Monumen Bajra Sandhi salah satu destinasi wisata sejarah untuk mengenang perjuangan rakyat Bali yang berlokasi di Kota Denpasar. Monumen dengan ornamen khas Bali berdiri di lahan yang luas dihiasi taman yang indah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Puputan No.142, Panjer, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

Monumen Bajra Sandhi adalah sebuah monumen yang berada tepat di pusat Kota Denpasar. Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini ketika mereka sedang berwisata ke Bali, sebab popularitasnya memang sudah sangat tinggi bahkan sudah sampai ke wisatawan mancanegara.

Monumen ini tidak hanya menyajikan pemandangan indah saja, namun juga menjadi sebuah tempat yang menandakan perjuangan masyarakat Bali pada masa lalu. Hal itulah yang membuat tempat ini menjadi salah satu tempat dengan nilai sejarah yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, mengunjungi Monumen Bajra Sandhi adalah hal yang wajib untuk dilakukan agar wisatawan dapat mengetahui seluk beluk Bali dengan lebih dalam. Tidak hanya mendapat pengalaman menyenangkan, namun ilmu pengetahuan tentang sejarah pun bisa didapatkan dengan mengunjungi tempat ini.

Daya Tarik Wisata Monumen Bajra Sandhi

Daya Tarik Monumen Bajra Sandhi
Image Credit: Twitter.com @thecosmopolista

Monumen bersejarah ini memang menjadi salah satu tempat wisata yang tidak pernah sepi oleh kunjungan para wisatawan bahkan pada saat hari yang sibuk sekalipun. Hal ini tidak mengherankan sebab monumen ini memiliki beragam daya tarik yang tentu akan membuat siapapun ingin mengunjunginya.

1. Arsitektur Bangunannya Megah dan Unik

Daya tarik utama yang dimiliki oleh Monumen Bajra Sandhi terletak pada arsitektur bangunannya yang berbeda dengan monumen pada umumnya. Apabila monumen biasa memiliki bangunan yang tampak modern, maka monumen ini justru memiliki arsitektur bangunan yang masih tampak tradisional dan cenderung mirip dengan bangunan candi.

Arsitektur bangunannya yang megah dan unik itu membuatnya tampak sangat menonjol di tengah-tengah kota, sehingga pengunjung tidak akan merasa kebingungan untuk menemukan tempatnya. Kemegahan tersebut pun menjadi salah satu hal yang sangat membanggakan bagi masyarakat Kota Denpasar terlebih di kota Renon.

2. Dikelilingi oleh Pepohonan Rindang

Hal yang membuat monumen ini begitu menarik selanjutnya adalah bangunannya yang dikelilingi oleh pepohonan rindang. Di sekitar tempat ini, telah berdiri begitu banyak pohon dengan ketinggian bervariasi yang berguna untuk melindungi monumen dari sengatan panas matahari. Tak ayal, monumen ini terkadang sering disebut sebagai paru-paru kota Denpasar.

Monumen ini berdiri di atas sebuah lapangan yang terselimuti oleh rerumputan segar berwarna hijau. Karena itulah, terkadang lapangan yang ada di tempat ini pun dijadikan sebagai lokasi digelarnya beberapa acara penting seperti upacara untuk memperingati hari besar nasional hingga konser musik oleh band tertentu.

3. Monumen yang Menjulang Tinggi

Tidak hanya dikelilingi oleh pepohonan rindang, namun monumen yang satu ini pun juga menjulang sangat tinggi menuju ke atas sehingga tampak begitu menakjubkan apabila dilihat dari bawah. Kabarnya, monumen ini dijadikan sebagai sebuah bukti untuk mengekspresikan hari kemerdekaan Indonesia sebab tingginya hampir sekitar 45 meter, persis seperti tahun kemerdekaan.

Bagian bawah monumen ini terdapat sebuah ikon berbentuk kura-kura yang mengelilingi semua bangunan di monumen. Selain itu, terdapat sebuah ukiran dengan bentuk seperti lilitan naga yang berada di atas bangunan ini.

Daya Tarik Bajra Sandhi
Image Credit: Twitter.com @angelokrg

4. Ruang Pameran yang Memikat

Monumen Bajra Sandhi ini memang terdiri atas beberapa lantai dan ruangan yang sangat menarik. Salah satu ruangan yang menjadi favorit para pengunjung adalah ruang pameran, yang menyimpan berbagai diorama dalam satu tempat. Diorama tersebut menjadi sebuah replika atas perjuangan masyarakat Bali pada masa dahulu kala dalam mempertahankan tempat kelahirannya.

Tidak hanya itu, terdapat pula beberapa foto pahlawan yang telah berjuang pada masa penjajahan dahulu. Dengan adanya berbagai benda-benda tersebut, hal ini bisa membantu pengunjung untuk mempelajari lebih dalam mengenai sejarah yang terkadang tidak termasuk ke dalam buku pelajaran.

5. Terdapat Perpustakaan

Selain ruang pameran, ada pula ruangan lain yang tidak kalah menarik yakni perpustakaan. Pada tempat ini, pengunjung bisa melihat berbagai koleksi mengenai benda-benda pada masa lalu dan membaca buku-buku yang menceritakan kisah perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan negaranya.

Alamat, Rute dan Harga Tiket Monumen Bajra Sandhi

Alamat Monumen Bajra Sandhi
Image Credit: Google Maps (Paul McKinley)

Berada di pusat Kota Denpasar, hal ini membuat Monumen Bajra Sandhi menjadi tidak sulit untuk ditemukan dan aksesnya pun sangat mudah. Lebih tepatnya, monumen ini berlokasi di Jalan Raya Puputan dan hanya memiliki jarak kurang lebih 15 kilometer saja dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Untuk mencapai tempat ini, Anda dapat memulai perjalanan dari bandara dan harus berkendara selama kurang lebih 30 menit. Apabila ingin berangkat dari tempat wisata lain seperti di Ubud, maka Anda dapat menyewa kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor dan memulai perjalanan hingga Anda sampai di tempat tujuan.

Ketika ingin memasuki Monumen, biaya yang harus dikeluarkan termasuk cukup murah dan ada beberapa potongan harga yang dikhususkan untuk pelajar. Untuk pengunjung umum yang masih anak-anak akan dikenai harga 2 ribu dan 5 ribu untuk orang dewasa. Apabila Anda adalah pelajar atau mahasiswa maka hanya perlu membayar sebesar 1 ribu hingga 2 ribu saja.

Bagi wisatawan yang berasal dari negara asing atau mancanegara, maka akan dikenai harga tiket masuk yang lebih tinggi dari pengunjung lokal. Bagi wisatawan mancanegara yang masih anak-anak akan dikenai biaya 5 ribu, sedangkan untuk orang dewasanya harus membayar sekitar 10 ribu.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bajra Sandhi

Aktivitas di Bajra Sandhi
Image Credit: Twitter.com @cgibali

1. Berolahraga

Kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung ketika mengunjungi Monumen Bajra Sandhi adalah berolahraga. Karena lapangan yang menjadi tempat berdirinya monumen ini dibuka untuk umum, maka tidak heran apabila banyak yang memanfaatkan lapangan tersebut sebagai tempat berkumpul untuk melakukan beragam kegiatan fisik.

Beberapa olahraga yang bisa dilakukan adalah jogging, badminton, sepakbola, bola voli, dan lain-lain. Tanpa membayar biaya sewa apapun, pengunjung bisa bebas melakukan olahraga yang ingin dilakukan sampai mereka merasa kelelahan. Anda pun bisa membawa bola atau perlengkapan olahraga sendiri dari rumah.

2. Fotografi

Hal yang wajib dilakukan apabila mengunjungi Monumen Bajra Sandhi tentu saja adalah fotografi, sebab pemandangan yang indah dan bangunannya yang megah akan terasa sia-sia apabila tidak diabadikan melalui kamera. Untuk itu, Anda dapat membawa kamera atau menggunakan ponsel untuk mengabadikan setiap momen indah yang Anda temui.

Selain itu, di tempat ini terdapat beberapa spot yang sangat bagus dan menarik untuk dijadikan sebagai latar belakang foto. Anda dapat bepose dengan bebas di spot tersebut secara sendirian ataupun bersama dengan orang lain, dan hasil fotonya dijamin akan tampak sangat menarik untuk diunggah di media sosial.

Aktivitas Bajra Sandhi
Image Credit: Instagram.com @daraagnesia

3. Mengelilingi Monumen

Ketika mengunjungi monumen, hal yang sangat sayang untuk dilewatkan tentu saja mengelilingi seluruh monumen. Karena monumen ini memiliki bangunan yang sangat lebar dan luas, menjelajahi setiap sudut ruangan akan menjadi pengalaman yang asyik dan menyenangkan sambil berolahraga dan menggerakan kaki.

Terdapat berbagai tempat yang menyimpan barang-barang indah tersembunyi yang tentu saja dapat menambah wawasan Anda mengenai sejarah yang ada di tempat ini. Selain berkeliling ke seluruh tempat, Anda pun juga bisa mencatat informasi yang tertulis di bawah barang-barang yang dipamerkan di dalam monumen untuk memenuhi rasa ingin tahu Anda mengenai apa yang terjadi pada masa lalu.

4. Menaiki Lantai 3 Bangunan Monumen

Monumen ini terdiri atas 3 lantai, dan semuanya memiliki keunikan serta keistimewaannya masing-masing. Di lantai 3, Anda dapat menyaksikan sendiri betapa indahnya pemandangan yang ada di Kota Denpasar dari atas ketinggian. Lantai ini seringkali disebut Utamaning Utama Mandala, dan biasanya ramai oleh kunjungan wisatawan.

Untuk mencapai lantai ini, pengunjung harus melewati tangga berbentuk spiral bernama Tapak Dara yang tingginya mencapai 10 meter terlebih dahulu. Setelah sampai di atas, pengunjung akan disajikan pemandangan kota yang sangat menakjubkan, namun karena tempatnya yang tidak terlalu luas maka pemandangan yang bisa dilihat biasanya hanya sebatas Lapangan Renon saja.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Monumen Bajra Sandhi

Fasilitas Monumen Bajra Sandhi
Image Credit: Google Maps (Candra Dewi)

Fasilitas yang tersedia di kawasan Monumen ini sudah terbilang cukup lengkap dan bisa memuaskan para pengunjungnya. Hampir mirip dengan fasilitas monumen yang ada pada umumnya, di monumen ini telah tersedia kamar mandi, ruang perpustakaan, area parkir kendaraan, tempat untuk beristirahat, taman yang luas, dan lain-lain.

Selain itu, bagi Anda yang merasa kelaparan pun tidak perlu khawatir sebab di tempat ini telah tersedia kantin yang bisa Anda kunjungi. Kantin tersebut menyajikan berbagai kuliner khas Bali yang tentu akan mampu membuat perut Anda merasa puas. Tidak hanya itu, terdapat kolam ikan yang tampak indah di sekitar bangunan monumen.

Nah, begitulah beberapa informasi tentang Monumen Bajra Sandhi yang bisa Anda ketahui dan dijadikan referensi ketika kebingungan harus mengunjungi tempat wisata apa yang ada di Bali. Dengan mengetahui informasi tersebut, maka Anda pun bisa memilih tempat wisata sesuai keinginan Anda sehingga tidak akan merasa menyesal ketika sudah sampai di tempat tersebut nantinya.