Pantai Blue Point atau Suluban salah satu objek wisata yang dikenal sebagai surga tersembunyi di Uluwatu, Bali. Pantai yang memiliki tebing yang terjal dan ombak yang lumayan besar, sehingga menjadi tujuan favorit penikmat olahraga selancar.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Suluban No.18, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

Bali memang tidak pernah kehabisan pesonanya. Salah satu destinasi pantai yang menarik perhatian para wisatawan adalah Pantai Blue Point. Pantai ini menyimpan keindahan alam bawah laut yang mampu menghipnotis siapa saja.

Masyarakat setempat mengenal pantai ini dengan pantai Suluban karena nama Blue Point sebenarnya diambil dari hotel yang berada di atas kawasan pantai. Karena nama Suluban sulit diucapkan oleh wisatawan khususnya wisatawan mancanegara maka pantai tersebut lebih dikenal dengan nama hotel tersebut.

Pantai Blue Point ini memiliki beragam daya tarik yang mampu membuat wisatawan terpikat. Selain itu, pantai ini telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas agar wisatawan nyaman melakukan berbagai macam aktifitas di kawasan pantai.

Daya Tarik Wisata Pantai Blue Point

Daya Tarik Pantai Blue Point
Image Credit: Facebook.com @cityhype.id

1. Tebing Karang yang Menawan

Keunikan dari wisata pantai ini terletak pada tebingnya yang menjulang tinggi. Tebing tersebut membuat pantai ini berbeda dengan pantai di Bali pada umumnya. Tampilan tebing yang menawan inilah membuat banyak wisatawan selalu berdatangan untuk menyaksikannya secara langsung. Tepat di bawah tebing terdapat terowongan yang mirip seperti goa yang terbentuk secara alami.

Hantaman ombak yang menerpa pinggiran tebing menjadi pemandangan yang senantiasa memanjakan Anda. Bahkan para wisatawan yang datang sengaja bersantai dan duduk hanya demi menikmati momen menakjubkan tersebut.

2. Eksotisnya Panorama Sunset

Pantai ini adalah spot yang pas untuk menikmati momen sunset dengan mata telanjang. Momen matahari terbenam secara perlahan menjadi pemandangan yang ditunggu-tunggu oleh wisatawan karena langit yang mulai berwarna jingga dan suasana menjadi lebih romantis. Menariknya sunset di tempat ini, matahari terbenam diantara celah tebing karang yang mengelilingi area pantai.

3. Pantai yang Memukau

Panorama yang disuguhkan Pantai Blue Point akan memukau siapa saja yang datang. Keindahan alam, tebing serta lautan yang berwarna biru menampilkan pemandangan eksotis layaknya lukisan. Belum lagi pasir putih dan air laut nan jernih yang menghasilkan gradasi warna nan elok. Maka tidak heran jika banyak yang menyebut tempat ini adalah surga tersembunyi di Bali.

Daya Tarik Blue Point
Image Credit: Instagram.com @lehaps

4. Ombak yang Ideal bagi Peselancar

Bagi para peselancar, pantai ini adalah pilihan yang tepat karena memiliki ombak yang ideal. Maksudnya, ombak tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu tenang sehingga cocok dijadikan tempat untuk berselancar bahkan. cukup aman bagi pemula. Menariknya lagi, air pada pantai ini cukup dangkal bahkan dasar laut bisa terlihat jelas dari permukaan.

5. Pengrajin Tenun Bali

Saat berada di kawasan pantai, Anda akan melihat langsung aktivitas penduduk setempat. Pada kesempatan tersebut wisatawan juga bisa berinteraksi atau sekadar bercengkerama untuk mengenal lebih dekat kegiatan sehari-hari penduduk. Salah satu yang membuat tempat ini semakin menarik adalah penduduknya yang menenun kain secara tradisional.

Kain tenun tersebut memiliki motif unik khas Bali yang nantinya akan dijual oleh penduduk sebagai buah tangan dari Bali. Produk asli dari penduduk lokal ini akan menjadi oleh-oleh yang berkesan dan bernilai tinggi karena dibuat langsung serta menggunakan alat tradisional.

Alamat, Rute dan Harga Tiket Pantai Blue Point

Alamat Pantai Blue Point
Image Credit: Google Maps (Kung A Yin)

Pantai eksotis ini berada di Bali Selatan, tepatnya di jalan Pantai Suluban, desa Pecatu, kecamatan Uluwatu. Untuk mencapai kawasan pantai sebenarnya cukup mudah karena bisa ditempuh dalam beberapa menit saja. sementara itu, untuk sampai ke bibir pantai perlu perjuangan ekstra karena wisatawan harus berjalan kaki dan menuruni anak tangga di tebing karang.

Dari bandara Internasional Ngurah Rai ke Blue Point hanya membutuhkan waktu 45 hingga 60 menit. Jika dari Pura Uluwatu hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit dengan jarak sekitar 3km saja. Anda bisa memilih jalan menuju kawasan Pantai Padang-Padang lalu ambil jalan ke kanan menuju lokasi pantai.

Sesampainya di kawasan pantai, wisatawan harus turun sekitar 200m melewati anak tangga yang cukup kecil karena anak tangga tersebut terletak diantara tebing karang. Medan yang cukup sulit ini membuat wisatawan harus menyiapkan usaha dan tenaga ekstra agar bisa turun dengan aman. Mengingat jalur yang cukup sulit, sangat tidak direkomendasikan bagi wisatawan yang sudah lanjut usia dan balita.

Untuk menikmati keindahan Pantai Blue Point ini wisatawan tidak perlu membayar atau membeli tiket masuk yang artinya mereka bisa berkunjung sesuka hati tanpa membayar sepeserpun. Namun wisatawan cukup membayar tarif parkir kendaraan, untuk sepeda motor biaya parkirnya yaitu Rp.5.000 sedangkan untuk mobil sekitar Rp. 15.000.

Lokasi pantai ini cukup jauh dari destinasi wisata lainnya di Bali sehingga wisatawan yang tidak menggunakan transportasi umum akan cukup kesusahan jika ingin kembali. Oleh sebab itu, jika berkunjung ke pantai ini sebaiknya menyewa kendaraan agar lebih mudah.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Blue Point

Aktivitas di Blue Point
Image Credit: Instagram.com @rallou12

1. Olahraga Surfing

Seperti yang dikatakan sebelumnya, pantai ini memiliki ombak yang ideal bagi peselancar. Bagusnya ombak di pantai ini bahkan menarik perhatian para wisatawan mancanegara untuk surfing langsung di tempat tersebut.

2. Berkemah

Jika ingin menikmati suasana pantai lebih lama, wisatawan bisa berkemah di pantai eksotis ini. pihak pengelola mengizinkan wisatawan yang ingin bermalam untuk mendirikan tenda di area pantai. Suasana malam yang nyaman pesisir pantai ditemani dengan deburan ombak, pemandangan tebing dan bintang menjadi malam yang sempurna di Uluwatu.

3. Menanti Sunset

Pantai Blue Point menjadi tempat yang pas untuk menikmati momen sunset saat sore hari. Pantai ini dikenal mempunyai pemandangan nan indah saat matahari terbenam karena matahari secara perlahan hilang diantara tebing karang yang menjulang tinggi.

4. Berenang

Selain surfing, wisatawan bisa berenang menikmati segarnya air di pantai eksotis ini. Namun, mengingat ombaknya yang cukup besar, bagi wisatawan yang tidak mahir berenang sebaiknya tetap berada di bibir pantai atau di bagian yang dangkal supaya tetap aman.

Aktivitas Menarik di Blue Point
Image Credit: Instagram.com @sweet.escape

5. Menelusuri Tebing dan Goa

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di pantai indah ini berikutnya yaitu menelusuri tebing dan goa di bagian bawah. Namun perlu diketahui bahwa kegiatan ini bisa dilakukan jika air laut mulai surut karena jika dilakukan dalam keadaan air yang masih menggenang di sekitar goa akan sulit dilakukan.

6. Hunting Foto

Satu lagi yang wajib dilakukan ketika berada di Pantai Blue Point yaitu berfoto-foto. Tempat seindah dan semenarik pantai ini akan lebih menarik lagi jika diabadikan dalam bentuk foto entah itu sebagai kenang-kenangan atau dipajang di sosial media. Setiap sudut pantai ini memiliki bagian menarik dijadikan sebagai spot foto.

7. Bersantai di Tepi Pantai

Bagi Anda yang tidak begitu menyukai banyak kegiatan, bersantai-santai di bibir pantai adalah hal yang cukup menarik untuk dilakukan. Di objek wisata ini Anda bisa duduk berdiam diri. sambil menikmati hamparan luas lautan, pemandangan alam nan eksotis serta suasana pantai yang menenangkan.

8. Menikmati Sajian Kuliner

Lelah bermain di area pantai, wisatawan bisa mengisi perut di restoran terdekat. Ada banyak menu yang bisa dipilih sebagai hidangan makan siang, malam bahkan sarapan. Tak hanya makan, di restoran tersebut juga banyak aneka hidangan menyegarkan untuk melepas dahaga.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai

Penginapan Lokasi Pantai
Image Credit: Traveloka.com

1. Blue Point Hotel Uluwatu

Penginapan satu ini merupakan ikon sekaligus nama pantai berasal. Hotel berbintang ini terletak di tepi pantai yang mana di bawahnya adalah pantai cantik ini. Penginapan mewah ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mewah agar wisatawan lebih nyaman. Sementara untuk harga, wisatawan tak perlu khawatir karena tarif per malamnya cukup terjangkau.

2. Jacko House

Jacko House adalah penginapan yang letaknya tidak jauh dari pantai. Adapun jarak dari penginapan ke pantai hanya sekitar 1km yang bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 5 hingga 10 menit saja. Hotel ini juga berada di kawasan strategis karena cukup dekat dengan beberapa tempat makan serta tempatnya sudah dilengkapi dengan fasilitas memadai.

3. Uluwatu Backpackers

Bagi Anda yang membutuhkan penginapan sekitar pantai Uluwatu dengan harga yang cukup ramah di kantong bisa memilih Uluwatu Backpackers. Selain harga per malam yang terjangkau, fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap. Belum lagi dengan suasana dan kondisi penginapan yang bersih sehingga membuat nyaman setiap wisatawan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Blue Point Uluwatu

Fasilitas di Pantai Blue
Image Credit: Google Maps (Ikhwan Wahyudin)

Pantai Blue Point sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang datang. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya yaitu penginapan yang nyaman, restoran, kolam renang, tempat bersantai sekitar pantai, tempat parkir, tempat sewa perlengkapan surfing, toko souvenir, kolam renang serta kamar mandi/toilet.

Demikian informasi mengenai Pantai Blue Point yang terletak di Uluwatu, Bali. Selain memiliki daya tarik dan dilengkapi dengan sarana prasarana yang memadai, ada banyak kegiatan menyenangkan serta cukup aman untuk dilakukan di kawasan wisata tersebut.