Pantai Amed dikenal memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan di Pulau Bali yang mempu memikat hati pengunjung. Surga tersembunyi yang menjadi tujuan terbaik pecinta rekreasi Diving dan Snorkling.

Lokasi: Desa Amed, Kec. Abang, kab. karangasem.
Map: Cek Lokasi

Pulau Bali merupakan sebuah tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asing untuk mengisi waktu liburan mereka. Kebanyakan alasan yang mereka lontarkan mengenai Pulau Dewata ini adalah keindahan alamnya yang tidak bisa didapatkan dari tempat asalnya.

Tempat wisata yang menawarkan pesona alam yang begitu memukau di pulau seribu dewa ini tidaklah sedikit. Bahkan hampir di seluruh penjuru pulau, Anda dapat menemukan baik itu kebudayaan dan wisata alam yang begitu menakjubkan. Salah satu tempat yang banyak dikunjungi di daerah pesisir adalah Pantai Amed.

Saat Anda ingin berlibur ke Bali, sangat disarankan untuk singgah ke Pantai Amed. Pantai ini memiliki daya tarik yang membuat banyak turis tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Bahkan keistimewaan dari pantai tersebut dapat Anda rasakan saat berada di sana dan tidak bisa didapat pada destinasi lainnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Amed

Daya Tarik Pantai Amed Bali
Image Credit: Instagram.com @now_aerial

Meskipun pantai ini masih jarang dibicarakan oleh orang saat berkunjung ke Pulau Bali, akan tetapi minat dari para wisatawan asing maupun lokal yang datang ke destinasi wisata ini sangatlah besar. Hal ini disebabkan karena daya tarik dari pantai ini yang sangat berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Berikut daya tarik yang ada di Pantai Amed:

1. Pasir Berwarna Hitam

Berbeda dengan pantai di Bali pada umumnya yang memiliki pasir yang berwarna putih, pantai ini punya hamparan pasir berwarna hitam kecoklatan. Salah satu yang menarik dari pasir ini adalah tekstur yang begitu lembut saat Anda mulai menginjakkan kaki di atasnya.

BACA JUGA:  Taman Edelweis Temukus, Taman Kekinian & Instagrammable di Bali

2. Bisa Melihat Para Petani Garam

Area pesisir di sini banyak sekali Anda temukan petani garam yang sedang beraktivitas. Anda dapat mengamati bagaimana cara para petani tersebut mulai mengolah air laut hingga mereka memperoleh garam untuk dijual.

3. Surga Bagi Orang yang Hobi Snorkling dan Diving

Salah satu daya tarik yang terdapat di Pantai Amed adalah kawasan snorkling dan diving yang tidak bisa Anda temukan di mana saja. Anda akan melihat banyak sekali para penyelam di tempat ini, sebab keindahan bawah lautnya yang menyebabkan tempat ini kerap di kunjungi oleh para wisatawan asing ataupun lokal.

Berbagai macam terumbu karang dan beberapa ekosistem laut lainnya bisa Anda temukan dengan mudah di bawah laut pantai ini. Ikan-ikan yang sangat eksotis berenang bebas seperti menyambut para penyelam menjadi daya tarik utamanya saat diving.

Daya Tarik Pantai Amed
Image Credit: Google Maps (bes polos86)

4. Tempat untuk Melihat Matahari Terbit

Apabila Anda sedang mencari tempat untuk melihat matahari terbit, Pantai Amed bisa menjadi salah satu destinasi terbaik untuk melakukannya. Banyak yang mengatakan kalau posisi pantai ini sangat bagus saat Anda melihat sunrise yang begitu mempesona.

5. Memiliki Banyak Warung Tradisional

Tidak hanya pesona alam yang disuguhkan pada destinasi wisata satu ini, namun Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai macam warung dengan kearifan lokal yang menawarkan berbagai macam menu yang menggugah selera. Menu tradisional yang disajikan pasti tidak kalah enaknya dengan menu-menu barat lainnya.

6. Memiliki Akses ke Penginapan atau Hotel yang Mudah

Banyak para wisatawan yang mengunjungi kawasan pantai karena sangat mudah untuk menemukan penginapan untuk mereka bermalam. Bahkan, penginapan atau hotel di kawasan pantai sangat nyaman dan juga murah.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Pantai Amed

Lokasi & Harga Tiket Pantai Amed
Image Credit: Instagram.com @andri_fistulariyanto

Apabila ingin mengunjungi Pantai Amed, langsung saja putar kemudi Anda ke Kabupaten Karangasem, tepatnya di Desa Amed. Anda dapat menggunakan beberapa cara agar sampai ke destinasi wisata ini.

Apabila Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, sangat disarankan untuk menggunakan transportasi umum yang tersedia. Langsung saja naiki kendaraan yang berada di terminal Batubulun dan pilih angkutan umum yang menuju ke Amlapura. Setiba di Amlapura, akses lagi dengan angkutan umum lainnya yang menuju ke Desa Amed.

Sedangkan bila membawa kendaraan sendiri, Bandara Internasional Ngurah Rai dapat dijadikan patokannya. Langsung saja injak pedal mobil Anda menuju Bali Mandara Toll Road yang memakan waktu 2 jam. Selanjutnya ikuti jalan hingga sampai ke Pelabuhan Benoa yang membantu Anda sampai ke Bali Safari.

BACA JUGA:  Taman Ujung Sukasada, Istana Air Terindah di Karangasem Bali

Nantinya Anda akan menemukan Jalan Candi Dasa yang akan menuntun ke lokasi pantai. Anda hanya perlu mengikuti jalan yang lurus dan temukan dengan mudah pantai tersebut. Parkir mobil di area yang tersedia dan langsung menuju ke tempat pembayaran tiket masuknya.

Saat hendak memasuki kawasan Pantai Amed, Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000,00. Harga yang sangat murah untuk menikmati semua panorama alam yang begitu mengagumkan di sini. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan uang parkir kendaraan Rp 5.000,00 hingga Rp 10.000,00 apabila membawa kendaraan pribadi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Amed

Kegiatan Menarik di Pantai Amed
Image Credit: Instagram.com @felix.demin

Saat berada di pantai menawan ini, tentunya berbagai macam kegiatan bisa Anda lakukan dengan bebas di sana. Apabila Anda kebingungan ingin melakukan apa saja, cobalah kegiatan berikut ini untuk mengisi waktu berlibur di destinasi wisata tersebut.

1. Snorkling dan Diving

Snorkling dan diving merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan saat Anda berada di Pantai Amed. Keindahan bahari bawah lautnya adalah daya tarik dari pantai tersebut yang wajib untuk dinikmati. Air yang sangat jernih dan juga beraneka ragam biota laut bisa Anda temukan saat melakukan kegiatan ini.

Terdapat banyak sekali spot yang bisa Anda manfaatkan untuk melihat berbagai macam pemandangan yang belum tentu ditemukan di tempat lain. Berbagai macam terumbu karang dan juga eksotisnya ikan yang menggemaskan dapat Anda temukan dengan mudah.

Salah satu spot yang tidak boleh ketinggalan saat Anda melakukan diving adalah melihat kapal Jepang yang karam saat masa Perang Dunia II dahulu. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat sejarah yang sangat bernilai di daerah wisata ini.

Bagi para pemula yang ingin melakukan kegiatan ini, sangat disarankan untuk menggunakan bantuan dari para pemadu yang ada di sana. Anda juga bisa menyewa beberapa perlengkapan menyelam di tempat yang telah menyediakan dengan harga yang cukup murah.

2. Melihat Sunrise

Matahari terbit di Pantai Amed merupakan waktu yang paling di nantikan oleh para pengunjung. Sebab, lokasi yang langsung menghadap ke ufuk timur, membuat tempat ini memiliki spot terbaik untuk menikmatinya. Jangan sampai ketinggalan momen ini dan siapkan kamera Anda untuk mengabadikannya.

3. Memancing

Memancing adalah sebuah kegiatan yang wajib untuk Anda lakukan bersama keluarga di sini. Anda bisa menyewa perahu para nelayan untuk membantu Anda mencapai spot memancing terbaik.

BACA JUGA:  Pantai Bias Tugel, Pantai Pasir Putih Dengan Laguna Kecil di Bali

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Amed

Penginapan di Pantai Amed
Image Credit: Booking.com

Bila ingin menikmati liburan beberapa hari di kawasan Pantai Amed, sangat disarankan untuk bermalam di salah satu penginapan terdekatnya. Terutama bagi para pelancong yang tidak membawa kendaraan pribadi dan ingin menikmati sunrise yang indah, sewalah salah satu penginapan berikut ini karena lokasinya cukup dekat dengan pantai tersebut.

1. Bali Yogi

Apabila Anda memiliki budget yang pas-pasan untuk bermalam di dekat pantai, langsung saja menuju ke Bali Yogi. Salah satu penginapan terdekat dengan kawasan pantai dan juga harga yang bersahabat, yakni mulai dari Rp 110.000,00 per malam.

2. Pancha Hostel

Tidak jauh dari area pantai, terdapat sebuah hostel yang cukup nyaman untuk dijadikan tempat bermalam. Pancha Hostel yang berjarak 1 kilometer membuat para pelancong banyak memilih tempat yang tarif per malamnya ini mulai dari Rp 130.000,00.

3. Lucky Paradise Bungalows

Bila ingin menginap di sebuah bungalows yang memiliki panorama langsung ke arah laut, langsung saja kunjungi Lucky Paradise Bungalows. Memiliki fasilitas yang cukup lengkap yang membuat para pengunjungnya betah berlama-lama di sana. Harga per malamnya mulai dari Rp 150.000,00.

4. Pakel Bali Villa

Salah satu villa yang sangat direkomendasikan saat Anda berlibur bersama keluarga di pantai adalah Pakel Bali. Langsung berhadapan dengan laut yang begitu indah, membuat Anda mudah untuk melihat suasana matahari terbit dari tempat ini. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 270.000,00.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Amed

Fasilitas di Pantai Amed
Image Credit: Instagram.com @holidayvillanetwork

Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer bagi para penyelam. Fasilitas yang terdapat di sini pastinya tempat untuk menyewa peralatan selam apabila tidak membawanya dari rumah.

Selain itu, pantai yang sangat terjaga kebersihannya membuat para pengunjung sangat betah di tempat ini. Bahkan, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa kamar mandi yang telah tersedia cukup bersih bagi para pengunjung.

Itulah informasi mengenai Pantai Amed yang begitu mempesona dengan wisata baharinya. Apabila Anda berminat untuk berlibur ke Pulau Bali, sangat disarankan untuk menjadikan pantai ini masuk ke dalam daftar tempat wisata yang harus dikunjungi. Semoga informasi di atas bisa memberikan rencana yang terbaik saat berada di Pantai Amed.