Pantai Bingin salah satu pantai tersembunyi nan memesona di Bali Selatan. Pantai pasir putih di balik barisan tebing yang masih asri dan memiliki ombak yang pas untuk kegiatan berselancar.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

Jika berbicara mengenai Bali tentu saja yang terlintas pertama kali ialah tentang tempat wisata pantainya. Keindahan akan pesona pantai yang dimiliki membuat pantai-pantai yang berada di pulau dewata ini mendapat julukan sebagai surga dunia di kalangan para wisatawan. Salah satu pantai yang termasuk bagian surga dunia ini ialah Pantai Bingin Bali.

Pantai di Bali ini memiliki keistimewaan di kalangan wisatawan khususnya bagi para pecinta olahraga berselancar, karena di pantai inilah mereka dapat merasakan nikmatnya berselancar. Tidak heran jika pantai ini mendapat panggilan khas sebagai kepingan surga. Tempat wisatanya yang berada tersembunyi seringkali membuat para wisatawan tersesat mencarinya dan kebingungan.

Alasan tentang panggilan “kepingan surga” untuk Pantai Bingin Bali karena ombak yang dipunyai pantai ini mampu mendatangkan banyak wisatawan mancanegara. Khususnya para pecinta olahraga berselancar untuk datang merasakan sensasi ldari ombak yang menantang. Pantai ini mempunyai fakta cukup unik yakni lokasinya yang cukup tersembunyi dibalik bukit.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Bingin Bali

Daya Tarik Pantai Bingin
Image Credit: Instagram.com @islandstylego

1. Pantai dengan Pasir Putih yang Indah

Pantai Bingin ini mempunyai pasir berwarna putih dan menjadi favorit bagi para wisatawan yang mengunjunginya. Karakteristik dari tekstur pasir putih di pantai ini yakni sedikit kasar dipadukan dengan air lautnya berwarna biru tampak menyegarkan mata. Jangan lupa akan kejernihan lautnya akan memukau para wisatawan yang berkunjung.

Selain pasir putih terdapat pula tebing hijau yang menjadi pemandangan alam di sekitar pantai yang membuat suasana semakin nyaman. Sekilas, tebing hijau yang dimiliki pantai eksotis ini akan menyerupai pemandangan Pantai Crystal Bay Beach Nusa Penida. Apabila kondisi sedang surut akan terlihat pemandangan batu-batu karang yang tersebar.

Mempunyai kesamaan yang sama seperti dengan tebing hijaunya, hamparan dari batu karang apabila ditengok sekilas akan tampak pula seperti di Pantai Green Bowl Cliff Ungasan. Apabila kondisi surut para wisatawan dapat melihat keindahan dari batu karangnya. Keindahan dari bebatuan karang dapat ditengok dari cekungan atau lubang tampak seperti kolam alami kecil.

2. Panorama Sunset

Jika tidak melihat matahari terbenam yang indah di pantai Bali, maka liburan di Bali terasa kurang lengkap. Saat menikmati liburan di Pantai Bingin, selain menyaksikan para peselancar bermain ombak dapat pula menyaksikan pemandangan sunset yang eksotis di sore hari. Tidak heran jika ketika momen mendekati terbenamnya matahari, pantai ini akan diserbu oleh para wisatawan.

Para wisatawan yang datang memadati Pantai Bingin Bali mempunyai tujuan untuk menyaksikan sunset eksotis di pantai ini. Pasalnya, sunset di pantai ini mempunyai keindahannya tiada tara. Dengan keindahan pancaran yang dimiliki dari sinar matahari menuju peraduannya, maka terciptalah efek warna merah langit yang menakjubkan.

Daya Tarik Pantai Bingin Bali
Image Credit: Instagram.com @doyoutravel

3. Ombak yang Menantang

Seperti yang sudah dibahas jika pantai ini terkenal di mata para pecinta surfing sebagai kepingan surga. Sebab ombaknya yang memberi pengaruh besar akan datangnya para wisatawan. Ombak di tempat ini begitu menarik dan menantang, patut dicoba bagi para peselancar. Saat air laut pasang di pantai ini, ombak dapat mencapai ketinggian 5-8 meter.

Tinggi kisaran ombak itu yang membuat para peselancar baik tingkatan pemula hingga professional akan memilih untuk berlibur ke pantai ini. Pantai Bingin merupakan salah satu pantai terkenal bagi wisatawan mancanegara khususnya para pecinta selancar. Selain Pantai Bingin, terdapat pula pantai lainnya yang memiliki ombak cocok untuk olahraga berselancar.

4. Pantai Tersembunyi

Untuk mencapai surga tersembunyi di Bali ini, wisatawan membutuhkan perjuangan yang lumayan berat, sebab lokasinya tersembunyi di balik bukit. Oleh karena itu, sangat sulit dan terjal untuk melintasi medan untuk bisa mencapai lokasi pantai ini. Jalan yang harus dilalui ialah menuruni anak tangga dan melewati gang-gang sempit yang dilengkapi jalan terjal dan berkelok-kelok.

Jalur untuk mencapai pantai yang cukup berat ini bisa menjadi alasan mengapa wisatawan lokal masih sedikit yang berkunjung ke lokasi wisata ini. Jadi tidak heran jika lokasi pantai ini didominasi oleh wisatawan asing yang yang kebanyakan ingin berselancar. Namun, hal ini bisa jadi sebuah keuntungan bagi beberapa wisatawan karena tidak terlalu banyak wisatawan yang datang. Jadi, pantai ini terlihat lebih privat dan leluasa tanpa diganggu banyak orang.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Bingin

Alamat Masuk Pantai Bingin
Image Credit: Instagram.com @denissaijo

Seperti telah disinggung pada awal pantai ini memiliki sebuah keunikan yakni lokasinya yang tersembunyi di balik bukit. Bukit yang merupakan bagian kesatuan dari Pantai New Kuta Beach. Pantai ini juga terletak dalam satu garis pantai dengan 4 pantai populer lainnya di Bali. 4 pantai tersebut ialah Dreamland, Labuan Sait, Blue Point dan Balangan.

Terdapat 2 rute menuju Pantai Bingin. Untuk rute pertama dari arah Bandara Ngurah Rai yaitu mengikuti arah rute dari Jalan Goa Gong atau menggunakan alternatif jalan lain melalui Jalan Raya Uluwatu dan Jalan Dharmawangsa. Sedangkan untuk rute kedua dari arah Nusa Dua berjarak 20 km atau membutuhkan waktu 50 menit jika berkendara.

Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini, Anda tidak akan dipungut biaya masuk. Anda hanya perlu membayar biaya parkir jika membawa kendaraan. Biaya parkir sepeda motor Rp 2.000,- dan biaya parkir mobil Rp 5.000,-. Tentu ini menjadi hal yang sangat menarik bagi wisatawan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Bingin

Kegiatan di Pantai Bingin
Image Credit: Instagram.com @tonellosurf

1. Surfing

Untuk pecinta surfing, pantai Bingin merupakan destinasi yang wajib dikunjungi. Pantai yang terkenal sebagai surga bagi para pecinta surfing ini tentu saja akan menjadi magnet bagi para pecinta surfing dari berbagai negara.

Tidak heran jika berkunjung ke pantai ini, maka akan banyak terlihat wisatawan yang membawa papan selancar. Terlebih jika kondisi air laut yang tengah pasang, dimana ketinggian ombak bisa mencapai 5 hingga 8 meter. Hal ini menjadi keuntungan dan ajang untuk para wisatawan bermain surfing sepuasanya.

2. Snorkeling

Snorkeling menjadi alternatif pilihan aktivitas seru di Pantai Bingin. Laut yang berwarna biru menyegarkan dan cukup dangkal menjadi spot menarik bagi pecinta snorkeling. Saat menyelam di bawah laut, wisatawan bisa menjumpai keindahan panorama bawah laut yang menakjubkan dengan beragam biota laut yang dimiliki.

3. Berenang

Berenang merupakan hal yang paling umum dilakukan saat pergi ke pantai. Kegiatan ini sangat umum dilakukan di pinggiran pantai sehingga lebih aman. Karena kondisi air laut pinggir pantai lebih tenang dan aman dibandingkan tengah laut. Anda juga harus tahu kapan waktu pasang dan surut laut agar terhindar dari bahaya.

Penginapan Murah Dekat dari Pantai Bingin

Penginapan di Pantai Bingin
Image Credit: Agoda.com

1. Litus Bingin Uluwatu

Penginapan ini beralamat di Jalan Buana Sari yang berjarak sekitar 1 km dari Pantai Bingin Bali. Penginapan ini menawarkan 3 tipe kamar yang memiliki harga berbeda untuk per malamnya. Bentuk dari pelayanan yang diberikan berupa layanan 24 jam, Wi-Fi, kolam renang, ruangan ber-AC, antar jemput bandara, restoran dan layanan kamar.

2. Le Grande Bali – Uluwatu

Terletak di kompleks Pecatu Indah Resort, hotel ini memberi Anda berbagai layanan, mulai dari ketenangan hingga peremajaan. Penginapan ini mempunyai sebuah moto mengutamakan pelayanan terbaik, agar kunjungan para tamu mendapatkan kepuasan dan pengalaman yang tidak terlupakan. Selain itu, keuntungan lainnya yaitu dengan berwisata ke pantai ini sejauh 1,9 km.

3. Balangan Beach Amangati

Hotel bintang 3 dengan nilai bagus di situs pemesanan hotel. Kelebihan lainnya yaitu berada sekitar 2,2 km dari Pantai Bingin Bali. Bentuk pelayanan meliputi kolam renang outdoor, layanan tour guide untuk wisata keliling Bali, layanan resepsionis 24 jam, AC, Wi-Fi, restoran, taman dan area parkir pribadi. Setiap kamar mempunyai balkon dengan pemandangan laut.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Bingin Bali

Image Credit: Instagram.com @kimmconn

Penasaran mengenai fasilitas apa saja yang tersedia di pantai eksotis ini? Fasilitasnya antara lain tempat penyewaan papan surfing dan perlengkapan snorkeling, penginapan, warung dan kafe di sekitar pantai.

Dengan tersedianya jasa penyewaan papan surfing maka tidak perlu repot atau bingung dalam membawa peralatan olahraga surfing ataupun snorkeling, karena dapat menyewa semua perlengkapan di sini dan mempermudah liburan di Pantai Bingin Bali.

Di sekitaran area tempat wisata ini banyak terdapat penginapan harga terjangkau. Jarak penginapan cukup dekat, sehingga memudahkan akses menuju pantai dan menjadi kelebihan dari penginapan berada di sekitar pantai. Terdapat warung-warung kecil dan kafe di sekitar pantai sebagai alternatif saat merasa lapar. Pilihan makanan beragam mulai dari seafood hingga western.

Itulah ulasan mengenai seluk beluk Pantai Bingin di Pulau Bali mulai dari daya tarik hingga fasilitas, apakah tertarik untuk berlibur disini? Pantai ini tidak kalah dengan pantai lain di Bali atau tempat wisata-wisata lainnya. Memiliki pesona yang beragam memungkinkan untuk membuat tergoda datang ke pantai menawan di Bali in baik sendiri maupun bersama orang-orang terdekat.