Pantai Bias Tugel memiliki pesona yang memukau dan tegolong tempat tersembunyi di Pulau Bali. Pantai pasir putih yang terkenal dengan kebersihan alamnya yang sangat terjaga.

Lokasi: Padangbai, Kec. Manggis, Kab. Karangasem.
Map: Cek Lokasi

Pantai Bias Tugel menjadi salah satu destinasi di Provinsi Bali yang memang telah terkenal sampai ke mancanegara. Meskipun tempatnya yang tersembunyi, pantai ini tetap menjadi destinasi favorit yang tak pernah sepi pengunjung. Disini, Anda dapat menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan sambil menghirup udara sejuk khas pantai.

Pantai yang dekat dengan pelabuhan ini memiliki akses jalan yang lumayan berbahaya. Anda harus menuruni beberapa anak tangga yang sedikit terjal. Akan tetapi, hal ini tidak menghalangi banyak wisatawan yang ingin menghabiskan waktu di pantai yang masih terjaga kealamiannya ini.

Pengelola pantai sangat menjaga kebersihan sekitar pantai agar tidak merusak ekosistemnya. Begitupun dengan para pengunjung yang harus senantiasa menjaga kebersihan. Bagi Anda yang berkeinginan menghabiskan waktu senggang di pantai, Anda dapat menyimak beberapa informasi berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Bias Tugel

Daya Tarik Pantai Bias Tugel
Image Credit: Google Maps (Nikolai Rau)

1. Pantai Terindah yang Tersembunyi

Pantai Bias Tugel adalah salah satu pantai di Bali yang masih tersembunyi dengan memiliki pemandangan yang sangat indah. Hal ini dikarenakan untuk sampai di lokasi pantai tersembunyi ini Anda harus melewati jalan yang masih belum di aspal, terjal, dan menanjak. Pantai ini lokasinya dapat dikatakan terisolir, karena di kanan dan kiri dari wisata air ini dibatasi oleh tebing karang.

Perjuangan Anda melewati jalan yang cukup sulit dilewati dan dibutuhkan banyak tenaga untuk melewatinya, akan terbayarkan setelah Anda sampai di lokasi wisata air ini. Keindahan dari pantai ini dapat membuat semua rasa lelah dan capek Anda jadi hilang. Pemandangan hamparan laut biru yang dipadukan dengan putihnya pasir membuat rasa lelah Anda hilang.

2. Pantai Pasir Putih yang Indah

Hal yang menjadi daya tarik dari Pantai Bias Tugel adalah kebersihan dan putihnya pasir pantai. Putih dan bersihnya pasir di lokasi wisata ini memiliki godaan yang sangat kuat kepada para wisatawan. Walau tempat wisata ini tidak terlalu luas wilayahnya, hamparan pasir putih yang ada di pantai ini dapat membuat Anda betah berlama-lama di pantai ini.

BACA JUGA:  Taman Edelweis Temukus, Taman Kekinian & Instagrammable di Bali
Daya Tarik Pantai Bias Tugel
Image Credit: Travelust101.com

3. Suasana Tenang dan Nyaman

Bagi Anda yang ingin menikmati kedamaian dan kenyamanan setelah bekerja keras di kota yang ramai, maka Anda dapat mengambil liburan ke suatu wisata yang tenang dan nyaman. Salah satunya adalah pantai yang ada di Bali ini. Pantai pasir putih ini memiliki suasana yang tenang dan nyaman yang cocok untuk Anda kunjungi untuk menghindar dari keramaian.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Pantai Bias Tugel

Lokasi & Harga Tiket Pantai Bias Tugel
Image Credit: Google Maps (Kevin McDermott)

Pantai tersembunyi di Pulau Dewata ini terletak di Desa Padangbai, Kabupaten Karangasem. Bagi Anda yang menempuh perjalanan dengan menggunakan jalur udara, maka Anda harus menempuh jarak sekitar 57 kilometer agar bisa sampai ke pantai ini. Dengan menggunakan kendaraan bermotor, Anda dapat menempuh perjalanan hanya selama 1,5 jam.

Bagi Anda yang melakukan perjalanan dari Denpasar, Anda harus menempuh 44 kilometer. Di sepanjang jalan, terdapat banyak penunjuk jalan yang dapat membantu perjalanan Anda. Saat sampai di kawasan objek wisata, Anda akan merasakan suasana ramai dari pelabuhan.

Pantai ini sangat dekat dengan Pelabuhan Padang Bai, hanya membutuhkan waktu 10 menit dengan berjalan. Untuk bisa sampai di destinasi wisata, Anda harus menuruni anak tangga yang lumayan banyak. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit. Sepanjang perjalanan, Anda akan melihat pemandangan lautan dengan berbagai kapal yang sedang berlayar.

Perlu Anda tahu, bahwa anak tangga disini sangatlah berbatu dan terjal. Anda harus menyiapkan energi yang cukup, memakai sandal atau sepatu yang sesuai, dan harus ekstra hati-hati. Perjalanan yang begitu menguras dan menantang akan langsung terbayar saat menikmati sejuknya pemandangan pantai satu ini.

Destinasi wisata bahari satu ini banyak disambangi oleh para wisatawan. Sebab kawasan wisata ini bebas biaya yang artinya gratis. Anda dapat melakukan penjelajahan, bermain pasir, maupun melakukan kegiatan lainnya tanpa perlu mengeluarkan uang. Pantai Bias Tugel sangat tepat dipilih untuk mengisi liburan Anda.

Bagi para pengunjung yang membawa kendaraan, akan dikenakan sedikit biaya. Biaya tersebut meliputi biaya kebersihan di lingkungan sekitar, biaya keamanan, maupun tempat untuk parkir. Kendaraan bermotor akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000. Untuk kendaraan roda empat ditarif dengan harga yang lebih mahal, yaitu Rp 10.000.

BACA JUGA:  Taman Jinja Bali, Taman Hits Ala Negeri Sakura di Besakih

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Bias Tugel

Kegiatan Menarik di Pantai Bias Tugel
Image Credit: Google Maps (Nengah Sukabali)

1. Snorkeling

Pantai Bias Tugel memiliki air laut yang sangat jernih dengan keindahan alam bawah laut yang tidak ada duanya. Kealamian dari alam bawah laut pantai ini menjadikan tempat ini cocok untuk melakukan aktivitas seperti snorkling. Dikarenakan terawatnya terumbu karang membuat banyak jenis ikan yang berkumpul di bawah air pantai yang tersembunyi ini.

Terumbu karang yang masih alami ini menawarkan keindahan alam bawah laut yang menjadi destinasi yang cocok untuk Anda kunjungi. Berbagai jenis ikan hidup di sekitar terumbu karang yang masih terjaga keasliannya ini. Keindahan alam bawah laut Pantai ini membuat banyak para wisatawan datang untuk menikmatinya.

2. Surfing

Ombak di pesisir pantai cukup besar dan memiliki durasi yang cukup panjang. Dengan adanya ombak yang besar dan panjang ini, maka kegiatan lain yang dapat Anda lakukan di Wisata air ini adalah berselancar. Bagi Anda yang suka berselancar dan sudah cukup mahir bermain dengan papan selancar, maka Anda dapat mengunjungi Wisata air ini mencoba mengalahkan ombak ini.

Dengan ombaknya yang besar-besar dan panjang, menarik perhatian banyak wisatawan baik mancanegara maupun wisatawan lokal untuk datang dan menaklukan ombak yang ada di Pantai ini dengan berselancar. Besarnya ombak yang ada di Pantai ini membuat adanya efek semburan air.

3. Water Blow

Jika Anda berkunjung ke Pantai Bias Tugel maka jangan lewatkan keseruan yang sama seperti Anda berada disebut waterboom yakni air mancur. Anda dapat melihat air mancur yang ada di Wisata ini dengan menengok ke kanan jika Anda berdiri di bibir pantai dan sedang menghadap ke laut. Ombak yang besar dan menabrak karang ini yang menyebabkan adanya air mancur.

4. Berenang di Laguna

Pantai yang kecil dan memiliki panorama alam yang sangat indah ini memiliki sebuah laguna kecil. Laguna ini berada di sebelah kiri dari Wisata. Di laguna ini Anda dapat berendam sekaligus berenang. Jika Anda ingin berenang dan berendam di laguna ini tunggu sampai air di laguna surut, jika tidak dikhawatirkan Anda akan terbawa oleh ombak.

BACA JUGA:  Pesona Pantai Amed, Pantai yang Penuh Keindahan Bawah Laut Bali

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Bias Tugel

Penginapan di Sekitar Pantai Bias Tugel
Image Credit: Google Maps (OK Divers Resort & Spa, Padangbai)

1. OK Divers Resort dan Spa

Penginapan OK divers resort dan spa ini adalah penginapan yang dekat dengan Pantai Bias Tugel, hanya berjarak sekitar 200 meter saja. Penginapan bintang 3 ini memiliki kamar dengan fasilitas seperti tv, penyejuk ruangan, wifi, dan mini bar. Kamar yang ada di penginapan ini semuanya bersih dan tempat tidurnya sangat nyaman.

Jika Anda bermalam di penginapan ini, Anda akan mendapatkan fasilitas umum seperti kolam renang, spa, sarapan gratis, dan layanan concierge. Pemandangan dari penginapan ini adalah pemandangan yang langsung menuju ke arah laut.

2. Nirmala Hotel Denpasar

Berlibur ke Pantai Bias Tugel rasanya tidak puas jika hanya berkeliling dalam satu hari saja. Pemandangan yang indah tersebut pastinya menjadi alasan Anda ingin berlama-lama berada di pantai ini. Jika seperti itu, Anda dapat bermalam di penginapan nirmala hotel Denpasar. Penginapan ini hanya berjarak sekitar 538 meter saja dari pantai.

Untuk bermalam di hotel yang satu ini, Anda harus membayar sekitar Rp 270.000 sampai Rp 910.000. Dengan membayar sesuai harga tersebut, Anda akan mendapatkan kamar dengan fasilitas bath, bathtub, toilet, tempat tidur yang nyaman, dan wifi gratis. Bagi Anda yang suka merokok, dilarang untuk merokok di dalam kamar.

Hotel bintang 3 ini memiliki fasilitas umum seperti restoran, room service, cleaning service, dan juga wifi gratis. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, maka Anda dapat memarkirkannya di area parkir yang sudah disediakan.

3. Plumeria Homestay

Penginapan di sekitar pantai selanjutnya adalah penginapan plumeria homestay. Penginapan ini berjarak sekitar 980 meter dari Pantai Bias Tugel. Penginapan ini memiliki suasana yang nyaman dengan pelayanan yang memuaskan. Kebersihan penginapan ini selalu terjaga baik dari tempat yang tersempit sampai yang terlihat jelas oleh mata.

Penginapan ini memiliki kamar yang luasnya 30 meter persegi dan dapat ditempati maksimal 6 orang. Fasilitas kamar yang Anda dapatkan berupa bath, bathtub, toilet, non smoking area, dan juga wifi gratis. Semua itu di harga Rp 665.000 untuk satu malamnya.

Pantai Bias Tugel dapat dibilang sebagai tempat wisata yang tempatnya sangat sulit untuk dijangkau. Hal ini dikarenakan medan yang cukup berat untuk sampai ke lokasi. Pemandangan yang indah dan aktivitas yang menarik menjadikan pantai ini banyak diminati oleh banyak wisatawan.