Keindahan wisata alam Nusa Lembongan Bali sangat menarik untuk dijelajahi saat liburan. Pulau kecil nan eksotis dengan beragam pesona bahari yang menakjubkan.

Lokasi: Lembongan, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.
Map: Cek Lokasi

Pulau Nusa Lembongan memiliki luas kurang lebih 8 kilometer persegi dan lokasinya berada di sisi tenggara Pulau Bali besar. Pulau cantik ini adalah salah satu destinasi wisata yang lebih tenang dan tidak terlalu ramai wisatawan. Cocok untuk berbulan madu atau wisatawan yang mencari ketenangan.

Ada banyak daya tarik yang dimiliki Pulau Lembongan. Sebagian besar objek wisata yang ada di pulau ini adalah pantai. Pemandangan pantai-pantai di Nusa Lembongan tidak kalah indah dari pantai berpasir putih lain di Bali. Wisatawan dapat menghabiskan waktu dengan berbagai aktivitas di pantai atau lautnya.

Pulau ini sangat mudah diakses dari Bali. Selain itu, lokasinya juga tidak jauh dari destinasi wisata pulau di Bali lainnya seperti Nusa Ceningan dan Nusa Dua. Anda bisa menyeberang ke Nusa Lembongan dan menjelajah seluruh objek wisata yang menarik di pulau ini.

Daya Tarik Wisata yang Dimiliki Nusa Lembongan

Daya Tarik Wisata yang Dimiliki Nusa Lembongan
Image Credit: Homesweethome.travel

Pantai-pantai di sekitar pulau ini sangat indah dengan pasir putih dan beberapa pantai yang dikelilingi tebing karang. Wilayah pesisir memang menjadi daya tarik utama dari wisata pulau ini. Pemandangannya begitu mempesona terlebih dengan keindahan matahari terbenam.

Wisata ke pantai di Bali memang tidak membosankan. Namun, untuk Anda yang sudah terlalu sering ke Kuta, Tanjung Benoa, atau pantai-pantai lain di Bali, berwisata ke pulau eksotis ini bisa menjadi alternatif lain. Suasana pantai di pulau ini jauh lebih tenang dan tidak penuh sesak dengan wisatawan.

Nusa Lembongan memang pulau kecil, tetapi ada banyak objek wisata di pulau ini. Sejumlah destinasi wisata populer yang ada antara lain, Pantai Jungut Batu, Devil Tears, Dream Beach, Mushroom Bay, Pantai Lebaoh, dan Goa Gala-gala. Masing-masing menawarkan pesonanya tersendiri yang menarik untuk dikunjungi.

Banyak hal yang bisa dilakukan wisatawan saat berlibur disini. Menikmati pemandangan pantai, snorkeling, wisata hutan mangrove, melihat pembibitan rumput laut, menginap di pinggir pantai, dan berburu kuliner enak.

Daya Tarik Nusa Lembongan
Image Credit: Wikipedia.org

Pulau Lembongan juga terkenal dengan jembatan kuningnya yang ikonik. Jembatan dengan warna mencolok ini merupakan jalan yang menghubungkan Nusa Lembongan dengan Nusa Ceningan. Jembatan ini banyak menarik wisatawan untuk sekedar berfoto dan menikmati pemandangan di sekitarnya.

Daya tarik lain dari pulau cantik ini adalah aksesnya yang sangat mudah. Jika Anda berada di Bali, pulau ini bisa dicapai dengan menyeberang sekitar 30 menit menggunakan kapal cepat. Anda juga bisa mengelilingi seluruh pulau hanya menggunakan sepeda motor.

Pulau Lembongan dapat dijelajahi dalam satu hari mengingat ukuran pulau ini tidak begitu besar. Panjang pulau yang bisa dijelajahi dengan sepeda motor kurang lebih hanya 4,6 km. Kawasan pulau ini sudah memiliki infrastruktur jalan yang akan memudahkan wisatawan menjelajah dengan kendaraan bermotor.

Wisata Pantai dan Bawah Laut Pulau Lembongan

Wisata Pantai dan Bawah Laut Pulau Lembongan
Image Credit: Instagram.com @lembongantravel

Nusa Lembongan dikelilingi pantai berpasir putih seperti Pantai Jungut Batu, Dream Beach, Pantai Lebaoh, dan Mushroom Bay. Objek wisata yang wajib dikunjungi tersebut menawarkan pemandangan pantai dengan lautnya yang begitu jernih.

Pantai Jungut Batu menjadi salah satu titik yang cukup ramai karena banyak kedatangan wisatawan yang melalui dermaga di pantai ini. Pasir putihnya cukup bersih, begitu juga dengan air lautnya. Menikmati pemandangan matahari terbenam adalah salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di pantai dengan ombak cukup tenang ini.

Pantai berpasir putih dengan ombak yang lebih besar dapat dijumpai di Dream Beach. Suasana pantai ini cukup tenang dengan beberapa wisatawan yang bermain di tepian pantai. Dream beach memiliki bibir pantai yang tidak terlalu besar namun menjadi salah satu yang mudah untuk diakses.

Objek wisata pantai selanjutnya ada di Mushroom Bay. Kawasan ini juga memiliki dermaga yang menerima kedatangan wisatawan dari Pantai Sanur dan Tanjung Benoa. Memiliki pemandangan bawah laut yang tidak kalah indah dan terkenal sebagai salah satu spot snorkeling terbaik di Nusa Lembongan.

Ada lagi Pantai Lebaoh yang juga berpasir putih dan lembut. Ombak di pantai sangat tenang sehingga di sekitarnya banyak dimanfaatkan sebagai tempat budidaya rumput laut. Wisatawan bisa melihat langsung rumput laut yang dibudidayakan petani sekitar. Tempat ini cocok untuk liburan bersama keluarga dan anak-anak.

Wisata pantai di pulau ini lebih disarankan saat musim panas atau kemarau. Waktu terbaik untuk menikmati pantai-pantai di pulau ini adalah bulan April hingga Oktober. Saat musim hujan ada kemungkinan perjalanan dibatalkan karena cuaca tidak bagus untuk penyeberangan.

Selain pantai berpasir putih, Nusa Lembongan juga memiliki pantai batu karang yang terkenal sebagai salah satu objek wisata menarik di pulau ini. Objek wisata Devil Tears, pantai dengan bebatuan karang dan ombak yang besar. Wisatawan yang datang ke pantai ini adalah untuk melihat pemandangan menakjubkan dari ombak besar tersebut.

Wisata Hutan Mangrove Nusa Lembongan

Wisata Hutan Mangrove Nusa Lembongan
Image Credit: Google Maps (vlastimil Vasicek)

Pulau ini memiliki kawasan hutan mangrove yang difungsikan sebagai salah satu destinasi ekowisata. Keberadaan hutan bakau yang melindungi pantai dari abrasi ini menjadi salah satu daya tarik wisata Nusa Lembongan. Tersedia perahu tradisional untuk wisatawan yang ingin melihat lebih dekat hutan mangrove di pulau ini.

Sesuai dengan peraturan, untuk menyusuri kawasan hutan hanya boleh menggunakan perahu tradisional. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga ekosistem hutan agar tidak rusak karena mesin. Berbeda dengan wisata lain yang hanya mengelilingi hutan bakau, wisata di kawasan ini akan mengajak Anda menyusuri tengah hutannya.

Perahu akan diarahkan ke dalam hutan menyusuri kanal-kanal pohon bakau. Suasananya sangat asri dan tenang, cocok untuk liburan bulan madu yang romantis. Perjalanan menyusuri kanal hutan mangrove ini sekitar 30 menit. Setelah berkeliling, Anda bisa menikmati mangrove point yang terkenal sebagai spot snorkeling terbaik.

Kawasan mangrove point dikenal memiliki air laut yang sangat jernih. Dasar lautnya berupa terumbu karang yang dihuni ikan-ikan kecil yang menggemaskan. Keanekaragaman hayati bawah laut di mangrove point ini sayang untuk dilewatkan jika berlibur ke Nusa Lembongan.

Rumah Bawah Tanah Pulau Lembongan

Rumah Bawah Tanah Pulau Lembongan
Image Credit: Google Maps (Lembongan Taxi_island)

Objek wisata unik di Nusa Lembongan ini bisa menjadi referensi selain wisata pantai. Namanya adalah Goa Gala-gala yang unik dengan keberadaan sebuah rumah bawah tanah. Rumahnya tentu berbeda dengan bangunan rumah pada umumnya. Rumah bawah tanah ini dibuat dengan peralatan yang masih sangat tradisional.

Rumah bawah tanah ini memiliki ruang meditasi yang konon digunakan untuk bertapa. Pengunjung bisa melihat ke bagian dalam dari Goa Gala-gala yang memiliki 3 pintu masuk. Uniknya saat berada di dalam gua tidak terlalu gerah. Sirkulasi udara di rumah bawah tanah ini cukup bagus.

Beberapa lampu juga dipasang untuk menerangi lorong gua. Namun, beberapa ada yang gelap karena lorongnya terlalu dalam. Bagian dari rumah bawah tanah ini terdiri dari ruang makan, dapur, ruang tamu, dan ruang tidur. Pahatan dengan bentuk gajah juga ditemukan di salah satu area dinding gua.

Rumah bawah tanah yang dibangun selama kurang lebih 15 tahun ini menjadi salah satu situs warisan budaya yang menarik di pulau cantik ini. Goa Gala-gala dapat menjadi alternatif wisata selain pantai yang menawarkan sensasi berbeda. Lorong-lorong rumah yang dalam dan beberapa mencapai 7 meter menarik untuk dijelajahi.

Rute Menuju Lokasi Wisata Nusa Lembongan

Rute Menuju Nusa Lembongan
Instagram.com @island_girl_bali

Nusa Lembongan dapat diakses dari Pulau Bali melalui Pelabuhan Benoa atau Pantai Sanur. Ada banyak pilihan transportasi untuk menyeberang ke Pulau. Tersedia beberapa pilihan penyeberangan seperti menggunakan perahu tradisional, fast boat, fast cruise, hingga pesiar.

Kedatangan wisatawan bisa melalui dermaga di Pantai Jungut Batu atau di Mushroom Bay. Jika Anda menggunakan perahu tradisional dari Bali, biasanya akan turun di dermaga Pantai Jungut Batu. Penyeberangan tersebut memakan waktu sekitar 90 menit.

Pilihan transportasi untuk menuju Pulau Lembongan selanjutnya adalah fast boat atau public speed boat. Kapal ini lebih aman dari perahu tradisional karena sudah didesain untuk mengangkut penumpang. Anda bisa menyeberang dari Pantai Sanur dengan fast boat sekitar 35 menit.

Akses menuju Nusa Lembongan juga bisa menyeberang menggunakan fast cruise. Transportasi ini paling diminati terutama oleh wisatawan asing. Beberapa perusahaan yang menyediakan biasanya juga menawarkan antar jemput di kawasan Seminyak, Kuta, Nusa Dua, dan Legian.

Pulau ini juga bisa diakses dengan menyeberang dari pelabuhan Benoa menggunakan kapal pesiar. Transportasi mewah ini menyediakan tiket penyeberangan ke daerah Ponton. Setelah sampai, perjalanan akan dilanjutkan ke Pulau Lembongan.

Transportasi untuk menyeberang ke Pulau ini tentu bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Selanjutnya perjalanan ke objek wisata bisa menggunakan sepeda motor. Jalanan menuju beberapa objek wisata manrik di pulau ini cukup menantang karena sedikit bergelombang dan anginnya kencang.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Eksotis Bali

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Eksotis Bali
Image Credit: Youtube.com (Fantastic Bali)

Kawasan wisata Pulau cantik di Bali ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Akomodasi yang memadai untuk keperluan wisata seperti penyewaan peralatan watersport. Wisatawan dapat menyewa peralatan olahraga air, mulai dari peralatan snorkeling, papan surfing, dan peralatan menyelam.

Tersedia juga penyewaan sepeda motor yang bisa disewa per hari. Menjelajahi Nusa Lembongan dengan sepeda motor adalah salah satu cara seru menikmati liburan di pulau ini. Fasilitas pendukung lain yang sudah tersedia di Pulau Lembongan meliputi restoran, cafe, hotel, hingga vila eksklusif.

Biaya Wisata ke Nusa Lembongan Bali

Wisata ke Nusa Lembongan Bali
Image Credit: Google Maps (Ignacio Diez)

Harga tiket masuk ke kawasan Nusa Lembongan adalah gratis. Wisatawan dapat menjelajah seluruh pulau tanpa dikenai biaya masuk. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk sewa jika membutuhkan perahu atau peralatan olahraga air.

Tiket untuk menyeberang dengan fast cruise sekitar Rp 300.000,- untuk satu kali jalan. Sedangkan untuk pulang-pergi, biayanya sekitar Rp 500.000,- per orang. Jika ingin lebih terjangkau, Anda bisa menyewa fast boat dengan harga tiket Rp 175.000,- untuk oneway atau sekali jalan.

Itulah beberapa informasi penting dan menarik dari destinasi wisata Pulau Nusa Lembongan, Bali. Keindahan alamnya, akses yang mudah, dan fasilitas yang lengkap menjadi alasan pulau ini wajib untuk dikunjungi saat berlibur di Bali.