Museum ASI Mbojo, Bangunan Istana Kesultanan Bima Bergaya Eropa

Museum ASI Mbojo, Bangunan Istana Kesultanan Bima Bergaya Eropa
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dara, Kec. Rasanae Barat, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

Anda yang pernah berkunjung ke Nusa Tenggara Barat, khususnya di sini adalah Kota Bima, pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu museum yang populer dan terkenal di sana, yaitu Museum ASI Mbojo. Museum ini adalah salah satu objek wisata yang menawarkan edukasi menarik bagi para pengunjung yang datang.

Nyatanya Kota Bima tidak hanya menawarkan objek wisata berupa pantai yang begitu eksotis saja, namun kota tersebut juga memiliki museum yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, terlebih bersama dengan putra-putri Anda. Bangunan yang instagenic dari museum tersebut mampu membuat siapa saja merasa dimanjakan.

Beragam koleksi menarik bisa ditemukan dan disaksikan saat datang ke tempat tersebut. Pengalaman berlibur tentu akan terasa berbeda, semakin berkualitas dan menyenangkan. Bagi yang hobi melakukan hunting foto, di sini pun Anda bisa menyalurkan hobi tersebut secara leluasa dengan menjadikan koleksi Museum ASI Mbojo sebagai objek foto.

Daya Tarik Wisata Museum ASI Mbojo

Daya Tarik Wisata Museum ASI Mbojo
Photo by Google Maps L. Fharroz Artha Syabil

1. Desain Indah Istana Bimaz

Istana Bima merupakan sebuah bangunan yang memiliki gaya Eropa dan tampak begitu eksotik. Arsitektur dari istana tersebut berasal dari Kota Ambon yang diundang langsung oleh pemerintah Belanda Kota Bima. Dalam proses penyelesaian bangunan tersebut juga dibantu oleh beberapa pihak dan akhirnya pembangunan selesai dilakukan selama 3 tahun.

Bangunan ini berdiri pada tahun 1929 dan termasuk bangunan permanen yang memiliki dua lantai. Arsitektur unik bisa Anda saksikan yang merupakan perpaduan antara arsitek gaya Belanda dan Bima. Proses pembangunannya sendiri dilakukan dengan gotong-royong serta biaya diambil dari anggaran belanja kesultanan pada saat itu.

Di tahun tersebut, istana ini merupakan salah satu bangunan yang paling megah dan indah bisa ditemukan di Kota Bima. Luas halamannya sendiri mencapai 500 meter persegi. Dua pintu gerbang di sebelah barat dan timur mengapit bangunan istana dan memang tampak selalu dijaga oleh pasukan pegawai dari kesultanan.

Konsepsi tata letak dari istana memang tidak jauh berbeda dengan istana-istana lain yang ada di Indonesia, yaitu bangunan istana akan menghadap ke arah barat. Di bagian depannya terdapat sebuah alun-alun atau tanah lapang yang dikenal dengan nama Serasuba. Bangunan ini memiliki bentuk segi empat.

2. Koleksi Tombak Berlapis Emas

Koleksi tak kalah menarik yang bisa disaksikan ketika mengunjungi Museum ASI Mbojo yaitu di sana terdapat 5 buah tombak serta pedang khas dari Bima sebanyak 8 buah yang kesemuanya dilapisi dengan emas. Benda-benda tersebut semakin tampak begitu menawan, mengagumkan dan mewah oleh karena emas yang ada di bagian permukaan.

3. Masjid Sultan Salahuddin

Daya tarik lain yaitu pengunjung nantinya bisa mengunjungi Masjid Sultan Muhammad Salahuddin yang berada di Kampung Sigi atau sebelah selatan dari tanah lapang Serasuba. Masjid tersebut merupakan sebuah bukti nyata zaman keemasan dari kesultanan Bima pada masa itu.

Serasuba itu sendiri seringkali digunakan ketika raja tengah mengumpulkan masyarakatnya dan dijadikan tempat untuk upacara kesultanan serta beberapa perayaan lain, seperti perayaan hari besar agama. Tidak hanya itu saja, di tanah lapang tersebut pasukan dari kesultanan juga sering berlatih.

Bangunan istana memberikan kesan yang begitu kuat yang bisa dipandang bahkan dari segala penjuru mata angin. Selain itu, bangunan istana ini sengaja didirikan dengan memperhatikan konsep filosofis, di mana istana harus mewakili tiga unsur, antara lain yaitu unsur agama, pemerintah dan unsur rakyat.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Museum ASI Mbojo
Photo by Google Maps bintan78

Mencari salah satu tempat piknik yang nyaman dengan nuansa edukatif, maka Museum ASI Mbojo merupakan jawabannya. Menjelang hari libur, tempat ini memang banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan, terutama mereka yang masih kaum pelajar. Menikmati tempat wisata dengan mengeksplor area yang ada di sana tentu akan memberikan pengalaman seru.

Pengunjung yang tertarik untuk datang ke tempat ini, maka bisa segera meluncur ke Nusa Tenggara Barat. Lokasi tepatnya yaitu di Kecamatan Rasanae, Kabupaten Bima. Sangat disarankan untuk wisatawan datang menggunakan kendaraan pribadi, baik itu roda dua atau roda empat.

Namun, bagi yang kebetulan tidak membawa kendaraan pribadi, bisa menggunakan angkutan umum yang banyak tersedia di Kabupaten Bima. Untuk memudahkan perjalanan berlibur Anda menuju ke area Museum ASI tersebut, maka bisa menggunakan bantuan aplikasi dari perangkat smartphone.

Gunakan dan pilihlah rute terbaik supaya perjalanan berlibur jadi lebih mudah dilakukan. Dengan begitu tentunya Andapun akan puas selama melakukan aktivitas wisata ke Kota Bima.

Harga Tiket Masuk Museum ASI Mbojo

Harga Tiket Masuk Museum ASI Mbojo
Photo by Google Maps bintan78

Berpergian ke Kota Bima, Nusa Tenggara Barat Anda akan bisa menyaksikan beragam wisata seru dan juga menyuguhkan pengalaman berbeda. Terlebih jika datang ke Museum ASI Mbojo. Untuk bisa menikmati segala koleksi yang ada di sana, tentunya pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk yang cukup ramah di kantong.

Untuk biaya tiket masuk sendiri yaitu sebesar Rp 1.000 untuk anak-anak, sedangkan bagi orang dewasa biaya tiket sebesar Rp 3.000. Jika dibandingkan dengan museum lain, maka museum ASI Mbojo tersebut memang relatif murah dan terjangkau. Anda bisa datang ke tempat tersebut kapan saja.

Museum ini dibuka setiap hari dan dimulai pada pukul 07.30 hingga 14.30 WITA. Agar Anda puas berkeliling ke tempat wisata ini, maka pastikan Anda datang saat pagi hari, sehingga memiliki banyak waktu untuk melihat segala koleksi indah yang ada di sana.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Museum ASI Mbojo
Photo by Google Maps Crisk Anggono

1. Menyaksikan Beragam Koleksi

Koleksi Museum ASI Mbojo tersebut memiliki banyak sekali benda-benda bersejarah. Benda itu tersusun atas benda flora, biologi, fauna dan juga benda yang berkaitan dengan upacara daur hidup, seperti kelahiran, kehamilan, kematian dan perkawinan. Jangan lupa untuk mengabadikan semua koleksi yang ditemukan dengan menggunakan kamera Anda.

Tidak hanya itu saja, Anda juga akan disuguhkan beragam pusaka unik dan menarik milik kesultanan yang dibuat dari bahan-bahan berupa perak dan emas. Peralatan tersebut seperti peralatan berupa senjata, alat upacara, alat-alat makan, perhiasan untuk para penari kesultanan dan mahkota.

2. Menjelajah Seluruh Ruangan

Tidak pas rasanya jika datang ke tempat ini namun Anda tidak menjelajah seluruh ruangan yang ada di sana. Museum ASI Mbojo tersebut terdiri atas beberapa ruangan menarik, seperti contohnya ruang pameran temporer, ruang pameran tetap, ruang auditorium, ruang penyimpanan koleksi dan ruang administrasi.

Di bagian lantai 2 dari museum ini pengunjung bisa melihat beberapa kamar yang pada zaman dahulu dipakai oleh keluarga kesultanan untuk beristirahat. Menyaksikan langsung ruangan-ruangan tersebut akan membuat Anda seolah-olah terbang menuju ke masa lalu dan melihat keluarga kesultanan yang tengah istirahat bersama sanak famili mereka.

3. Menikmati Wi-fi Gratis

Untuk memanjakan pengunjung yang datang ke Museum ASI Mbojo, maka pihak pengelola wisata hits ini telah memasang wi-fi di hampir setiap sudut ruangan. Wifi bisa dimanfaatkan secara gratis, sehingga dengan begitu Anda bisa langsung membagikan foto yang diambil di sosial media.

Tidak ada salahnya pula bagi Anda yang ingin memanfaatkan wi-fi untuk melakukan hal-hal lain selama berada di sana. Dengan adanya wi-fi, tentu Anda yang tidak bisa lepas dari handphone akan merasa betah berada di Museum tersebut.

Fasilitas Penunjang di Museum ASI Mbojo

Fasilitas di Museum ASI Mbojoc
Photo by Google Maps Ali Ha Sani

Menghabiskan waktu liburan Anda di tempat wisata berupa Museum ASI Mbojo yang terdapat di Kota Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat ini memang terasa akan sangat menyenangkan. Terlebih jika datang bersama putra putri Anda. Beragam spot dan aktivitas seru bisa didapat di sana. Petugas telah memfasilitasi area tersebut dengan beberapa fasilitas memadai.

pengunjung akan dengan mudah menemukan toilet dan kamar mandi yang berjumlah lebih dari satu. Koleksi-koleksi menarik peninggalan zaman dahulu bisa dijadikan objek untuk Anda melakukan hobi fotografi.

Untuk yang ingin sekedar duduk bersantai, maka pihak pengelola museum juga telah menyediakan Gazebo serta tempat duduk untuk pengunjung. Dikatakan tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai wisata keluarga, karena di sana juga telah tersedia wahana-wahana permainan menarik untuk anak-anak.

Itulah tadi informasi seputar Museum ASI Mbojo yang perlu untuk Anda ketahui. Setelah menyimak semua ulasan yang telah diberikan di atas, maka tidak perlu ragu lagi untuk segera meluncur ke museum ASI selama Anda berada di Kota Bima. Jangan lupa pula membawa serta putra-putri Anda agar mereka bisa mendapatkan wawasan lebih.