Selain terkenal akan keindahan alamnya, Lombok juga terkenal dengan keragaman kulinernya. Inilah deretan makanan khas Lombok yang unik dan lezat yang dapat memanjakan lidah Anda.

Berlibur ke Pulau Lombok tentu belum lengkap tanpa mencicipi kuliner tradisional khas daerah ini. mungkin Anda pernah mencicipi beberapa jenis resep hidangan ala Lombok. Namun, mencicipi hidangan di lokasi aslinya tentu akan memberikan kenikmatan tersendiri.

Lombok terkenal dengan jenis makanan yang cukup pedas di lidah. Anda perlu sedikit berhati-hati pada level kepedasan hidangan yang dipesan dan tentunya selalu persiapkan air minum sebelum Anda mulai menyantap kuliner tersebut.

Lezatnya resep yang diturunkan sejak jaman dahulu ini membuat banyak sekali resep yang populer di berbagai macam daerah diluar Pulau Lombok. Untuk lebih jelasnya, berikut daftar makanan khas Lombok yang bisa Anda coba cicipi.

1. Sate Rembiga

Sate Rembiga
Image Credit: Facebook.com @isrima

Sate yang satu ini terbuat dari daging sapi yang diolah dengan bumbu rempah yang kuat sehingga rasa dari sate yang satu ini cukup berbeda dengan sate yang biasa Anda santap. Anda dapat menyantap Sate Rembiga dengan lontong dan sambal sebagai pelengkapnya.

Rasa sate ini merupakan kombinasi dari pedas, manis dan gurih. Teksturnya lembut dan meleleh di mulut Anda. Rasa gurih dari daging sapi yang khas membuat aroma sate yang satu ini menjadi lebih unik dan menggoda.

2. Sate Tanjung

Sate Tanjung
Image Credit: Facebook.com @dinamutiara.lombok.9

Terbuat dari daging ikan, jenis sate yang satu ini tidak ingin kalah nikmat. Sate ikan yang sudah dilumuri dengan berbagai macam rempah rahasia ini memiliki rasa yang pedas dan gurih. Sate ini kerap kali disajikan dengan sayur, lalapan dan sambal.

Tekstur ikan dari Sate Tanjung membuat sate ini semakin menarik. Lembutnya ikan dengan rempah yang menyerap hingga ke dalamnya membuat sate ini patut Anda cicipi.

3. Sate Pencok

Image Credit: Facebook.com @dennyjacson.candanis

Jika sate dari daging sudah biasa, kali ini Anda akan menemukan cita rasa sate dengan kulit sapi yang kenyal. Teksturnya lembut dengan bumbu rempah yang beraroma kuat.

Beberapa penjaja menggunakan tepung sagu sebagai pengganti kulit karena harganya yang cukup mahal. Tentunya kedua bahan ini dapat dibedakan dengan cukup mudah sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk salah dalam menerka bahan sate ini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata Kuliner Halal di Bali yang Populer

4. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang
Image Credit: Wikipedia.org

Ayam Taliwang merupakan salah satu kuliner khas Lombok yang cukup terkenal di kalangan masyarakat luas. Ayam yang digunakan ialah ayam kampung yang belum dewasa dan dimasak dengan berbagai jenis rempah yang kental.

Gurih dari daging ayam kampung disandingkan dengan bumbu kental yang pedas dan akan membuat Anda ketagihan dengan hidangan yang satu ini. Hidangan ayam yang satu ini sangat cocok dipasangkan dengan sepiring nasi putih hangat dengan bawang goreng.

5. Ayam Rarang

Ayam Rarang
Image Credit: Facebook.com @dinamutiara.lombok.9

Ayam yang satu ini kental dengan rasa petis yang kuat. Dengan warnanya yang merah, tentunya ayam ini memiliki cita rasa yang cukup pedas namun tetap gurih dan unik.

Walaupun sepintas ayam ini cukup mirip dengan ayam balado ataupun ayam taliwang, Ayam Rarang memiliki cita rasa yang unik dan tentunya Anda akan menemukan sensasi kuliner khas Lombok yang menarik.

6. Ayam Pelalah

Ayam Pelalah
Image Credit: Facebook.com @mentaram.storee.5

Ayam yang satu ini memiliki bumbu yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan beberapa olahan ayam khas Pulau Lombok. Ayam ini tetap memiliki cita rasa pedas, namun kombinasi bumbu yang sedikit berbeda membuat cita rasa ayam ini cukup unik.

Dengan rasa yang gurih, pedas, segar dan penuh rempah, ayam ini cukup disukai oleh berbagai kalangan wisatawan. Hidangan ini tentu sangat cocok dipasangkan dengan nasi putih hangat.

7. Abon Ikan

Abon Ikan
Image Credit: Facebook.com @alteer.park

Abon yang biasa Anda temukan biasanya terbuat dari daging sapi ataupun ayam. Namun di Pulau Lombok, Anda akan menemukan abon yang terbuat dari berbagai macam jenis ikan seperti ikan cakalang, ikan marlin ataupun ikan tongkol.

Abon dari ikan ini memiliki rasa yang lebih lembut dan rasa daging ikan yang tidak biasa menambah keunikan dari hidangan ini. Anda dapat menjadikan hidangan ini sebagai oleh-oleh bagi keluarga Anda.

8. Ares

Ares
Image Credit: Cookpad.com

Hidangan yang satu ini merupakan sayur tradisional khas dari Suku Sasak. Sayuran ini terbuat dari batang pisang yang masih muda. Olahan ini unik dengan bahan yang tidak biasa namun tetap lezat dan unik.

Hidangan ini biasa disantap bersama dengan makan siang dan dengan nasi putih hangat. Rasa dari hidangan ini pedas, gurih dan juga manis. Anda dapat memadukan cita rasa ini dengan berbagai macam lauk yang lainnya.

9. Bebalung

Bebalung
Image Credit: Cookpad.com

Makanan khas Lombok ini merupakan sejenis sup yang berisi iga daging sapi. Bumbu yang digunakan komplit dengan berbagai macam rempah. Rasa yang dikeluarkan dari sup ini ialah gurih, segar, dan tentunya kaldu dari daging sapi yang sangat terasa.

Hidangan ini dimasak hanya ketika ada acara yang cukup penting seperti acara adat, sunatan, upacara kematian ataupun acara penting lainnya.

BACA JUGA:  6 Makanan Khas Karangasem Bali yang Terkenal Lezat

10. Kelaq Kelor

Kelaq Kelor
Image Credit: Facebook.com @mentaram.storee.5

Olahan daun kelor yang satu ini merupakan sayur bening yang biasa disantap oleh masyarakat untuk memenuhi asupan serat sehari-hari. Sayur ini terbuat dari daun kelor yang ditumis dengan bawang dan garam.

Sayur ini cukup simpel dan segar. Rasa dari daun kelor yang sedikit manis sangat cocok dipadukan dengan kuah bening yang segar dan tidak lupa dengan sambal terasi yang pedas.

11. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung
Image Credit: Facebook.com @tini.pariantini

Nama dari sayur yang satu ini tentunya sudah tidak asing di telinga Anda. Kangkung rebus yang dicampur dengan lalapan dan sambal ini sering ditemukan di menu restoran kesayangan Anda.

Plecing Kangkung khas Lombok memiliki isian sayur yang cukup lengkap seperti urap-urap, toge, kacang tanah dan kacang panjang. Sementara itu sambalnya memiliki cita rasa asam pedas dengan asam alami dari jeruk limau.

12. Plecing Opak

Plecing Opak
Image Credit: Facebook.com @arya.jalu.56

Hidangan yang satu ini merupakan hidangan khas Lombok Utara. Tidak jauh berbeda dengan plecing kangkung, plecing opak juga menggunakan kangkung sebagai sayuran utamanya.

Perbedaan kedua plecing ini terletak pada kerupuk opak yang disuguhkan. Kerupuk yang terbuat dari singkong ini disajikan sebagai pelengkap pada Plecing Opak.

13. Sayur Lebui

Sayur Lebui
Image Credit: Facebook.com (Pawon_MakSong)

Sayur yang satu ini merupakan sayur khas Lombok yang cukup unik dan namanya masih cukup terdengar asing di telinga. Sayur ini biasa disantap dengan nasi putih dan digabungkan dengan lauk lainnya.

Sayur ini tersusun dari daun kemangi dan kacang lebui yang dibumbui dengan cabai, terasi, bawang putih, bawang merah dan tomat. Rasa terasi membuat rasa dari sayur ini unik dan menarik.

14. Rengginang

Rengginang Lombok
Image Credit: Facebook.com @akram.abed.5815255

Rengginang tentunya sering Anda temukan di toko oleh-oleh terdekat. Olahan yang berasal dari Lombok ini memiliki cita rasa yang sederhana dan mudah diterima oleh berbagai macam kalangan wisatawan.

Kudapan ini garing dan tentunya cocok dimakan sebagai snack dengan sambal ataupun dengan saus yang manis. Rengginang memiliki beragam varian rasa dan bentuk untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh.

15. Bubur Reket Bereng

Image Credit: Facebook.com @audy.rizki.31

Hidangan yang satu ini merupakan hidangan manis yang biasa dimakan di siang hari. Reket Bereng terdiri dari ketan hitam yang lembut disiram dengan santan dan gula aren. Beberapa orang menjual hidangan ini dengan berbagai macam topping yang nikmat.

Rasa dari hidangan ini tentunya manis dan gurih. Cukup segar untuk melepas lapar dan dahaga Anda di siang hari yang terik.

16. Es Sarang Burung

Es Sarang Burung
Image Credit: Dapursasak.com

Sarang burung tentunya sudah tidak diragukan lagi khasiat dan manfaatnya pada kesehatan. Kombinasi rasa sarang burung yang kenyal, garing dan gurih ini sangat cocok bila dipadukan dengan berbagai buah.

Hidangan ini manis dan segar. Kuah susu kental manis yang creamy menambah cita rasa pada minuman ini. Es Sarang Burung sangat nikmat jika diminum di siang hari.

BACA JUGA:  15 Tempat Kuliner Malam di Bali yang Paling Hits

17. Poteng Jaje Tujak dan Iwel

Poteng Jaje Tujak dan Iwel
Image Credit: Dapursasak.com

Kudapan khas Lombok yang satu ini diartikan sebagai tape dan ketan. Proses pembuatannya melalui beberapa proses fermentasi yang membuat rasa dari tape dan ketan menjadi manis.

Kombinasi dari beberapa olahan fermentasi ini menimbulkan cita rasa yang segar dan manis. Masyarakat biasa mengkonsumsi kudapan ini sebagai hidangan khas Ramadhan.

18. Klepon Kecerit

Klepon Kecerit
Image Credit: Cookpad.com

Klepon merupakan kudapan yang sudah cukup sering ditemukan sebagai hidangan khas dari beberapa daerah. Namun khusus klepon pada Pulau Lombok, memiliki bentuk yang lebih lonjong dengan tepung yang kenyal.

Hidangan ini dapat Anda temukan pada penjual jajanan tradisional, ataupun Anda beli di toko oleh-oleh terdekat. Klepon seringkali dijadikan buah tangan bagi para wisatawan.

19. Dodol Rumput Laut

Dodol Rumput Laut
Image Credit: Facebook.com @nisrokhah.anis.7

Dodol merupakan kudapan manis yang sering Anda temui sebagai oleh-oleh. Namun, dodol yang berasal dari Lombok ini memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan lebih garing jika dibandingkan dengan dodol dari beberapa daerah lainnya.

Dodol ini juga mengandung cita rasa khas dari rumput laut dan jika digigit, maka akan terasa seperti memakan agar-agar. Beberapa toko oleh-oleh menjajakan dodol ini kepada wisatawan.

20. Kue Keciput

Kue Keciput
Image Credit: Facebook.com @annisa.cintamoue

Jika dilihat secara sekilas, maka hidangan ini mirip dengan onde-onde. Namun sebenarnya hidangan ini tidak memiliki isian kacang hijau ataupun kacang tanah layaknya onde-onde pada umumnya.

Teksturnya juga lebih garing dan renyah dengan tepung yang gurih dan sedikit manis. Anda dapat menjadikan hidangan ini sebagai oleh-oleh khas Lombok untuk dibagikan ke sanak saudara.

21. Tareq

Tareq
Image Credit: Cookpad.com

Tareq merupakan salah satu jajanan kue kering khas Lombok dengan tekstur yang garing dan renyah. Kue ini memiliki nama lain sebagai Goro-Goro.

Kue ini berbentuk bunga-bunga kecil yang terbuat dari adonan santan dengan tepung beras yang digoreng hingga kering dan renyah. Anda dapat menjumpai jajanan ini di pusat oleh-oleh sebelum kembali ke kota asal.

22. Kue Batun Bedil

Kue Batun Bedil
Image Credit: Cookpad.com

Walaupun nama dari hidangan ini ialah kue, namun sejatinya hidangan ini bukanlah kue seperti yang Anda bayangkan. Hidangan ini merupakan adonan tepung ketan, tepung beras dan tepung kanji yang direbus dengan bentuk bulat.

Adonan tersebut disantap dengan kuah gula aren dan taburan parutan kelapa muda di atasnya. Rasanya sangat manis dan gurih dengan tekstur kenyal yang akan membuat Anda ketagihan.

Setelah mengetahui berbagai macam makanan khas yang berasal dari Pulau Lombok, kini Anda dapat memilih kuliner menarik untuk dijelajahi. Bahkan beberapa diantaranya dapat Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk dibagikan ke sanak saudara ataupun teman.