Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Balangan bisa dikatakan surga tersembunyi di Pulau Dewata Bali karena keindahannya yang memukau. Pantai indah yang memiliki garis pantai panjang dengan pemandangan tebing batu yang menjulang tinggi.

Lokasi: Desa Ungasan, Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.
Map: Cek Lokasi

Pantai Balangan terkenal akan bentangan alamnya yang mempesona. Pantai ini terletak pada lokasi tersembunyi yang dulunya masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Akan tetapi, karena keindahan alamnya yang surgawi, menjadikan pantai indah ini selalu ramai oleh pengunjung.

Anda akan menemukan beragam keindahan yang hanya bisa Anda temui di Pantai Balangan. Pantai ini memiliki panorama alam yang begitu indah dengan pemandangan tebing batu karang yang besar dan tinggi. Pantai yang menghadap barat laut ini menawarkan pemandangan sunset yang begitu memanjakan mata.

Para wisatawan yang berlibur di pantai ini dapat menikmati berbagai macam fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola pantai. Anda dapat dengan mudah menemukan aneka fasilitas yang tentunya dapat menunjang kebutuhan Anda. Pantai Balangan menawarkan beragam daya tarik yang wajib Anda kunjungi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Balangan Bali

Daya Tarik Pantai Balangan Bali
Image Credit: Christinabudiutami.wordpress.com

Pantai Balangan merupakan wisata bahari dengan lokasi tersembunyi yang terletak di bagian selatan Pulau Dewata. Pantai ini menjadi destinasi wisata favorit yang kerapkali menjadi tujuan wisata utama saat berada di Bali. Banyak para wisatawan yang berlibur kesini hanya untuk menghilangkan penat sambil menikmati keindahan alam yang disuguhkan.

Garis pantai yang dimiliki oleh Pantai ini hanya sekitar setengah kilometer. Pantai ini dihimpit oleh tebing karang dan laut lepas. Pemandangan tebing karang yang tinggi dan besar menjadikan pantai ini semakin eksotis. Anda akan merasakan sensasi tersendiri saat menyaksikan hamparan laut yang luas dari atas tebing karang.

Pantai ini memiliki pasir putih yang lumayan halus dan lembut di kulit. Pantai Balangan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga. Anda bisa mengajak si kecil bermain pasir sambil menikmati pemandangan tebing karang dan laut biru yang tidak akan membuat Anda bosan.

Hamparan laut biru yang luas dengan angin yang menyejukkan membuat siapapun akan betah berlama-lama di pantai ini. Pada waktu senja, Anda dapat menyaksikan sunset dengan warna jingga yang berkilau dan memberikan nuansa romantis. Sebab itu, pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama pasangan Anda.

BACA JUGA:  Angel’s Billabong Nusa Penida - Keindahan Alam yang Menakjubkan di Bali
Daya Tarik Pantai Balangan
Image Credit: Pasirpantai.com

Pemandangan indah dan menawan saat sunset menjadi salah satu daya tarik yang dapat mengundang banyak para wisatawan. Pantai ini memiliki banyak spot foto yang tentunya dapat di manfaatkan oleh pengunjung sebagai properti foto. Banyak pula yang menjadikan pantai ini sebagai tempat untuk melakukan foto pre-wedding.

Disini Anda dapat menyaksikan aktivitas para nelayan yang sedang melakukan bongkar muat ikan dari perahu-perahu di Pantai Kedonganan. Anda juga dapat menyaksikan hilir mudik pesawat di Bandar Udara Ngurah Rai. Pemandangan unik ini menjadikan Pantai Balangan sebagai objek wisata yang paling diincar oleh para pengujung.

Pantai cantik ini juga memiliki daya tarik lain yang tak kalah terkenal, yaitu ombaknya yang panjang, besar, dan tinggi. Ombak pantai ini sangat cocok digunakan untuk melakukan kegiatan surfing bagi para wisatawan yang sudah berpengalaman.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Balangan

Lokasi Pantai Balangan
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Bagi Anda yang berasal dari luar daerah maupun dari luar negeri yang menggunakan jalur udara, Anda akan transit di Bandar Udara Ngurah Rai Bali. Perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat selama 55 menit untuk sampai ke pantai ini.

Disini Anda dapat menyewa mobil ataupun motor pada rental-rental. Untuk sewa motor biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp 75.000-Rp 100.000 untuk 24 jam. Untuk sewa mobil tanpa supir biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp 225.000-Rp 250.000 untuk 24 jam.

Pantai Balangan di Desa Ungasan terletak pada lokasi yang rumit dan tersembunyi. Anda harus menyiapkan google maps agar tidak tersesat saat mengendarai kendaraan secara pribadi. Sebab itu, disarankan bagi Anda untuk menyewa mobil dengan supir untuk mempermudah perjalanan Anda.

Sewa mobil beserta supirnya dibandrol dengan harga Rp 500.000 untuk 10 jam. Anda hanya perlu duduk santai sampai menikmati pemandangan rumah dan penginapan yang berjejer di sepanjang jalan. Dengan menyewa mobil beserta supirnya, Anda dapat menghemat waktu tanpa perlu takut tersesat.

Akses jalan menuju Pantai ini termasuk mudah dengan jalan yang cukup bagus. Pantai ini terletak jauh dari pusat keramaian kota dengan jalan yang lancar tanpa gangguan kemacetan. Sebab itu, Anda hanya akan melihat segelintir kendaraan yang berlalu lalang, sebab pantai ini masih tergolong sepi.

Harga Tiket Masuk Pantai Balangan Bali

Harga Tiket Pantai Balangan Bali
Image Credit: Warningtime.com

Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk saat memasuki kawasan Pantai Balangan, Bali. Anda dapat sepuasnya menikmati panorama alam dan keindahan surgawi secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Anda hanya diwajibkan untuk membayar parkir kendaraan agar aman.

BACA JUGA:  Kebun Raya Bedugul, Berwisata Sambil Belajar Tumbuhan di Botanical Garden Bali

Pengunjung yang membawa kendaraan roda dua akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000. Sedangkan pengunjung yang membawa kendaraan roda empat akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000. Biaya parkir ini sangat terjangkau dan ramah dikantong pengunjung.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Balangan

Kegiatan Menarik di Pantai Balangan
Image Credit: Wisata222.blogspot.com

1. Bermain Pasir

Pantai Balangan memiliki pasir putih dengan ukuran yang lumayan lembut. Pasir ini tidak akan membuat kulit Anda terluka. Anda dapat mengajak si kecil untuk membuat istana pasir sambil menikmati hembusan angin yang begitu menyejukkan.

2. Bersantai

Lokasi pantai yang tersembunyi, menjadikan pantai ini masih lumayan sepi dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin bersantai dan menjauh dari hiruk pikuk perkotaan. Suasana tenang dan damai dapat membuat Anda sedikit melupakan beban pikiran di otak.

3. Berjemur

Anda juga dapat melakukan aktivitas pada siang hari. Anda dapat merebahkan diri diatas lembutnya pasir ataupun menyewa kursi panjang. Dengan ditemani oleh es kelapa muda, akan semakin membuat Anda betah untuk berlama-lama di pantai ini.

4. Surfing

Pantai Balangan terkenal akan ombaknya yang tinggi dan besar. Hal ini disebabkan karena pantai ini terletak pada bagian selatan Pulau Bali dan berdampingan langsung dengan Samudra Hindia. Ombak di pantai ini cocok digunakan untuk berselancar. Kegiatan surfing ini biasa dilakukan dari siang hari sampai sore hari.

5. Menikmati Sunset

Pantai ini juga terkenal akan pemandangan sunsetnya yang begitu memanjakan mata. Pancaran jingga yang memantul pada air laut menciptakan nuansa yang romantis. Spot satu ini menjadi incaran banyak wisatawan saat berlibur di Pantai. Tempat satu sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur bersama pasangan.

6. Berfoto Ria

Panorama dan bentangan alam yang indah menjadikan Pantai Balangan banyak dikenal oleh para wisatawan manca negara. Pantai ini memiliki beragam spot foto dengan latar hamparan laut yang luas dan tebing karang yang besar dan tinggi. Objek wisata satu ini seringkali dijadikan tempat untuk melakukan foto pre-wedding.

7. Menikmati Pemandangan Tebing Karang

Pantai selatan ini memiliki bentangan tebing karang yang menghimpit pantai. Tebing karang ini ditumbuhi berbagai tumbuhan hijau yang menyegarkan mata. Anda dapat menyaksikan pemandangan laut dari atas tebing karang. Saat berada di atas tebing karang, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda.

8. Wisata Kuliner

Pengelola Pantai Balangan menyediakan fasilitas berupa warung makan atau cafe yang dikelola oleh warga lokal. Disini Anda dapat berwisata kuliner sepuasnya. Anda akan disuguhi es kelapa yang segar dan aneka ragam makanan. Makanan yang disajikan yaitu mulai dari snack, makanan khas Bali, makanan nusantara, maupun makanan western.

9. Yoga Studio

Anda dapat melakukan kegiatan yoga saat mengunjungi Pantai Balangan. Disini Anda dapat melakukan olahraga yoga sambil menikmati pemandangan alam yang begitu mempesona. Anda akan didampingi oleh instruktur yoga profesional yang melatih Anda dengan penuh kesabaran.

BACA JUGA:  5 Pulau Eksotis di Bali & Terbaik Buat Liburan

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Balangan

Penginapan di Pantai Balangan
Image Credit: Readytotrip.com

1. Flower Bud Bungalow Balangan

Flower Bud Bungalow Balangan merupakan rekomendasi penginapan yang cocok saat Anda berlibur ke Pantai Balangan. Resort ini menawarkan fasilitas yang beragam, seperti tirai anti nyamuk, ac, dan kamar yang bersih. Pengunjung juga mendapatkan fasilitas berupa akses wifi gratis.

2. Balangan Beach Villa

Salah satu penginapan yang terkenal dan dekat dengan Pantai adalah Balangan Beach Villa. Villa ini menyediakan 5 kamar dengan fasilitas gratis berupa wifi 24 jam. Terdapat pula fasilitas berupa kamar mandi dalam kamar yang tentunya bersih dan wangi. Kamar pada villa ini dilengkapi dengan balkon kamar yang langsung menghadap ke laut.

3. Balangan Sea View Bungalow

Penginapan Balangan Sea View Bungalow memiliki lokasi yang sangat dekat dengan Pantai Balangan. Fasilitas yang disediakan yaitu berupa wifi gratis 24 jam, dan ac maupun kipas angin. Penginapan ini menyajikan pemandangan laut yang begitu indah.

4. La Joya Balangan Beach Resort

La Joya Balangan Beach Resort merupakan resort mewah yang dekat dengan wisata bahari ini. Resort ini menyediakan beragam fasilitas lengkap, seperti wifi gratis 24 jam, 2 kolam renang yang berada di luar ruangan, dan lain-lain. Kamar tidur yang ditawarkan dilengkapi dengan miniatur kayu klasik yang unik.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Balangan Bali

Fasilitas di Pantai Balangan Bali
Image Credit: Baligetaway.co.id

Pengelola Pantai Balangan menyediakan berbagai macam fasilitas yang tentunya dapat memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Pantai ini menyediakan fasilitas berupa warung makan atau cafe, kursi panjang, payung, toilet bersih, tempat parkir yang luas dan memadai, dan lain sebagainya

Anda dapat dengan mudah menjumpai warung makan atau cafe yang berjejer di pesisir pantai. Cafe yang dikelola oleh warga lokal ini menyajikan aneka hidangan yang memiliki rasa nikmat dan lezat. Anda dapat menikmati hidangan khas Bali, hidangan nusantara, maupun hidangan western dan ditemani oleh es kelapa muda yang menyegarkan.

Disini juga terdapat penyewaan kursi panjang untuk berjemur seharian yang dibandrol dengan harga Rp 50.000. Anda juga dapat menyewa payung seharian dan dibandrol dengan harga Rp 50.000. Kursi panjang ini terletak tepat di bibir pantai dan menghadap langsung ke hamparan laut biru.

Itulah beberapa daya tarik, aktivitas wisatawan, rute perjalanan, dan beragam fasilitas yang tersedia di Pantai Balangan, Bali. Sarana dan prasarana yang terdapat di pantai ini semata-mata untuk semakin memikat minat para wisatawan lokal maupun mancanegara. Semoga informasi diatas dapat semakin menambah wawasan dan pengetahuan Anda.