Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pabean, Kec. Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Selain Lombok, salah satu daerah yang menarik dikujungi di Nusa Tenggara Barat adalah Kota Mataram. Banyak sekali objek wisata yang menarik dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Salah satu yang dimaksud adalah Pantai Ampenan. Letaknya sendiri berada di kawasan Kota Tua Ampenan, yang kaya akan sejarah di dari masa lampau.

Menurut cerita warga setempat, nama Ampenan diberikan oleh Ksatria suku Dayak. Kawasan ini juga dulunya menjadi bagian dari kekuasaan Kerajaan Bali. Akan tetapi, peradaban barunya dikembangkan oleh Raden Satria Nata. Peradaban baru itulah yang menjadi cikal bakal keberadaan daerah yang dikenal dengan nama Kota Tua Ampenan.

Daya Tarik Wisata Pantai Ampenan

Daya Tarik Wisata Pantai Ampenan
Image Credit: Facebook.com @arifasvokalis Google Maps (Awal Jordan)

1. Hamparan Pasir yang Lembut

Saat datang ke Pantai Ampenan, anda akan langsung disambut dengan hamparan pasir putih yang sangat luas. teksturnya pun lembut, sehingga terasa nyaman di kaki. Anda dapat melepas sepatu atau sandal, dan berjalan menyusuri pantai dengan kaki telanjang. Keberadaan pasir putih ini pula yang membuat tampilan pantai ini semakin estetik dan instagramable.

Hampir setiap orang yang datang ke sana selalu mengambil gambar dengan latar pasir pantai yang cantik. Warnanya yang terang membuat tampilan foto semakin cerah. Hasil jepretan akan semakin indah, dipadukan dengan laut yang kehijauan. Keberadaan pasir ini juga membuat kegiatan di tepi pantai terasa menyenangkan, misalnya membangun istana pasir.

2. Air Laut yang Hijau Tosca

Kebanyakan pantai dan laut di Indonesia memiliki warna air yang lebih ke arah biru. Akan tetapi, laut di Pantai Ampenan memiliki warna air yang kehijauan. Jika dilihat dari jauh, pantai tersebut terlihat seperti warna zamrud yang berkilauan dan indah. Alasan itu pula yang membuat pantai ini sangat populer dan banyak digemari oleh wisatawan.

Pemandangan yang sangat menawan bisa membuat perasaan jauh lebih tenang dan bahagia. Anda pun dapat melepas stress hanya dengan melihat panorama tersebut. Agar liburan lebih asyik, anda perlu datang ke sana bersama dengan keluarga, kerabat, atau sahabat. Dengan begitu, waktu yang anda miliki di Mataram menjadi lebih berkesan dan bermakna.

Daya Tarik Pantai Ampenan
Image Credit: Google Maps (Heral 77)

3. Menjadi Spot Terbaik Untuk Melihat Sunset

Tidak lengkap rasanya, jika datang ke pantai namun tidak menghabiskan waktu di sore hari untuk melihat sunset. Matahari yang perlahan tenggelam membiaskan warga orange di langit, sehingga suasananya benar benar romantis. Destinasi ini sangat cocok dikunjungi bersama dengan pasangan atau orang terkasih.

Saat sunset tiba, jangan lupa untuk mengambil beberapa foto. Gunakan latar cahaya tersebut untuk menghasilkan gambar berkonsep siluet. Gambar tersebut akan terlihat sangat indah dan menarik. Dengan begitu, anda dapat mempostingnya dengan lebih nyaman di halaman sosial media. Para followers anda pasti akan tertarik untuk datang ke Pantai Ampenan.

4. Dikelilingi Bangunan Peninggalan Belanda

Pantai cantik ini berada di kawasan kota Tua. Alasan itulah yang membuat banyak sekali bangunan belanda di sekitaran lokasi. Keberadaan bangunan tersebut semakin memperkuat kesan vintage dan unik. Setelah melihat sunset, ada baiknya jika anda menyempatkan waktu untuk berkeliling kompleks.

Sata malam hari, lampu lampu di pinggir jalan sudah mulai dinyalakan. Alhasil, nuansanya berubah menjadi lebih gemerlap. Sinar bulan juga akan menyinari seluruh puing puing bangunan, dan membuatnya terlihat sangat dramatis. Tidak heran jika kemudian tempat ini sangat hits dan menjadi spot terbaik yang disukai para fotografer.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai

Alamat Pantai Ampenan
Image Credit: Google Maps (Edwin Joseph)

Lokasi dari pantai cantik ini berada di sekitaran jalan Pabean, Ampenan, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Sebagai wisatawan, anda tidak akan kesulitan untuk sampai ke sana. Destinasi ini sangat populer dan hits, sehingga mudah untuk ditemukan. Banyak pula moda transportasi kota Mataram yang melalui kawasan Pantai Ampenan.

Dari mataram, ambil lah kalan menuju jalan Pejangking. Setelah itu, teruskan perjalanan hingga sampai ke Jalan Langko atau Jalan Yos Sudarso. Nantinya, anda akan sampai di simpang lima Mataram. Jika sudah ada di sana, teruskan perjalanan untuk masuk ke Kota Ampenan. Pantai ini tidak jauh dari sana dan perjalanan tidak akan memakan waktu yang lama.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pantai Ampenan
Image Credit: Google Maps (Fathiyyatul Khaira)

Sama halnya dengan wisata pantai yang lain, untuk masuk kawasan wisata pantai juga pasti ada biaya yang harus dikeluarkan. Biaya tersebut sekitar 15.000 per orang. Biaya tersebut bisa dibilang tidak terlalu mahal, dan masih masuk dalam kisaran budget yang nyaman di kantong pelancong. Berdasarkan informasi yang diperoleh, tidka ada perbedaan harga antara weekend dan weekday.

Namun kembali lagi, terkita dengan HTM ini tergantung dengan kebijakan pemerintah setempat dan pengelola wisata. Pengunjung pun bebas untuk datang kapan saja, karena tidak ada jam buka atau tutup. Hal ini menandakan bahwa destinasi ini buka selama 24 jam. Alasan itu pula yang membuat wisatawan dapat lebih mudah menyesuaikan waktu kedatangannya.

Beragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Pengunjung
Image Credit: Google Maps (Lhalu Thapa Pamungkas)

1. Menelusuri Setiap Sudut Pantai

Sangat disayangkan jika pantai sebagus Pantai Ampenan tidak ditelusuri dari ujung ke ujung. Pantai tersebut sangat cocok dijadikan tempat nongkrong bersama dengan sahabat. Anda bisa jalan jalans antai dan bercanda bersama mereka sembari berjalan menyusuri setiap sudut pantai. Kegiatan yang satu ini, cocok dilaksanakan di sore hari, saat cuacanya lebih teduh.

Anda pun dapat mengambil foto dengan background tulisan Pantai Ampenan yang sangat besar. Spot itu menjadi lokasi favorit untuk mengambil foto karena tertulis identitas dari lokasi yang anda kunjungi. Setelah lelah menelusuri pantai, anda bisa duduk dengan nyaman di lapak PKL yang telah dipercantik.

2. Bermain Pasir

Meskipun sekitarnya ditutup beton, wisatawan masih bisa masuk dan menginjakkan kakinya di tepi pantai. Oleh karena itu, anda pun bisa bermain pasir di sana. Meskipun sederhana, kegiatan yang satu ini dapat mempererat hubungan anda dengan keluarga, terutama anak anak. Aktivitas semacam ini juga dapat mengembangkan kreativitasnya, agar jauh lebih maju.

Jika tertarik untuk melakukannya, anda perlu membawa cetakan pasir dan perlengkapan lainnya dari rumah. Jika tidak punya, anda bisa memanfaatkan cup atau plastik bekas makanan yang anda dapatkan dari pedagang yang berjajar di tepi pantai. Namun perlu diingat, sampah tersebut tidak boleh dibuang sembarangan, dan harus diletakkan di dalam tong sampah.

Aktivitas di Pantai Ampenan
Image Credit: Google Maps (Haris Zamroni)

3. Menyantap Jajanan Lezat

Jarak antara parkiran dengan kawasan Pantai Ampenan berjarak sekitar 200 meter. Sepanjang jalan ini, anda akan dimanjakan dengan berbagai hidangan lezat, yang dijual oleh para pedagang. Harga dari jajanan ini juga terbilang murah, dan masih masuk dalam kantong wisatawan. Di sekitar pantai pun telah ditata dengan baik, sehingga terlihat seperti kawasan foodcourt.

Para pengunjung tidak akan kesulitan untuk menemukan makanan ringan atau makanan berat. Bahkan minuman mulai dari yang hangat hingga yang dingin tersedia dengan lengkap. Bahkan penjual es krim juga ikut berjajar di sana untuk mencari rezeki. Keberadaan merekalah yang membuat pantai ini tidak pernah sepi. Bahkan kawasan tersebut semakin ramai saat malam.

4. Mengambil Foto

Tidak lengkap rasanya jika perjalanan wisata tidak dilengkapi dengan momen berfoto ria. Foto tersebut bisa menjadi kenang kenangan yang sangat berarti bagi anda dan keluarga. Anda dapat mengingat moment indah di Pantai Ampenan hanya dengan melihat gambar itu. Tampaknya tidak perlu trik macam macam untuk membuat hasilnya bagus, mengingat tempatnya sendiri memang menawan.

Jika kesulitan untuk mengambil gambar, anda bisa meminta tolong pada pedagang atau sesama pengunjung yang ada di sana. Namun jika tidak ingin merepotkan orang, jauh lebih baik jika anda membawa tripod. Benda yang satu ini dapat membuat anda lebih mudah saat hendak mengambil gambar, semua orang dalam rombongan bisa masuk dalam frame.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Ampenan

Fasilitasdi Pantai Ampenan
Image Credit: Google Maps (Yaa Seenn_17)

Fasilitas yang ada di sekitaran Pantai Ampenan sebenarnya bisa dibilang cukup lengkap. Anda tidak akan kesulitan untuk mencari makanan, minuman, penjual souvenir, dan toilet. Penginapan di sekelilingnya pun sangat banyak, misalnya saja Losmen Cabe, Nitour Inn Hotel, dan Wisma Triguna Ampenan. Alasan itu pula yang membuat kota tua dan pantai ini sangat populer.

Jika anda penasaran terkait dengan harga penginapannya, buka saja informasi lengkapnya di aplikasi booking atau website resmi dari wisma atau hotel yang bersangkutan. Selain itu, usahakan untuk booking terlebih dahulu, mengingat destinasi ini sangat ramai, terutama di hari libur panjang. Sangat disayangkan jika anda tidak mendapatkan kamar.

Bahkan pengunjung yang masuk ke kawasan ini bisa mendapat wifi gratis. Meskipun speed nya tidak terlalu tinggi, namun setidaknya anda bisa browsing dan posting foto di media sosial. Tempat duduk dan meja juga berjajar dengan rapi di pinggiran pantai, sehingga anda dapat duduk santai sambil menyantap makanan dan minuman dengan nyaman.

Itulah sekilas informasi tentang Pantai Ampenan yang perlu anda ketahui. Sangat disayangkan jika anda tidak smepat menyambanginya, saat singgah di Lombok. Destinasi ini sangat cocok digunakan untuk bermain dan bersenang senang. Pantai ini sangat cocok untuk segala usia, mulai dari anak anak hingga dewasa.