Pancoran Solas di Taman Bali, Destinasi Wisata Religi di Bali

Pancoran Solas di Taman Bali, Destinasi Wisata Religi di Bali
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taman Bali, Kec. Bangli, Kab. Bangli, Bali.

Bagi umat Hindu pasti sudah pernah melakukan kegiatan melukat atau membersihkan diri. Kegiatan tersebut sering dilakukan ketika hari raya Saraswati atau saat ujian bagi siswa maupun mahasiswa, dimana salah satu tempat yang sering dikunjungi untuk melakukan kegiatan tersebut adalah Pancoran Solas Taman Mumbul Sangeh yang berlokasi di Kabupaten Bangli, Bali.

Lokasi wisata religi ini juga sudah dibuka untuk umum namun wisatawan harus mengikuti beberapa persyaratan yang berlaku di sekitar lokasi wisata populer tersebut. Selain sering dijadikan tempat membersihkan diri oleh umat Hindu, destinasi wisata ini juga kadang digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Di luar benar atau tidaknya hal tersebut nyatanya memang banyak orang yang sengaja datang ke lokasi wisata dengan 11 pancoran ini untuk mencari kesembuhan dari penyakit yang sedang diderita. Berikut kita akan membahas apa saja yang membuat lokasi wisata kerohanian ini bisa begitu populer di kalangan masyarakat.

Daya Tarik Wisata Pancoran Solas

Daya Tarik Wisata Pancoran Solas
Photo by Google Maps Сеня Ким

1. Pancoran yang Unik

Hal pertama yang menjadi sumber berdatangannya wisatawan yaitu 11 pancoran yang ada di Pancoran Solas. Namun hanya 10 yang bisa digunakan oleh wisatawan atau pengunjung untuk membersihkan diri, sedangkan sisanya berada di bagian atas dekat dengan pura dan digunakan untuk percikan begitu selesai melakukan sembahyang.

Air yang mengalir dari pancoran tersebut dapat digunakan untuk membersihkan diri dari segala dosa dan kesalahan. Selain itu air tersebut juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit baik penyakit medis maupun non medis. Bahkan hebatnya memang ada beberapa orang yang sembuh setelah mandi di pancoran sakral tersebut.

2. Bangunan Lainnya

Selain ke 11 pancoran yang sudah disebutkan sebelumnya ada juga beberapa bangunan lainnya yang sangat unik dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Bangunan-bangunan tersebut adalah gerbang utama, pura, dan beberapa tempat duduk mirip gazebo namun dengan ciri khas Bali yang bisa anda temui di dalam lokasi wisata hits ini.

3. Alam yang Indah

Selain bangunanya yang sangat unik dan menarik, Pancoran Solas di Taman Mumbul Sangeh juga memiliki alam yang sangat natural. Hal ini dikarenakan anda dapat menemukan sejumlah pohon dan tumbuhan lainnya di sekitar lokasi wisata religi tersebut. Dengan adanya tumbuhan-tumbuhan ini membuat udara menjadi sangat segar dan cocok untuk anda menenangkan pikiran.

Mengingat lokasi wisata cantik ini sangat sakral membuat tidak banyak kebisingan yang akan terdengar di dalamnya. Oleh karena itu, jika anda sedang mencari tempat wisata yang tenang namun menarik maka datang ke salah satu destinasi wisata kerohanian asal Kabupaten Bangli ini bisa menjadi solusi yang bagus.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Pancoran Solas
Photo by Google Maps Vini Indrawan

Pancoran Solas sendiri berada di Kabupaten Bangli, Taman Bali, Kecamatan Bangli, Provinsi Bali. Jika ingin menuju ke lokasi tersebut dari Kota Denpasar anda bisa mengambil jalan dari Jl. Diponegoro menuju pertigaan Jl. Hasanudin kemudian belok kiri dan tiba di perempatan Jl. Thamrin.

Di perempatan tersebut anda harus belok kanan kemudian terus lurus sampai tiba di perempatan Jl. Wahidin lalu belok kiri dan belok kanan di perempatan Jl. Setia Budi. Terus ikuti Jl. Setia Budi sampai memasuki Jl. Cokroaminoto lalu masuk lagi ke Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk.

Setelah tiba di pertigaan dekat Puskesmas Mengwi III silahkan belok kanan dan terus lurus sampai menemukan perempatan Jl. Raya Penarungan lalu ambil jalur tengah atau lurus. Tetap di jalan tersebut sampai anda memasuki Jl. Oleg lalu masuk lagi ke Jl. Puputan Badung dan sampai di perempatan Balai Banjar Benehkawan.

Dari perempatan tersebut silahkan anda belok kanan melewati Jl. Kendedes dan tiba di perempatan Jl. Ciung Wanara lalu belok kiri. Dari Jl. Ciung Wanara terus lurus sampai anda tiba di perempatan dekat Clandys Mart Sangeh lalu belok kanan memasuki Jl. Taman Mumbul lalu tiba di Pancoran Solas yang berada di sebelah kanan jalan.

Dari Kota Denpasar ke lokasi wisata religi ini anda akan menempuh perjalanan kurang lebih selama 40 menit menggunakan kendaraan pribadi dengan panjang rute perjalanannya mencapai 25 km. Kondisi jalan juga sudah beraspal dan sangat bagus jadi jangan khawatirkan masalah jalan.

Anda tidak perlu membayar tiket masuk ke Pancoran Solas karena tempat wisata cantik ini dibuka untuk umum secara gratis. Akan tetapi selalu siapkan dana lebih karena bisa saja harga tiket masuk ke destinasi wisata populer ini diterapkan oleh pihak pengelola.

Ragam  Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Pancoran Solas
Photo by Google Maps agus aptiyasa

1. Membersihkan Diri

Kegiatan paling utama yang dapat dilakukan oleh setiap orang di dalam kawasan wisata populer ini adalah membersihkan diri. Kegiatan tersebut sering dilakukan oleh umat Hindu saat hari raya Saraswati dan saat menjelang ujian. Tidak hanya itu ada juga sebagian orang yang datang ke lokasi wisata hits ini untuk mencari kesembuhan dari penyakit mereka.

Hal tersebut dikarenakan Pancoran Solas di Taman Mumbul Sangeh dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit medis dan non medis. Namun sebelum melakukan kegiatan membersihkan diri ini anda wajib mengikuti peraturan yang berlaku.

2. Berdoa

Di dalam kawasan wisata religi ini terdapat sebuah pura yang terletak di atas 10 pancoran. Pura tersebut bisa digunakan sebagai tempat berdoa bagi umat Hindu. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang populer di tempat wisata unik ini selain membersihkan diri.

3. Menjelajahi Bangunan

Sebelumnya sudah sedikit dijelaskan bahwa tempat wisata asal Kabupaten Bangli ini memiliki sejumlah bangunan unik. Maka dari itu menjelajahi semua bangunan tersebut bisa menjadi salah satu kegiatan menarik yang dapat dilakukan oleh setiap orang jika sudah sampai di destinasi wisata tersebut.

Aktivitas Dilakukan di Pancoran Solas
Photo by Google Maps Sokhti

4. Berfoto

Kayaknya akan sangat kurang jika anda tidak berfoto di Pancoran Solas. Hal ini karena di lokasi wisata cantik tersebut terdapat sejumlah spot foto unik dan menarik mulai dari gerbang utama, taman, pemandian, pura, alam, dan masih ada sejumlah spot foto menarik lainnya.

Oleh karena itu, silahkan keluarkan kamera kesayangan anda dan berfoto sepuas mungkin. Anda juga bisa mengambil gambar setiap kegiatan yang dilakukan, namun perhatikan dengan privasi orang lain karena tempat wisata unik yang satu ini merupakan lokasi pemandian.

5. Bersantai

Karena di dalam kawasan wisata populer ini terdapat beberapa tanaman seperti bunga dan pohon yang membuat suasana menjadi lebih tenang dan udaranya juga sangat segar. Hal tersebut membuat wisatawan bisa lebih santai dalam menikmati liburan mereka. Apalagi ada suara air yang membuat perasaan menjadi lebih tenang.

Maka dari itu, banyak orang yang sekaligus melakukan kegiatan refreshing di lokasi wisata religi tersebut. Karena tempat wisata keagamaan ini merupakan tempat sakral maka tidak akan ada yang namanya polusi suara atau keributan.

Fasilitas Penunjang di Pancoran Solas

Fasilitas di Pancoran Solas
Photo by Google Maps Srik Bangli

1. Area Parkir Kendaraan

Namanya tempat wisata pasti memiliki area parkir kendaraan, begitu juga dengan Pancoran Solas yang memiliki sebuah lahan kosong tempat kendaraan wisatawan diparkirkan. Fasilitas ini memang tidak sebesar area parkir yang dimiliki oleh tempat-tempat wisata populer di Bali, namun sudah sangat cukup untuk menampung kendaraan wisatawan.

2. Jalan Setapak

Fasilitas berikutnya adalah sebuah jalan setapak yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk menelusuri segala sudut dari tempat wisata cantik tersebut. Jalan setapak ini disusun menggunakan beberapa batu yang disampingnya tumbuh rumput hias. Selain jalan setapak tersebut ada juga beberapa anak tangga yang tersusun dari sejumlah batu.

3. Tempat Duduk

Selanjutnya ada sebuah tempat duduk yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk bersantai di sekitar lokasi wisata religi tersebut. Tempat duduk ini ada yang berbentuk bangku dan ada juga yang seperti gazebo namun dengan motif atau ciri khas Bali. Anda bisa dengan bebas memilih mana tempat duduk yang paling cocok untuk anda tempati.

Ketika berlibur ke Bali maka mengunjungi tempat wisata terkenal seperti Pantai Kuta, Pantai Pandawa, Tanah Lot, dan tempat wisata populer lainnya adalah suatu keharusan. Namun jika sudah sering ke Bali maka tempat-tempat tersebut sudah sering dikunjungi, maka dari itu Pancoran Solas di Taman Mumbul Sangeh hadir sebagai salah satu alternatif wisata lain bagi anda.