Mengunjungi Bali tidak lengkap apabila tidak mencoba menginap di tempat yang paling nyaman dengan alam yang menawan. Munduk Farm House merupakan farmstay yang tepat untuk mewujudkan itu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kayu Putih – Munduk, Munduk, Kec. Banjar, Kab. Buleleng, Bali.

Munduk Farm House adalah salah satu dari sekian tempat penginapan di Bali yang seringkali dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat oleh pengunjung. Nama tempat ini sedang naik daun sebab foto-foto di sekitar areanya yang begitu indah membuat banyak orang semakin tertarik.

Keunikannya membuat tempat ini menjadi destinasi yang begitu dinantikan oleh wisatawan sebab tidak hanya sebagai tempat pelepas lelah, namun ada beragam hal lain yang bisa dilakukan dengan bebas di tempat ini. Meski berada di area pegunungan, namun kecantikannya tidak boleh diremehkan sebab tempat ini memiliki pemandangan yang begitu eksotis.

Karena itulah, Farm House ini menjadi pilihan sempurna untuk menghabiskan waktu senggang ketika sudah lelah menjelajahi tempat wisata di Bali. Bersama dengan keluarga ataupun orang tercinta, pengunjung dapat menorehkan beragam pengalaman menarik di tempat ini.

Daya Tarik Wisata Munduk Farm House

Daya Tarik Munduk Farm House
Image Credit: Google Maps (Jess Genevieve Brown)

Farm House ini terdiri atas beragam daya tarik yang mampu membuat wisatawan merasa tergugah untuk mengunjungi tempat ini setidaknya sekali ketika sedang berada di Bali. Beberapa daya tarik yang dimilikinya adalah:

1. Membuat Wisatawan Merasa Dekat dengan Alam

Hal utama yang membuat tempat ini begitu populer adalah karena tempatnya yang begitu strategis yakni berada di atas bukit. Itulah yang membuat wisatawan merasa begitu dekat dengan alam di sekitarnya, berbeda dengan penginapan yang berada di perkotaan sebab tidak akan ada kebisingan yang mengganggu ketika berada di tempat ini.

2. Udara yang Sangat Segar

Karena dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, hal tersebut membuat penginapan ini memiliki udara yang sangat segar terlebih ketika pagi hari. Udara tersebut bisa membuat paru-paru merasa lebih sehat, setelah terbiasa menghirup udara yang penuh polusi di perkotaan.

3. Bentuk Rumah Tradisional

Daya tarik yang dimiliki oleh Munduk Farm House selanjutnya yaitu bangunan rumahnya yang berbentuk tradisional dan begitu sederhana. Lantainya terbuat dari kayu yang berkualitas tinggi, serta atapnya mengerucut menuju ke atas dengan bentuk yang hampir mirip seperti desain rumah tradisional. Bahkan pintunya pun juga terbuat dari kayu dengan motif yang unik.

Daya Tarik Farm House
Image Credit: Google Maps (Giovanni Sasso)

4. Terdapat Teras Untuk Berjemur

Pengunjung yang merasa kelelahan namun tetap ingin menikmati suasana indah yang disajikan oleh daerah di sekitar penginapan dapat berjemur di teras depan ruangan mereka. Teras tersebut sudah diberikan kursi dan meja, sehingga pengunjung dapat duduk santai sembari mencicipi hidangan yang ada di atas meja tersebut.

5. Terdapat Perapian di Luar Ruangan

Karena tempat ini berada di alam yang cukup tinggi, hal itu membuat pengunjung terkadang merasa kedinginan dan membutuhkan sesuatu untuk menghangatkan tubuh mereka. Di tempat penginapan ini, pengunjung tidak perlu merasa khawatir sebab sudah tersedia perapian yang dapat ditemukan di luar ruangan.

Dengan berdiri atau duduk di sekitar perapian tersebut, maka tubuh Anda tidak perlu lagi merasa menggigil akibat suhu udara yang berbeda dengan perkotaan.

Fitur ini sangat dinikmati oleh para wisatawan mancanegara sebab hal ini mengingatkan mereka mengenai kebiasaan di negara mereka. Nuansa tenang ketika berhadapan dengan perapian akan menjadi momen yang tidak pernah dilupakan.

6. Area Piknik yang Indah

Di sekitar penginapan ini, telah tersedia area piknik yang indah di atas rerumputan. Untuk itu, pengunjung dapat melakukan piknik bersama keluarga dan menikmati pemandangan alam yang begitu mempesona sambil mengonsumsi makanan yang sudah dibawa sebelumnya.

7. Memiliki Suasana yang Romantis

Banyak pasangan yang mengunjungi tempat ini sebab suasana yang dimilikinya memang sangat romantis. Bersama dengan pasangan tersebut, pengunjung dapat menikmati nuansa yang hening dan damai berdua serta menciptakan pengalaman yang akan selalu diingat nantinya.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Farm House

Alamat Menuju Farm House
Image Credit: Facebook.com @henry.hen.7564

Munduk Farm House berada di desa Munduk, yang masih berada di dalam lingkup Kecamatan Singaraja. Salah satu desa di Bali tersebut memang terkenal akan pemandangannya yang menawan dan penduduk lokal yang begitu ramah, sehingga tidak mengherankan apabila banyak wisatawan yang ingin mengunjunginya.

Untuk menuju tempat penginapan ini, rutenya cukup mudah sebab tempat ini berada di lokasi yang dekat dengan tempat wisata terkenal lain seperti Bayumala Waterfall dan Pura Ulun Danu. Anda dapat memulai perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali dengan menyewa mobil atau kendaraan lain. Setelah melalui perjalanan selama kurang lebih dua jam, Anda akan tiba di lokasi.

Biaya Menginap di Munduk Farm House

Biaya Menginap di Munduk Farm House
Image Credit: Booking.com

Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi penginapan keren ini, maka perhatikan terlebih biaya yang harus dikeluarkan untuk masuk ke dalamnya. Biasanya, tiket yang harus dikeluarkan untuk menginap di tempat ini adalah 340 ribu per orang, dan biaya tersebut pun dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kesibukan hari dan kondisi di sekitar penginapan.

Untuk pengunjung mancanegara, harganya pun tidak jauh berbeda dengan pengunjung lokal. Apabila membawa anak-anak yang berusia kurang dari 12 tahun, maka harganya pun akan mengalami kenaikan lebih sedikit dibandingkan ketika tidak membawa anak-anak.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Munduk Farm House

Aktivitas Dilakukan di Munduk Farm House
Image Credit: Facebook.com @gededriverbali

1. Mengunjungi Air Terjun

Di sekitar Munduk Farm House, terdapat suatu air terjun yang begitu indah dan dikelilingi oleh kabut tipis yang menghasilkan suasana pedesaan begitu kental. Wisatawan dapat mengunjungi air terjun dengan leluasa sambil melakukan trekking sehingga setiba di tempat, rasa lelah yang mereka rasakan dapat tergantikan oleh fenomena alam yang luar biasa indah.

2. Bersepeda

Meskipun berada di atas pegunungan, namun pengunjung pun masih bisa melakukan kegiatan olahraga di daerah sekitar tempat penginapan ini. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan yaitu bersepeda, dan pengunjung pun dapat menyewa sepeda terlebih dahulu dengan harga tertentu.

3. Mengikuti Kelas Untuk Belajar Budaya Lokal

Liburan tidak berarti hanya bersenang-senang dan melepas penat saja, namun bisa pula dimanfaatkan sebagai momentum untuk memperbanyak ilmu pengetahuan mengenai daerah yang sedang dikunjungi. Untuk itu, pengunjung dapat mengikuti kelas yang diadakan oleh penduduk sekitar untuk mempelajari apa saja budaya yang dimiliki oleh warga lokal di sekitar daerah tersebut.

Hal tersebut tentu akan membawa dampak yang sangat positif terhadap pengunjung, sebab mereka menjadi semakin menghargai budaya yang ada di tempat itu. Para penduduk lokal pun akan senantiasa membuka lebar kesempatan bagi wisatawan yang ingin mempelajari budaya mereka, sehingga hubungan antara penduduk lokal dan wisatawan asing pun akan menjadi semakin harmonis.

Aktivitas di Munduk Farm House
Image Credit: Instagram.com @mundukfarmhouse

4. Mengunjungi Perpustakaan

Selain mengikuti kelas budaya, pengunjung pun dapat mengunjungi perpustakaan yang ada di sekitar Munduk Farm House. Di perpustakaan tersebut, telah tersedia beragam buku yang mengandung ilmu pengetahuan mengenai daerah Munduk dan Bali sehingga pengunjung pun semakin memahami sejarah yang ada di sana.

5. Fotografi

Ketika mengunjungi tempat penginapan ini, tentu saja rasanya akan sedikit kurang apabila tidak mengabadikan segala kegiatan yang dilakukan dengan kamera. Pengunjung dapat memotret segala keindahan yang ada di sekitar tempat ini.

Selain itu, di tempat ini juga tersedia beberapa spot foto yang menarik dan bisa digunakan sebagai tempat untuk berfoto bersama dengan orang lain atau sendiri.

6. Wisata Kuliner di Restoran Terdekat

Di sekitar tempat ini, terdapat sebuah restoran yang begitu terkenal akan keindahannya. Hal yang membuat restoran tersebut sedikit unik adalah atapnya yang terbentuk dari jerami dan bangunannya pun dibuat dengan bahan dasar kayu sehingga membuat restoran ini memberikan nuansa nostalgia yang begitu besar.

Di restoran itu, pengunjung dapat menikmati beragam kuliner khas Bali dan daerah Munduk sambil menikmati pemandangan danau di bawahnya yang begitu indah.

Pada saat sore hari, pengunjung pun bisa melihat fenomena matahari terbenam yang sangat menakjubkan dari ruang makan. Pengelola pun juga memberikan pelayanan yang begitu ramah sehingga pengunjung dijamin merasa puas.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Munduk Farm House

Fasilitas di Munduk Farm House
Image Credit: Facebook.com @henry.hen.7564

Fasilitas yang sudah disediakan pengelola farmstay termasuk sangat lengkap. Beberapa fasilitas yang bisa dirasakan oleh pengunjung secara langsung adalah kamar mandi pribadi, tempat parkir yang luas, parkir untuk orang difabel, Wi-Fi gratis, layanan kebersihan harian, dan berbagai fasilitas lain yang sangat memuaskan.

Selain itu, bagi pengunjung yang berwisata bersama anak-anak pun tidak perlu merasa kebingungan sebab sudah tersedia area bermain outdoor bagi anak-anak. Di area tersebut, keluarga dapat menikmati waktu dengan bermain games yang menyenangkan. Staff pengelola penginapan ini fasih dalam berbahasa Inggris dan Indonesia, sehingga apabila ada masalah mereka bisa mengatasinya.

Nah, begitulah beberapa informasi mengenai Munduk Farm House yang bisa Anda ketahui. Tempat penginapan tersebut memang menyimpan beragam kelebihan dan keunikan tersendiri yang tidak kalah dengan penginapan lain, sehingga tidak mengherankan apabila penginapan ini senantiasa ramai oleh kunjungan para wisatawan yang datang dari beragam tempat untuk beristirahat.