Mason Elephant Park Ubud merupakan objek wisata keluarga terbaik di Bali yang menawarkan beragam atraksi menarik, utamanya petualangan seru naik gajah.

Lokasi: Jl. Elephant Safari Park, Taro, Kec. Tegallalang, Kab. Gianyar.
Map: Cek Lokasi

Mason Elephant Park merupakan sebuah taman yang bertemakan gajah. Taman ini bisa dikatakan sama dengan Elephant Safari Park lainnya di Bali, dimana pengunjung akan menemukan berbagai spesies gajah, terutama spesies gajah dari Sumatera.

Taman gajah ini diresmikan oleh Menteri Pariwisata pada tahun 2000 lalu. Salah satu spesies gajah yang bisa Anda temui adalah gajah Sumatera. Sebenarnya, taman ini sudah dibuka tiga tahun sebelum peresmian dilakukan.

Mason Elephant Safari Park ini telah dinobatkan sebagai salah satu anggota dari World Zoo Association. Hal ini dilatarbelakangi karena taman gajah ini telah memenuhi standar internasional tentang pelestarian hewan.

Daya Tarik yang Dimiliki Mason Elephant Park

Daya Tarik Mason Elephant Park Bali
Image Credit: Instagram.com @elephantsbali

Destinasi wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Taman gajah ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga membuat banyak wisatawan yang datang untuk berlibur.

1. Taman Wisata Bertema Alam dan Gajah

Salah satu daya tarik dari Taman Mason ini adalah merupakan salah satu taman wisata yang memiliki tema alam dan gajah. Anda akan diajak berwisata di alam bebas dengan salah satu ikon dari Taman Mason yakni gajah.

Gajah yang dapat Anda temui di Taman Mason ini adalah dari jenis gajah Sumatera. Namun begitu, masih banyak spesies gajah lain yang turut meramaikan taman Mason ini.

2. Pusat Pembelajaran Dunia Gajah

Dalam Park Museum juga terdapat pusat pembelajaran seputar dunia gajah. Dalam hal ini Anda dapat mempelajari seputar dunia gajah. Mulai dari spesiesnya, hingga cara menjaga kelestarian dari hewan yang masuk dalam kategori hampir punah ini.

Daya Tarik Mason Elephant Park
Image Credit: Instagram.com @elifburkutt

3. Pertunjukan Gajah

Selain edukasi, disini juga mengadakan pertunjukan gajah. Hal ini ditujukan untuk menghibur para wisatawan yang hadir, terlebih bagi wisatawan yang datang bersama buah hatinya. Pertunjukan gajah sendiri dilakukan dengan jadwal khusus yang sudah ditentukan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Mason Elephant Safari Park

Lokasi Mason Elephant Safari Park
Image Credit: Instagram.com @elephantsbali

Lokasi wisata ini terletak di bagian Utara Ubud. Lokasi tepatnya berada di Desa Tegallalang, Gianyar. Taman Mason ini dibuka untuk umum mulai pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore. Untuk dapat sampai di Taman Mason ini, ada beberapa rute atau jalur yang bisa Anda lalui.

Jika Anda berada di Kota Denpasar, Bali, maka lokasi dari Mason Park ini tidaklah jauh. Anda hanya perlu membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan. Anda bisa memulai perjalanan melalui Jalan Nusa Kambangan menuju ke Jalan Pulau Biak.

Kemudian perjalanan diteruskan ke Jalan Imam Bonjol, terus ke Jalan Thamrin, berlanjut ke Jalan Wahidin, lalu masuk ke Jalan Setia Budi hingga Jalan Cokroaminoto. Setibanya di Jalan Cokroaminoto, Anda akan menjumpai bundaran, Anda ambil jalur kanan menuju Jalan Gatot Subroto Tengah, kemudian belok kiri ke Jalan A. Yani Utara.

Dari situ Anda bisa mengikuti jalan utama hingga sampai ke Jalan Raya Sayan. Anda pilih lurus lalu belok kanan ke Jalan Raya Lungsiakan, lalu pilih kiri ke Jalan Rsi Markandya I. Ketika Anda sampai pada jalan Raya Sebali, maka Anda tinggal lurus saja hingga tiba di Jalan Taman Gajah. Nah, lokasi tujuan Anda yakni Taman Mason berada di sebelah kanan jalan.

Bagi Anda yang berasal dari luar kota atau luar pulau, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil lengkap beserta supirnya atau bisa juga dengan menggunakan taxi untuk menuju ke destinasi wisata ini.

Harga Tiket Masuk Taman Safari Mason Elephant

Harga Tiket Taman Safari Mason Elephant
Image Credit: Instagram.com @elephantsbali

Harga tiket masuk ke wisata Taman Mason memang terkesan lebih mahal jika dibandingkan dengan tempat wisata lainnya. Harga tiket masuk yang ditetapkan oleh Taman Mason ini adalah berkisar antara 100 ribu rupiah hingga 600 ribu rupiah per paket tour yang ditawarkan.

Dengan harga tiket masuk sebesar itu, pengunjung sudah dapat paket tour sesuai dengan keinginan dan budget yang dimiliki. Anda juga dapat berkeliling Taman Mason sepuasnya sambil melihat gajah-gajah dengan segala aktivitasnya. Harga tiket tersebut juga sudah termasuk segala fasilitas yang disediakan.

Harga tiket untuk anak dibawah 3 tahun berkisar antara 145 ribu rupiah hingga 155 ribu rupiah. Untuk anak usia 5 sampai 12 tahun dikenakan tiket dengan harga berbeda, yakni sekitar 360 ribu rupiah hingga 390 ribu rupiah per anaknya. Sedangkan untuk orang dewasa, harga tiketnya mencapai 530 ribu rupiah hingga 580 ribu rupiah.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Mason Elephant Park

Kegiatan Menarik di Mason Elephant Park
Image Credit: Instagram.com @elephantsbali

Selain menikmati semua keindahan alam yang ada di tempat wisata ini, Anda juga bisa meluangkan waktu untuk melakukan banyak sekali kegiatan menarik di taman gajah ini bersama keluarga.

1. Berwisata Sejarah di Park Museum

Kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di disini adalah dengan berwisata sejarah di Park Museum. Disini Anda akan melihat replika dari kerangka mammoth terlengkap di dunia. Tidak hanya itu, Anda juga akan diajak untuk mempelajari seputar gajah di pusat pembelajaran dunia gajah.

2. Berinteraksi Langsung dengan Gajah

Selain memiliki wisata edukasi berupa museum sejarah gajah, Anda juga bisa berinteraksi dengan gajah secara langsung. Mulai dari berfoto bersama gajah, menunggangi gajah, memberi makan gajah, hingga ikut berpartisipasi memandikan gajah.

Namun, Anda tidak perlu khawatir akan keamanan ketika Anda berinteraksi langsung dengan para gajah di Taman Mason ini, karena para gajah disini sudah terlatih dan sudah terbiasa juga dengan kehadiran manusia di sekitarnya.

3. Berkeliling Hutan Taro dengan Gajah

Salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan jika berkunjung ke Mason Elephant Safaro Park Bali ini adalah Anda bisa berkeliling Hutan Taro dengan menunggangi gajah. Disini Anda akan menikmati keindahan dari Hutan Taro yang masih sangat asri dan alami.

Selain melakukan hal seru bersama gajah, Anda juga bisa sambil menikmati panorama keindahan alam Hutan Taro yang sangat memukau. Bagi Anda yang baru pertama kali berinteraksi secara langsung dengan gajah, tidak perlu khawatir. Karena semua gajah yang ada di Mason Elephant Safari Park Bali ini sudah terlatih dan sudah terbiasa dengan kehadiran manusia di sekitarnya.

4. Santap Prasmanan di Tepi Danau

Setelah lelah berinteraksi dengan gajah dan berkeliling Taman Mason, Anda bisa menikmati santapan berupa prasmanan di beberapa restoran yang tersedia. Restoran ini sengaja dibangun di tepian danau. Tujuannya adalah agar para pengunjung dapat menikmati hidangan sambil melihat aktivitas gajah yang sedang mandi.

5. Bermain Air di Danau Mason

Pertunjukan gajah bisa dilanjutkan dengan melihat para gajah dimandikan di Danau Mason. Disini, pra pengunjung juga dapat berinteraksi secara langsung dengan ikut memandikan para gajah menggunakan sikat yang telah disediakan.

Fasilitas yang Tersedia di Mason Elephant Safari Park

Fasilitas di Mason Elephant Safari Park
Image Credit: Instagram.com @elephantsbali

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola dari Taman Mason ini cukup lengkap. Mulai dari toilet, mushola, restoran, pertunjukan gajah, hingga hotel untuk tempat beristirahat dan menginap.

1. Pertunjukan Gajah

Jika Anda berkunjung ke tempat wisata ini, maka fasilitas utama yang akan Anda jumpai tentu pertunjukan gajah. Gajah-gajah yang menjadi pertunjukan tentu saja sudah terlatih dan jinak. Berbagai atraktif akan ditampilkan oleh gajah-gajah yang ada disini.

Para gajah dilatih untuk pintar dalam melakukan berbagai hal, mulai dari bermain bola hingga melukis. Gajah-gajah disini juga sangat piawai dalam mengikuti segala perintah yang diberikan oleh keeper. Pertunjukan gajah dilakukan pada suatu tempat khusus seperti tribun pada pertandingan sepak bola.

Jika Anda ingin melihat pertunjukan gajah ini, Anda harus mengetahui dulu jadwal pertunjukannya. Karena tidak setiap saat pertunjukan dilakukan.

2. Tempat Menginap

Fasilitas selanjutnya yang disediakan oleh pihak pengelola dari Mason Elephant Park ini adalah penginapan. Disini telah disediakan Lodge yang ada di area lokasi wisata ini. Pengunjung dapat menyewa penginapan ini.

Hotel butik ini menyediakan 27 kamar dengan penawaran unik untuk setiap pondoknya. Dimana Anda akan menggunakan gajah sebagai sarana transportasi di sekitar penginapan maupun melakukan perjalanan ke hutan.

3. Restoran

Fasilitas selanjutnya adalah restoran yang disediakan pihak pengelola di sepanjang tepian danau tempat para gajah biasa bermain air dan dimandikan. Disini pengunjung bisa menikmati makanan dengan tetap melihat para gajah beraktivitas.

Wisatawan bisa memilih berbagai menu yang telah disediakan oleh pihak restoran. Harga yang ditawarkan juga cukup bervariasi, disesuaikan dengan pilihan menu yang Anda pilih.

Itulah seputar tempat wisata bertema alam dan gajah yang dapat Anda rasakan jika Anda berlibur ke Mason Elephant Safari Park Bali. Mulai dari daya tariknya, fasilitas yang ditawarkan, hingga kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Taman Manson ini. Jika dilihat dari ulasan diatas, destinasi wisata ini memang sangat menarik untuk Anda kunjungi.