Bali memang terkenal dengan ragam kuliner yang lezat diminati wisatawan. Inilah deretan makanan khas Karangasem, Bali yang menarik dicoba untuk petualangan rasa yang lebih berkesan.

Bali memiliki keindahan alam yang mampu memukau mata dunia, keindahan pantai-pantai yang ada di Bali mampu menarik wisatawan domestik sampai dengan wisatawan internasional. Namun Bali juga memiliki wisata kuliner yang sangat menarik untuk dicoba, jika Anda berkunjung ke Bali sempatkanlah untuk mencicipi kuliner khasnya.

Salah satu tempat di Bali yang memiliki berbagai macam makanan khas adalah Karangasem, daerah ini juga memiliki tempat-tempat wisata yang indah. Makanan yang memiliki ciri khas rasa yang enak dan lezat wajib Anda cicipi, menikmati makanan khas sambil menikmati keindahan wisata Karangasem akan menambah kenikmatan Anda berlibur.

Makanan yang ada di Karangasem dapat membuat Anda merasa ketagihan dan mempunyai keinginan untuk datang kembali, makanan khas disana memiliki keistimewaan yang tidak akan Anda temui di daerah lain. Jika Anda berlibur ke Karangasem jangan lupa untuk menyempatkan mencoba deretan makanan khas Karangasem, Bali yang mempu memanjakan lidah Anda berikut ini.

1. Sate Serapah

Sate Serapah
Image Credit: Facebook.com @punapibali

Jika Anda penikmat kulit ayam, usus ayam dan berbagai bagian dalam ayam, makanan ini wajib Anda coba jika berkunjung ke Karangasem. Sate Serapah berbeda dengan sate pada umumnya, umumnya sate dibuat dengan daging ayam atau sapi tapi kuliner ini tidak menggunakan daging. Sate Serapah dibuat menggunakan bagian kulit ayam, usus, rempela dan hati ayam.

Bumbu yang digunakan pada sate ini juga berbeda dengan sate lain, kebanyakan sate pada umumnya menggunakan bumbu kacang atau kecap. Sate Serapah menggunakan bumbu khas Karangasem yang tidak bisa ditemui di daerah lain. Selain menggunakan bagian ayam, sate ini juga menggunakan babi dan sapi.

Bagi Anda yang muslim dan berlibur di Karangasem jangan khawatir jika ingin mencoba kuliner yang satu ini, karena banyak Warung Makan bagi Muslim yang sudah menyediakan makanan ini. Sate Serapah akan sangat nikmat jika dinikmati selagi masih hangat, jika dinikmati dalam kondisi dingin akan mengurangi cita rasa dari makanan dan bumbunya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata Kuliner Halal di Bali yang Populer

2. Sate Lilit

Sate Lilit
Image Credit: Instagram.com @balifoodcapture

Bali memang memiliki banyak keunikan pada Kulinernya, tidak terkecuali Karangasem, disana terdapat jenis Sate yang tidak akan Anda pernah temui di daerah lain makanan tersebut adalah Sate Lilit. Makanan ini dibuat dengan bahan baku ikan berukuran besar seperti Tuna yang dicampur bumbu, santan, kelapa yang kemudian dihaluskan.

Kuliner ini dimasak dengan cara dibakar dengan arang, sehingga membuat aromanya sangat harum dan menggugah selera makan. Sate lilit memiliki tekstur yang sangat lebut dan bumbunya meresap, sehingga cocok dinikmati bersama nasi atau sebagai cemilan. Sate Lilit juga tidak menggunakan bumbu tambahan setelah matang.

Makanan ini dapat Anda jumpai di berbagai tempat wisata di Karangasem, sehingga Anda tidak akan kesulitan saat ingin mencobanya. Sate Lilit menggunakan tusukan yang berukuran cukup lebar namun tipis, dan tidak ditusukan jika ingin dibakar. Sate lilit sesuai dengan namanya dililitkan pada sebuah batang sampai menempel dan kemudian dibakar hingga matang.

Bagi Anda yang muslim kuliner ini juga aman untuk dimakan, karena bahan yang digunakan pada umumnya menggunakan ikan. Selain bahan yang aman untuk dikonsumsi, sate lilit juga sudah banyak di Tempat Makan dan Warung Makan Muslim. Sehingga makanan ini dapat dikonsumsi oleh semua kalangan.

3. Pelecing Telengis

Pelecing Telengis
Image Credit: Facebook.com @cok.sawitri

Kuliner ini sudah terkenal di daerah Bali terutama di Karangasem, makanan ini dapat dengan mudah untuk Anda temui jika berkunjung ke Karangasem. Bagi Anda penyuka sayuran, kuliner yang satu ini wajib Anda coba jika berkunjung ke Karangasem, makanan ini bernama Pelecing Telengis yang menggunakan Toge sebagai Bahan Bakunya.

Pelecing Telengis memiliki cita rasa yang pedas dan segar sehingga cocok dinikmati sebagai lauk makan, selain menggunakan toge kuliner ini juga dicampur dengan Kangkung segar. Pelecing Telengis sangat cocok dijadikan sebagai lauk makan, rasa pedasnya mampu membuat Anda ketagihan saat pertama kali mencicipi makanan ini.

Bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan sayur mentah, terdapat juga Pelecing Telengis yang sayurnya sudah direbus terlebih dahulu. Makanan ini juga sangat aman dimakan oleh semua kalangan, karena bahan yang digunakan berupa sayuran segar. Bagi Anda yang muslim memakan masakan ini juga bisa karena tidak mengandung hal yang dilarang.

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Denpasar yang Terkenal Enak

Selain enak dan memiliki cita rasa yang khas, jangan pernah mencoba memakan Pelecing Telengis dalam porsi yang banyak. Karena rasa yang pedas dapat membuat Anda mengalami gangguan pencernaan, ini juga penting diperhatikan jika Anda memiliki perut yang lemah dan rentan terserang diare.

4. Tipat Blayag

Tipat Blayag
Image Credit: Facebook.com (Warung Makan Nasi)

Tipat Blayag merupakan makanan seperti ketupat namun dibungkus dengan daun Kelapa yang berbentuk memanjang, Makanan Khas Karangasem ini memang sudah terkenal cukup lama sehingga jika Anda berkunjung kesana Anda tidak akan kesulitan untuk mencicipi kenikmatan Tipat Bulayag.

Tipat Bulayag sangat cocok nikmati dengan sayur yang memiliki kuah kental seperti ayam bumbu kuah, plalah ayam dan beberapa jenis makanan berkuah lainnya. Namun tidak jarang Anda bisa menemui kuliner ini disajikan dengan urap, keripik kulit bahkan sate. Makanan ini mampu membuat Anda kenyang dan merasa puas dengan rasanya yang enak dan khas.

Pembuatan Tipat Bilayag sama seperti ketupat pada umumnya, yang membedakannya adalah bentuk serta alat yang digunakan saat memasaknya. Agar hidangan ini lebih enak dan harum, biasanya dimasak menggunakan tungku kayu bakar. Penggunaan kayu bakar dapat memberikan aroma lebih wangi pada Tipat Bilayag.

Tipat Bilayag juga sangat aman dikonsumsi oleh semua kalangan, karena bahan yang digunakan adalah beras biasa. Selain aman dikonsumsi makanan ini juga, bila dimasak dengan benar mampu bertahan cukup lama tetapi rasanya jelas berbeda dengan yang masih hangat dan baru matang. Santapan lezat ini cocok untuk Anda yang ini memakan nasi tetapi dengan bentuk yang unik.

5. Bubuh Bali

Bubuh Bali
Image Credit: Instagram.com @widyantarawayan

Jika Anda berada di Karangasem jangan lupa untuk menyempatkan mencoba menu sarapan Bubuh Bali ini, harga makanan ini juga relatif murah berkisar dari Rp 10.000. Makanan ini sangat cocok bagi traveler karena selain murah juga makanan ini sangat mudah untuk dijumpai, kuliner ini juga bisa dibilang tidak terlalu berat sehingga cocok dinikmati saat pagi.

Bubuh Bali ini biasanya dihidangkan dengan tambahan ayam suwir, kacang dan beberapa tambahan lain, bubuh bali sendiri merupakan nasi bubur yang sangat terkenal di Karangasem. Jika Anda penyuka Bubur dan kebetulan sedang berlibur ke Karang Asem Anda wajib mencobanya, selain rasa yang enak Bubuh Bali juga tidak menguras kantong.

BACA JUGA:  15 Cafe Tempat Nongkrong di Denpasar yang Unik & Instagramable

Kuliner yang satu ini biasanya dapat Anda jumpai di Warung Makan sampai Pasar-Pasar yang ada di Karang asem. Pembuatan Bubuh Bali hampir mirip dengan Bubur pada umumnya dan bahan yang digunakan juga hampir sama. Makanan ini akan terasa lebih nikmat jika dimakan pada saat pagi dan dalam keadaan masih hangat.

Bubuh Bali dapat menjadi alternatif makanan untuk sarapan pengganti nasi atau roti, tekstur bubur yang lembut juga membuat makanan ini dapat dinikmati oleh anak-anak sampai dengan orang tua sekalipun. Memakan makanan ini di pagi hari dapat membuat Anda merasa kenyang yang cukup lama.

6. Pencok Sagu

Pencok Sagu
Image Credit: Facebook.com @AryakSiwi

Pencok sagu merupakan makanan yang dibuat dari bahan utama Sagu, dan ditambahi bumbu kuah. Kuliner ini sangat terkenal di Karangasem, sehingga tidak sulit untuk mencarinya, makanan ini memiliki cita rasa yang cukup pekat. Pencok Sagu biasanya dihidangkan dalam bentuk sudah dipotong kotak-kotak.

Cita rasa yang pekat dari makanan ini dihasilkan dari bumbu kuah yang dibuat dari campuran kencur, lada hitam, bawang merah, bawang putih serta berbagai campuran lainnya. Walaupun Pencok Sagu biasa disajikan sebagai lauk, tidak jarang juga kuliner ini dinikmati sebagai cemilan. Rasa sagu yang tawar membuat rasa makanan ini dipengaruhi oleh bumbunya.

Tekstur pencok sagu yang kenyal dan halus menjadi ciri khas makanan ini, jika Anda menyukai makanan berkuah Anda wajib untuk mencobanya. Kombinasi rasa kenyal dari sagu dan bumbu kuah yang cukup pedas membuat siapa saja yang mencicipinya merasa ketagihan, dan juga makanan ini dapat mengenyangkan.

Kuliner lezat ini sangat aman dikonsumsi oleh semua orang, bahan yang digunakan juga tidak mengandung unsur larangan. Sagu sendiri terbuat dari bahan sari pati singkong, untuk bumbunya sendiri juga menggunakan bahan yang umum digunakan oleh masyarakat untuk memasak. Jika Anda muslim, makanan ini sangat aman untuk dikonsumsi.

Selain keindahan alamnya Karangasem, Bali juga menyimpan keunikan pada wisata kulinernya, jika Anda sedang berkunjung ke Karangasem sempatkan waktu untuk mencoba beberapa makanan khas di atas. Selain rasa yang enak makanan di atas juga mudah ditemui di Karangasem dengan harga yang relatif murah. Tetapi perlu diperhatikan, jangan terlalu berlebihan meski makanannya enak.