Pantai Atuh menjadi salah satu pantai cantik tersembunyi di Nusa Penida Bali yang menawarkan pesona eksotis yang berbeda, dipagari tebing-tebing di tepi laut. Pantai yang mampu menghipnotis setiap mata yang hadir untuk melihatnya.

Lokasi: Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.
Map: Cek Lokasi

Pantai Atuh menjadi salah satu dari sekian banyak wisata bahari yang indah dengan pesona yang tidak bisa ditolak oleh mata. Keberadaannya tidak begitu populer dibandingkan lainnya, karena akses tempuhnya terjal dan susah dilalui.

Memiliki kesan seperti Raja Ampat yang khas, berhasil memikat wisatawan berkunjung dan menempuh rute menantang. Setiap sudut memiliki kemagisan yang membuat mata sulit lepas memandanginya. Setiap yang datang selalu ingin kembali.

Banyak hal yang bisa ditemui dan dilakukan saat berada di pantai Atuh. Kita bisa menemukan kegiatan unik, wahana menarik, hingga hal-hal menantang yang memacu adrenalin. Sempatkan diri berkunjung walau hanya singgah sejenak.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Atuh

Daya Tarik Pantai Atuh
Image Credit: Instagram.com @ariv_venoid

1. Tebing Batu

Memiliki pemandangan Tebing batu yang menjulang tinggi dengan motif gradasi kikisan karang oleh ombak yang menerjang. Banyak pengunjung yang memilih untuk duduk dan menikmati pemandangan dari sini. Selain itu juga menjadi pintu masuk utama.

2. Bukit yang Indah

Daya tarik lain Pantai Atuh yaitu keberadaan bukit-bukit hijau yang berada di dekatnya. Hamparan hijau rumput dengan struktur yang bergelombang banyak dijadikan tujuan untuk bersantai. Selain itu juga digunakan sebagai pilihan untuk mengambil foto oleh kebanyakan pengunjung. Keberadaannya menjadikan suasana tidak gersang dan lebih teduh dilihat.

3. Pasir Putih

pasir putih yang terbentang luas dengan garis pantai yang panjang menambak menarik setiap yang melihat. Bisa digunakan untuk melakukan kegiatan olahraga atau sekedar bermain-main. Lembut dan tidak melukai kaki yang berjalan di sekitarnya.

BACA JUGA:  Air Terjun Peguyangan, Wisata Alam Unik yang Menantang di Nusa Penida
Daya Tarik Pantai Atuh Bali
Image Credit: Twitter.com @TravelBeatApp

4. Gugusan Pulau Kecil

Gugusan pulau kecil yang terlihat menjadi pemandangan spesial yang menambah nilainya. Anda bisa menyebrang dan berkunjung untuk mengekplore segala hal menarik lain yang mungkin ditemui. Tentu ini akan menambah pengalaman liburan yang tidak terlupakan.

5. Rumah Pohon

Titik ini menjadi favorit pengunjung, karena tidak banyak tersedia di destinasi lain. Rumah pohon berada di atas tebing yang menjulang tinggi dari permukaan laut. Bersantai di atasnya memberikan nuansa yang berbeda dan tentu menantang dengan ketinggiannya. Cocok untuk berfoto ataupun sekedar duduk di atasnya.

6. Pura Atuh

Sebagai salah satu wilayah yang sakral dan disucikan, tempat ini memiliki Pura yang bisa digunakan untuk beribadah. Kegiatan-kegiatan keagamaan sering dilakukan oleh warga sekitar yang beragama Hindu. Sayangnya tidak semua orang boleh memasuki area ini. Tetapi berfoto dari depannya diperbolehkan.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Atuh

Lokasi Pantai Atuh
Image Credit: Twitter.com @Landscaperid

Jika Anda sedang merencanakan liburan ke Pantai Atuh, tentunya perlu informasi lokasi yang bisa ditempuh. Alamat dari wisata ini berada di daerah Pulau Nusa Penida, di sebelah tenggara Bali. Walaupun terpisah, secara administratif wilayah ini masuk ke dalam Kabupaten Klungkung. Perlu diketahui juga bahwa perjalanan yang dilalui akan sedikit menantang, karena banyak jalan berlubang.

Rute terbaik bisa diakses dengan menyewa tour guide ataupun menggunakan peta elektronik di ponsel pintar ataupun media sejenis. Di sepanjang jalan telah terpasang petunjuk arah yang jelas untuk kemudian diikuti. Jika Anda berangkat dari penginapan dekat Bali, bisa menggunakan penyebrangan di pelabuhan yang banyak tersedia.

Saat sampai, perjalanan akan dilanjutkan dengan menuruni anak tangga. Ketika sampai, kemudian lanjutkan ke arah laut. Waktu yang dibutuhkan sekitar kurang lebih 15 menit. Itulah rute yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Jika merasa khawatir tersesat, bisa menyewa day trip.

Sebagai salah satu destinasi yang masih belum banyak diketahui oleh khalayak umum, biaya yang dibandrol juga tidak mahal. Saat Anda memiliki rencana untuk singgah, anggaran yang perlu disiapkan untuk menikmati keindahan pemandangannya hanya sekitar Rp.5000,- per orang. Sedangkan biaya parkir disesuaikan dengan jenis kendaraan yang digunakan atau lewat sebelah kiri agar gratis.

Buka setiap hari selama 24 jam tanpa batas. Pengelola juga tidak membatasi jumlah pengunjung untuk dapat masuk. Hanya perlu menjaga keaslian alam dari polusi sampah yang tidak bisa terurai. Agar tetap seimbang dan tidak menimbulkan kerusakan.

BACA JUGA:  Pantai Mushroom Bay, Pantai Eksotis di Nusa Lembongan Bali

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Atuh

Aktivitas Menarik Pantai Atuh
Image Credit: Google Maps (Chryssa Xeni)

1. Berfoto

Keindahan yang dimiliki tersuguhkan dengan sempurna. Tebing, bukit, dan lautan biru yang membentang begitu mempesona dilihat dari berbagai sisi. Bagi Anda yang sedang berkunjung bisa memanfaatkannya sebagai spot foto terbaik. Terlebih di era serba sosial media saat ini. Kebutuhan update timeline menjadi hal wajib untuk tidak terlupakan setiap menemukan momen bagus.

Hal menarik yang jarang ditemui yaitu pemandangan bebatuan saat air pasang yang begitu mengesankan. Susunannya sangat bagus dan membentuk pola menarik untuk difoto. Mengambil sebanyak mungkin gambar terbaik untuk di upload di akun Anda dan bagikan teman terdekat.

2. Lompat Tebing Batu

Wisata Pantai Atuh memiliki spot tebing yang banyak dan menjulang tinggi di atas laut lepas. Bagi pecinta tantangan dan kegiatan ekstrim bisa menjajal kegiatan lompat tebing. Tentunya terlihat sedikit berbahaya, namun menarik untuk dicoba, diutamakan bagi yang berpengalaman. Beberapa titik memiliki kedalaman sekitar 3 meter, pastikan tidak ada keraguan saat akan melakukannya.

3. Melihat Sunrise dan Sunset

Semua tempat wisata bahari memang cocok untuk dijadikan spot menikmati keindahan sunrise dan sunset. Kondisi dan suasana yang dibangun juga menjadi pelengkap yang manis. Mendapatkan momen yang tepat yaitu datang saat waktu terdekat. Seperti melihat Sunrise, datang saat sebelum subuh. Kemudian menjemput sunset, datang sebelum maghrib tiba.

Aktivitas Menarik di Pantai Atuh
Image Credit: Google Maps (Made Suwita)

4. Bersantai di Rumah Pohon

Terdapat sebuah rumah pohon yang cocok untuk bersantai. Menikmati keindahan hamparan air laut yang indah dari atas. Berfoto dengan latar belakang bukit dan tebing. Semua bisa di lakukan di spot ini.

5. Bermain Pasir

Pergi ke pantai tanpa bermain pasir tentu akan menjadi kurang. Putih, bersih, dan cocok untuk bermain bersama dengan rekan ataupun keluarga. Uniknya lagi, di Pantai Atuh ketika anda turun ke pasir maka suasana privat terasa. Pasalnya banyak pengunjung yang memilih berada di atas tebing dari pada turun.

6. Kulineran

Sembari bersantai dan menikmati pesona pemandangan sekitar. Tidak ada ruginya jika disambi dengan menikmati kuliner di sekitar. Warung-warung masakan lokal tersebar di sepanjang jalan menawarkan olahan terbaiknya.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Atuh

Penginapan Murah Pantai Atuh
Image Credit: Hotels.com

1. Holly Hill Villa

Villa ini merupakan salah satu yang berada dekat dengan jarak 6.3 mill. Harga setiap kamar per malamnya sekitar Rp 250.006,-. Semua fasilitas tersedia dengan baik, dan juga terjaga kebersihannya. Lakukan pemesanan sebelum penuh pengunjung.

BACA JUGA:  Pohon Cinta, Tempat Unik Menikmati Alam Nusa Penida Bali

2. The Sabho Garden

Penginapan rekomendasi selanjutnya yaitu The Sabho Garden dengan jarak 5.1 mil. Fasilitas yang ditawarkan juga menarik dan lengkap. Harga untuk per malamnya setiap kamar sebesar Rp 375.000,-. Bisa dipesan langsung ataupun lewat penyedia media jasa travel.

3. Nusa Sedayu hotel

Berada sekitar 5,9 mil, menjadi hotel terdekat lain yang bisa Anda pilih. Fasilitasnya juga tidak kalah menarik ataupun lengkap. Biaya untuk menyewa satu kamar per malamnya sekitar Rp 363.636,-. Sama seperti yang lain, bisa dibooking lewat pihak ketiga yang menyediakan informasi penginapan secara online ataupun langsung.

4. Penida Bambu Green Villas

Villa dengan konsep unik dan asik ini berada di sekitaran 7.7 mill Pulau Nusa Peninda. Arsitektur dan desain yang beda dari yang lain memberikan sentuhan pengalaman yang tentunya lain dari yang lain. Memulihkan tenaga di tempat ini, dibutuhkan uang sebesar Rp 316.285,- per malam untuk menginap.

Penida Bambu Green Villas
Image Credit: Google Maps (Penida Bambu Green Villas)

5. Sentulan Garden Villa

Berada sekitar 6.4 mil dekat dengan Pantai Atuh. Menjadi pilihan ke enam yang cocok untuk beristirahat mengumpulkan tenaga sebelum mengeksplore keindahan alam. Fasilitasnya juga lengkap dengan pelayanan ramah. Harga menginap satu kamar per malamnya yaitu Rp 231.405,-. Penawaran bisa saja berubah sesuai ketentuan terbaru yang berlaku.

6. GM Bungalow

Referensi yang bisa dijadikan pilihan lainnya yaitu GM Bungalow. Pelayanan dan fasilitas pendukung lengkap dan bagus. Memiliki review yang baik dari beberapa penyewa sebelumnya. Biaya yang diperlukan untuk menginap di sini sekitar Rp 206.612,-. Termasuk murah dan terjangkau dengan penawaran yang diberikan.

7. Setilas Bungalow

Penginapan ini berada di jarak 2.2 kilometer dari Batununggul. Menawarkan pelayanan yang bagus dan berkualitas. Harga untuk menginap per malam untuk dibayarkan sekitar Rp 263.288,-. Reservasi bisa dilakukan secara online ataupun lewat penyedia jasa trip yang ada.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Atuh Nusa Penida

Fasilitas Pantai Atuh
Image Credit: Twitter.com @pegipegi

Fasilitas yang tersedia telah digarap dan dirawat dengan baik oleh pengelola. Beberapa penunjang disediakan seperti tempat untuk camping, warung makan, kursi pantai, toilet, dan juga tempat parkir. Semua sarana prasarana tersebut bisa digunakan oleh semua pengunjung tanpa terkecuali.

Itulah gambaran dari Pantai Atuh yang bisa didapatkan. Mulai dari informasi keunikan yang ditawarkan, kegiatan yang bisa dilakukan, serta rute dan juga tiket masuknya. Selain itu referensi penginapan terdekat berguna bagi Anda yang berasal dari luar kota dan bermaksud menghabiskan beberapa hari di Bali.