Padang Bunga Kasna salah satu taman bunga yang menarik dikunjungi di Karangasem, Bali. Kebun dengan pemandangan hamparan bunga Kasna seputih salju yang cantik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pempatan, Kec. Rendang, Kab. Karangasem, Bali.

Padang Bunga Kasna merupakan tempat dimana ada hamparan bunga kasna dengan pemandangan alam. Tepatnya berada pada sebuah ketinggian dan memenuhi lereng dan lembah perkebunan. Kebun bunga ini bisa Anda jumpai saat menginjakkan kaki di Bali.

Bunga Kasna sendiri sering disebut sebagai Edelweis Bali. Itu karena bunga ini juga dijadikan sebagai lambang keabadian. Pengunjung akan disuguhkan dengan suasana yang seperti mirip dengan luar negeri. Maka dari itu, taman bunga ini juga sempat viral beberapa waktu yang lalu.

Di Padang Bunga Kasna memiliki hawa sejuk serta cendurung dingin. Saking dinginnya, tak jarang juga dipenuhi oleh kabut. Apabila kesini, hal yang paling penting untuk dipakai adalah jaket yang tebal agar badan tetap hangat. Nah, mari kita bahas seputar objek wisata yang unik, cantik, dan menawan di Karangasem ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Padang Bunga Kasna

Daya Tarik Padang Bunga Kasna
Image Credit: Google Maps (Suryawan Putu)

1. Bunga Kasna hanya tumbuh di Temukus, Bali

Masyarakat Temukus menganggap bahwa bunga kasna sebagai anugerah untuk daerah tersebut. Hal itu karena bunga kasna hanya bisa tumbuh di daerah Temukus. Dulu pernah ada yang mencoba menanam bunga kasna di daerah lain, namun nyatanya tidak berhasil. Dengan adanya Bunga Kasna, daerah terpencil tersebut mulai dikenal oleh para wisatawan.

Hamparan bunga putih ini pertama kali ditemukan oleh seorang pendaki gunung yang tidak sengaja sedang mampir dan singgah ke Desa Temukus. Saat itu juga dia langsung memotret Padang Bunga Kasna dan mengunggahnya ke media sosial. Itulah awal mula ditemukannya bunga kasna di daerah Temukus, yang mana sangat populer karena tidak ada di tempat lain.

2. Spot Foto yang Menarik

Saat berada di kebun ini, selain bisa berfoto dengan hamparan bunga yang cantik, pengunjung juga disediakan beberapa spot foto. Terdapat spot foto dengan bentuk bunga matahari raksasa yang menghadap ke embung. Ada juga menara yang memiliki ketinggian 1.150 meter dari permukaan air laut, yang cocok sebagai latar belakang foto Anda. Selain itu, masih ada beberapa spot foto lainnya seperti kereta kencana, rumah pohon, dan kuda-kudaan.

3. Terdapat Embung yang Luas

Embung disana berbentuk persegi panjang seperti kolam renang. Hadirnya embung di sisi-sisinya juga menambah keolokan Padang Bunga Kasna. Masyarakat sekitar pun memanfaatkan embung tersebut untuk menyiram tanaman. Saat musim kemarau pun, selain untuk menyiram tanaman, juga untuk memberi minum hewan ternak.

Tentu adanya embung ini menjadi keunikan tersendiri. Pasalnya sangat jarang ditemui di beberapa padang bunga pada umumnya. Embung tersebut memiliki sebutan sebagai embung besakih.

Daya Dimiliki Padang Bunga Kasn
Image Credit: Google Maps (Suryawan Putu)

4. Bunga Kasna Dipercaya Sebagai Pemberian Dewa

Ada sebuah cerita yang dipercayai oleh masyarakat. Konon katanya sebelum ada Padang Bunga Kasna ini, masyarakat di sekitar sana memohon sesuatu yang indah kepada Sang Hyang Widi. Setelah itu, tiba-tiba muncul Bunga Kasna yang akirnya ditanam di lereng gunung. Oleh karena itu, Bunga Kasna dipercayai sebagai pemberian dewa hingga saat ini.

Bunga Kasna juga sering dipetik untuk dipakai sebagai sesaji upacara keagamaan oleh umat Hindu. Misalnya saja seperti upacara setiap Kuningan dan Galungan sebagai sarana dan perlengkapan untuk Palawa di Bali. Selain itu, bunga Gemitir atau Marigold yang juga tumbuh disana juga dimanfaatkan untuk acara keagamaan, khususnya agama Hindu.

5. Bunga Kasna Memiliki Aroma Khas yang Wangi

Umumnya bunga memiliki aroma wangi pada saat sedang tumbuh segar saja. Lain halnya dengan Bunga Kasna, aroma wanginya bertahan walaupun sudah kering. Tidak heran apabila kebun bunga ini memancarkan aura yang romantis karena keindahan dan aroma bunganya. Banyak juga pasangan kekasih yang memilih tempat ini untuk menghabiskan waktu bersama.

Aromanya yang wangi semerbak pun mampu menghipnotis pengunjung yang datang ke tempat itu. Siapapun akan langsung tersenyum lebar. Seketika berbagai masalah tiba-tiba bisa dilupakan akibat terbius oleh wangi dari Bunga Kasna. Selain itu, aroma wangi bunga kasna juga mampu menarik kupu-kupu dengan warna-warni yang cantik.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Padang Bunga Kasna

Alamat Padang Bunga Kasna
Image Credit: Google Maps (De Kebling)

Padang Bunga ini terletak di Desa Temukus, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karang Asem, Bali. Lokasinya dekat dengan puncak Gunung Agung, dan lebih tinggi dari Puras Besakih Karangasem. Jadi, saat aktivitas Gunung Agung belum normal, pengunjung harus bersabar untuk mengunjungi Padang Bunga Kasna.

Akses ke lokasi wisata ini bisa dilakukan menggunakan mobil maupun motor. Namun, lebih disarankan untuk memakai motor saja karena jalan menuju lereng cukup menanjak. Jalanan disana juga cukup sempit, jadi harus berhati-hati apabila dilalui oleh dua mobil yang berpapasan dari arah yang berbeda. Maka, akan lebih leluasa dengan menggunakan motor.

Jarak antara kebun bunga dari Kota Denpasar yaitu sekitar 56 km. Sedangkan, jarak dari Pura Besakih sekitar 2 km saja. Apabila melakukan perjalanan dari Kota Denpasar, 100 meter sebelum dekat dengan lokasi Pura Besakih, ada pertigaan lalu belok kanan, kemudian ada pertigaan lagi di 100 meter berikutnya, belok kiri ke jalanan yang menanjak. Setelah itu, akan ada arah penanda yang bisa diikuti hingga sampai ke Padang Bunga Kasna.

Perjalanan tersebut hanya membutuhkan waktu kurang satu setengah jam. Apabila masih bingung dengan akses jalannya, bisa memanfaatkan aplikasi peta yang ada di telepon genggam. Disana juga banyak warga yang bisa ditanyai dan bersedia menunjukkan arah jalan. Jadi pengunjung tidak perlu takut tersesat.

Bagi pengunjung yang ingin memasuki Padang Bunga, tidak ada patokan khusus untuk tiket masuknya. Rata-rata pengunjung hanya dimintai uang sukarela atau donasi saja. Nantinya uang tersebut akan digunakan untuk biaya perawatan kebun bunga serta tips untuk para pekerja kebun. Setiap pengunjung kebanyakan memberikan uang donasi sebesar 10 ribu rupiah.

Sementara untuk parkir kendaraan tetap harus membayar. Uang yang dibayarkan tidak mahal sama sekali. Untuk pengunjung yang membawa kendaraan roda dua seperti motor, dikenakan biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah. Sedangkan, untuk pengunjung yang menggunakan mobil, biaya parkir yang harus dibayar sebesar 5 ribu rupiah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Padang Bunga Kasna

Aktivitas di Padang Bunga Kasna
Image Credit: Google Maps (Dody Sharon)

1. Berkeliling dan Menikmati Hamparan Bunga

Hal yang paling umum dilakukan di taman bunga tentunya berkeliling, melihat-lihat, dan menikmati keindahan bunga. Apalagi di Padang Bunga Kasna tidak hanya ada satu jenis bunga saja. Disana terdapat juga hamparan bunga Marigold dengan warna yang terang.

2. Membeli Bunga untuk Dibawa Pulang

Souvenir berupa bunga kasna bisa juga dibeli saat mengunjungi padang bunga yang satu ini. Tapi pengunjung tidak boleh memetik bunga sembarangan karena ada tempat khusus yang menjual bunga. Untuk mendapatkan 3 tangkai bunga kasna yang masih segar, Anda cukup membelinya dengan harga 3 ribu rupiah.

3. Piknik Bersama Orang Terkasih

Padang Bunga ini juga merupakan tempat yang cocok untuk piknik bersama teman maupun keluarga. Pengunjung yang ingin piknik disini, sebaiknya menyiapkan makanan dari rumah agar bisa menemani piknik sembari menikmati pemandangan hamparan bunga.

Aktivitas Menarik di Padang Bunga Kasna
Image Credit: Google Maps (Gede Suka)

4. Belajar Menanam Bunga

Saat mengunjungi Padang Bunga Kasna, pengunjung bisa sekalian belajar untuk menanam bunga. Disana akan terlihat banyak petani bunga yang terlihat sibuk dengan tanamannya.

Dengan cara mengamati aktivitas para petani bunga, pengunjung bisa tau bagaimana langkah yang tepat untuk menanam dan merawat bunga. Tentu ilmu tersebut bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk diri sendiri.

5. Mengambil Foto Prewedding

Banyak pasangan yang akan menikah melakukan foto prewedding di taman keren ini. Hasil foto tidak perlu terlalu banyak diedit lagi karena hasilnya sudah dipastikan bagus. Melakukan foto prewedding disini juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan alias gratis. View yang ditampilkan foto pun sangat indah dan beda dengan foto prewedding lain.

Fasilitas yang Tersedia di Padang Bunga Kasna

Fasilitas di Padang Bunga Kasna
Image Credit: Google Maps (Alam Pegunungan)

Fasilitas yang ada di Padang Bunga Kasna ini tidak terlalu banyak. Hal itu mungkin karena kebanyakan aktivitas yang dilakukan disini tidak terlalu membutuhkan fasilitas tertentu. Meskipun begitu, keindahan tidak mengurangi keindahan yang dipancarkan oleh bunga-bunga disana.

Tentunya fasilitas yang pasti ada adalah tempat sampah. Disana kebersihan harus dijaga oleh seluruh pengunjung yang datang, agar tidak mencemari lingkungan kebun bunga. Selain itu fasilitas berupa tempat untuk parkir kendaraan juga tersedia.

Ada juga beberapa tempat yang menjual tanaman dan bunga. Namun, jika Anda lapar, sebaiknya membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah. Karena disini sangat jarang ada penjual kuliner.

Nah, itulah beberapa informasi penting mengenai Padang Bunga Kasna, Karangasem. Apabila mengunjungi Pulau Bali, jangan lewatkan menikmati keindahan bunga kasna tersebut. Pengunjung lokal maupun asing pun pasti tidak akan merasa kecewa dengan pemandangannya yang menawan. Meskipun perjalanannya sedikit terjal dan sulit, tapi dijamin akan terasa sangat seru dan menjadi pengalaman yang berbeda.