Wisata Mandala Suci Wenara Wana yang juga disebut Monkey Forest Ubud merupakan destinasi wisata cagar alam yang menyuguhkan pemandangan hutan dengan kesejukannya, pesona candi dan habitat monyet ekor panjang.

Harga Tiket: Mulai Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Monkey Forest, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar, Bali.

Mandala wisata merupakan salah satu wisata terkenal di Pulau Dewata Bali, yang mana wisata ini dapat Anda nikmati ketika datang ke Ubud Monkey Forest Bali. Ketika datang ke wisata ini tentu Anda bisa menikmati wisata alam dan juga fauna sembari menikmati rindangnya pepohonan.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati ribuan satwa yang ada disana bahkan bisa berinteraksi dengan para hewan. yang paling unik ialah di Hutan Ubut ini telah ditinggali oleh ratusan kera yang memang dibiarkan berkeliaran di alam. Memang menjadi tempat yang paling cocok untuk melepas penat

Untuk Anda yang bosan dengan wisata air atau wisata pantai yang ada di Pulau Bali, maka bisa menjadikan Mandala wisata wenara wana ini masuk ke dalam daftar destinasi wisata yang akan dikunjungi. Tentunya Anda tidak akan pernah kecewa ketika datang ke sini dan bisa menikmati sensasi di hutan dengan aman.

Daya Tarik yang Dimiliki Mandala Suci Wenara Wana

Daya Tarik Mandala Suci Wenara Wana
Image Credit: Google Maps (Shailesh Pancani)

Pada masing-masing destinasi wisata yang ada di Pulau Bali tentunya memiliki daya tarik tersendiri, seperti halnya Mandala Suci Wenara Wana ini. Dengan keunikan yang tidak dimiliki destinasi wisata lain tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Nah, di bawah ini adalah beberapa daya tarik yang wajib Anda ketahui dari Mandala Suci Wanara Wana:

1. Memiliki Sejarah yang Cukup Menarik

Sejarah di bangunnya monkey forest Ubud ini sendiri karena ingin melestarikan kawasan dengan berdasarkan konsep Tri Hita Karana. Konsep ini merupakan salah satu filosofi yang cukup terkenal di Pulau Bali yang artinya tiga cara untuk bisa memperoleh kesejahteraan lahir dan juga batin.

BACA JUGA:  Mason Elephant Park Bali, Nikmati Pengalaman Wisata Seru Naik Gajah

Tri Hita Karana sendiri mengajarkan mengenai bagaimana agar manusia bisa menjaga hubungan yang harmonis dengan kehidupan yang ada di dunia ini. Tentunya ketika hubungan ini yang menggambarkan keharmonisan hubungan di antara sesama manusia, manusia dan juga alam sekitar dan juga dengan Tuhan.

Dengan menggunakan konsep seperti ini tentu menjadi salah satu keunggulan tersendiri bagi para wisatawan. Dimana wisata ini mampu menciptakan kedamaian serta harmoni kepada siapapun yang datang berkunjung ke Mandala Suci Wana Wana.

2. Menjadi Cagar Alam yang Dibentuk Menjadi Kompleks Candi

Meskipun menjadi salah satu wisata cagar alam, namun dalam pembuatan wisata ini sendiri memang dibentuk menjadi kompleks candi. Jadi, Anda bisa mengitari area candi yang ada di Hutan Ubud Monkey tersebut.

Meskipun berada di kawasan hutan, namun kawasan ini sendiri sama sekali tidak menakutkan. Terlebih banyak sekali orang yang berkunjung ke lokasi ini untuk mengabadikan momen serta mengetahui seperti apa ke harmonisasi kehidupan di alam tersebut.

Daya Tarik Mandala Suci Wenara Wana Gianyar
Image Credit: Google Maps (Germain Machleidt)

3. Ditinggali oleh Ratusan Kera

Yang menjadi daya tarik dari monkey forest Ubud ini adanya terdapat kurang lebih sekitar 600 ekor kera Bali yang memiliki ekor panjang. Dimana ratusan ekor tersebut dibiarkan secara bebas berkeliaran di 5 tempat, yakni di depan Pura Dalem, di Michellin, di area tengah dan juga timur beserta kuburan. Biasanya kera Bali ekor panjang ini akan sangat aktif ketika siang hari.

Selain itu, para pengunjung diperbolehkan untuk membawa makanan yang pastinya para gerakan menghampiri pengunjung secara bergerombol. Untuk bisa mengambil makanan yang dibawa oleh para pengunjung.

4. Pesona Wisata Mandala Wenara Wana yang Sangat Terawat

Daya tarik yang berikutnya adalah mengenai pesona alam yang ada di sana, sebab para pengelola mampu merawatnya dengan baik. Dapat dilihat dengan tumbuhan yang hijau bahkan sangat lebat serta terdapat tanaman umbi-umbian yang bisa dijadikan sebagai makanan para kera. tentunya Anda juga bisa menikmati bagaimana kesejukan udara yang ada di alam hutan tersebut.

5. Keindahan Tiga Pura di Monkey Forest

Tentunya daya tarik dari destinasi wisata ini semakin bertambah ketika terdapat 3 pura yang ada di dalamnya. Di pura ini memiliki nama yang berbeda, yang pertama adalah Pura Dalam Agung yang letaknya berada di bagian barat daya kawasan cagar alam, yang mana pora inilah yang menjadi tempat ketika memuja dewa Siwa.

BACA JUGA:  Istana Puri Saren Agung Ubud, Megahnya Kerajaan Ubud di Masa Lampau

Sedangkan untuk yang kedua ini bernama pura Beji yang ada di bagian barat laut ke kawasan cagar alam yang dipakai untuk berlangsungnya upacara pemujaan Dewi Gangga. Sedangkan untuk yang ketiga adalah pura prajapati yang tepatnya berada di bagian timur, yang letaknya tepat berdampingan dengan kuburan.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Mandala Wisata Wenara Wana

Lokasi Mandala Wisata Wenara Wana
Image Credit: Google Maps (Katarina Ondrejkova)

Mengenai alamat yang dimiliki oleh wisata ini tepatnya berada di di Jalan Monkey Forest Ubud, tepatnya berada di Kabupaten Gianyar Bali. Lokasi ini kerap kali disebut menjadi wisata Sacred Monkey Forest Sanctuary.

apabila Anda berangkat dari bandara Ngurah Rai kemudian langsung menuju ke lokasi Ubud Monkey Forest maka waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 1 jam saja. Untuk jarak tempuhnya kurang lebih sekitar 36 km.

Namun, ketika Anda berada di wisata Kuta Bali ingin menuju ke Mandala Suci wenara Wana maka waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam 30 menit, memang jarak tempuhnya lebih jauh yaitu 43 km.

Untuk bisa memasuki destinasi wisata ini setiap orang diwajibkan untuk membayar tiket masuk. Mengenai biaya yang di tetapkan juga cukup terjangkau, sebab untuk orang dewasa berkisar Rp80.000 per orang, sedangkan untuk anak-anak di usia 3 sampai 12 tahun biaya masuknya adalah Rp 60.000.

Sedangkan untuk biaya parkir dari kendaraan sepeda motor dikenai biaya Rp 2.000, sedangkan untuk kendaraan mobil tarifnya Rp 5.000. Sedangkan untuk bus kecil tarif parkirnya yakni Rp 10.000 dan untuk bus sedang adalah Rp 15.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Mandala Wisata Wenara Wana

Kegiatan di Mandala Wisata Wenara Wana
Image Credit: Google Maps (Oussama Abbas)

1. Berjalan-Jalan Sembari Menikmati Pemandangan Hutan

Karena kondisi hutan mangki Ubud sangat asri dan juga dingin, tak heran jika banyak sekali para pelancong yang berjalan dengan santai ketika menikmati liburan di wisata tersebut. Karena suasana yang sangat sejuk, tentu membuat siapa saja akan betah.

2. Bisa Memberikan Makanan untuk Kera

Apabila Anda datang ke wisata Mandala Suci Wenara Wana bersama dengan anggota keluarga bahkan membawa anak kecil. Maka Anda bisa mengajarinya untuk bereksplorasi serta berinteraksi secara langsung dengan kera yang ada di sana. Dengan cara inilah Anda bisa mengajari anak-anak untuk selalu berbagi dengan makhluk hidup. Meskipun terbilang aman, namun anda harus memastikan untuk selalu menjaga anak ketika memberikan makan pada kera.

BACA JUGA:  Rafting Sungai Ayung, Spot Arum Jeram Favorit di Ubud Bali

3. Bisa Berfoto Belakang Pura

Berfoto menjadi salah satu kegiatan yang tidak akan pernah ketinggalan bagi para wisatawan. Untuk itulah jangan sampai Anda melewatkan kegiatan ini, terlebih lagi dengan latar belakang yang cukup menarik. pastinya dengan mengabadikan foto tersebut akan menjadi kenang-kenangan bersama dengan orang terkasih saat berlibur. Bahkan dengan spot foto yang keren Anda bisa menguploadnya di Instagram.

4. Banyaknya Tempat yang Bisa Dikunjungi di Hutan Monkey Ubud

Sebetulnya banyak sekali tempat yang dapat dikunjungi. Contohnya saja seperti Main Temple, kemudian terdapat Dragons Stair, kemudian terdapat Holy Spring Temple, kemudian terdapat Exhibition Hall dan masih banyak

Fasilitas yang Tersedia di Mandala Wisata Wenara Wana

Fasilitas di Mandala Wisata Wenara Wana
Image Credit: Google Maps (Arya Pramudya)

Karena menjadi salah satu objek wisata yang cukup terkenal di Pulau Bali, bahkan memiliki kunjungan lebih dari 10.000 orang selama per bulan. maka tak heran jika Hutan Monyet Ubud sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang lengkap.

Di sekitar area wisata alam tersebut sudah tersedia banyak sekali restoran ataupun rumah makan yang menyajikan berbagai macam menu. Dimulai dari menu khas dari Bali bahkan sampai dengan menu kuliner barat.

Jika Anda ingin menginap di kawasan Hutan Monyet Ubud, maka anda bisa dengan mudah menemukan akomodasi yang tersedia seperti Hotel ataupun villa. Sedangkan untuk harganya pun juga cukup beragam dan yang pasti tidak akan membuat kantong Anda kering. Bukan hanya itu saja, terdapat beberapa toko yang menjual souvenir khas dari Pulau Dewata Bali.

Contohnya saja seperti suvenir keranjang, souvenir manik-manik, souvenir lukisan, souvenir ukiran kayu, souvenir tekstil ikat dan juga souvenir perhiasan perak. Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan Anda untuk jadikan sebagai oleh-oleh. Agar para wisatawan semakin nyaman ketika berlibur ke Pulau Dewata Bali, maka di sekitar kawasan tersebut terdapat tempat spa, kemudian lokasi art shop dan masih banyak lagi.

Nah, itulah sedikit ulasan yang dapat diberikan kepada Anda tentang bagaimana wisata Mandala Suci Wenara Wana. Dimulai dari daya tariknya, kemudian rute paling cepat untuk menuju ke sana, harga tiket, fasilitas di sekitar area destinasi wisata bahkan sampai kegiatan yang bisa Anda lakukan di sana. Pastikan jika Anda membawa barang yang dibutuhkan untuk datang ke wisata Hutan Monyet Ubud.