Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Batu Bolong Canggu tergolong wisata bahari memesona yang memiliki pemandangan seperti Tanah Lot, Pulau Dewata Bali.

Lokasi: Canggu, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung.
Map: Cek Lokasi

Bali memiliki kawasan pantai yang tidak pernah habis untuk dikunjungi. Bagi yang baru pertama kali, mereka akan memilih daerah Legian, Kuta, dan Seminyak. Kawasan tersebut sangat terkenal dan padat jika musim liburan. Akan tetapi, ada lokasi baru tidak jauh dari Kuta yaitu Pantai Batu Bolong Bali.

Pantai ini terletak di kawasan Canggu, Kuta utara. Berbagai hal menarik dapat dilakukan di pantai ini terutama mereka yang suka olahraga air. Anda dapat mencoba surfing atau kite surfing. Pengunjung tidak perlu membawa alat sendiri. Tempat penyewaan tersebar di pinggiran pantai cantik ini. Selanjutnya, Anda bisa menikmati ombak lumayan besar di pagi dan sore hari.

Berbeda dengan pantai yang lain, pasir di lokasi ini cenderung gelap atau agak hitam. Namun, warna tersebut tidak mengurangi keindahan pantai. Di sekitar lokasi terdapat tebing batu karang tinggi serta sebuah pura. Nama Batu Bolong sebenarnya berasal dari pura tersebut yang masih digunakan untuk kegiatan ibadah hingga saat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Batu Bolong

Daya Tarik Pantai Batu Bolong
Image Credit: Balihellotravel.com

Berkunjung ke Bali selalu menyenangkan apalagi jika berhasil menemukan pantai baru yang masih belum terjamah manusia. Namun, lokasi seperti itu pasti tidak memiliki infrastruktur yang bagus. Ada cara lain bagi mereka yang ingin menikmati kenyamanan pantai dan sunset. Salah satunya adalah berkunjung ke pantai yang kurang terkenal.

Beberapa pantai di Bali memiliki potensi untuk menjadi pilihan. Salah satunya adalah Pantai Batu Bolong Bali. Pemilihan pantai ini bukan tanpa alasan. Pertama, lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Anda tidak perlu repot menelusuri pantai di wilayah pedalaman yang berisiko. Karena lokasi tersebut, Batu Bolong mulai menarik lebih banyak turis.

Daya tarik lain adalah keindahan alam saat sunset dan sunrise. Banyak orang sengaja berkunjung ke pantai untuk sekedar melihat langsung matahari tenggelam. Di pantai ini, Anda bisa merebahkan diri untuk menikmati suasana temaram senja sunset yang indah. Momen ini bertambah nyaman sebab pantai terlalu padat.

BACA JUGA:  Pantai Dreamland Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

Selanjutnya, pantai memiliki pasir yang lembut dan halus. Turis dapat menyusuri area pantai tanpa alas kaki. Pasir ini memang tidak putih sebab area tersebut masih memiliki karang dan ombak lumayan besar. Buliran pasir dekat laut berasal dari terpaan ombak sehingga cenderung hitam.

Daya Tarik Pantai Batu Bolong Bali
Image Credit: Dewamotorbalirental.com

Anda mengenal tanah lot yaitu kawasan pantai dengan tebing tinggi dan sebuah pura diatasnya. Di Batu Bolong, ada spot yang mirip dengan tanah lot. Tebing ini menjorok langsung ke laut dan sebuah pura bernama Batu Bolong berada tepat di atas dan bagian tepi. Pura tersebut masih aktif digunakan dan dikunjungi setiap hari.

Tanah lot sudah terkenal karena keunikan tersebut. Anda dapat mencari lokasi lain yang mirip yaitu pantai ini. Masing-masing memiliki daya tarik tersendiri. Batu Bolong cocok untuk pengunjung yang ingin suasana sepi.

Di pantai ini, ombak adalah daya tarik utama. Anda bisa berkunjung ke pantai manapun di Bali tetapi Batu Bolong menawarkan ombak yang aman untuk surfing. Jika tidak bisa berselancar, beberapa kegiatan olahraga air tersedia karena memang lokasinya sangat mendukung. Inilah yang membuat wisatawan betah bahkan berlibur sangat lama di area Canggu dan Batu Bolong.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Batu Bolong

Lokasi Pantai Batu Bolong
Image Credit: Ihategreenjello.com

Pantai Batu Bolong Bali terletak di sebelah barat daya Bali. Jika dari peta, area ini masuk kabupaten badung dan kecamatan Kuta utara. Garis pantai ini lumayan panjang dan mencakup beberapa wilayah sekitar.

Jaraknya mungkin sekitar 7-8 kilometer dari Denpasar. Setelah mendarat di Bali, Anda bisa menggunakan transportasi apapun. Mobil dan motor pribadi adalah sarana transportasi utama karena lebih cepat dan mudah. Kawasan ini sudah mengalami pembangunan terutama jalan sehingga akses terjangkau dan mudah.

Bagi rombongan, jalan-jalan di Kuta utara dan Canggu mendukung bus pariwisata. Turis tidak perlu khawatir mengenai akses tersebut. Mereka bisa berkunjung kapan saja ke pantai Batu Bolong.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Bolong Bali

Harga Tiket Pantai Batu Bolong Bali
Image Credit: Weleavetoday.com

Bali memang unik saat menerapkan tiket masuk ke objek wisata pantai. Anda tidak perlu membayar ketika ingin berkunjung ke pantai Kuta dan sanur. Hal yang sama juga berlaku untuk Pantai Batu Bolong Bali.

Jika ada yang bertanya berapa harga tiket masuk, jawabannya adalah gratis. Berkunjung ke pantai ini memang tidak ada biaya apapun. Pengunjung bebas datang dan pergi kapan saja. Namun, mereka yang membawa kendaraan baik motor atau mobil akan dikenakan biaya parkir. Harganya terjangkau yaitu sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 untuk masing-masing motor dan mobil.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Batu Bolong

Kegiatan di Pantai Batu Bolong
Image Credit: Kompas.com

Di pantai ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak daftar berikut ini.

1. Menyusuri Pantai

Salah satu cara untuk menikmati pantai adalah berjalan dari ujung ke ujung. Di pantai ini, turis tidak perlu repot melakukan apapun. Mereka cukup menyusuri bibir pantai untuk merasakan kelembutan pasir. Selain itu, kegiatan ini bermanfaat untuk kesehatan. Anda sebaiknya memilih waktu pagi dan sore untuk menghindari panas terik.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Nusa Dua Bali Terbaru & Terhits Buat Liburan

2. Berjemur

Sunbed tersedia di pantai tersebut. Jika ingin yang lebih khusus, Anda bisa menyewa langsung di dekat lokasi. Berjemur menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan di pantai terutama oleh turis di Bali. Anda cukup merebahkan diri lalu siapkan sunscreen. Setelah itu, tubuh terkena sinar matahari. Pastikan tidak berada di area yang sangat terik kecuali Anda sudah siap.

3. Olahraga Jogging

Canggu termasuk kawasan yang banyak turis dan ekspatriat. Mereka tinggi di Bali cukup lama dan memilih area ini. Oleh karena itu, Anda akan sering melihat turis melakukan jogging di sekitar pantai.

Aktivitas ini sangat digemari apalagi tidak memakai alas kaki. Anda bisa menggabungkannya dengan jalan santai. Jogging membuat tubuh sehat ketika dilakukan di saat yang tepat. Anda dengan mudah bergerak kemanapun sebab pantai tidak ramai.

4. Olahraga di Pantai

Berolahraga di pantai memang menyenangkan. Beberapa turis melakukan aktivitas voli atau sepak bola di pantai ini. Olahraga merupakan cara untuk menghabiskan waktu ketika Anda ingin lebih aktif. Pastikan untuk melihat sekitar agar tidak mengganggu orang lain.

5. Surfing dan Kitesurfing

Yang membuat Canggu dan Pantai Batu Bolong Bali terkenal adalah surfing. Lokasi ini memiliki ombak yang lumayan tinggi dan semakin besar saat angin berhembus kencang di pagi hari. Ombak tersebut sangat cocok untuk melakukan surfing.

Anda bisa membawa papan sendiri atau menyewa di area pantai. Bagi yang belum bisa atau masih awam, turis akan menerima pelajaran dasar surfing. Mereka yang telah berpengalaman akan membantu bagaimana surfing yang baik dan benar.

Selanjutnya, ada aktivitas kite surfing. Jika ombak lumayan tenang, Anda bisa mencoba olahraga ini. Semua peralatan dan pemandu sudah tersedia. Pengunjung hanya perlu datang dan mencoba hal baru tersebut.

6. Berenang

Berenang dapat menjadi solusi bagi yang suka tantangan. Meskipun ombak cukup kuat, pantai masih cocok untuk aktivitas olahraga ini. Turis wajib memakai pelampung untuk keselamatan. Sebelum berenang, cek area sekitar untuk menghindari batu karang.

7. Pijat

Menikmati pantai akan terasa nyaman dengan pijat. Di Bali, jasa ini tersedia dengan mudah termasuk di Pantai Batu Bolong Bali. Jasa pijat ini akan memberikan kenyamanan di kaki dan tangan hingga badan.

8. Menikmati Kuliner

Bali tanpa wisata kuliner akan terasa tidak lengkap. Ketika berkunjung ke Pantai Batu Bolong Bali, warung dan restoran tersebar di area tersebut. Anda bisa mencoba menu daerah setempat atau makanan lain. Kuliner di area pantai berhubungan dengan seafood. Jadi, Anda wajib mencobanya langsung.

BACA JUGA:  Zen Hideaway Ubud, Villa Tersembunyi & Romantis di Pulau Bali

9. Sunset

Salah satu faktor yang membuat Batu Bolong mulai rama adalah sunset atau matahari tenggelam. Anda melihat langsung temaram senja di horizon. Suasana ini sangat jarang ditemukan karena harus berada di lokasi yang tepat.

Matahari tenggelam di pantai ini lebih istimewa dari sunrise karena posisi atau lokasi geografis. Letakknya di barat daya sehingga matahari seolah bergerak langsung ke lepas laut. Arah pantai adalah timur dan laut adalah barat. Jadi, sunset terasa lebih istimewa karena seolah matahari tenggelam di laut lepas.

10. Berfoto Ria

Selanjutnya, turis bisa mengabadikan momen dengan foto. Banyak spot menarik dengan latar belakang yang unik. Salah satunya adalah di dekat pura. Anda bisa mengambil gambar dari bawah dengan background pura tersebut. Selain itu, masih ada lokasi lain di sekitar pantai yang cocok untuk memberikan kesan indah sebagai bukti sudah berkunjung ke Pantai Batu Bolong Bali.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Batu Bolong

Penginapan di Pantai Batu Bolong
Image Credit: Agoda.com

1. Aston Canggu Resort

Resort ini termasuk penginapan yang sangat dekat dengan Pantai Batu Bolong Bali. Anda bisa berkunjung ke pantai kurang dari lima menit. Artinya, lokasi terletak di sekitar Canggu.

2. Hotel Tugu Bali

Bagi yang membutuhkan penginapan di area Canggu, Hotel Tugu Bali dapat menjadi pilihan yang tepat. Berbagai fasilitas dan akomodasi tersedia dengan lengkap. Hotel berlokasi dekat dengan pantai bahkan turis cukup berjalan hanya lima menit.

3. The Kirana Hotel

Selanjutnya adalah the Kirana Hotel. Sama dengan penginapan yang lain yaitu lokasi dekat dan pilihan kamar yang bervariasi. Turis dapat melihat pantai secara langsung dari kamar.

4. Ametis Villa

Bagi yang ingin menginap di villa, pilihan yang tersedia adalah Ametis Villa. Penginapan ini sengaja dibangun tepat dekat Pantai Batu Bolong Bali. Turis tidak perlu pergi jauh karena lokasi sangat dekat.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Batu Bolong Bali

Fasilitas di Pantai Batu Bolong Bali
Image Credit: Ihategreenjello.com

Pantai Batu Bolong memiliki fasilitas yang lengkap bahkan hampir semua penunjang wisata tersedia. Akses mudah karena jalan sudah bagus dan lancar. Ketika tiba di pantai, Anda dapat menemukan banyak opsi penginapan. Pada umumnya, turis memilih hotel yang dekat bahkan mereka akan menerima kamar yang berhadapan langsung dengan laut.

Fasilitas lain termasuk sarana olahraga, kuliner, parkir, dan keamanan. Pantai ini semakin ramai karena menerima turis yang ingin mencari suasana baru. Selain itu, pura di atas bukit juga menjadi faktor mengapa semakin banyak yang berkunjung.

Dari apa yang sudah dijelaskan, Anda menyadari bahwa Pantai Batu Bolong Bali adalah destinasi wisata yang sangat layak dikunjungi. Berbagai fasilitas tersedia dan turis bisa melakukan apa saja. Satu faktor lagi sebagai motivasi yaitu berkunjung ke pantai tidak dikenakan biaya.