selain pantai Kuta, cobalah untuk datang ke pantai Canggu. Berada di tempat ini tidak akan membuat menyesal karena Anda akan mendapatkan banyak pengalaman liburan unik dan tidak terlupakan. Bahkan berkat keindahannya, pantai ini ini masuk dalam 100 daftar pantai paling indah di seluruh dunia.

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pantai Canggu. Selain itu suasana dan panorama alamnya yang keren membuat banyak wisatawan betah berlama-lama untuk berada di wisata bahari ini. Untuk menunjang kegiatan wisatawan, pengelola juga telah melengkapi pantai ini dengan beberapa fasilitas memadai yang dapat digunakan dengan baik.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Canggu Bali

Daya Tarik Pantai Canggu Bali
Image Credit: Instagram.com @lilo_armadilo

1. Pasir Coklat Kehitaman

Pantai Canggu menawarkan pesona yang berbeda dibanding kebanyakan pantai lain yakni warna pasirnya yang coklat kehitaman. Tidak banyak pantai di Bali yang memiliki pasir warna coklat kehitaman ini sehingga membuat tempat ini cukup unik dan terkenal. Jika pasir putih memberikan kesan bersih, warna coklat kehitaman ini justru membuat pantai tampak eksotis.

2. Ombak Bersahabat

Uniknya dari pantai di Bali ini yakni ombaknya yang tenang di bagian pesisir sehingga aman digunakan untuk bermain-main terutama bagi anak kecil. Sedangkan di bagian agak tengah ombak lebih besar dan tinggi yang bagus jika digunakan untuk olahraga pantai layaknya berselancar. Maka jangan heran jika Anda banyak menemukan wisatawan yang sedang meliuk-liuk dan atraksi di atas papan selancar.

3. Air yang Jernih

Daya tarik yang dimiliki pantai Canggu berikutnya yaitu air pantai yang masih jernih. Sapuan air yang datang ke bibir pantai masih terlihat jelas kejernihannya. Warna air akan berkilauan jika terkena pantulan sinar matahari. Belum lagi jika cuaca sedang cerah dan langit berawan air pantai akan berwarna biru layaknya menyatu dengan ujung langit.

BACA JUGA:  Pantai Berawa Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket
Daya Tarik Pantai Canggu
Image Credit: Instagram.com @baiyuw_adikene

4. Pesisir Landai

Jika Anda ingin mencari destinasi wisata untuk bermain-main bersama keluarga dan anak-anak, pantai ini cocok dijadikan pilihan. Pasalnya area pesisir pantai cukup landai sehingga aman untuk bermain-main di bibir pantai maupun berenang. Meskipun begitu, perlu hati-hati karena kadang kala deburan ombak cukup kuat sehingga di tempat landai sekalipun bisa berisiko.

5. Kawasan Pantai yang Bersih

Pantai Canggu Bali termasuk salah satu pantai yang populer di Bali. Kawasan wisata satu ini terbilang cukup bersih karena areanya selalu dijaga baik area pantai, hingga airnya yang bebas dari sampah. Terdapat tong sampah untuk menjaga lingkungan pantai tetap bersih. Maka tidak heran jika wisatawan tidak pernah berhenti datang untuk menikmati suasana pantai ini.

6. Panorama Alam yang Menakjubkan

Satu lagi daya tariknya yaitu pesona alamnya yang indah sehingga membuat wisatawan tidak pernah puas menikmati pemandangan di sekitar pantai. Pantai in banyak dikelilingi pepohonan sehingga bisa membuat area pantai sedikit sejuk. Waktu terbaik untuk mendapatkan pemandangan yang memanjakan mata yaitu saat cuaca cerah dan sore hari kala matahari terbenam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Canggu

Alamat Pantai Canggu
Image Credit: Twitter.com @BikinLaparMata

Lokasi pantai ini berada di Canggu, kecamatan Kuta Utara, pulau Bal. Kawasan wisata ini letaknya cukup strategis sehingga jika Anda berminat mengunjungi tempat ini bisa diakses dengan mudah. Perjalanan ke Pantai Canggu dapat ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan bermotor mulai dari roda dua hingga empat selama kurang lebih satu jam.

Lokasi pantai ini berdekatan dan pintu masuknya menjadi satu dengan Pantai Batu Bolong. Sehingga rute yang ditempuh sama untuk ke pantai Bolong. Jika Anda memulai perjalanan dari Bandara Ngurah Rai maka rute utara ke By Pass Ngurah Rai lalu dilanjutkan lewat Sunset Road.

Setelah melewati Sunset Road, Anda bisa melajukan kendaraan hingga ke jalan Mertanadi. Usai di jalan Mertanadi, perjalanan dilanjutkan hingga ke Kerobokan. Dari jalan raya Kerobokan Anda bisa mengikuti jalur hingga menemukan jalan Semer. Kemudian perjalanan dilanjut hingga melewati jalan Anyar yang menjadi jalur menuju Canggu.

Ketika sampai di jalan utama Canggu, Anda dapat menemukan petunjuk jalan menuju lokasi pantai. Pilih jalan Pantai batu Bolong hingga menemukan pintu masuk kawasan pantai tersebut. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke pantai cantik ini melewati Pura Batu Bolong yang terdapat di area pantai.

Untuk merasakan semua bentangan alam dan pemandangan yang memanjakan mata di Pantai Canggu Bali ini Anda tidak dikenakan tiket masuk atau gratis. Namun, bagi yang membawa kendaraan bermotor wajib membayar biaya parkir. Tarif parkir untuk sepeda motor sekitar Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk mobil pribadi.

BACA JUGA:  Air Terjun Nungnung, Pesona Wisata Alam Nan Eksotis di Badung Bali

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Canggu

Kegiatan di Pantai Canggu
Image Credit: Instagram.com @_explorindonesia

1. Surfing

Bermain di atas papan selancar adalah kegiatan terbaik yang bisa dilakukan di pantai Canggu. Ombaknya yang cukup besar menjadi buruan para peselancar seluruh dunia. Berkat ombaknya yang tinggi ini, pantai menawan di Bali ini pernah menjadi tuan rumah ajang olahraga surfing kelas dunia yaitu International Surfing Championship.

2. Berenang

Berenang selalu menjadi kegiatan favorit saat berada di Pantai. Anda bisa berenang di bibir pantai karena tempatnya cukup aman dan ombak tidak terlalu tinggi. Menikmati deburan ombak dan segarnya air laut yang menerjang sambil berenang bebas menjadi satu aktivitas yang menghiasi sepanjang pesisir pantai.

3. Bermain di Pesisir Pantai

Bermain pasir layaknya membangun rumah atau mengubur diri dengan pasir bersama anak-anak selalu menjadi kegiatan menyenangkan yang enggan untuk dilewatkan. Lelah bermain pasir, Anda pun bisa berjalan santai di bibir pantai sambil menikmati semilir angin.

4. Berkuda

Bosan bermain air dan ingin melakukan lebih seru? Berkuda di pesisir pantai Canggu Bali ini agaknya patut dicoba. Menikmati sensasi menunggang kuda sambil dimanjakan oleh bentangan alam yang mempesona akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Tidak perlu khawatir jatuh, karena Anda akan didampingi pawang kuda selama berjalan-jalan.

5. Berjemur

Kegiatan yang juga menghiasi sepanjang pesisir pantai yaitu para wisatawan berjemur khususnya para wisatawan mancanegara. Hawa yang panas dan teriknya matahari menjadikan berjemur di pesisir pantai sebagai aktivitas yang cukup menyenangkan untuk dilakukan.

6. Berburu Sunset

Jika sebelumnya Tanah Lot sebagai tempat terbaik di Bali untuk melihat momen matahari terbenam, maka kali ini cobalah datang ke pantai Canggu. Panorama sunset di tempat ini sangat memanjakan mata dan tidak kalah dengan Tanah Lot.

Semburat sinar berwarna jingga dan panorama alam pantai yang cantik akan menjadi latar belakang yang romantis. Bahkan banyak pengunjung sengaja datang pada sore hari untuk menyaksikan momen indah ini.

7. Belanja Oleh-Oleh

Ke Bali, tentu kurang lengkap jika tidak berburu oleh-oleh. Hingga saat ini pernak-pernik Bali terus berkembang dengan ciri khasnya masing-masing. Anda ta perlu jauh-jauh untuk mendapatkan oleh-oleh karena di tempat ini banyak pedagang yang menjajakan beragam jenis dagangan mulai pernak pernik pantai dari kerang, baju, topi dan lain sebagainya.

8. Wisata Kuliner

Tidak hanya bermain di sekitar pantai, kegiatan yang paling menarik khususnya pecinta kuliner adalah berburu makanan lezat dan unik di sekitar pantai. Untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, terdapat banyak tempat makan dengan berbagai jenis makanan mulai dari tradisional hingga western.

9. Foto-foto

Pesona alam pantai Canggu Bali yang indah sangat enggan untuk dilewatkan. Banyak spot-spot menarik yang bisa diabadikan untuk dijadikan kenang-kenangan. Anda juga dapat berfoto dengan latar belakang panorama pantai yang eksotis untuk dipajang di sosial media.

BACA JUGA:  Pantai Tegal Wangi Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Canggu

Penginapan di Pantai Canggu
Image Credit: Agoda.com

1. Aston Canggu Beach Resort

Penginapan satu ini berada di tempat yang strategis. Hanya butuh sekitar 15 menit menuju pantai dan sekitar 2 menit ke pusat perbelanjaan. Hotel satu ini memiliki ocean view yang menjadi buruan wisatawan. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap mulai dari private pool, restoran, wi-fi, kamar ber-AC dan balkon dengan view pantai lepas.

2. Purnama Guest House

Bagi Anda yang liburan dengan budget minimalis, tak perlu khawatir tidak menemukan penginapan yang bagus dan murah. Purnama guest house menjadi tempat beristirahat yang cocok bagi para backpacker karena letaknya strategis dan tempat yang cukup bersih. Tak perlu khawatir masalah fasilitas sebab di tempat ini semua kamar sudah dipasang AC, akses Wi-Fi dan tempat parkir yang cukup luas.

3. Zin Canggu

Zin Canggu Resort & Villa adalah penginapan cantik dengan suasana terbaik. Bagaimana tidak, tempat ini didesain dengan menarik yang sebagian besar menggunakan kaca sehingga matahari bisa masuk dengan sempurna. Selain itu, fasilitas yang disediakan cukup lengkap seperti spa, restoran, kolam renang, akses wi-fi gratis, hingga tempat parkir.

4. Tugu Bali Hotel

Hotel satu ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke pantai Canggu Bali. Hotel ini terletak satu kawasan dengan pantai sehingga banyak dipilih bagi mereka yang ingin lebih lama menikmati pesona pantai.

Fasilitas yang disediakan hotel ini sangat lengkap mulai dari wi-fi, spa, kolam renang, sarapan gratis dan tempat parkir. Jarak dari hotel ke pantai canggu hanya butuh waktu 3 menit dengan berjalan kaki.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Canggu Bali

Fasilitas Pantai Canggu Bali
Image Credit: Instagram.com @joel.lina

Fasilitas yang terdapat di pantai Canggu bali terbilang cukup lengkap khususnya untuk menunjang kegiatan para wisatawan. Beberapa diantaranya seperti penyewaan papan selancar lengkap dengan tutor jika penyewa masih pemula dan penyewaan kuda bagi wisatawan yang tertarik untuk berjalan santai.

Dan fasilitas lain untuk memenuhi kebutuhan layaknya kamar mandi, pusat oleh-oleh, tempat parkir, tempat makan bahkan penginapan berbintang juga telah disediakan di tempat tersebut. Dengan adanya beberapa fasilitas tersebut, wisatawan bisa menikmati liburan di Pantai Canggu sampai puas bahkan enggan untuk meninggalkannya.

Demikian informasi mengenai salah satu destinasi wisata indah yaitu Pantai Canggu di Bali mulai dari daya tarik, rute, harga tiket, penginapan terdekat hingga fasilitas yang tersedia. Jika berlibur ke Bali, jangan sampai lupa dan sempatkan untuk menapaki keindahan pantai memesona di Bali ini.